Feature

Ya Namanya Juga Film, Jangan Mudah Termakan Hal-hal Tak Masuk Akal ya

Pernahkah kamu menonton film dan merasa ada adegan yang janggal pada film tersebut? Kalau kamu kategori orang yang jeli, pasti kejanggalan sebuah adegan tak akan ditemukan sekali dua kali. Bukan, bukan hanya adegan yang ‘bocor’ semisal kru film yang tertangkap kamera atau perubahan warna kostum pemain secara tiba-tiba dalam sekian detik.

Tapi kali ini kejanggalan yang mau disorot yaitu masih banyak adegan dalam film yang sebenarnya tidak masuk akal dengan kejadian sehari-hari. Bisa dibilang, keanehan tersebut hanya bisa ditemukan di film saja yang akhirnya membuat kita berseloroh, “Ya namanya juga film…”

Padahal, sebuah film bukankah sebagai medium yang mewakili kehidupan sehari-hari? Kalau yang dicitrakan terlalu berlebihan, jatuhnya penonton pun akan jengah karena tertipu dengan apa yang disajikan dalam film tersebut.

Begini, kalau kamu masih bingung dengan kejanggalan yang dimaksudkan, coba lihat saja ilustrasi dari Bright Side betapa mereka menggambarkan mitos yang tersaji di film dengan kenyaataan yang sebenarnya. Kadang secara tak sadar pasti kamu akan terkekeh sendiri…

Jantung yang Sudah Berhenti, Bisa Berdetak Kembali Dengan Defibrillator ‘Ajaib’

Di Indonesia, fenomena semacam ini mungkin lebih sering ditemukan di adegan sinetron. Tiba-tiba seorang pasien yang kritis, lalu detak jantungnya sudah tak ada, asal sang dokter menempelkan defibrillator, maka jantung pasien pun akan kembali berdetak. Tapi sayangnya hal itu hanya terjadi di film, sinetron, dan semacamnya karena faktanya, sekalinya jantung berhenti, maka defibrillator tak akan bisa membuatnya berdetak kembali.

Pin Granat Bisa Dilepaskan dengan Satu Tarikan Gigi, Padahal…

Pernah nonton film-film bergenre action dimana banyak baku tembak dan lempar granat sana-sini? Pasti kamu akan menemukan adegan yang tak asing dimana ada tokoh yang hendak melempar granat, tiba-tiba membuka pin granat (agar granat tersebut aktif) dengan satu tarikan gigi.

Kita pun membatin, “Wah kuat sekali” Padahal kalau kamu mau mencoba, percayalah, seseorang justru berisiko kehilangan giginya kalau memaksa mengaktifkan granat dengan tarikan gigi. Bahkan sampai giginya lepas pun, pin granat belum pasti akan terbuka.

Mengobrol Selama Skydiving, Hmmm…

Aksi skydiving alias melompat dari atas pesawat yang tengah terbang dengan ketinggian beribu-ribu kaki membuat penonton terpukau. Bayangkan, para pemain itu tampak menikmati aksi mereka. Kalau yang dipertontonkan adalah dua orang atau sekelompok pemain  yang sedang skydiving, pasti ada dialog yang tersaji di dalam film tersebut.

Padahal, ketika kamu terjun bebas dari ketinggian, sejatinya telingamu tak akan mampu mendengar suara-suara di sekelilingmu kecuali kencangnya tiupan angin selama kamu melawan gravitasi.

Dua Tangan Memegang Dua Pistol, Yakin Tembakan Tepat Sasaran?

Keren rasanya melihat jagoan yang mampu menembak tepat sasaran. Apalagi kalau kedua tangannya memegang pistol sembari memasang ekspresi dingin dan tatapan tajam. Tanpa menunggu aba-aba, bunyi dor-dor-dor riuh dari dua tangan sang jagoan. Adegan semacam ini sudah dan sering dijumpai di film-film action, bukan? Dan tak bisa dipungkiri hal semacam ini bisa bisa membuat kekerenan sang jagoan jadi bertambah berkali-kali lipat.

