Feature

Berkaca Dari Teknologi Ini, Kita Sadar Sudah Menjejak Masa Depan

Tanpa kita sadari, saat ini kita sudah bersinggungan dengan teknologi masa depan yang dulu hanya ada di cerita dan film sains fiksi. Beberapa mungkin belum sesempurna di film, namun tak sedikit juga yang sudah melampaui khayalan masa lalu. Bahkan bukan lagi berbentuk prototype dan di laboratorium, teknologi itu sudah di genggaman kita.

Dari sini kita belajar untuk tidak meremehkan daya khayal dan impian. Karena bisa jadi esok hari, hal itu sudah hadir di depan mata. Jadi tak ada yang tak mungkin bukan?

Dulu Dunia Sempat Heboh Karena Mobil KITT Bisa Berjalan Sendiri

mobil kitt

Generasi 80-an sempat tergila-gila dengan mobil hitam bernama KITT dalam film Knight Rider. Dari sekian banyak kelebihannya, salah satu yang menarik perhatian adalah kemampuan KITT untuk berjalan tanpa pengemudi. Dalam beberapa adegan Michael Knight pengemudinya, sering kali tertidur di balik kemudi sambil mobil tetap melaju mulus.

Nah, saat ini mobil serupa KITT itu sudah dalam tahap pengembangan serius. Tidak hanya satu tapi sudah banyak produsen yang berlomba mengembangkan mobil yang bisa berjalan tanpa pengemudi. Salah satu yang getol mengembangkan adalah Google.

Sudah sedemikian canggih? Belum sesempurna KITT, namun beberapa mobil sudah bisa berjalan puluhan kilometer tanpa intervensi pengemudi sama sekali. Bahkan kalau hanya untuk sekedar parkir, mobil produksi massal sudah ada yang bisa parkir tanpa perlu pengemudi.

Karena iPad Itu Serupa Star Trek PaDD

trek padd

Penggemar penjelajah luar angkasa Star Trek pasti sangat familiar dengan gadget satu ini. Beberapa crew pesawat itu, berjalan sambil menenteng alat serupa papan yang bisa disentuh untuk menjalankan perintah aplikasi.

Yup, saat ini sudah bukan aneh lagi kita melihat bahkan menggenggam alat serupa Star Trek PaDD ini. Mulai dari iPad sampai gadget berbasis Android bisa dengan mulus menjalankannya. Kerennya, tablet dan smartphone layar sentuh di dunia nyata sekarang ini bahkan lebih mungil jika dibandingkan tablet di film tersebut.

Anggota Star Trek pun Sudah Pakai Google Glass

trek glass

Masih dari film Star Trek. Kali ini menilik alat serupa kacamata namun dengan hanya satu lensa. Digunakan di depan mata untuk mendapatkan gambaran dan info-info dari luar. Ternyata tak perlu ke luar angkasa untuk merasakan kehebatan teknologi ini.

Google sudah mengeluarkan teknologi serupa, yaitu Google Glass. Saat ini penjualannya sedang dihentikan, namun bukan dihapus dari lini produksi. Melainkan disempurnakan untuk penggunaan invidividu yang memerlukannya untuk bekerja.

Meski Belum Dijual Bebas, Hoverboard Sudah Ada

hoverboard

Gagdet paling ikonik dari film 80-an Back To The Future adalah skateboard yang bisa melayang di udara. Atau dalam film yang rilis tahun 1985 itu disebut dengan Hoverboard. Teknologi ini memang terlihat begitu mustahil di masa itu.

Tapi siapa yang bisa mengira, saat ini teknologi itu sudah ada. Lexus yang membuat alat khayalan ini jadi nyata. Memang belum bisa digunakan di berbagai tempat, masih harus digunakan di area khusus. Namun membuat skateboard melayang ternyata bukan isapan jempol bukan?

Gofood punya Gojek Sudah Diprediksi dari kartun Jetson

go-food

Film kartun klasik nan lucu ini dulu punya alat semacam lemari yang berisi daftar makanan. Mereka tinggal menekan menu makanan yang diinginkan, makanan pun akan datang dan tersaji.

