Trending

Teka-teki Silang dan Kontribusinya Sebagai Permainan

Tak pernah terpikir bagaimana permainan asah otak teka-teki silang tercipta. Tak bisa ditampik lagi, kadang isi soalnya memang membuat kita berpikir keras. Padahal hanya ada dua kategori saja, mendatar dan menurun. Isi soalnya pun kerap beragam, mulai dari pertanyaan-pertanyaan sepele yang remeh hingga pada beberapa soal lain yang bahkan mungkin tak pernah kita pikirkan.

Dan kamu mungkin tak pernah tahu jika hari ini, 104 tahun lalu adalah hari pertama permainan teka-teki silang diluncurkan dan dipublikasikan ke media. Wah ternyata sudah lama juga ya!

Tak hanya karena hari ini adalah peringatan peluncurannya, kali ini kami akan mengajakmu untuk menelisik lebih dalam lagi tentang sebuah permainan yang kini juga tengah diadopsi salah satu stasiun tv swasta di negara kita.

Sama Seperti Kita, Permainan Ini Juga Lahir dari Sang Pencipta(nya)

Sudah memainkannya sedari kecil, tapi ketika ada yang mencoba bertanya perihal siapa penciptanya, kamu mungkin akan garut-garuk kepala karena ternyata tak tahu jawabannya.

Permainan ini ditemukan oleh seorang jurnalis kelahiran Liverpool Inggris, Arthur Wynne. Bermulai dari tugasnya sebagai salah satu jurnalis di Koran New York World, awalnya ia diminta redaktur untuk membuat sebuah game yang bertujuan untuk menghibur pembaca di akhir pekan. Berbekal pengetahuan pada salah satu permainan kuno bernama Pompeli, atau yang dalam bahasa inggris disebut sebagai Magic Squar, akhirnya Arthur berhasil menciptakan teka-teki silang.

Dan untuk pertama kalinya, teka teki silang buatan Arthur ini dipublikasikan oleh koran New York World edisi Minggu pada halaman entertainment, tanggal 21 Desember 1913. Berkat temuannya tersebut, Arthur akhirnya dinobatkan sebagai “Bapak Teka-teki Silang Sedunia”.

Di Indonesia, Permainan Ini Berhasil Menghimpun Para Penggemarnya Ke Dalam Bentuk Paguyuban

Sumber : Doc Kaki Langit

Tak kalah dengan permainan lain yang kerap melahirkan komunitas, teka-teki silang juga punya komunitas yang bernama Paguyuban Kaki Langit.

Dengan modal kecintaan yang sama, mereka akhirnya mendirikan perkumpulan yang berpusat di Jalan Raung, Semarang sejak tahun 2006. Manang Wahjudi selaku sekretaris dan Pak Tris pemilik radio Lusiana Semarang menjadi dua orang yang jadi inisiatornya.

Sama seperti acara yang memang jadi salah satu bagian dari siaran di radio milik pak Tris yakni Kaki Langit, sebuah acara untuk penggemar TTS saling melempar tanya. Awalnya Kaki Langit hanya beranggotakan 5 orang, namun terus bertambah karena mulai banyak media cetak yang menampilkan berita tentang mereka.

Hingga kini, tercatat ada 350 orang yang resmi menjadi anggota Paguyuban Kaki Langit dengan latar belakang profesi berbeda-beda.

Tak Hanya Memaksamu Berpikir Saja, Kata Peneliti Permainan Ini Bermanfaat Untuk Mencegah Pikun

Dari beberapa penelitian terungkap bahwa TTS dapat memberi efek positif pada otak jika dimainkan rutin. Bahkan bisa mencegah seseorang dari alzheimer atau pikun.

Ann Lukits seorang peneliti yang juga penulis ilmu kesehatan mengatakan, TTS dapat meningkatkan daya ingat sekaligus fungsi otak, khususnya pada orang dewasa. Serta  meningkatkan fungsi mental pasien dengan kerusakan otak atau demensia dini.

