Feature

Hei Kamu Yang Sinis, Travelingku Itu Bukan Untuk Ajang Pamer (Saja)

Bagi kamu yang tak doyan traveling mungkin bingung cenderung sinis ketika melihat kami kerap kali melancong ke tempat-tempat baru. Kami sering dituding hanya ingin pamer di sosial media sebagai tujuan dari jalan-jalan ke tempat baru. Padahal sesungguhnya, tidaklah sesederhana itu.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa traveling punya segudang manfaat bagi manusia. Saat tahu fakta-fakta positif tentang traveling berikut ini, kami sarankan agar kamu lebih banyak traveling mulai dari sekarang!

Traveling Itu Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian yang dilakukan Framingham Heart Study menemukan hasil yang cukup membuat kita tersadar akan pentingnya traveling. Hasil dari penelitian tersebut mengatakan bahwa orang yang tidak pernah traveling selama beberapa tahun resiko terkena serangan jatung lebih besar dibanding orang yang rutin melakukan traveling tiap tahunnya.

Kenapa ya bisa demikian? Dari penelitian itu diketahui bahwa orang yang mengambil jeda dari rutinitas sehari-hari umumnya tidak akan mudah stres dan merasa cemas. Hal ini menyebabkan kesehatan jantung lebih terjaga. Perasaan dan pikiran yang bahagia setelah traveling akan menjaga tubuh tetap sehat.

Kebahagiaan yang didapat dari liburan tidak bisa disamakan dengan kebahagiaan ketika mampu membeli barang baru atau ketika memberi hadiah. Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2002 oleh profesor di Universitas Surrey menemukan, orang-orang merasa paling bahagia saat tahu dirinya akan segera pergi liburan.

Banyak Traveling Membuat Kreativitasmu Meningkat

Kreativitas datang dari pengalaman-pengalaman baru. Untuk mendapatkan pengalaman baru, dibutuhkan suatu perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Itu hanya bisa didapatkan ketika kamu pergi traveling. Saat traveling, tubuh kita akan menemukan banyak suara, bunyi, pemandangan yang berbeda dari biasanya. Pengalaman dan informasi baru yang diterima otak kita dapat merangsang kreativitas.

Pekerja kreatif Ernest Hemingway saja selalu menggunakan pengalaman traveling ke luar negeri untuk menghasilkan sebuah karya. Sebagian besar novelnya, umumnya terinspirasi saat dirinya menetap di Perancis dan Spanyol.

Para pekerja di bidang kreatif dan seni, sangat perlu untuk sering berjalan-jalan agar bisa terus menghasilkan inovasi-inovasi baru.

Bertemu Orang Baru, Berarti Tambah Teman Baru

 

Hal positif lainnya yang kita dapatkan saat melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri adalah kesempatan untuk memperluas jaringan dan menambah teman-teman baru. Saat traveling kalian akan bertemu dengan orang-orang yang tidak biasa, seperti pelukis jalanan, pedagang, orang baik, orang aneh, penjual bunga, dan sebagainya.

Saat kamu berinteraksi dengan orang-orang baru dalam perjalanan, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru, baik tentang orang yang kamu ajak bicara atau daerah yang sedang kamu singgahi. Selain itu, keterampilan sosialmu juga akan meningkat, asal kamu mau memberanikan diri mengobrol atau membuka pembicaraan dengan orang baru yang kamu temui di jalan. Kamu tidak akan pernah tahu kondisi suatu wilayah atau negara jika tidak mengobrol langsung dengan penduduk lokalnya.

Melihat dan Mempelajari Hal-Hal Baru, Melepaskanmu Dari Kebosanan Hidup Monoton

tandem

Setiap negara, kota, ataupun desa sekalipun punya tradisi atau kebiasaan yang berbeda-beda.. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang kebudayaan yang bukan dari daerah asalmu saat kamu memberanikan diri untuk pergi traveling. Dari traveling kamu akan melihat hal-hal unik yang belum pernah kamu lihat sebelumnya, seperti upacara adat, ritual keagamaan, tarian tradisional khas suatu daerah, dan masih banyak lagi. Mendapatkan pengalaman baru itu sungguh menyenangkan. Saat pulang kembali ke rumah, kamu bisa menceritakan banyak hal pad aorang-orang di sekitarmu. Pengetahuan akan budayamu pun akan lebih meningkat bukan?