Mungkin belum seinstan itu, tapi buat kamu yang sudah menginstall aplikasi pemesanan makanan pasti sudah merasakan pengalaman serupa. Buka smartphone, buka aplikasi, pilih makanan yang diinginkan, sesaat kemudian (tergantung macetnya jalanan), si abang pun sudah tiba siap dengan makanan pesanan.

Dunia Matrix, Google Cardboard, Oculus Rift dan Samsung Gear VR

virtual reality

Seluruh manusia terjebak di dalam sebuah dunia buatan yang dibuat oleh bangsa robot. Beberapa bagian tubuh manusia dilubangi untuk bisa terhubung kedalam program komputer. Program itu serupa dengan kehidupan nyata, sampai manusia tak bisa membedakan.

Memang teknologi yang ada sekarang belum sampai mencapai semua indera. Namun kalau sekedar indera pengelihatan teknologi sudah bisa memberikan kita pengalaman berada di dalam sebuah dunia buatan. Pengembangnya pun tak cuma satu. Mulai dari Oculus Rift yang harganya premium, Samsung dengan Gear VR-nya yang sedikit lebih murah, sampai Google Cardboard yang bahkan bisa dibuat sendiri dari kardus dan magnet.

Tak Sepintar Asisten Pribadi di Film Her, Tapi Google Now Sudah Medekati

her-google-now

Di film Her, tokoh utamanya jatuh cinta dengan asisten virtualnya. Padahal si asisten itu hanya berupa program komputer dengan suara. Wajar jika bisa jatuh cinta karena suara sang asisten virtual diisi oleh si seksi Scarlett Johansson. Asisten ini mampu mengatur jadwal, mencari informasi, mengatur email, dan sejenisnya.

Memang mungkin kita belum bisa jatuh cinta dengan program asisten pribadi virtual yang ada saat ini. Namun kecerdasannya sudah tak bisa dianggap remeh. Sudah pernah coba Google Now, yang sekarang jadi aplikasi standard handphone Android?

Tanyakan misalnya siapa presiden Jokowi? Suara seksinya akan menerangkan siapa Joko widodo. Tak perlu menghapal perintah spesifik, karena kita bisa menggunakan pertanyaan umum macam, “apa perlu saya bawa payung hari ini?” , Google now akan menjawab “tidak perlu karena di daerah anda hari ini tidak hujan”. Contoh lain juga misalnya jika ingin dibangunkan tidur, kita tinggal bilang “bangungkan saya 3 jam lagi”, Google Now akan langsung mengatur alarm sesuai jam yang kita inginkan itu.

Jam Tangan Pintar Milik Dick Tracy Kini Sudah Bisa Melingkar Di Tangan

dicktracy

Sejak dari bentuknya komik, Dick Tracy punya gadget yang canggih. Jam tangannya tidak seperti jam tangan orang umumnya. Karena Dick Tracy bisa melakukan panggilan telfon melalui jam di pergelangannya tersebut.

Ternyata teknologi saat ini sudah melampauinya. Karena jam tangan pintar alias smartwatch tak Cuma bisa untuk telfon, tapi juga bisa melakukan aktivitas lainnya.

(QUIZ) Mau Seperti Dick Tracy? Ini Jam Tangan Pintarnya!

smartwatch

Kamu mau mencicipi dunia khayal ala Dick Tracy? Jawab pertanyaan di bawah ini untuk memperoleh kesempatan mendapatkan Smartwatch yang bisa disandingkan dengan smartphone Android atau iPhone kamu untuk menerima telfon, notifikasi, dan aplikasi lainnya. Quiz Periode 2 berlangsung hingga 30 Mei 2016.