Tak hanya itu saja, menurut Alzheimer’s Association, mengisi TTS setiap hari jadi salah satu cara signifikan untuk menjaga otak tetap aktif dan jeli, khususnya bagi orang tua.

Wawasanmu Pun Kian Bertambah Berkat Soal-soal yang Ada di Dalamnya

Terlihat remeh memang, padahal mengerjakan soal-soal ini sama dengan belajar. Sebab pertanyaan yang ada kerap beragam. Mulai dari perhitungan, tata bahasa, hingga judul dan nama artis.

Secara tidak langsung, hal itu akan membantu kita untuk menghafal dan mengingat beberapa informasi. Jangan heran jika nanti hal-hal yang tadinya kamu tak tahu akhirnya jadi tahu.

Hingga Dapat Memperkuat Hubungan Dengan Teman Lain yang Sama-sama Mengerjakan

Masih dari penelitian yang sama oleh Ann Lukits, mengisi TTS  bersama-sama ternyata dapat meningkatkan hubungan diantara orang yang terlibat dalam pengisiannya.

Penyelesaian TTS ini bisa dilakukan secara berkelompok oleh pasangan, kakak-beradik, hingga sekumpulan teman.

Sebab itu, Lukits juga mengatakan bahwa “Pengerjaan TTS secara berkelompok dapat meningkatkan kecepatan berpikir dan berbicara serta ikatan sosial di antara grup yang mengerjakan TTS.”

Tapi Kenapa ya Foto Perempuan Cantik Selalu Jadi Sampulnya?

Ya, dan yang pasti cantik semua!

Dari sini kita mungkin akan berpikir bahwa tak hanya isinya saja, ternyata sampulnya saja sudah menjadi teka-teki. Mengapa isinya selalu perempuan cantik berkulit bersih?

Jika kamu pernah baca buku “DILAN” karya Pidi Baiq, pada salah satu bab ceritanya, Dilan memberi hadiah berisi TTS yang sudah diisi semua kepada Milea sebagai hadiah ulang tahun. Dan bagian itu juga membahas mengapa sampul TTS semuanya perempuan cantik, konon itu jadi pertanda pertama bahwa isi soal di dalamnya susah dimengerti. Sama halnya dengan perempuan.

Kini Sudah Ada Internet dan Berbagai Macam Permainan Lain, Apa Iya Kamu Masih Mau Main TTS?

Tak perlu dijelaskan lagi, kamu tentu tahu bagaimana meroketnya semua hal. Termasuk perubahan dalam permainan. Kini berbagai macam permainan sudah tersedia pada telepon genggam. Bahkan TTS pun sudah ada yang online.

Tapi jika ditanya sekarang? Apa iya kamu masih mau main teka-teki silang?

Kalaupun Iya, Mungkin Itu Hanya di Acara Cak Lontong Saja

Dan jangan harap kamu akan menjawab dengan benar. Sebab permainan yang jadi salah satu bagian dari acara Waktu Indonesia Bercanda ini memang luar biasa.

Penontonnya tentu tahu, bagaimana jeniusnya Cak Lontong bisa mencari banyak soal dengan jawaban yang kadang tak masuk akal tapi berhasil membuat kita tertawa.

Dari beberapa hal sudah dipaparkan, semoga ini menambah informasi atas hal-hal yang selama ini belum kamu tahu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Lalu Muhammad Zohri Berhasil Pecahkan Rekor Manusia Tercepat se-Asia Tenggara

Pelari putra Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, berhasil menorehkan rekor jadi menusia tercepat dalam kategori lari 100 meter pada Kejuaraan Atletik Asia 2019 yang diselenggarakan di Doha, Qatar, pada 21-24 April. Dengan demikian, keberhasilannya tersebut sekaligus merebut posisi seniornya, Suryo Agung yang sebelumnya tercatat sebagai manusia tercepat se-Asia Tenggara sejak 2009 lalu.