Kesempatan Mencicipi Aneka Makanan Baru, Pengetahuan Kulinermu Jadi Bertambah

Salah satu hal yang diburu dan biasanya menjadi banyak tujuan seseorang melakukan traveling adalah karena ingin mencicipi kuliner khas suatu daerah. Kamu tidak akan pernah bosan menjelajahi satu negara untuk menemukan makanan khasnya. Kenapa demikian? Karena lidahmu belum terbiasa mencicipi rasa-rasa baru, sehingga kamu akan penasaran ketika disuguhkan berbagai hidangan yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Belum lagi tampilannya yang sangat menggugah selera. Hmm… pastinya akan cepat bikin perut bunyi keroncongan!.

Agar pengalaman kulinermu di suatu negara atau kota tepat sasaran, disarankan untuk mencari referensinya dulu di internet. Biasanya banyak orang yang menulis pengalamannya di blog tentang kuliner-kuliner yang khas di suatu negara. Referensi ini juga bisa membantumu menemukan kuliner legendaris. Biasanya tiap daerah punya kuliner legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan patut dicoba!

Lagi Pula Kamu Tak Perlu Iri Hati, Travelingku Tak Butuh Budget Besar Kok, Aku Mengambil Paket Hemat

Mungkin salah satu yang membuatmu sinis dengan perjalananku karena menganggap aku pamer dan menghambur-hamburkan uang. Padahal tidak demikian adanya, karena aku selalu merencanakan perjalanan dengan budget yang ekonomis. Jadi meski aku terlihat sering berselfie ria di luar negeri, sejatinya aku melakukannya dengan paket wisata yang terjangkau.

Bagaimana caranya? Salah satu yang aku lakukan adalah menggunakan layanan dari Mister Aladin. Perusahaan Travel yang berbasis di Indonesia ini, selalu punya tawaran paket yang menarik. Dan selain memberikan harga hemat setiap hari, Mister Aladin juga memiliki fitur unik “Pilih Mood Kamu” atau “Choose Your Mood”. Fitur ini membantu para traveler untuk memilih penginapan yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan liburan mereka. Tersedia 5 kategori yang ditawarkan, yaitu Budget, Family Getaway, Villa Recommendations, Hip, dan Lux.

Coba saja tengok misalnya paket 4 HAri 3 Malam Jelajah Bangkok.  Kamu bisa ikutan jelajah Bangkok-Pattaya! Di sana kamu bisa berkunjung ke Golden Buddha Temple (Wat Pho), Honey Bee product shop, Sriracha Tiger Zoo & Crocodile Farm, dan masih banyak lagi hanya dengan 3.799.000 rupiah saja. Hemat bukan?

Jadi tahu kan, manfaat traveling yang bisa membuatmu lebih pintar karena memberibanyak pengalaman dan pengetahuan. Traveling bukan soal kesenangan, tetapi cara untuk bisa lebih memaknai kehidupan. Selamat berlibur!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Backpackeran ke Lombok 3 Hari dengan 500 Ribu? Bisa Kok, Begini Panduannya!

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Nah jika kamu ingin berkunjung ke sana tapi kamu nggak punya tabungan yang cukup banyak, kamu nggak perlu khawatir. Kamu bisa kok backpackeran ke Lombok selama 3 hari dengan budget sekitar 500 ribuan saja. Begini tipsnya…

Agenda di Hari Pertama, Pergi ke Pantai Senggigi dan Kota Mataram

Jika kamu sudah sampai di Bandara Internasional Lombok Praya, kamu bisa mampir ke warung nasi puyung di Praya. Tempat kuliner ini cukup terkenal di kalangan traveler. Setelah itu kamu bisa pergi ke Senggigi dengan naik Damri. Sesampainya di Senggigi kamu bisa menyewa motor untuk 3 hari. Selanjutnya kamu bisa mengeliling Senggigi dan menikmati wisata kuliner di Kota Mataram. Untuk bermalam, kamu bisa menginap di rumah singgah backpacker di Mataram secara gratis loh.

