Feature

Ya Namanya Juga Film, Jangan Mudah Termakan Hal-hal Tak Masuk Akal ya

Pernahkah kamu menonton film dan merasa ada adegan yang janggal pada film tersebut? Kalau kamu kategori orang yang jeli, pasti kejanggalan sebuah adegan tak akan ditemukan sekali dua kali. Bukan, bukan hanya adegan yang ‘bocor’ semisal kru film yang tertangkap kamera atau perubahan warna kostum pemain secara tiba-tiba dalam sekian detik.

Tapi kali ini kejanggalan yang mau disorot yaitu masih banyak adegan dalam film yang sebenarnya tidak masuk akal dengan kejadian sehari-hari. Bisa dibilang, keanehan tersebut hanya bisa ditemukan di film saja yang akhirnya membuat kita berseloroh, “Ya namanya juga film…”

Padahal, sebuah film bukankah sebagai medium yang mewakili kehidupan sehari-hari? Kalau yang dicitrakan terlalu berlebihan, jatuhnya penonton pun akan jengah karena tertipu dengan apa yang disajikan dalam film tersebut.

Begini, kalau kamu masih bingung dengan kejanggalan yang dimaksudkan, coba lihat saja ilustrasi dari Bright Side betapa mereka menggambarkan mitos yang tersaji di film dengan kenyaataan yang sebenarnya. Kadang secara tak sadar pasti kamu akan terkekeh sendiri…

Jantung yang Sudah Berhenti, Bisa Berdetak Kembali Dengan Defibrillator ‘Ajaib’

Di Indonesia, fenomena semacam ini mungkin lebih sering ditemukan di adegan sinetron. Tiba-tiba seorang pasien yang kritis, lalu detak jantungnya sudah tak ada, asal sang dokter menempelkan defibrillator, maka jantung pasien pun akan kembali berdetak. Tapi sayangnya hal itu hanya terjadi di film, sinetron, dan semacamnya karena faktanya, sekalinya jantung berhenti, maka defibrillator tak akan bisa membuatnya berdetak kembali.

Pin Granat Bisa Dilepaskan dengan Satu Tarikan Gigi, Padahal…

Pernah nonton film-film bergenre action dimana banyak baku tembak dan lempar granat sana-sini? Pasti kamu akan menemukan adegan yang tak asing dimana ada tokoh yang hendak melempar granat, tiba-tiba membuka pin granat (agar granat tersebut aktif) dengan satu tarikan gigi.

Kita pun membatin, “Wah kuat sekali” Padahal kalau kamu mau mencoba, percayalah, seseorang justru berisiko kehilangan giginya kalau memaksa mengaktifkan granat dengan tarikan gigi. Bahkan sampai giginya lepas pun, pin granat belum pasti akan terbuka.

Mengobrol Selama Skydiving, Hmmm…

Aksi skydiving alias melompat dari atas pesawat yang tengah terbang dengan ketinggian beribu-ribu kaki membuat penonton terpukau. Bayangkan, para pemain itu tampak menikmati aksi mereka. Kalau yang dipertontonkan adalah dua orang atau sekelompok pemain  yang sedang skydiving, pasti ada dialog yang tersaji di dalam film tersebut.

Padahal, ketika kamu terjun bebas dari ketinggian, sejatinya telingamu tak akan mampu mendengar suara-suara di sekelilingmu kecuali kencangnya tiupan angin selama kamu melawan gravitasi.

Dua Tangan Memegang Dua Pistol, Yakin Tembakan Tepat Sasaran?

Keren rasanya melihat jagoan yang mampu menembak tepat sasaran. Apalagi kalau kedua tangannya memegang pistol sembari memasang ekspresi dingin dan tatapan tajam. Tanpa menunggu aba-aba, bunyi dor-dor-dor riuh dari dua tangan sang jagoan. Adegan semacam ini sudah dan sering dijumpai di film-film action, bukan? Dan tak bisa dipungkiri hal semacam ini bisa bisa membuat kekerenan sang jagoan jadi bertambah berkali-kali lipat.

