Trending

Teka-teki Silang dan Kontribusinya Sebagai Permainan

Tak pernah terpikir bagaimana permainan asah otak teka-teki silang tercipta. Tak bisa ditampik lagi, kadang isi soalnya memang membuat kita berpikir keras. Padahal hanya ada dua kategori saja, mendatar dan menurun. Isi soalnya pun kerap beragam, mulai dari pertanyaan-pertanyaan sepele yang remeh hingga pada beberapa soal lain yang bahkan mungkin tak pernah kita pikirkan.

Dan kamu mungkin tak pernah tahu jika hari ini, 104 tahun lalu adalah hari pertama permainan teka-teki silang diluncurkan dan dipublikasikan ke media. Wah ternyata sudah lama juga ya!

Tak hanya karena hari ini adalah peringatan peluncurannya, kali ini kami akan mengajakmu untuk menelisik lebih dalam lagi tentang sebuah permainan yang kini juga tengah diadopsi salah satu stasiun tv swasta di negara kita.

Sama Seperti Kita, Permainan Ini Juga Lahir dari Sang Pencipta(nya)

Sudah memainkannya sedari kecil, tapi ketika ada yang mencoba bertanya perihal siapa penciptanya, kamu mungkin akan garut-garuk kepala karena ternyata tak tahu jawabannya.

Permainan ini ditemukan oleh seorang jurnalis kelahiran Liverpool Inggris, Arthur Wynne. Bermulai dari tugasnya sebagai salah satu jurnalis di Koran New York World, awalnya ia diminta redaktur untuk membuat sebuah game yang bertujuan untuk menghibur pembaca di akhir pekan. Berbekal pengetahuan pada salah satu permainan kuno bernama Pompeli, atau yang dalam bahasa inggris disebut sebagai Magic Squar, akhirnya Arthur berhasil menciptakan teka-teki silang.

Dan untuk pertama kalinya, teka teki silang buatan Arthur ini dipublikasikan oleh koran New York World edisi Minggu pada halaman entertainment, tanggal 21 Desember 1913. Berkat temuannya tersebut, Arthur akhirnya dinobatkan sebagai “Bapak Teka-teki Silang Sedunia”.

Di Indonesia, Permainan Ini Berhasil Menghimpun Para Penggemarnya Ke Dalam Bentuk Paguyuban

Sumber : Doc Kaki Langit

Tak kalah dengan permainan lain yang kerap melahirkan komunitas, teka-teki silang juga punya komunitas yang bernama Paguyuban Kaki Langit.

Dengan modal kecintaan yang sama, mereka akhirnya mendirikan perkumpulan yang berpusat di Jalan Raung, Semarang sejak tahun 2006. Manang Wahjudi selaku sekretaris dan Pak Tris pemilik radio Lusiana Semarang menjadi dua orang yang jadi inisiatornya.

Sama seperti acara yang memang jadi salah satu bagian dari siaran di radio milik pak Tris yakni Kaki Langit, sebuah acara untuk penggemar TTS saling melempar tanya. Awalnya Kaki Langit hanya beranggotakan 5 orang, namun terus bertambah karena mulai banyak media cetak yang menampilkan berita tentang mereka.

Hingga kini, tercatat ada 350 orang yang resmi menjadi anggota Paguyuban Kaki Langit dengan latar belakang profesi berbeda-beda.

Tak Hanya Memaksamu Berpikir Saja, Kata Peneliti Permainan Ini Bermanfaat Untuk Mencegah Pikun

Dari beberapa penelitian terungkap bahwa TTS dapat memberi efek positif pada otak jika dimainkan rutin. Bahkan bisa mencegah seseorang dari alzheimer atau pikun.

Ann Lukits seorang peneliti yang juga penulis ilmu kesehatan mengatakan, TTS dapat meningkatkan daya ingat sekaligus fungsi otak, khususnya pada orang dewasa. Serta  meningkatkan fungsi mental pasien dengan kerusakan otak atau demensia dini.

Tak hanya itu saja, menurut Alzheimer’s Association, mengisi TTS setiap hari jadi salah satu cara signifikan untuk menjaga otak tetap aktif dan jeli, khususnya bagi orang tua.

Wawasanmu Pun Kian Bertambah Berkat Soal-soal yang Ada di Dalamnya

Terlihat remeh memang, padahal mengerjakan soal-soal ini sama dengan belajar. Sebab pertanyaan yang ada kerap beragam. Mulai dari perhitungan, tata bahasa, hingga judul dan nama artis.

Secara tidak langsung, hal itu akan membantu kita untuk menghafal dan mengingat beberapa informasi. Jangan heran jika nanti hal-hal yang tadinya kamu tak tahu akhirnya jadi tahu.

Hingga Dapat Memperkuat Hubungan Dengan Teman Lain yang Sama-sama Mengerjakan

Masih dari penelitian yang sama oleh Ann Lukits, mengisi TTS  bersama-sama ternyata dapat meningkatkan hubungan diantara orang yang terlibat dalam pengisiannya.

Penyelesaian TTS ini bisa dilakukan secara berkelompok oleh pasangan, kakak-beradik, hingga sekumpulan teman.

Sebab itu, Lukits juga mengatakan bahwa “Pengerjaan TTS secara berkelompok dapat meningkatkan kecepatan berpikir dan berbicara serta ikatan sosial di antara grup yang mengerjakan TTS.”

Tapi Kenapa ya Foto Perempuan Cantik Selalu Jadi Sampulnya?

Ya, dan yang pasti cantik semua!