2 Comments

2 Comments

  1. Afdo Syahril Agustian

    February 22, 2016 at 10:13 am

    Keren!!! makin maju teknologi didunia

  2. Vixalexa

    March 2, 2016 at 5:11 pm

    Tinggal menunggu augmented reality nya si Tony stark hahaha 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Sering Dilirik Perusahaan, Gunakan 5 Jenis Font Ini untuk CV Lamaranmu

Biasanya kalau kamu hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tentu aka nada persyaratan CV dan surat lamaran pekerjaan. Tidak sedikit pelamar yang tidak tahu tentang tata aturan membuat sebuah CV dan surat lamaran yang menarik perhatian perusahaan yang dituju.

Nah berikut adalah 5 jenis font yang paling banyak dilirik oleh perusahaan. Siapa tahu kamu salah satu orang yang beruntung, tidak ada salahnya mencoba.

1. Garamond

Kamu bisa menggunakan jenis font ini untuk membuat tulisanmu menjadi lebih elegan. model jenis font ini juga sangat mudah dibaca, namun kamu juga perlu berhati-hati. Karena jenis font ini bisa menunjukkan kesan kuno.

2. Arial

Jenis font Arial merupakan jenis font yang paling banyak digunakan dalam beragam tulisan. Hal ini dikarenakan jenis fontnya yang sangat sederhana dan bisa digunakan untuk semua jenis desain tulisan.

3. Georgia

Jenis font lain yang bisa kamu gunakan adalah jenis font Georgia. Jenis font ini bisa kamu gunakan untuk membuat tulisanmu nampak elegan. bedanya jenis font ini dengan jenis font Garamond adalah jenis font ini tidak menunjukkan kesan kuno dalam tulisannya.

4. Halvetica

Di kalangan desainer terkenal, jenis font ini cukup popular. Ini merupakan salah satu jenis font yang cocok untuk digunakan kapanpun. Tak hanya itu, font ini juga salah satu jenis font yang paling sering dipakai untuk pembuatan CV dan surat lamaran pekerjaan.

5. Calibri

Jenis font Calibri merupakan font dasar Microsoft Office 2007 sebagai pengganti font Times New Roman sebagai jenis huruf paten yang digunakan dalam Microsoft Word, Excel dan Powerpoint. Jenis font ini adalah jenis font yang sangat jelas dibaca dan memiliki kesan tersendiri. Jenis font ini juga sangat sesuai untuk digunakan dalam berbagai jenis situasi.

2 Comments

2 Comments

  1. Afdo Syahril Agustian

    February 22, 2016 at 10:13 am

    Keren!!! makin maju teknologi didunia

  2. Vixalexa

    March 2, 2016 at 5:11 pm

    Tinggal menunggu augmented reality nya si Tony stark hahaha 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Menguak Rahasia Kematian, Ini 5 Penjelasan Perihal Mati Suri yang Jarang Kamu Dengarkan!

Kamu pasti pernah mendengar bukan perihal mati suri? Lalu pernah nggak sih kamu merasa penasaran tentang mati suri itu sendiri. Mati suri memang kerap dihubungankan dengan unsur magic atau gaib. Fenomena ini pun ternyata tak hanya pernah dialami oleh orang dalam negeri, tetapi orang luar negeri pun juga pernah mengalaminya.

Ternyata ini penjelasan dari apa yang dirasakan oleh mereka yang mengalami mati suri!

Merasa Seperti Benar-benar Meninggal

Secara ilmiah mati suri yang kerap dialami oleh beberapa orang merupakan fenomena yang disebabkan oleh gangguan otak di bagian korteks pariental dan prefrontal. Hal inilah yang menjadi penyebab orang yang mati suri merasakan seolah benar-benar sudah meninggal.

Merasa Seakan Jiwa Kita Keluar dari Raga

Perasaan seakan jiwa melayang keluar dari raga atau out of body experience memang kerap dirasakan oleh orang-orang yang mengalami mati suri. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang berada pada fase tidur yang sangat nyenyak, seperti memang telihat benar-benar mati.

