Trending

Teroris Itu Bukan Islam!

Terjadi lagi aksi terorisme. Pelakunya mengatasnamakan Islam dan menggunakan simbol-simbol agama yang suci ini. Benarkah nilai-nilai ajaran Islam mengajarkan kekerasan seperti itu?

Sesungguhnya ada hal yang luput dipelajari oleh para pelaku tersebut. Hal-hal mendasar dari Agama yang membawa rahmat bagi alam semesta ini. Seandainya saja Islam sejati sampai di telinga mereka tentunya tak akan terjadi peristiwa tersebut.

Menghilangkan Nyawa adalah Dosa Besar

Ini salah satu prinsip dasar dalam ajaran Agama Islam yang jelas bertentangan dengan aksi terorisme. Sebab menghilangkan nyawa orang lain itu termasuk dalam dosa besar. Tak main-main ancaman ini terdapat dalam kitab suci umat Islam.

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya.” (QS Al-Maidah 5:32)

Jadi darimana ceritanya membunuh orang lain seperti yang dilakukan teroris itu bisa dibenarkan? Dan mereka yang serta merta secara serampangan mampu menghilangkan nyawa orang lain, apakah masih bisa disebut melaksanakan perintah Agama dengan benar?

Pernyataan Berjihad dalam Perang itu Tak bisa sporadis dan ditentukan senak udel sendiri

Hilangnya nyawa musuh memang bisa dibenarkan dalam situasi perang. Bukan hanya Islam, dalam hukum internasional modern sekalipun hal ini juga dianut. Namun bukan berarti setiap individu bisa menyatakan perang begitu saja.

Dalam Islam pernyataan perang itu punya adab dan tata cara yang ketat. Dimulainya kondisi perang dan kapan saatnya berjihad itu harus secara eksplisit diumumkan oleh para pemimpin. Tidak bisa kita sebagai individu memutuskan waktu sendiri-sendiri kapan saatnya berperang.

Tidak Dibolehkan Bunuh Diri, Meski Itu Urusan Mati Syahid

Dalam peperangan yang sah, mereka yang mati akan mendapat ganjaran surga. Namun tidak diperbolehkan untuk berniat melakukan hal-hal yang secara sengaja menyebabkan diri mati ketika hendak jihad berperang.

Dalam Al-Quran disebut “Dan janganlah kalian membunuh diri kalian, sesungguhnya Allah Maha menyayangi kalian.” (QS. An-Nisaa’: 29).

Sementara itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang bunuh diri dengan menggunakan suatu alat/cara di dunia, maka dia akan disiksa dengan cara itu pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi kalau ada orang yang dengan sengaja membuat sabuk, ikat pinggang, atau rompi berbahan dasar bom dengan niat untuk diledakan bersama dirinya, apakah masih bisa dikategorikan sebagai perbuatan kaum Muslimin?

Dalam Perang Sekalipun Tak Boleh Membunuh Perempuan dan Anak-anak

Sudah beberapa kali aksi terorisme mengakibatkan korban perempuan dan anak-anak. Bahkan pelakunya juga perempuan yang membawa serta anaknya ketika beraksi. Padahal hukumnya jelas tidak boleh menyakiti perempuan dan anak-anak dalam peperangan.

“Rasulullah . mengecam keras pembunuhan terhadap kaum wanita dan anak-anak” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari Aswad bin Sari’, ia berkata :

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Jangan kalian membunuh anak-anak dalam peperangan”. Kemudian para shahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bukankah mereka itu anak-anaknya orang musyrik ?”. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Bukankah sebaik-baik kamu itu (asalnya) adalah anak-anak orang musyrik (juga) ?”.(HR. Ahmad).

Dalam Perang Sekalipun Tak Boleh Membunuh Pemuka Agama Dan Mereka Yang Sedang Beribadat

Sudah sekian kasus terorisme yang mengincar pemuka agama dan rumah ibadah sebagai target. Aksi dilakukan ketika para pemeluk agama tersebut sedang melakukan peribadatan. Padahal dalam kondisi perang sekalipun, hal ini terlarang untuk dilakukan.

“Dilarang membunuh para biarawan di biara-biara, dan tidak membunuh mereka yang tengah beribadah.” (Musnad Ahmad Ibn Hanbal)

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, Adalah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam apabila mengutus tentaranya, beliau bersabda, “Berangkatlah dengan nama Allah, berperanglah di jalan Allah terhadap orang-orang yang kufur kepada Allah, jangan melampaui batas, jangan berkhianat, jangan mencincang dan jangan membunuh anak-anak serta penghuni-penghuni gereja (orang-orang yang sedang beribadah)”. (HR. Ahmad)

Dalam Perang Sekalipun Tak Boleh Merusak Infrastruktur

Kita bisa melihat dengan mata kepala sendiri luluh lantaknya infrastruktur setiap terjadi serangan terorisme. Mereka menggunakan bom dengan daya ledak tinggi di lokasi yang sama sekali bukan tempat pertempuran. Hal ini dengan tegas dilarang dalam Islam.

“Dilarang menghancurkan desa dan kota, tidak merusak ladang dan kebun, dan tidak menyembelih sapi.” (Sahih Bukhari, Sunan Abu Dawud)

“…Dan sekiranya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadah orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah…”(QS. Al-Hajj:40)

Dalam Perang Sekalipun Tidak Boleh Memutilasi Musuh

Salah satu kengerian dari aksi terorisme ini adalah ketika para korbannya dimutilasi menggunakan senjata tajam. Hal ini dilakukan semata untuk meningkatkan teror untuk memberikan rasa takut bagi kita semua. Perilaku macam ini sangat tidak dibenarkan dalam Islam meski dalam kondisi perang sekalipun.