Pada perlombaan yang berlangsung Senin (22/4/2019), Zohri menorehkan waktu 10,15 detik. Padahal sebelumnya, rekor Suryo adalah 10,17 detik yang tercipta saat SEA Games 2009 di Laos. Namun, meski demikian, Zohri hanya menjadi runner-up pada perlombaan tersebut. Sebab dirinya kalah dari pelari asal Jepang, Yoshihide Kiryu, yang menorehkan catatan 10,12 detik.

“Alhamdulillah bisa memecahkan rekor nasional, Memang sejak awal sudah menjadi harapan Zohri untuk memecahkan rekornas Suryo Agung,” ujar pelatih Zohri, Eni Nuraeni, dalam siaran pers yang diterima media.

Selanjutnya, Zohri dan lima pelari lain melaju ke final. Dimana perlombaan akan diselenggarakan pada Selasa (23/4/2019) pukul 00.20 WIB. Lima pelari lain yang dimaksud ialah Kiryu, Andrew Fisher (Bahrain), Ryota Yamagata (Jepang), Wu Zhiqiang (China), dan Kim Kuk-young (Korea Selatan).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Berdampak Buruk Bagi Lingkungan, Tulus Semangat Kurangi Penggunaan Plastik

Penyanyi Tulus mengaku semakin giat dalam mengurangi penggunaan plastik setelah tahu jika dampaknya cukup berbahaya bagi lingkungan.

“Sebenarnya yang paling bikin saya semangat adalah sudah mengetahui lama kalau plastik itu sulit diuraikan tetapi sayangnya saya pribadi mengakui bahwa saya pun belum dewasa ternyata dalam penggunaan plastik,” ucap seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (23/4).

Lantaran bahaya plastik bagi lingkungan dalam jangka panjang, pelantun “Teman Hidup” ini sekarang lebih aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik.

“Jadi selain saya belajar banyak tentang lebih bijak menggunakan plastik dalam keseharian, yang kedua saya ikut sumbang-sumbang lah, sumbang suara dikit untuk karya (pameran) yang dibangun Felix (seniman) dan Mbak Citra,” ucapnya.

Tulus berharap apa yang ia lakukan dapat memberi pengaruh terhadap sekitar untuk turut serta menggiatkan pengurangan penggunaan plastik.

“Saya semangat karena saya yakini ini bukan seru-seruan bersama tapi yang lebih berartinya justru bisa jadi manusia yang lebih dewasa dalam menggunakan plastik. Mudah-mudahan nanti saya bisa kasih tahu ke sekitar,” imbuhnya.

Tulus menjadi salah satu orang yang terlibat dalam pameran Laut Kita yang digagas oleh seniman instalasi Felix Tjahjadi. Selain Tulus, beberapa rekan artis lain seperti Dian Sastrowardoyo, dan Nicholas Saputra juga terlibat dalam pameran yang digelar untuk mengampanyekan bahaya plastik bagi lingkungan. Pameran itu sendiri digelar di Function Hall Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Cinta Laura Buka Dua Bisnis Guna Menyelamatkan Lingkungan

Aktris Cinta Laura berencana membuka dua lini bisnis yang membawa misi tentang lingkungan hidup dan sosial. Bisnis pertamanya yaitu minuman sehat. Cinta mengatakan, ia ingin memotivasi orang-orang untuk hidup lebih sehat. Produk sehat yang dimaksud Cinta selain untuk tubuh manusia juga untuk lingkungan hidup.

“Sekarang banyak selebriti yang punya produk minuman kayak kopi dan lain-lain, mine very different dan juga environmentally friendly, kami sama sekali enggak pakai plastik, botolnya saja gelas,” katanya seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (23/4).

Selain minuman, Cinta juga akan membuka lini bisnis aksesoris berupa gelang. Selain mengunggulkan kualitasnya, Cinta rupanya akan menyisihkan sebagian keuntungan untuk kegiatan-kegiatan bertema sosial.

“Ada gelang yang profitnya bakal sebagian kami donate ke korban bencana alam, karena akhir-akhir ini banyak banget bencana alam di Indonesia. Jadi I want my product good to massa. Aku pingin apapun yang aku keluarin itu juga beneficial (punya manfaat) buat semua orang,” ujarnya lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top