Feature

Hei Kamu Yang Sinis, Travelingku Itu Bukan Untuk Ajang Pamer (Saja)

Bagi kamu yang tak doyan traveling mungkin bingung cenderung sinis ketika melihat kami kerap kali melancong ke tempat-tempat baru. Kami sering dituding hanya ingin pamer di sosial media sebagai tujuan dari jalan-jalan ke tempat baru. Padahal sesungguhnya, tidaklah sesederhana itu.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa traveling punya segudang manfaat bagi manusia. Saat tahu fakta-fakta positif tentang traveling berikut ini, kami sarankan agar kamu lebih banyak traveling mulai dari sekarang!

Traveling Itu Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian yang dilakukan Framingham Heart Study menemukan hasil yang cukup membuat kita tersadar akan pentingnya traveling. Hasil dari penelitian tersebut mengatakan bahwa orang yang tidak pernah traveling selama beberapa tahun resiko terkena serangan jatung lebih besar dibanding orang yang rutin melakukan traveling tiap tahunnya.

Kenapa ya bisa demikian? Dari penelitian itu diketahui bahwa orang yang mengambil jeda dari rutinitas sehari-hari umumnya tidak akan mudah stres dan merasa cemas. Hal ini menyebabkan kesehatan jantung lebih terjaga. Perasaan dan pikiran yang bahagia setelah traveling akan menjaga tubuh tetap sehat.

Kebahagiaan yang didapat dari liburan tidak bisa disamakan dengan kebahagiaan ketika mampu membeli barang baru atau ketika memberi hadiah. Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2002 oleh profesor di Universitas Surrey menemukan, orang-orang merasa paling bahagia saat tahu dirinya akan segera pergi liburan.

Banyak Traveling Membuat Kreativitasmu Meningkat

Kreativitas datang dari pengalaman-pengalaman baru. Untuk mendapatkan pengalaman baru, dibutuhkan suatu perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Itu hanya bisa didapatkan ketika kamu pergi traveling. Saat traveling, tubuh kita akan menemukan banyak suara, bunyi, pemandangan yang berbeda dari biasanya. Pengalaman dan informasi baru yang diterima otak kita dapat merangsang kreativitas.

Pekerja kreatif Ernest Hemingway saja selalu menggunakan pengalaman traveling ke luar negeri untuk menghasilkan sebuah karya. Sebagian besar novelnya, umumnya terinspirasi saat dirinya menetap di Perancis dan Spanyol.

Para pekerja di bidang kreatif dan seni, sangat perlu untuk sering berjalan-jalan agar bisa terus menghasilkan inovasi-inovasi baru.

Bertemu Orang Baru, Berarti Tambah Teman Baru

 

Hal positif lainnya yang kita dapatkan saat melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri adalah kesempatan untuk memperluas jaringan dan menambah teman-teman baru. Saat traveling kalian akan bertemu dengan orang-orang yang tidak biasa, seperti pelukis jalanan, pedagang, orang baik, orang aneh, penjual bunga, dan sebagainya.

Saat kamu berinteraksi dengan orang-orang baru dalam perjalanan, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru, baik tentang orang yang kamu ajak bicara atau daerah yang sedang kamu singgahi. Selain itu, keterampilan sosialmu juga akan meningkat, asal kamu mau memberanikan diri mengobrol atau membuka pembicaraan dengan orang baru yang kamu temui di jalan. Kamu tidak akan pernah tahu kondisi suatu wilayah atau negara jika tidak mengobrol langsung dengan penduduk lokalnya.

Melihat dan Mempelajari Hal-Hal Baru, Melepaskanmu Dari Kebosanan Hidup Monoton

tandem

Setiap negara, kota, ataupun desa sekalipun punya tradisi atau kebiasaan yang berbeda-beda.. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang kebudayaan yang bukan dari daerah asalmu saat kamu memberanikan diri untuk pergi traveling. Dari traveling kamu akan melihat hal-hal unik yang belum pernah kamu lihat sebelumnya, seperti upacara adat, ritual keagamaan, tarian tradisional khas suatu daerah, dan masih banyak lagi. Mendapatkan pengalaman baru itu sungguh menyenangkan. Saat pulang kembali ke rumah, kamu bisa menceritakan banyak hal pad aorang-orang di sekitarmu. Pengetahuan akan budayamu pun akan lebih meningkat bukan?

Kesempatan Mencicipi Aneka Makanan Baru, Pengetahuan Kulinermu Jadi Bertambah

Salah satu hal yang diburu dan biasanya menjadi banyak tujuan seseorang melakukan traveling adalah karena ingin mencicipi kuliner khas suatu daerah. Kamu tidak akan pernah bosan menjelajahi satu negara untuk menemukan makanan khasnya. Kenapa demikian? Karena lidahmu belum terbiasa mencicipi rasa-rasa baru, sehingga kamu akan penasaran ketika disuguhkan berbagai hidangan yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Belum lagi tampilannya yang sangat menggugah selera. Hmm… pastinya akan cepat bikin perut bunyi keroncongan!.