Dari Buraidah r.a, ia berkata :

“Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallambersabda, “Berperanglah fi sabilillah dengan menyebut nama Allah, perangilah orang-orang yang kafir kepada Allah, berperanglah dan jangan mencuri harta rampasan perang, jangan berkhianat, jangan mencincang mayat dan janganlah membunuh anak-anak,” (HR Muslim).

Jadi jika mereka-mereka yang masih melakukan hal terlarang itu mengatasnamakan agama tertentu dalam aksinya, kita harus tegas mengatakan mereka bukanlah Islam, Terorisme bukanlah wajah Islam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Melanie Putria dan Angga ‘Maliq & D’Essentials’, Resmi Bercerai!

Berbeda dengan Angga yang tak tampak dalam persidangan, Melanie Putria terlihat hadir dengan didampingi oleh kuasa hukumnya, pada sidang perceraiannya, yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat, kemarin Senin (21/1).

Dan atas kesepakatan bersama, keduanya akhirnya resmi bercerai sebagaimana hasil putusan yang dibacakan oleh hakim.

“Hari ini dikarenakan bukti sudah cukup, keterangan saksi juga sudah menguatkan alhamdulillah hari ini juga sekalian putusan. Sudah resmi bercerai,” ujar Indah Dewi Yani, kuasa hukum Melanie saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, dikutip dari laman detik.com.

Ternyata proses perceraian keduanya sudah sejak lama dilangsungkan dan sepakat berpisah dengan baik-baik. 

Sebelumnya, keduanya menikah pada 7 Maret 2010 lalu. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Sheemar Rahman Purariredja. Jarang terlihat dalam gosip miring, keduanya tampak mesra di sosial media. Namun, mendadak harus berpisah setelah 8 tahun berumah tangga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dihargai Rp. 1.500/Kg, Petani di Banyuwangi Buang Buah Naga ke Sungai

Dinilai tak mendapat harga yang cukup mempuni, beberapa petani buah Naga di Bayuwangi terlihat membuang hasil panen ke sungai. Hanya dihargai sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilogram (kg). Tindakan para petani yang membuang buah naga ke sungai ini jadi salah satu bentuk protes atas merosotnya harga buah tersebut.

Dikutip dari laman Detik.com, Hari candra setyawan (29), warga Dusun Silirbaru Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi mengaku, anjloknya buah naga di Banyuwangi membuat dirinya merugi.

“Terpaksa saya buang ke sungai karena memang tidak laku. Dijual pun juga tidak nutut dengan ongkos petani,” ujarnya kepada wartawan, Senin (21/1/2019).

Dan dari foto dan video yang beredar luas di dunia maya, konon kegiatan membuang buah naga tersebut adalah kali kedua. “Ini bentuk protes kami karena buah naga dari Banyuwangi tidak laku dipasarkan. Kemarin kita buang 100 kilo. Ini lebih banyak lagi. Hampir 200 kilogram,” tambahnya.

Dianggap tak bisa mengembalikan modal, beberapa petani buah naga di wilayah sekitaran Banyuwangi, yakni di Dusun Resomulyo, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, akhirnya mempersilahkan masyarakat untuk memetik sendiri buah naga di kebunnya.

“Silakan kalau mau ambil sendiri di kebun. Gratis. Harga tidak nutup dengan ongkos petik,” ujar Ukri, dikutip masih dari laman yang sama.

Situasi ini sudah berjalan sekitar 2 minggu lebih, padahal menurut Ukri para petani baru bisa dikatakan mendapat untung jika harga buah naga diatas Rp. 6.500/kg.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Brad Pitt dan Charlize Theron Dikabarkan Menjalin Hubungan

Dua tahun pasca, prahara rumah tangganya usai dengan Angelina Jolie. Aktor Brad Pitt dikabarkan tengan berkencan dengan aktris peraih Piala Oscar, Charlize Theron. Konon, keduanya bertemu karena dikenalkan oleh mantan tunangan Theron, yakni Sean Penn.

Dilansir dari The Sun, keduanya mulai terlihat menjalin hubungan usai Natal tahun lalu. Dengan kata lain, ini akan jadi hubungan serius pertama yang Pitt jalani usai berpisah dengan Jolie pada tahun 2016 lalu.

Masih dari laman yang sama, seorang sumber mengatakan jika  “Mereka sudah saling ketemu hampir sebulan ini. Mereka awalnya berteman biasa, ironisnya dikenalkan oleh Sean, tapi kemudian hubungan keduanya mulai semakin dekat.”

Maka tak heran, jika akhir pekan minggu lalu, keduanya tampak bersama usai pemutaran film yang berbeda pada Sabtu malam. Dimana Brad Pitt pergi menonton “If Beale Street Could Talk” di sebuah rumah pribadi di Hollywood Hills. Karena dirinya menjadi eksekutif produser. Sedangkan Theron menjadi salah tamu istimewa di pemutaran film “Roma” di Chateau Marmont, LA.

Selepas menghadiri acara masing-maing, Brad terlihat datang untuk menemui Chateu. Berganti baju dan bergabung duduk di salah satu sudut bar bersama dengan Charlize. Terlihat jika Charlize minum vodka sementara Brad minum air putih.”

Namun hingga saat ini, perwakilan Brad Pitt masih enggan untuk berkomentar tentang kabar ini.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top