Feature

Tingginya Intensitas Pekerjaan Membuat Kita Mudah Lupa, Padahal Kamu Hanya Perlu Melupakan Sugesti ‘Pelupa’

Hari ini kamu berkenalan dengan orang, tapi baru sepuluh menit mengobrol, tetiba kamu lupa nama orang tersebut. Padahal tadi kalian saling bertukar nama. Pernahkah kamu mengalami situasi semacam itu?

Kamu merasa cepat lupa dengan informasi yang kamu dapatkan hanya dalam beberapa detik. Sejatinya situasi semacam ini pernah dirasakan oleh setiap orang. Tak peduli seberapa keras kita mencoba, tapi akhirnya sering lupa dengan hal-hal kecil.

Kamu perlu tahu, kehilangan memori harian dari hal-hal kecil nan sederhana yang sering kita lakukan adalah efek samping dari rutinitas modern yang kita lakoni. Kita terlalu sibuk dan menuruti setiap tekanan dari rutinitas tersebut.

Berdasarkan penelitian dari Harvard Medical School, stres dan kecemasan membuat kita makin susah untuk berkonsentrasi dan mengunci informasi baru. Akibatnya, kamu jadi lupa dengan hal-hal kecil dan kebiasaan itu jadi sugesti dalam diri kita, sehingga akhirnya kita mengasosiasikan diri sebagai pelupa. Padahal masalah seperti ini masih bisa diantisipasi.

Biasakan Memperhatikan Hal-hal di Sekitarmu dengan Seksama

Kebanyakan orang, saat menerima informasi baru, biasanya susah fokus lantaran pikirannya kemana-mana. Padahal, seharusnya ketika ada informasi baru yang berusaha disampaikan kepadamu, setidaknya fokuslah pada hal itu. Termasuk ketika mengingat nama orang. Nyatanya, dengan terbiasa memperhatikan hal-hal semacam ini yang ada di sekitarmu, kamu jadi terlatih untuk lebih fokus lagi.

Bangunlah Hubungan Emosional dengan Sekitarmu Agar Bisa Merasakan Hal yang Ada Di Sekelilingmu

Tahukah kamu perasaan nostalgia itu sangatlah kuat. Coba bayangkan saja, kekuatan nostalgia membuat kamu bisa menyadari bau sesuatu yang mungkin kamu rasakan pada saat kamu masih anak-anak. Ya, sebuah penelitian terbaru mengatakan, jika ingin mengingat sesuatu lebih lama lagi, berusahalah menghubungkannya dengan faktor emosi untuk mengingat hal-hal baru. Ketika kamu berusaha mengingat sesuatu, cobalah rasakan segala hal yang ada di sekelilingmu.

Cobalah Mengingat Dengan Membaca Sesuatu secara Lantang

Berdasarkan penelitian dari ahli psikologi Art Markman, PhD di Psychology Today, seseorang biasanya merasakan pikiran terasa berat ketika diminta membaca tulisan yang panjang atau dokumen yang penting.

Hal ini yang kemudian membuat seseorang semakin malas untuk membaca sesuatu sampai habis. Misalnya, saat kita hendak ujian, begitu banyak teori yang harus dihapal, pikiran pun jadi terasa berat.

Ketahuilah, ketika kamu hendak menyingkirkan rasa berat tersebut, cobalah baca tulisan tersebut dengan lantang atau setidakanya kamu masih bisa mendengarnya. Cara tersebut ampuh meningkatkan daya ingatmu saat ujian.

Sediakan Waktumu dalam Sehari untuk Membaca Buku dibanding Terus-terusan Menatap Gawai Milikmu

Dalam sehari kalau diakumulasi, kira-kira berapa jam waktu yang kamu habiskan untuk menatap gawai? Dari bangun tidur, makan, duduk, hingga menjelang tidur, pasti ada sebagian dari kamu yang tidak bisa lepas dari gawai.

Padahal sejatinya gawai adalah sumber distraksi yang bisa membuatmu semakin sukar mengingat hal baru. Cobalah untuk beralih ke cara lama yaitu dengan lebih sering membaca buku. Ya, berdasarkan penelitian, membaca buku adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan informasi terbaru.

Penuhilah Asupan Gizi dengan Pola Makan yang Seimbang dibarengi Olahraga Secara Rutin

Gary Small, direktur UCLA Longevity Center di Semel Institute dan penulis buku 2 Weeks to a Younger Brain mengatakan bahwa dua per tiga yang mendeskripsikan seberapa baik kita dalam menua adalah dari faktor non-genetis, yaitu kebiasaan kita.