Agar pengalaman kulinermu di suatu negara atau kota tepat sasaran, disarankan untuk mencari referensinya dulu di internet. Biasanya banyak orang yang menulis pengalamannya di blog tentang kuliner-kuliner yang khas di suatu negara. Referensi ini juga bisa membantumu menemukan kuliner legendaris. Biasanya tiap daerah punya kuliner legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan patut dicoba!

Lagi Pula Kamu Tak Perlu Iri Hati, Travelingku Tak Butuh Budget Besar Kok, Aku Mengambil Paket Hemat

Mungkin salah satu yang membuatmu sinis dengan perjalananku karena menganggap aku pamer dan menghambur-hamburkan uang. Padahal tidak demikian adanya, karena aku selalu merencanakan perjalanan dengan budget yang ekonomis. Jadi meski aku terlihat sering berselfie ria di luar negeri, sejatinya aku melakukannya dengan paket wisata yang terjangkau.

Bagaimana caranya? Salah satu yang aku lakukan adalah menggunakan layanan dari Mister Aladin. Perusahaan Travel yang berbasis di Indonesia ini, selalu punya tawaran paket yang menarik. Dan selain memberikan harga hemat setiap hari, Mister Aladin juga memiliki fitur unik “Pilih Mood Kamu” atau “Choose Your Mood”. Fitur ini membantu para traveler untuk memilih penginapan yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan liburan mereka. Tersedia 5 kategori yang ditawarkan, yaitu Budget, Family Getaway, Villa Recommendations, Hip, dan Lux.

Coba saja tengok misalnya paket 4 HAri 3 Malam Jelajah Bangkok.  Kamu bisa ikutan jelajah Bangkok-Pattaya! Di sana kamu bisa berkunjung ke Golden Buddha Temple (Wat Pho), Honey Bee product shop, Sriracha Tiger Zoo & Crocodile Farm, dan masih banyak lagi hanya dengan 3.799.000 rupiah saja. Hemat bukan?

Jadi tahu kan, manfaat traveling yang bisa membuatmu lebih pintar karena memberibanyak pengalaman dan pengetahuan. Traveling bukan soal kesenangan, tetapi cara untuk bisa lebih memaknai kehidupan. Selamat berlibur!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Yusaku Maezewa : Konglomerat dari Jepang yang Akan Jadi Turis Pertama Ke Bulan

Liburan keliling dunia mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika tujuan liburannya adalah bulan? Yap, kamu tak salah baca. Pada Senin, 17 September lalu, Elon Musk selaku CEO SpaceX, mengumumkan jika ada seseorang yang akan jadi orang pertama yang akan melakukan perjalanan menuju bulan.

Dan lelaki beruntung itu adalah Seorang konglomerat dari Jepang, bernama Yusuka Maezewa. Konon Yusaku juga akan mengajak 8 orang lain, yang identitasnya masih belum dibagikan. Mereka akan menaiki Big Falcon Rocker atau BFR, yang saat ini masih dalam tahap pembuatan. Tapi, meski demikian katanya roket ini akan jadi yang terbesar yang pernah dibuat. Dengan perkiraan tinggi sepanjang 118 meter yang setara dengan gedung 35 lantai, dan diameter sepanjang 9 meter.

Rencana ini diagendakan akan selesai dibangun dan siap meluncur pada tahun 2023 mendatang. Dengan kata lain, Yusaku juga akan jadi orang pertama dengan kewarganegaraan non-AS yang dapat terbang ke bulan. Meski tak akan mendarat, dan hanya berkeliling mengitari orbit bulan dari roket yang membawannya terbang. Yusaku tetap jadi manusia perdana yang melakukan perjalanan liburan menuju bulan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Destinasi Unik yang Patut Kamu Kunjungi Saat Liburan ke Jogja

Jogja dikenal sebagai kota yang kental dengan budayanya. Tak hanya itu, ternyata Jogja juga menyimpan keindahan wisata yang bisa bikin kamu terkesima. Nah, kalau kamu berkunjung ke Jogja, cobalah untuk mengunjungi wisata menarik ini. Dijamin deh nggak bakalan nyesel.

1. Pantai Ngrumput

Pantai yang satu ini terletak di jajaran pantai selatan Gunung Kidul. Nama pantai ini mungkin memang masih asing di telingamu, mengingat pantai ini memang berada di tempat yang cukup terpencil. Saat berkunjung ke sana kamu juga bisa camping di Bukit Kosakora yang berada di sebelah Timur Pantai Ngrumput ini.

2. Air Terjun Gedad

Air terjun yang satu ini sedang hits nih di instagram. Lokasinya sendiri bertempat di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen. Sebenarnya air terjun ini belum dibuka secara resmi. Namun sudah ada beberapa wisatawan yang berkunjung ke sana.