Agenda Hari Kedua, Pergi ke Kawasan Mandalika

Di kawasan Mandalika kamu bisa berkunjung ke Pantai Kuta, Tanjung Aan, Desa Sade dan masih banyak yang lainnya. Setidaknya butuh waktu sekitar 1 jam untuk perjalanan dari rumah singgah ke Kawasan Mandalika ini. Kamu bisa mulai dengan berkunjung ke Desa Sade terlebih dahulu untuk melihat rumah sasak beserta kain khas Lombok yang juga bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Selanjutnya kamu bisa perhi ke Pantai Kuta dan makan siang di dekat pantai. Setelah makan siang kamu bisa menjelajahi banyak tempat yang ada di dekat Pantai Kuta seperti Mawun, Seger, Selong Belanak, Tanjung Aan. Ingat, akan lebih baik jika kmau cepat kembali ke Kota Mataram sebelum malam, karena hal itu mugkin saja akan membahayakan keselamatanmu.

Agenda Hari Ketiga, Pergi ke Air Terjun Sindanggile, Tiu Kelep atau Air Terjun Benang Kelambu

Kamu bisa mengunjungi ketiga atau beberapa saja dari tiga air terjun ini. Lebih baik kamu berangkat dari pagi karena lokasinya cukup jauh.  Untuk mencapai lokasi Air Terjun TTiu Kelep dan Sindanggile butuh waktu sekitar 2 jam. Sedangkan untuk ke Air Terjun Benang Kelambu hanya butuh waktu 1 jam dari Mataram. Setelah puas bermain di air terjun, kamu bisa makan siang dan berkemas untuk persiapan pulang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Meski Jarang Dilirik, Namun Pesona 7 Pulau Terluar Ini Mendunia

Indonesia memang sebuah negara dengan beribu pulaunya yang mempesona. Nah meski jarang dilirik, ternyata 7 pulau terluar Indonesia ini pesonanya mendunia loh. Kamu wajib tahu.

1. Alor, Nusa Tenggara Timur

Keindahan Indonesia Timur memang tak perlu diragukan lagi. Selain Raja Ampat dan Labuan Bajo, ternyata masih ada Alor yang sangat memesona. Pulau ini terletak di sebelah Flores dan Lembata.

2. Kisar, Selat Wetar, Perbatasan Timor Leste

Lokasi Pulau Kisar terletak di Selat Wetar, dimana tempat tersebut berbatasan langsung dengan Timor Leste. Namun tenang, secara administratif, wilayah pulau ini masih masuk bagian Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku.

3. Rondo

Pulau Rondo seringkali disebut sebagai penjaga wilayah Indonesia dikarenakan letaknya yang berada di bagian paling utara Indonesia. Lokasi pulau ini berbatasan langsung dengan India yang letaknya tak terlalu jauh dari Pulau Weh. Beberapa orang mengatakan bahwa Pulau Rondo adalah titik 0-nya Indonesia.

4. Jemur, Kabupaten Rokan Hilir, Riau

Pulau Jemur letaknya berbatasan dengan negara Malaysia. Namun secara administratif, pulau ini masih masuk wilayah Indonesia, tepatnya Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Jika diukur, jaraknya kira-kira 64,3 kilometer dari Pelabuhan Klang, Malaysia.

5. Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku

Pulau Liran merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Meski begitu, secara administratif, pulai ini masih masuk wilayah Kabupaten Maluku Barat, Maluku.

