Community

Sudah Makan Banyak Tapi Tak Kunjung Gemuk Jua, Jangan Senang Dulu Barangkali Kamu…

Setiap orang pasti menginginkan bentuk badan yang proposional. Namun gimana lagi kalo badanmu memang sudah terlahir gemuk meskipun kamu selalu menahan diri untuk makan dengan porsi yang banyak. Berbeda lagi dengan kamu yang memiliki badan kurus. Mau makan sebanyak apapun, berat badanmu tak akan bertambah.

Badan tetap kurus meski porsi makan banyak memang menjadi hal yang membuat orang iri, apalagi bagi orang yang berbadan gemuk. Tapi kamu yang berbadan kurus tentu sudah tahu manis pahitnya memiliki badan sekurus itu dengan porsi makan yang tak sedikit.

Tapi jangan asal senang dulu, sebab bisa jadi ada hal lain yang sedang mengintaimu.

Bentuk badan dapat dipengaruhi oleh faktor genetika

Menurut dokter pakar diet, Phaidon L Toruon, sifat genetic yang mempengaruh bentuk badan seseorang dibagi menjadi tiga, yaitu ectomorf, endomorf, dan mesomorf. Ectomorf adalah seseorang yang terlahir dengan faktor genetika kurus. Sejak kecil sampai dia dewasa tubuhnya akan tetap kurus. Sehingga sampai usia dewasa pun dia akan tetap nampak kurus meskipun porsi makannya sangat banyak.

Endomorf adalah orang yang dilahirkan dengan faktor genetika gemuk. Dari kecil sampai dewasa dia akan berbadan gemuk. Meskipun dia mencoba mengurangi asupan makan, dia akan tetap sulit untuk menjadi kurus. Bahkan makan berlebih sedikit saja akan emmbuatnya mudah untuk bertambah gemuk.

Orang dengan faktor genetika ini biasanya kesal dengan kondisi bentuk badannya sendiri yang tak bisa mencapai bentuk idealnya. Mesomorf adalah orang yang terlahir dengan bentuk badan kekar. Sejak kecil dia sudah terlihat berotot. Makin dewasa akan makin menjadi.

Akan sangat menguntungkan jika kondisi ini ada pada lelaki, tanpa banyak workout badan sudah terlihat seperti layaknya seorang atlet. Bisa saja badanmu tetap kurus meski porsi makanmu banyak karena sistem metabolisme tubuh yang sangat tinggi.

Sistem metabolisme dan proses pembakaran kalori menjadi hal utama yang menyebabkan cepat atau lambatnya kenaikan berat badan. Orang yang banyak makan namun tetap saja kurus artinya dia memiliki sistem metabolisme tubuh yang sangat tinggi.

Sistem metabolisme tubuh yang tinggi membuat makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar dari metabolisme pada umumnya. Hal ini tentu saja menyebabkan tak adanya timbunan lemak dalam tubuh.

Bisa Saja Kamu Mengalami Stres dan Depresi

Dokter ahli fisiologi, Grace Julio Kahl, mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi berat badan tetap rendah meski sudah makan banyak adalah faktor psikologis, misalnya sedang dalam situasi stress atau depresi.

Biasanya situasi ini bisa membuat orang malas untuk makan makanan bergizi walau ia terlihat banyak makan. Jadi pahami baik-baik, jika kamu mengalami stress atau depresi mungkin hal itulah yang menyebabkan kamu tetap kurus meski porsi makanmu banyak.

Jangan Terlalu Capek, Bisa Saja Kurusmu Itu Karena Aktivitas yang Tak Ada Hentinya

Nggak heran jika kamu tetap kurus meskipun makan banyak jika aktivitas mu pun sangat banyak dan tak ada hentinya. Kelelahan bisa menjadi faktor penyebabnya. Saat kamu beraktivitas, otomatis tubuhmu akan melakukan pembakaran kalori.

Semakin banyak kegiatan yang kamu lakukan, akan semakin banyak pula kalori yang terbakar. Karena itulah, perlu bagimu untuk tetap menjalani aktivitas dengan normal. Jangan terlalu capek.

Dan Faktanya Sakit Juga Bisa Jadi Salah Satu Penyebabnya

Kurus tak berarti sehat. Kamu harus lebih berhati-hati. Cek secara rutin kesehatan tubuhmu. Bisa saja kamu mengalami gangguan kesehatan yang kamu sendiri tak mengetahuinya. Sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi tak bisa menjadi otot tapi menjadi sumber energi untuk sistem imun dalam melawan penyakit yang kamu derita.

Belum lagi jika kamu mengalami gangguan pencernaan dimana kemampuan usus rendah dalam menyerapsari makanan dan produksi enzim pencernaan sehingga membuat seseorang tetap kurus meskipun makan banyak.