Padahal faktanya, menembak dengan satu tangan saja sulit bukan main. Pistol itu berat, kamu akan membutuhkan kedua tanganmu untuk memastikan tembakanmu bisa tepat sasaran. Sementara kalau dua tanganmu memegang pistol, yang ada tembakanmu akan meleset dari sasaran.

Adegan di Film Selalu Memperlihatkan Jika Tenggelam ya Tinggal Teriak Saja…

 

“Tolong, tolong, saya tenggelam…”

Merasa tak asing dengan dialog itu? Ya, di dalam film umumnya orang akan berteriak ketika mereka menyadari dirinya akan tenggelam. Tak lama, sang jagoan akan datang membantu. Dengan uluran tangan, dan hap! korban pun tak jadi tenggelam karena berhasil ditolong oleh sang jagoan. Dalam realita, hal semacam ini akan sukar terjadi. Pasalnya, orang yang tenggelam sejatinya tak akan punya kesempatan untuk meminta pertolongan apalagi berteriak seperti dalam film-film.

Tak Semua Penyebab Kasus Kriminal Bisa Terkuak Lewat Proses Bedah Forensik, Kawan…

Di dunia nyata, ahli forensik sejatinya hanya bertugas mengumpulkan bukti. Kalau ada kasus kriminal yang terjadi di sekitarmu dan penyebabnya masih jadi misteri, sementara sudah ada korban dari insiden tersebut, maka itulah saatnya ahli forensik bekerja.

Tapi ingat, fungsi dan peran ahli forensik bukanlah pengungkap fakta. Mereka bekerja hanya demi mencari dan mengumpulkan bukti. Sementara dalam film, biasanya para ahli forensik bisa menjadi sumber jawaban atas setiap pertanyaan dan kerumitan yang belum terpecahkan.

Melacak Panggilan Telepon Kurang dari Satu Menit. Benarkah?

Faktanya, yang namanya melacak sebuah telepon butuh waktu berjam-jam lho. Kalau selama ini kamu mengira polisi bisa dengan cepat menemukan sebuah panggilan telepon hanya dalam waktu kurang dari satu menit, selamat! kamu sudah termakan adegan film…

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Urusan Paru-paru Tak Bisa Dianggap Enteng, Segera Periksa Ke Dokter Kalau Batukmu Kian Kronis

Paru-paru merupakan salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuhmu. Tak ada alasan untuk tidak merawatnya. Terlebih organ yang satu ini langsung berhubungan dengan peredaran darah. Karenanya, jika paru-parumu bermasalah, tubuhmu pun akan mengalami masalah terutama pada sistem metabolisme tubuh.

Untuk itu, kamu wajib waspada jika ada beberapa tanda atau gejala yang muncul lantaran masalah paru-paru. Mulai dari sekarang, jangan menganggap sepele permasalahan paru-paru. Penting untuk memperhatikan tanda dan gejala ini karena bisa jadi merupakan awal untuk penyakit paru-paru seperti COPD, asma, atau bahkan kanker paru.

Mengetahui tanda ini dapat membantu mempercepat pengobatan sebelum penyakit semakin parah. Diantara sekian banyak gejala, mengutip dari CNN, ini tanda kalau paru-parumu mulai bermasalah.

Batuk Kronis

Dikutip dari American Lung Association, batuk yang tergolong kronis merupakan batuk yang tak berhenti selama satu bulan atau lebih. Ini merupakan gejala awal yang memberi tahu bahwa terdapat masalah di dalam sistem pernapasan. Gejala semakin terlihat jelas jika batuk kronis ini disertai dahak, darah, atau demam.

Napas Berbunyi

Napas yang berbunyi sering juga dikenal dengan istilah mengi. Seperti dikutip dari Prevention, saat napas sudah mulai mengeluarkan bunyi, artinya terdapat sesuatu yang membuat saluran udara terhalang atau menyempit. Masalah yang muncul dapat berupa asma atau juga emfisema.

Batuk Darah

Darah yang keluar lewat batuk merupakan sinyal darurat adanya masalah pada paru-paru atau saluran pernapasan bagian atas. Batuk darah juga bisa merupakan tanda adanya infeksi atau peradangan di dalam organ sistem pernapasan. Untuk itu, segera periksakan kondisimu ke dokter kalau sudah mengalami gejala ini.