Berinteraksi dengan Orang Mati

Untuk hal yang satu ini, ilmuwan mempercayai bahwa gangguan dopamin serta nilai agama yang ditanam seseorang sejak kecil memiliki peran dalam fenomena ini.

Melihat Terowongan Cahaya

Saat mati suri, orang tersebut kekurangan pasokan darah dan oksigen di retina yang membuat penglihatan di daerah tepi mata mengalami gangguan. Jika seseorang yang mengalami mati suri merasa seperti melihat terowongan cahaya, hal inilah penyebabnya.

Kadangkala Memunculkan Sebuah Keahlian Baru

Ada beberapa orang yang mengaku bahwa pasca dia mengalami mati suri, seakan mata batinnya terbuka dan lebih sensitif terhadap suatu hal. Fenomena ini pernah diangkat dalam sebuah film Flatliners yang menceritakan pengalaman mati suri yang dialami oleh sekelompok mahasiswa.

2 Comments

2 Comments

  1. Afdo Syahril Agustian

    February 22, 2016 at 10:13 am

    Keren!!! makin maju teknologi didunia

  2. Vixalexa

    March 2, 2016 at 5:11 pm

    Tinggal menunggu augmented reality nya si Tony stark hahaha 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Fakta Aneh Tentang Vagina yang Perlu Perempuan Tahu

Selama ini mungkin kamu hanya mengetahui hal umum saja tentang vaginamu. Namun pada kenyataannya ada beberapa fakta aneh yang bisa terjadi pada vagina seorang wanita. Jika kamu sudah mengetahui 5 fakta ini, mungkin kamu akan berpikir itu tidak mungkin dan terheran-heran karenanya. Berikut adalah ulasannya.

1. Seseorang Bisa Saja Terlahir dengan Dua Vagina

Kondisi ini memang jarang terjadi. Kondisi ini pernah terjadi pada seorang wanita bernama Hazel Jones dimana dia terlahir dengan kondisi memiliki dua vagina dan dua Rahim. Meski sempat ditawari untuk melakukan operasi, dia lebih memilih hidup apa adanya dengan dua vagina dan dua Rahim yang dimilikinya.

2. Setiap Vagina Berbeda, Walau Terlihat Sama

Meski pada umumnya vagina yang dimiliki oleh satu wanita dengan wanita lainnya terlihat sama, nyatanya vagina setiap orang memiliki perbedaan. Perbedaan itu terletak pada kedalaman vagina dan panjang vagina.

3. Vagina Mampu Membersihkan Dirinya Sendiri Lebih Baik dari Area Tubuh yang Lain

Membersihkan vagina menggunakan produk yang terlalu wangi memang sebaiknya dihindari. Nyatanya vaginamu bisa membersihkan areanya sendiri lebih baik dibanding dengan area tubuh lainnya. Keputihan pada vagina adalah tanda adanya proses pembersihan yang dilakukan sendiri oleh vagina.

4. Rambut Vagina Memiliki Peranan Penting dalam Hubungan Intim

Rambut vagina memiliki fungsi untuk menahan gesekan yang terjadi antara vagina dan penis saat berhubungan intim agar vagina tidak mengalami iritasi akibat gesekan yang terjadi terus-menerus. Karena alasan inilah kamu tidak boleh mencukur rambut vagina sampai habis.

5. Bahkan Seseorang Bisa Saja Terlahir Tanpa Vagina

Nyatanya di dunia ini juga ada seseorang yang terlahir tanpa vagina. Salah satunya adalah Jacqui Beck. Dia terlahir tanoa lubang vagina, tanpa Rahim dan tanpa serviks. Hal ini akhirnya menyebabkan dia tidak bisa berhubungan seksual dan tidak bisa melahirkan anaknya sendiri.

2 Comments

2 Comments

  1. Afdo Syahril Agustian

    February 22, 2016 at 10:13 am

    Keren!!! makin maju teknologi didunia

  2. Vixalexa

    March 2, 2016 at 5:11 pm

    Tinggal menunggu augmented reality nya si Tony stark hahaha 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top