3. Hutan Pinus Pengger

Hutan pinus ini terletak di Desa Terong, Dlingo, Bantul. Hutan pinus jadi salah satu wisata yang saat ini banyak digandrungi oleh para wisatawan. Terlebih di tempat ini kamu juga bisa foto-foto loh karena disana tersedia spot foto yang instagramable banget.

4. Air Terjun Curug Gede

Patuk Gunungkidul identik dengan Gunung Api Purba Nglanggeran beberapa tahun ini. Namun ternyata Patuk Gunungkidul memiliki pesona lain yang tersembunyi loh, yaitu air terjun Curug Gede.

5. Desa Wisata “Dolan Desa Boro”

Desa wisata yang satu ini memiliki keindahan alam yang sangat memukai dan suasana yang masih sangat asri. kamu bisa melakukan aktivitas outbond atau camping di desa wisata ini.

6. Saung Bambu Pakem

Wisata ini adalah salah satu wisata yang ada di Sleman. Kamu bisa melihat keunikan ornamen maupun arsitektur dengan bambu yang keren abis. Agak jauh sih dari Jogja, tapi kamu nggak bakal nyesel kalau sudah datang langsung ke destinasi wisata yang satu ini.

7. Air Terjun Kadisoka

Bagi kamu yang menyukai wisata alam, wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu pilih. Air terjun kadisoka ini terletak di Kulonprogo.

8. Bukit Panguk Kediwung

Lokasi wisata yang satu ini ada di Dlingo, Bantul. Kamu bisa mendapati banyak spot foto keren yang instagramable banget di sana.

9. Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun ini juga merupakan salah satu air terjun yang ada di kawasan Gunungkidul. Keindahannya dijamin bakal bikin kamu terpesona seketika.

10. Bukit Mojo Gumelem

Wisata yang satu ini memiliki konsep yang senada dengan Bukut Panguk. Kamu yang ingin foto di spot yang menarik, bisa banget datang langsung ke bukit mojo gumelem ini yang terletak di Dlingo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Rekomendasi Makanan dan Wisata Murah di Jogja yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

Untuk kamu yang ingin travelling ke Jogja dengan budget rendah, kamu tak perlu khawatir. Ada banyak makanan dan tempat recommended buat kamu yang murah abis. Yuk langsung cek saja listnya di bawah ini.

Menu Andalan di Jogja, Apalagi Kalau Bukan Gudeg Jogja

Belum lengkap rasanya kalau kamu main ke jogja tapi tidak mencoba menu makanan khas yang legendaris ini. Kamu bisa memilih kawasan Jalan Malioboro sebagai tempat terenak dan murah untuk menikmati gudeg ini. Lokasinya ada di Pedestrian depan gedung Malioboro Mall. Harganya pun terjangkau, kamu hanya butuh merogoh kocek Rp 10 ribu rupiah saja untuk satu porsi yang berisi nasi, telur, gudeg dan juga teh hangat.

Nikmati Hamparan Keindahan Wisata Embung Nglanggeran

Kamu bisa mengunjungi tempat ini di pagi hari untuk menghindari hujan. Lokasinya sendiri membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam dari Kota Jogja. Kamu juga perlu hati-hati karena saat lokasi sudah dekat, jalanannya mulai sempit dan menanjak. Karena itulah disarankan untuk ke tempat yang satu ini di pagi hari, karena jika sudah hujan, tentu saja jalanan akan semakin licin dan berbahaya.

Jangan Lewatkan Juga untuk Berkunjung ke Wisata Jurang Tembelan

Kamu bisa merasakan suasana yang romantis di sana. Wisata yang satu ini terletak di Dlingo, Bantul. Wisata ini terkenal dengan beberapa spot foto yang keren dan unik. Kamu bisa memanjakan matamu dengan pemandangan indah yang bisa kamu  lihat di wilayah Jurang Tembelan ini. Akses jalan menuju tempat wisata ini cukup mudah kok.

Mampir Juga Yuk ke Wisata Batu Songgo Langit

Mampirlah ke tempat wisata yang satu ini jika kamu sudah ke wisata jurang tembelan. Lokasinya tak jauh dari lokasi wisata Jurang Tembelan kok. Setidaknya kamu hanya butuh waktu tempuh sekitar lima menit saja. Suasana hutan yang masih asri dijamin bakal bikin kamu betah berlam-lama berada di sana. Lokasinya sendiri terletak di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Yakin Deh, Kalau Sudah Sampai di Puncak Becici Pasti Rasanya Tak Mau Cepat-cepat Pulang

Puncak Becici termasuk salah satu wisata yang tak kalah menariknya dengan wisata alam lainnya seperti Embung Ngelanggeran, Jurang Tembelan maupun Batu Songgo Langit. Kamu bisa menyaksikan momen matahari terbenam dari puncak ini. Puncak Becici juga memiliki deretan pohon-pohon pinus loh. Kalau kamu memang mengaku sebagai pecinta sunset, kamu wajib datang ke tempat wisata yang satu ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top