Sesak Napas

Perhatikan napasmu saat setelah beraktivitas. Sesak napas yang ditandai dengan napas pendek, tersengal-sengal, atau sulit bernapas usai beraktivitas yang tidak terlampau berat merupakan salah satu pertanda masalah dalam sistem pernapasan. Paru-paru yang bermasalah dapat membuatmu kesulitan bernapas, bahkan saat tidak melakukan kegiatan yang berat. Sulit bernapas ini terjadi karena sistem pernapasan tak menerima oksigen yang cukup.

Adanya Dahak

Dahak diproduksi oleh saluran udara sebagai bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi atau iritasi. Jika produksi lendir ini tak kunjung henti, bisa jadi terdapat infeksi pada paru-paru atau sistem pernapasan. Datangi dokter sesegera mungkin kalau kamu mengalami tanda-tanda semacam ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Hanya Dengan Peralatan yang Sederhana, Kamu Tetap bisa Ngegym di Rumah

Banyak orang beralasan tak memiliki waktu untuk berolahraga di pusat kebugaran atau terkendala harga keanggotaan yang mahal. Padahal, kamu sejatinya bisa membangun gym sederhana di rumah bermodalkan alat-alat gym yang sederhana.

Lewat laman SELF, Trainer Bianca Vesco menjelaskan bahwa dirinya banyak melatih klien di apartemennya menggunakan peralatan yang ada di sana, dan latihan itu cukup bagi para kliennya.

“Banyak dari klienku yang tidak punya akses ke gym sehingga memilih berlatih di apartemennya sendiri dan hal itu tak masalah,” kata Vesco seperti dikutip dari Kompas.com. Para kliennya banyak melakukan bodyweight training serta latihan dengan alat-alat kecil. Vesco mengatakan dirinya juga memiliki apartemen kecil namun bisa menyulapnya menjadi tempat latihan sederhana. Nah, berikut ini alat-alat yang “wajib” kamu miliki:

Tali Skipping

Black Skip Rope

Lompat tali adalah salah satu jenis olahraga terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk melatih kardiovaskular. Untuk itu, setidaknya miliki satu tali skipping. Lompat tali bisa meningkatkan detak jantung serta melatih lengan, bahu, kaki, dan otot inti. Di lain sisi, talinya pun mudah dibawa kemana-mana sehingga kamu bisa membawanya kemanapun. Jika kamu tak punya ruangan dengan langit-langit yang cukup tinggi, kamu bisa melakukannya di luar atau di taman yang ada dekat rumah.

Foam Roller Kecil

Gambar terkait

Source: kaylaitsines.com

Sama halnya dengan tali skipping, foam roller mudah dibawa kemana saja. Kendati ada berbagai ukuran, setidaknya beli saja foam roller yang kecil agar bisa digunakan di rumah. Berolahraga dengan alat ini memang cukup menantang, untuk itu, kamu dianjurkan menggunakan bosu ball atau bola penyeimbang.

Bosu ball sendiri seperti bola yoga namun setengah lingkaran dan digunakan untuk melatih otot perut. Salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan adalah push up dengan meletakan dua telapak tangan di atasnya untuk menjaga keseimbangan.

Kettlebell

Hasil gambar untuk kettlebell

Jika kamu masih asing dengan alat yang satu ini, biar kuberitahu. Kettlebell adalah perangkat latihan bebal yang berbentuk seperti bola dan memiliki pegangan di bagian atasnya. Untuk sebagian orang yang memilih melakukan gym di rumah, alat ini jadi salah satu benda wajib yang harus ada di rumah.

Alat ini bermanfaat untuk latihan yang melibatkan gerakan mengayun atau atau mendorong. Dengan kettlebell kita juga bisa melakukan squat, overhead presses dan deadlift.