Nyatanya memiliki bentuk badan yang terlalu kurus dan terlalu gemuk sama-sama tak baik. Kamu harus lebih ekstra dalam menjaga berat badan idealmu. Tentu hal ini juga demi kesehatanmu ke depannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Marahnya Perempuan adalah Diam, Tapi Cerewetnya adalah Bukti Kepedulian

Perempuan memang kerap disebut-sebut sebagai sosok yang cukup rumit. Sulit ditebak dan sering lelap pada perkiraan-perkiraannya sendiri. Saat mereka sedang marah, biasanya perempuan akan memilih diam seribu bahasa. Namun sedikit saja dia peduli pada seseorang, cerewetnya bisa tak ketulungan. Dan kalau sudah menyimpan benci pada seseorang, ia bisa saja pergi dan tak lagi mau kembali. 

Berbeda dengan lelaki yang lebih mengedepankan logikanya, perempuan memang lebih dominan menggunakan perasaan dalam segala hal. Dan dari hasil penelitian ini memang sesuatu yang wajar, sebab laki-laki dan perempuan memang memiliki cara berbeda untuk berpikir. Melansir dari laman prevention.com, ada beberapa fakta yang perlu kita pahami tentang sikap perempuan ini. 

Marah dan Kecewa, Sering Ditunjukkan dengan Tak Berkata Apa-apa 

Dari hasil beberapa penelitian, ketika perempuan sedang marah, hampir 80% dari mereka akan memilih diam. Hal ini dilakukan karena perempuan adalah pribadi yang cukup pandai mengontrol emosi dalam dirinya. Berharap kemarahan dan kekecewaan yang dirasa tidak terlalu memuncak, diam jadi cara terbaik untuk meredam semua kekecewaan.

Fakta lainnya, Penelitian yang dilakukan para ahli di University of Basel di Switzerland juga mengungkapkan jika perempuan memang ditakdirkan lebih emosional dibanding pria. Emosional di sini bukan berarti perempuan lebih kasar atau kaku. Sebaliknya, perempuan lebih mengedepankan perasaannya. Saat marah sekalipun, ia lebih bisa mengontrol diri dan bersabar dan tak buru-buru meluapkan apa yang dirasakan. 

Sebab Perempuan Mengontrol Perasaan Tidak dari Hati Saja Tapi Juga dengan Otak Mereka

Masih dari hasil penelitian, fakta lain tentang perempuan yang jadi temuan para ahli mengatakan, jika ketika perempuan mengontrol emosi dan perasaannya, mereka tak hanya menggunakan hatinya saja, tetapi juga menggunakan otak. Temuan tersebut juga mengungkapkan, jika struktur otak perempuan dan laki-laki memiliki perbedaan signifikan. Perbedaan struktur inilah yang memengaruhi sifat keduanya.

Biasanya, laki-laki memiliki volume insula anterior atau volume materi abu-abu yang tumbuh lebih besar di otaknya dibandingkan dengan perempuan. Inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa laki-laki lebih gampang emosi dan cenderung menjadi pribadi kurang peka bahkan mengabaikan perasaan orang lain. Berbeda dengan perempuan yang memiliki volume lebih kecil dan membuatnya memiliki perasaan peduli, kesabaran serta cinta yang lebih besar terhadap sekitar. 

Tapi Ingat ya, Menjadi Perasa yang Lebih Peka Bukan Berarti Mereka Juga Lemah 

Kepekaan dan pola pikir yang kerap menggunakan perasaan, kadang kala membuat perempuan dianggap sebagai makhluk yang lemah. Padahal, meski perempuan dinilai lebih sering menggunakan perasaan, lebih peduli jika sudah sudah jatuh cinta, atau pergi kala dirinya tak lagi dihargai, bukan berarti mereka adalah sosok yang lemah.

Lebih dari itu, sikap dan tindakan yang mereka tunjukkan justru menjelaskan jika mereka adalah pribadi yang lihai dalam mengontrol emosi, serta cukup tangguh untuk menanggung rasa sedih. 

Jadi jika suatu waktu kamu akan bertemu dengan perempuan yang sering diam saat sedang marah, sangat peduli jika sudah jatuh cinta, tapi bisa pergi begitu saja kalau hatinya sudah terluka. Tak perlu kaget, karena sebenarnya itu adalah sikap alami dari seluruh kaum hawa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Planet yang Diklaim Layak Huni oleh NASA

Pernah tidak kamu mendengar tentang pernyataan bahwa manusia harus cepat meninggalkan bumi yang semakin tua ini dan berpindah ke planet lainnya? Hal tersebut karena adanya anggapan bahwa bumi kita tidak lagi mampu menopang populasi yang terus berkembang pada 100 tahun mendatang.

Menanggapi berita tersebut, sebenarnya NASA sudah melakukan penelitian untuk mencari planet yang layak dihuni oleh manusia. Berikut ini adalah lima di antaranya.