Padahal faktanya, menembak dengan satu tangan saja sulit bukan main. Pistol itu berat, kamu akan membutuhkan kedua tanganmu untuk memastikan tembakanmu bisa tepat sasaran. Sementara kalau dua tanganmu memegang pistol, yang ada tembakanmu akan meleset dari sasaran.

Adegan di Film Selalu Memperlihatkan Jika Tenggelam ya Tinggal Teriak Saja…

 

“Tolong, tolong, saya tenggelam…”

Merasa tak asing dengan dialog itu? Ya, di dalam film umumnya orang akan berteriak ketika mereka menyadari dirinya akan tenggelam. Tak lama, sang jagoan akan datang membantu. Dengan uluran tangan, dan hap! korban pun tak jadi tenggelam karena berhasil ditolong oleh sang jagoan. Dalam realita, hal semacam ini akan sukar terjadi. Pasalnya, orang yang tenggelam sejatinya tak akan punya kesempatan untuk meminta pertolongan apalagi berteriak seperti dalam film-film.

Tak Semua Penyebab Kasus Kriminal Bisa Terkuak Lewat Proses Bedah Forensik, Kawan…

Di dunia nyata, ahli forensik sejatinya hanya bertugas mengumpulkan bukti. Kalau ada kasus kriminal yang terjadi di sekitarmu dan penyebabnya masih jadi misteri, sementara sudah ada korban dari insiden tersebut, maka itulah saatnya ahli forensik bekerja.

Tapi ingat, fungsi dan peran ahli forensik bukanlah pengungkap fakta. Mereka bekerja hanya demi mencari dan mengumpulkan bukti. Sementara dalam film, biasanya para ahli forensik bisa menjadi sumber jawaban atas setiap pertanyaan dan kerumitan yang belum terpecahkan.

Melacak Panggilan Telepon Kurang dari Satu Menit. Benarkah?

Faktanya, yang namanya melacak sebuah telepon butuh waktu berjam-jam lho. Kalau selama ini kamu mengira polisi bisa dengan cepat menemukan sebuah panggilan telepon hanya dalam waktu kurang dari satu menit, selamat! kamu sudah termakan adegan film…

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

3 Zodiak Ini Dikenal Sangat Serius dalam Menjalani Hidup

Sifat yang dimiliki setiap orang sudah jelas berbeda. Ada orang yang sangat santai dalam menjalani kehidupan. Sebaliknya juga ada orang dengan karakter perfeksionis yang sangat serius dalam menjalankan hidupnya. Berdasarkan zodiaknya, ini adalah 3 zodiak yang dikenal sangat seris dalam menjalani hidup, zodiakmu termasuk tidak?

1. Zodiak Virgo

Virgo terkenal sebagai zodiak yang sangat perfeksionis. Dia sangat serius dalam mengerjakan suatu hal dan dalam menjalani hidup. Dia selalu ingin segalanya berjalan dengan keinginannya. Selain itu, dia juga sosok yang selalu menghasilkan sesuatu yang rapi, logis dan bisa dipertanggungjawabkan.

2. Zodiak Pisces

Pisces termasuk zodiak yang serius dalam menjalani hidup. Dia sangat sensitif dan pendiam. Sosok yang penutup dan lebih nyaman dengan dirinya sendiri. Meskipun ada teman yang menyimpang, pisces bukan sosok yang mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya.

3. Zodiak Scorpio

Yang terakhir adalah zodiak scorpio. Scorpio termasuk zodiak yang dikenal kaku dan tegas. Dia sangatlah misterius dan bagi orang yang belum mengenalnya, mungkin dia akan menganggap scorpio adalah sosok yang kasar. Tapi sebenarnya scorpio memiliki karakter yang baik dan hati yang lembut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Patung ‘Kelinci’ Jeff Koons Dilelang Rp 990 Miliar

Buah tangan dari Jeff Koons memang selalu berhasil menarik perhatian publik. Dan salah satunya, patung dari tahun 1986 yang baru-baru ini menarik perhatian adalah patung ‘kelinci’. Dan menariknya, patung tersebut akan dijadikan bahan lelang di Balai Lelang Christie’s New York dengan angka fantastis. Yakni sekitar Rp 707 miliar hingga Rp 990 miliar.

