Community

Tidak Perlu Cemas Jika Dibilang Cengeng! Menangis Memberi Manfaat yang Baik Bagi Tubuh

Tak jarang, lingkungan dimana kita berada sering sekali menganggap orang yang mudah menangis adalah orang cengeng, lemah, dan kekanak-kanakan. Tapi apa benar demikian? Menangis adalah sesuatu yang wajar dilakukan manusia. Seringkali seseorang menangis karena sesuatu yang membuat sedih atau emosional.

Jika ingin menangis, menangis saja tidak perlu ditahan atau malu. Menangis tidak hanya membuat perasaanmu lebih lega, tapi juga mempunyai sejumlah manfaat untuk kesehatan. Gak percaya?

Banyak Orang Yang Belum Tahu, Menangis Juga Dapat Membantu Membuang Racun Dalam Tubuh

Ketika menangis, itu artinya kamu membantu tubuhmu mengeluarkan racun-racun yang dapat merusak tubuh dan emosi. Inilah yang menjadi penyebab kamu akan merasa agak baikan setelah menangis karena suatu hal. Menangis membantu mengeluarkan senyawa kimia leucine encephalin yang disebabkan oleh stres, keluarnya senyawa ini akan membantu meradakan rasa sakit yang dialami tubuh.

Membunuh Bakteri Tak Hanya Dengan Obat, Menangis Pun Jadi Cara Ampuh Untuk Melawan Bakteri Berbahaya

Tahukah kamu bahwa di dalam air mata terkandung protein yang bernama lysozyme yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Dalam sebuah penelitian, protein ini juga membunuh bakteri yang ada pada putih telur, susu, dan daging giling.

Setiap kali menangis, protein ini akan dikelurkan oleh air mata dan membunuh semua bakteri berbahaya yang terdapat di dalam tubuh. Menangis bukan menandakan kamu orang yang cengeng, tapi kamu membantu tubuhmu untuk menjadi lebih sehat.

Membantu Emosimu Menjadi Lebih Stabil

Menangis membantu kita mengekspresikan dan melepaskan perasaan tertekan yang ada di dalam diri. Saat air mata punya kemampuan untuk mengeluarkan racun dan membunuh bakteri, setelah menangis tubuh kita mulai memulihkan tubuhnya sendiri. Selain itu, menangis juga membantu menstabilkan kembali emosi kamu yang sebelumnya tidak karuan.

Karya-Karya Hebat Biasanya Akan Muncul Setelah Kamu Mengalami Perasaan Yang Emosional Setelah Menangis

Emosi yang kamu rasakan pada saat menangis adalah emosi yang sebenarnya. Tapi kamu tahu gak, setelah seseorang menangis biasanya ide akan mudah datang dan terciptalah karya-karya hebat. Hal ini karena pada saat kita menangis, kita merasakan pengalaman emosional yang cukup berat dan dalam. Setelah menangis, pikiran lebih ringan sehingga berkarya pun jadi lebih mudah dilakukan.

Lepaskan Semua Emosi Yang Ada Di Dalam Dada, Kamu Akan Lebih Santai Setelah Menangis

Menangis dapat melepaskan hormon endorfin dari dalam tubuh. Zat kimia ini berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit pada tubuh. Selain itu, endorfin juga dapat meningkatkan kadar kebahagiaan seseorang.

Dengan menangis, kamu akan jadi lebih santai dan merasa nyaman. Hatimu akan terasa lebih lega karena beban yang ada di dalam hatimu telah keluar semua saat menangis. Maka itu, jangan ditahan bila ingin menangis. Baik pria maupun wanita, menangis adalah hal alamiah yang dilakukan manusia.

Air Mata Membantu Mengeluarkan Zat Kimia Penyebab Stres Dari Dalam Tubuh

Ketika ingin menangis, menangislah. Tidak disarankan untuk menahannya berlama-lama. Sebab, jika kamu menahan rasa ingin menangis terlalu lama, sama saja kamu sedang meningkatkan kadar stres dalam pikiranmu. Belum lagi, jika kamu menahannya dapat mengakibatkan masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa zat kimia bernama adrenocorticotrophic (ACTH) lebih banyak ditemukan pada air mata yang keluar akibat seseorang mengalami stres dalam kesehariannya. Ketika menangis, kamu membantu mengeluarkan zat kimia ACTH ini sehingga kadar stres yang kamu rasakan akan berkurang.

Setelah Kamu Menangis, Bukan Cuma Perasaan Yang Lebih Santai Tapi Kamu Pun Jadi Lebih Bisa Berpikir Jernih

Menangis memberikan manfaat yang sangat baik untuk kondisi mental kamu. Menangis memiliki manfaat psikologis yang baik bagi kesehatan jiwa dan raga. Setelah menangis, perasaanmu akan jauh lebih kuat, lalu kemampuan untuk berpikir lebih jernih pun akan kamu rasakan. Ketika kamu bisa berpikir lebih jernih, kamu tidak akan ragu dalam membuat setiap keputusan.

Gak Perlu Obat Untuk Menyembuhkan Flu Dan Pilek, Cukup Menangis Saja Kamu Sudah Bisa Meredakan Kedua Penyakit Tersebut

Memasuki musim dingin, biasanya seseorang akan dengan mudah mengalami penyakit flu yang disertai pilek. Bakteri flu bisa masuk dengan berbagai cara, salah satunya lewat mata. Manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan karena menangis adalah mencegahmu jatuh sakit.

Ketika menangis, air mata mengandung zat lisozim fluida, yang mampu membunuh 95 persen bakteri hanya dalam hitungan menit. Pada mata terdapat air mata sebagai pertahanan untuk mencegah bakteri masuk dengan mudah. Sistem kerja air mata sama dengan bulu hidung yang menyaring kotoran-kotoran dan bakter yang akan masuk ke dalam bagian dalam tubuh. Sehingga belum sempat masuk ke dalam, bakteri akan melewati pengamanan ketat yang dimiliki oleh tubuh kita, termasuk matamu.

1 Comment

1 Comment

  1. Nusantara Adhiyaksa

    February 17, 2017 at 4:31 pm

    Wah baru tau nih kalau Menangis itu memiliki banyak Manfaat ….
    tapi sayangnya menangis gak bisa menuntaskan semua problem dan tantangan.
    so .. Move On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top