Matras Yoga

Person Rolling Green Gym Mat

Matras yoga menjadi barang penting lainnya untuk membangun gym sederhana di rumah, terutama jika lantai di rumahmu memiliki permukaan yang keras. Matras yoga pada umumnya bisa digulung sehingga memudahkan penyimpanannya atau untuk digunakan kembali. Seiring populernya yoga, matras yoga pun kian mudah di dapatkan.

Sepasang Dumbbell

Grayscale Photo of Black Adjustable Dumbbell

Meski sama-sama mengutamakan beban 2kg atau 3kg seperti kettleball, namun dumbbell dipakai untuk jenis latihan berbeda. Alat gym yang satu ini akan membantumu membangun otot tubuh serta melatih bagian bawah tubuh. Jadi, akan lebih baik jika kamu memiliki sepasang beban berat dan ringan sebagai opsi. Nah, tidak sulit, bukan? Kini kamu siap membangun gym sederhanamu sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kamu Harus Jaga Perempuanmu Baik-baik, Jika Dia Memiliki 7 Kriteria Ini

Urusan memilih pasangan hidup bukanlah hal yang bisa dijadikan sebuah permainan. Kamu harus jeli dalam menentukan siapa yang akan kamu pilih untuk menjadi pendampingmu sampai ajal menjemputmu kelak. Kamu butuh perempuan terbaik, bukan yang sempurna, tapi yang bisa menyempurnakanmu. Kamu patut menjaga perempuanmu baik-baik saat kamu menemukan 7 kriteria ini dalam dirinya. Dia patut kamu perjuangkan.

1. Dia Menginspirasimu Menjadi Sosok yang Lebih Baik

Tak banyak perempuan yang bisa menginspirasimu untuk menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya. Saat kamu menemukan perempuan hebat seperti ini, maka kamu harus terus memperjuangkannya. Dia adalah sosok yang bisa membuat hidupmu terasa lebih sempurna.

2. Dia Bukan Sosok yang Pencemburu

Cemburu memang perlu. Namun cemburu yang berlebihan tentu tak baik untuk kelangsungan sebuah hubungan. Saat kamu menemukan perempuan yang memiliki tingkat kecemburuan yang tak berlebihan, jagalah dia baik-baik. Saat kamu melepaskannya, mungkin kamu akan sulit menemukan sosok yang sepertinya lagi.

3. Dengannya, Kamu Menjadi Tertantang untuk Meningkatkan Kemampuanmu

Melihat sosoknya yang luar biasa membuatmu seolah tertantang untuk bisa meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. Hubungan yang kamu jalani dengannya membuatmu menjadi orang yang lebih keras dalam berusaha dan memiliki keberanian lebih untuk menghadapi tantangan yang leboh besar di depan sana.

4. Dia Selalu Berusaha Bersamamu di Tengah Kesibukannya

Kamu tahu dia orang yang sangat sibuk. Dia memiliki ambisi yang besar untuk meraih apa yang menjadi impiannya. Namun meski dia orang yang hampir tak punya waktu bahkan untuk dirinya sendiri, dia tetap berusaha meluangkan waktunya bersamamu. Bisa diartikan bahwa kamu memang orang yang berarti untuknya.

5. Dia Sosok yang Jujur dan Apa Adanya

Tak pernah ada sedikitpun hal yang berusaha dia tutupi darimu. Apa yang dia rasakan dan alami selalu diceritakannya padamu. Kamu pun tak pernah mendapati kebohongan dalam perkataan maupun perbuatannya.

6. Dia Memiliki Empati yang Cukup Besar

Seorang tanpa empati tentu sangat menyedihkan. Namun dia yang tengah bersamamu adalah sosok perempuan dengan empati yang cukup besar. Kamu perlu mempertahankan dan menjaganya dengan baik. Dia orang yang patut untuk menjadi pendamping terbaikmu.

7. Emosinya Sangat Terkontrol

Dia bukan sosok yang mudah meledak-ledak dalam hal emosi. Kamu tentu tak ingin bersama dengan orang yang bahkan untuk mengontrol emosinya sendiri dia tak mampu bukan?Untuk itu saat kamu menemukan perempuan dengan emosi yang terkontrol, kamu patut untuk mempertahankannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top