1. Proxima B

Sumber: www.supernovacondensate.net/

Planet yang satu ini merupakan salah satu planet yang layak huni karena paling dekat dengan tata surya. Planet ini mirip seperti planet bumi karena di sana juga memiliki kandungan bebatuan dan air. Planet ini juga digadang-gadang bisa menjadi rumah baru bagi manusia.

2. Exoplanet

Sumber: www.astrobio.net/

Di planet yang satu ini sudah ditemukan tiga bintang yang diklaim layak huni. Kandungan air yang mucul di permukaan planet ini juga cukup banyak. Namun sayangnya untuk bisa mencapai planet ini kamu membutuhkan 40 tahun cahaya yang masih belum bisa diraih oleh teknologi manusia di zaman sekarang.

3. HD 189732b

Sumber: www.en.wikipedia.org/

Planet ini merupakan planet yang memiliki tampilan luar berwarna biru layaknya planet bumi. Tak hanya mirip warnanya saja, planet yang satu ini juga merupakan salah satu planet dengan atmosfer yang mampu menghasilkan hujan. Sayangnya, hujan yang ada di planet ini bukanlah air, melainkan kaca yang meleleh. Ternyata planet ini juga lebih panas dari planet bumi.

4. Kepler 186-f

Sumber: www.thetalkingdemocrat.com/

Para ilmuwan sudah mengklaim bahwa planet ini menjadi salah satu planet yang cukup layak huni. Di sana terdapat kunci kehidupan, yaitu air. Tak hanya itu saja, atmosfer di planet ini juga memiliki kandungan oksigen yang cukup.

5. Mars

Sumber: www.nationalgeographic.com.au/

Mars merupakan planet yang bertetangga dengan planet bumi. Planet yang juga dijuluki si merah ini ternyata juga memiliki peluang untuk cukup layak dihuni loh. Bahkan kini NASA sudah menyiapkan awak dan kru untuk menumbuhkan koloni manusia di planet yang satu ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kaum Patah Hati? Kumpulan Lagu-lagu Bruno Mars Ini Siap Mewakili.

Setiap orang pasti mengalami patah hati karena putus cinta. Dengan berbagai macam alasan putus namun tetap perasaan yang muncul tak lain adalah sedih, kecewa, menderita, bahkan ada yang menganggap bahwa hidupnya tidak lagi berarti apa-apa.

Butuh waktu lama untuk menata hidup kembali, setelah bahagiamu dibawa pergi oleh seseorang yang tidak peduli. Merenung dan mengurung diri di kamar adalah hal yang tak pernah kaum patah hati lewatkan, benarkan? Bersamaan dengan itu, mendengarkan lagu adalah salah satu teman terbaik dari perayaan patah hatimu.

Lagu-lagu Bruno Mars inilah yang akan mewakili apa yang kamu rasakan, liriknya yang pas akan membuat kegalauanmu semakin memanas. Lagu apa sajakah itu? Ini dia.

1. It Will Rain, Lagu yang Mewakili Usahamu Untuk Mempertahankan Dia

Lirik yang paling ngena di hati adalah bagian ini.

“Cause there’ll be no sunlight
If I lose you, baby
There’ll be no clear skies
If I lose you, baby”

Gimana? Yang hujan bukan lagunya, tapi pipimu juga kan?

2. Whe I was Your Man, Mewakili Kenangan Yang Pernah Kalian Lewati

Lagu ini sebenarnya menyindir kalian yang menyianyiakan perasaan dia, saat dia pergi maka hanya kenangan yang bisa kamu nikmati.

“Same bed but it feels just a little bit bigger now
Our song on the radio but it don’t sound the same
When our friends talk about you, all it does is just tear me down
‘Cause my heart breaks a little when I hear your name”

3. Talking To The Moon, Kehilangannya Membuatmu Merasa Kehilangan Kewarasanmu Juga

Namanya juga baru putus cinta, kehilangan dia membuatmu merasa kehilangan segalanya. Terkadang kamu sampai merasa gila karena memikirkan kepergiannya.

“At night when the stars light up my room
I sit by myself talking to the moon.
Trying to get to you
In hopes you’re on the other side talking to me too.
Or am I a fool who sits alone talking to the moon?”

4. Grenade, Lagu Ini Paling Menyayat Hati Nih

Lirik lagunya sangat mendalam, kamu akan mengingat kembali luka yang telah dia ciptakan. Seribu mengapa yang tak kunjung juga menemui karena~

“I’d catch a grenade for ya (yeah, yeah, yeah)
Throw my hand on the blade for ya (yeah, yeah, yeah)
I’d jump in front of a train for ya (yeah, yeah, yeah)
You know I’d do anything for ya”

Bukannya move on, kamu malah memperburuk suasana hatimu dengan terus memikirkannya. Mengenangnya boleh-boleh saja, namun kamu juga harus tetap bangkit ya! 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top