Penelitian terhadap 18.000 orang mengungkap bahwa mereka yang punya pola makan seimbang cenderung tak mengalami masalah dengan memori mereka. Di samping itu, penelitian lainnya menyebutkan bahwa orang yang rutin berolahraga ternyata jarang mengeluh soal memori mereka.

Hal ini berdasarkan polling terhadap lebih dari 18.000 orang dari berbagai daerah, hanya sebagian kecil yang melakukan kebiasaan sehat—diet seimbang, olahraga rutin—dilaporkan memiliki lebih sedikit komplain memori.

Jadi kalau kamu gak bisa menerapkan semua metode di atas, maka lakukan saja gaya hidup yang sehat, serta pastikan sel otak berada dalam kondisi prima untuk menjaga semua yang kamu butuhkan tepat sesuai yang kamu harapkan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Lelaki yang Memiliki 7 Kelebihan Ini, Pasti Mampu Membuat Perempuan Jatuh Hati

Kriteria setiap perempuan tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tampan saja tentu bukan hal yang utama dalam sebuah hubungan. Karenanya kamu perlu tahu, ternyata ini adalah kelebihan laki-laki yang bisa bikin perempuan jatuh hati.

Humoris

Jika kamu bertanya pada perempuan lainnya, mungkin sebagian dari mereka akan setuju kalau laki-laki idaman adalah laki-laki yang memiliki selera humor yang oke. Sifat humoris seorang laki-laki bisa membuat perempuan merasa nyaman dan terhibur saat berada di dekatnya.

Cerdas

laki-laki cerdas memiliki kharisma yang nggak bisa dipungkiri lagi. Kecerdasannya membuatmu tak akan kecewa saat bertanya soal suatu hal yang mungkinbelum kamu ketahui. Jadi ya wajar saja kalau perempuan akan bangga saat memiliki laki-laki yang cerdas.

Penampilan yang Menarik

Dalam hal ini bukan ketampanan saja loh ya. laki-laki yang menarik adalah laki-laki yang bisa menjaga penampilannya. Misalnya selalu berpenampilan bersih dan rapi. Pastilah hal ini akan membuat perempuan betah berlama-lama bersamanya.

Romantis

Yang dimaksud romantis ini, romantis dengan kadar yang pas ya. Nggak berlebihan tentunya. Jadi perempuan pun akan dengan mudah jatuh hati dengan laki-laki yang memiliki kadar romantisme yang normal.

Tutur Katanya Lembut

Salah satu hal yang akan membuat perempuan jatuh hati kepada seorang laki-laki adalah karena bagaimana cara si laki-laki dalam bertutur kata. Kebanyakan perempuan tak suka dengan laki-laki yang suka bicara kasar.

Berjiwa Petualang

laki-laki akan terlihat lebih seksi saat dia memiliki jiwa petualang. Pengalamannya yang banyak membuat dia terlihat lebih menarik bagi seorang perempuan. Pokoknya laki-laki yang berjiwa petualang itu oke banget deh.

Memiliki Ambisi untuk Masa Depan

laki-laki yang mempersiapkan masa depannya dengan matang dan memiliki ambisi yang cukup besar untuk masa depannya memang akan terlihat lebih dewasa dan menarik. Tentu saja hal ini juga akan membuat perempuan percaya bahwa laki-laki seperti ini bisa membuat hidupnya terjamin di masa yang akan datang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Gambaran Hati dari Kami yang Punya Pacar Cuek

Cinta memang tak memandang apa yang ada dalam diri seseorang itu. Namun perihal memiliki pasangan yang cueknya kebangetan, tentu tak semua orang mampu menjalaninya. Meski begitu, mungkin saja kamu tak pernah tahu, dibalik sikap cueknya, nyatanya dia sangatlah sayang kepadamu. Namun cara dia dalam mencintai sajalah yang mungkin berbeda dari orang pada umumnya.

Tapi tenang saja, karena nyatanya kamu tak sendirian. Ada beberapa orang yang juga bernasip sama. Memiliki pacar cuek yang susah untuk diambil hatinya.

1. Kamu Harus Jadi Aktif dan Lebih Agresif

Karena sikap cuekya, kamu pun harus berusaha lebih keras dengan menjadi aktif dan lebih agresif untuk mendapatkan perhatiannya. Misalnya dengan gangguin sang pacar saat tengah serius dengan gelendotin terus menerus sampai mendapat respon dari sang pacar.