Diperkirakan, Karya Jeff Koons ini akan berpotens memecahkan rekor karya Koons sebelumnya di tahun 2013 dengan angka Rp 826 miliar. Angka tersebut untuk patung ‘Balloon Dog (Orange)’.

Alex Rotter mewakili Christie’s New York menagatakan jika, patung kelinci tersebut bakal mengguncang dunia seni.

“Bagi saya ‘kelinci’ adalah anti-Daud yang menandakan kematian patung tradisional. Serta menganggu media dengan cara yang sama dengan karya ‘Number 31’ ciptaan seniman Jackson Pollock dan kembali memikirkan apa itu gagasan melukis,” katanya.

Sebelumnya, patung tersebut dipamerkan untuk yang pertama kali pada tahun 1986. Selama tiga dekade belakangan, patungnya itu menjadi ikon seni kontemporer. Unutk jadwal pelelangannya sendiri, dijadwalkan pada 15 Mei di New York.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Respon Garin Nugroho Terhadap Petisi Tolak Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’

Sudah tayang sejak 18 April 2019 lalu, film “Kucumbu Tubuh Indahku” merupakan karya terbaru dari Garin Nugroho yang sebelum tayang secara reguler di Tanah Air. Film tersebut sudah dibawa melanggang buana ke beberapa festival film Internasional dan meraih banyak penghargaan.

Namun, rupanya “Kucumbu Tubuh Indahku” tak begitu bisa diterima di Indonesia. Terbukti dari munculnya petisi untuk menolak penayangan film tersebut di laman change.org. Rakhmi Mashita, sang pembuat petisi, menolak film “Kucumbu Tubuh Indahku” karena dianggap menyebarluaskan paham LGBT.

Sebuah film selain dibuat untuk menceritakan true story, seharusnya sebuah film bisa membawa efek positif bagi penontonnya, seperti menjadi inspirasi positif,kreatif,dan menambah wawasan yg bernilai positif jgJika film seperti ini diijinkan tayang dan disebarluaskan, kita mesti khawatir, bahwa generasi muda yg mengalami kesulitan menemukan jati diri akan mencontoh perilaku dalam film ini.”  tulis Rakhmi di website change.org. Hingga ini dituliskan dari target 5 ribu orang, sudah 3 ribu lebih orang yang ikut menandatangi petisi tersebut.

Menanggapi hadirnya petisi tersebut, Garin Nugroho buka suara. Ia memberikan pernyataan sebagai berikut:

“Petisi untuk tidak menonton film “Kucumbu Tubuh Indahku” lewat ajakan medsos, tanpa proses dan ruang dialog, bahkan tanpa menonton telah diviralkan di media sosial. Penghakiman massal lewat media sosial berkali terjadi pada karya seni dan pikiran atas keadilan. Gejala ini menunjukkan media sosial telah menjadi medium penghakiman massal tanpa proses keadilan, melahirkan anarkisme massal.

Bagi saya, anarkisme masa tanpa proses dialog ini akan mematikan daya pikir terbuka serta kualitas warga bangsa, memerosotkan daya kerja serta cipta yang penemuan warga bangsa, serta mengancam kehendak atas hidup bersama manusia untuk bebas dari berbagai bentuk diskriminasi dan kekerasan sebagai tiang utama demokrasi.

Lewat keprihatinan ini, saya ingin menyatakan keprihatinan terbesar atas gejala menjamurnya penghakiman massal tanpa proses dialog dan penegakan hukum berkeadilan. Bagi saya, kehendak atas keadilan dan kehendak untuk hidup bersama dalam keberagaman tanpa diskriminasi dan kekerasan tidak akan pernah mati dan dibungkam oleh apapun, baik senjata hingga anarkisme massal tanpa proses berkeadilan.” tutupnya.

Film “Kucumbu Tubuh Indahku” sendiri menceritakan kisah penari Lengger bernama Juno. Film produksi Fourcolours Films ini diperankan oleh Muhammad Khan, Sujiwo Tejo, Teuku Rifnu Wikana, Randy Pangalila, dan sederet artis peran pendukung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top