6. Dolangan, Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah

Pulai ini merupakan pulau yang berbatasan dengan Malaysia dan Filipina. Namun secara administratif, wilayah pulau ini masih masuk bagian pemerintah Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

7. Berhala, Selat Malaka

Pulau ini terletak di Selat Malaka dan masih tergolong masuk wilayah Sumatera Utara. Tepatnya berada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai. Di pulau ini juga terdapat penangkaran penyu loh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Jadi Tujuan Wisatawan, Ini 10 Negara Paling Instagramable

Saat ini, sosial media memang memiliki peran yang penting untuk perkembangan pariwisata di seluruh penjuru dunia. Jadi nggak heran kalau mendadak suatu tempat jadi viral karena ada yang mengunggahnya ke media sosial. Nah berikut adalah 10 negara yang memiliki tempat wisata yang instagramable banget.

1. Indonesia

Indonesia memang terkenal sebagai negara kepulauan yang kaya akan kekayaan alam dan budayanya. Jadi nggak heran kalau Indonesia menjadi salah satu tempat rujukan wisata bagi banyak orang. Hal itu tentu karena banyaknya spot menarik di Indonesia untuk dikunjungi seperti Raja Ampat, Bali, Candi Borobudur dan tempat menarik lainnya.

2. Inggris

Inggris adalah negara yang memiliki gaya arsitektur yang menarik. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang memilih untuk berkunjung ke sana. Terlebih saat ini London termasuk sebagai salah satu kota modern di dunia yang terkenal dengan budaya, seni, mode dan pariwisatanya.

3. Italia

Italia merupakan negara yang kaya akan bangunan bersejarah. Bangunan itu sangat menarik, baik dari segi arsitekturnya maupun sejarahnya. Di negara ini juga terdapat Venezia yang emmiliki lebih dari 150 kanal yang terhubung dengan 400 jembatan.

4. Spanyol

Negara Spanyol merupakan negara yang terletak di Semenanjung Iberia. Negara ini dikenal sebagai Negara Matador yang sangat khas dengan pertunjukan festival pertarungan antara manusia melawan banteng. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke Barcelona atau Madrid untuk lebih tahu banyak tentang sepakbola, situs warisan dunia UNESCO.

5. Jerman

Di Jerman, kamu bisa menikmati banyak lokasi menarik di tengah kota. Kamu juga bisa datang ke wisata alam Rugen Cliffs. Jangan lupa untuk mengunjungi tembok Berlin juga saat berkunjung ke Jerman. Bangunan itu merupakan tembok bersejarah yang membagi kota menjadi dua bagian dari tahun 1961 – 1989.

6. Brazil

Negara Brazil sangat terkenal sebagai rumah bagi para pemain sepakbola dan Hutan Amazonnya. Salah satu landmark yang dimiliki Brazil adalah patung Kristus yang sangat besar dengan tinggi 38 meter di puncak gunung Corcovado. Di sana kamu juga bisa menikmati keindahan wisata air terjun, pantai dan beragam festival.

7. Swiss

Swiss sangat terkenal dengan banyaknya pegunungan dan danau yang menakjubkan di sana. Banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti bermain ski, mendaki gunung, belanja, melihat festival, dan masih banyak lainnya. Jangan lupa untuk berkunjung ke Zermatt juga, nuansa kotanya sangat tenang dan jauh dari kebisingan juga polusi.

8. Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu negara yang dikenal dengan perkembangannya yang sangat ekspansif. Di Hong Kong, kamu bisa menikmati suasana kota, budaya dan sejarah yang masih dijaga oleh masyarakatnya dengan baik. Tak hanya itu, kamu juga perlu tahu bahwa Hong Kong merupakan salah satu negara Asia untuk street Photography.

9. Amerika Serikat

Ada banyak hal yang bisa kamu temui di negara Amerika Serikat ini. Kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata disana. Beberapa tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah air terjun Niagara, gedung putih, Golden Gate, Grand Canyon dan masih banyak lainnya.

10 Singapura

Meski kecil, tapi negara ini dijadikan incaran bagi banyak wisatawan dunia. Ada banyak spot foto menarik yang ada di Singapura. Kamu bisa berfoto di jalanan, mall, sampai di tempat-tempat menarik lainnya yang menjadi landmark negara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top