2. Tidak Bisa Hanya Sekedar Ngasih Kode

Bahkan saat kamu ngomong secara terang-terangan apa yang kamu mau saja, dia belum tentu nangkep. Apalagi jika kamu menggunakan kode-kode yang orang peka pun sulit memahaminya.

3. Jarang dan Bahkan Tak Pernah Pamer Kemesraan

Gimana caranya mau pamer kemesraan, orang kamu kepengen punya foto berdua sama si dia saja butuh perjuangan besar. Alasannya tentu saja karena dia cuek dan nggak romantis sama sekali.

4. Hampir Tidak Pernah Pakai Emoji Saat Chatting

Namanya juga orang cuek. Tentu saja dia akan sangat jarang atau bahkan tak pernah menggunakan emoji saat tengah chatting denganmu. Padahal kamu sudah kirimkan chat dengan emoji love di dalamnya. tapi tetap saja dia menanggapinya datar.

5. Tak Ada yang Namanya Panggilan Sayang Khusus

Jika pasangan lainnya memiliki panggilan sayang yang bermacam-macam, dengan pacar yang cuek kamu tak akan pernah memilikinya. Yang terpenting baginya, dia tahu bahwa kamu menyayanginya dan dia menyayangimu tak peduli dengan apapun panggilan sayang yang digunakan.

6. Tapi Diam-diam Dia yang Paling Mengerti Kamu

Meski dia cenderung cuek dan terkesan tak pernah mau tahu apapun tentangmu. Namun nyatanya dia adalah orang yang mengerti saat kamu sedang bahagia maupun bersedih.

7. Kejutan Kecil Saja Bisa Membuatmu Meleleh Sepanjang Waktu

Karena dia jarang memberikan kejutan atau hal istimewa, jadi tak heran jika sekalinya dia memberikan kejutan kecil pun akan terasa sangat istimewa. Bisa-bisa kamu baper abis dibuatnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Backpackeran ke Lombok 3 Hari dengan 500 Ribu? Bisa Kok, Begini Panduannya!

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Nah jika kamu ingin berkunjung ke sana tapi kamu nggak punya tabungan yang cukup banyak, kamu nggak perlu khawatir. Kamu bisa kok backpackeran ke Lombok selama 3 hari dengan budget sekitar 500 ribuan saja. Begini tipsnya…

Agenda di Hari Pertama, Pergi ke Pantai Senggigi dan Kota Mataram

Jika kamu sudah sampai di Bandara Internasional Lombok Praya, kamu bisa mampir ke warung nasi puyung di Praya. Tempat kuliner ini cukup terkenal di kalangan traveler. Setelah itu kamu bisa pergi ke Senggigi dengan naik Damri. Sesampainya di Senggigi kamu bisa menyewa motor untuk 3 hari. Selanjutnya kamu bisa mengeliling Senggigi dan menikmati wisata kuliner di Kota Mataram. Untuk bermalam, kamu bisa menginap di rumah singgah backpacker di Mataram secara gratis loh.

Agenda Hari Kedua, Pergi ke Kawasan Mandalika

Di kawasan Mandalika kamu bisa berkunjung ke Pantai Kuta, Tanjung Aan, Desa Sade dan masih banyak yang lainnya. Setidaknya butuh waktu sekitar 1 jam untuk perjalanan dari rumah singgah ke Kawasan Mandalika ini. Kamu bisa mulai dengan berkunjung ke Desa Sade terlebih dahulu untuk melihat rumah sasak beserta kain khas Lombok yang juga bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Selanjutnya kamu bisa perhi ke Pantai Kuta dan makan siang di dekat pantai. Setelah makan siang kamu bisa menjelajahi banyak tempat yang ada di dekat Pantai Kuta seperti Mawun, Seger, Selong Belanak, Tanjung Aan. Ingat, akan lebih baik jika kmau cepat kembali ke Kota Mataram sebelum malam, karena hal itu mugkin saja akan membahayakan keselamatanmu.

Agenda Hari Ketiga, Pergi ke Air Terjun Sindanggile, Tiu Kelep atau Air Terjun Benang Kelambu

Kamu bisa mengunjungi ketiga atau beberapa saja dari tiga air terjun ini. Lebih baik kamu berangkat dari pagi karena lokasinya cukup jauh.  Untuk mencapai lokasi Air Terjun TTiu Kelep dan Sindanggile butuh waktu sekitar 2 jam. Sedangkan untuk ke Air Terjun Benang Kelambu hanya butuh waktu 1 jam dari Mataram. Setelah puas bermain di air terjun, kamu bisa makan siang dan berkemas untuk persiapan pulang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top