Dari sini kita mungkin akan berpikir bahwa tak hanya isinya saja, ternyata sampulnya saja sudah menjadi teka-teki. Mengapa isinya selalu perempuan cantik berkulit bersih?

Jika kamu pernah baca buku “DILAN” karya Pidi Baiq, pada salah satu bab ceritanya, Dilan memberi hadiah berisi TTS yang sudah diisi semua kepada Milea sebagai hadiah ulang tahun. Dan bagian itu juga membahas mengapa sampul TTS semuanya perempuan cantik, konon itu jadi pertanda pertama bahwa isi soal di dalamnya susah dimengerti. Sama halnya dengan perempuan.

Kini Sudah Ada Internet dan Berbagai Macam Permainan Lain, Apa Iya Kamu Masih Mau Main TTS?

Tak perlu dijelaskan lagi, kamu tentu tahu bagaimana meroketnya semua hal. Termasuk perubahan dalam permainan. Kini berbagai macam permainan sudah tersedia pada telepon genggam. Bahkan TTS pun sudah ada yang online.

Tapi jika ditanya sekarang? Apa iya kamu masih mau main teka-teki silang?

Kalaupun Iya, Mungkin Itu Hanya di Acara Cak Lontong Saja

Dan jangan harap kamu akan menjawab dengan benar. Sebab permainan yang jadi salah satu bagian dari acara Waktu Indonesia Bercanda ini memang luar biasa.

Penontonnya tentu tahu, bagaimana jeniusnya Cak Lontong bisa mencari banyak soal dengan jawaban yang kadang tak masuk akal tapi berhasil membuat kita tertawa.

Dari beberapa hal sudah dipaparkan, semoga ini menambah informasi atas hal-hal yang selama ini belum kamu tahu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kamu Belum Jadi Pecinta K-Drama Sejati Sebelum Nonton 7 Drama Korea Lawas Ini

Untuk kamu yang mengaku sebagai pecinta drama korea, pasti tontonannya tak hanya drama Descendent of The Sun kan? Rasanya kurang afdol jika kamu mengaku pecinta K-Drama sebelum kamu menonton 7 drama Korea lawas ini terlebih dahulu.

1. Full House

Sumber : Korea.net

Drama ini menceritakan tentang pernikahan kontrak. Cerita dalam drama ini dikemas dengan sangat manis dan juga lucu. Tak heran jika pecinta drama ini cukup banyak.

2. Memories In Bali

Sumber : PopScreen

Kalau kamu orang Indonesia yang mengaku suka bahkan cinta banget dengan drama Korea, pasti sudah nonton drama yang satu ini dong? Ya, sesuai dengan judulnya, drama Korea ini merupakan drama yang memiliki setting Bali.

3. Princess Hours

Sumber : IDN Times

Meski memiliki latar belakang kerajaan masa lalu, namun drama ini sangatlah memukau. Tokoh yang ada dalam drama ini juga diperankan oleh aktor dan aktris yang sangat bertalenta, salah satunya adalah Joo Ji Hoon yang berperan sebagai Lee Shin.

4. Jewel In The Palace

Sumber : variety.com

Drama ini memiliki latar belakang zaman kerajaan yang masih kental dengan sejarah, budaya sampai obat-obatan tradisional ala Korea. Jika kamu ingin tahu banyak tentang budaya, sejarah dan hal tradisional lainnya tentang Korea, kamu bisa coba tonton drama ini. Keren banget pokoknya.

5. Stairway to Heaven

Sumber : Kdramalove.com

Drama yang satu ini juga memiliki rona yang terpancar indah loh. Tak kalah dengan drama Korea lawas lainnya. Drama ini termasuk genre romance mellow. Dijamin kamu akan tersentuh oleh cerita dalam drama ini.

6. Sassy Girl Chun Hyang

Sumber : HanCinema

Sassy Girl Chun Hyang merupakan drama Korea lucu yang bercerita tentang perjodohan. Cerita dalam drama ini dikemas dengan sangat apik. Kamu yang menontonnya pasti akan terkesima dan terhibur oleh adegan lucu yang disuguhkan di dalamnya.

7. Endless Love

Sumber : Pinterest

Cerita dari drama ini sangatlah menyentuh. Jika kamu menontonnya, mungkin kamu bisa nangis bombay karena cerita yang sangat menyayat hatu. Bahkan sampai saat ini, drama ini masih memiliki banyak penggemar loh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Dijamin, 6 Tips Ini akan Membuatmu Makin Kece dan Beda dari Yang Lain

Tidak bisa dipungkiri, tentu terkadang kamu ingin mendapatkan eksistensi dirimu sendiri diakui di lingkungan sosialmu. Untuk mendapatkan hal itu sebenarnya tak melulu dengan barang branded kok. Kamu bisa jadi dirimu sendiri dengan karakter yang kuat. Berikut adalah enam tips untukmu.

1. Berikan Sentuhan Seni pada Barang Pribadimu

Jika kamu memiliki barang yang sekiranya banyak orang memilikinya juga, kamu bisa mengakalinya dengan jiwa senimu kok. Cobalah untuk kreatif. Kamu bisa melukis barang pribadimu seperti sepatu, tas atau barang lainnya sesuai dengan imajinasimu sendiri.

2. Membuat Style-mu Sendiri

Cobalah bereksperimen dengan gayamu dalam berbusana. Salah satu caranya kamu bisa mendesain sendiri baju yang menurutmu menunjukkan karakter aslimu. Nah, dengan begini, tak akan ada orang yang memiliki style sama denganmu.

3. Memakai Aksesoris yang Menunjukkan Dirimu

Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan aksesoris yang menggambarkan karaktermu. Aksesoris ini bisa berupa pin, gelang, atau aksesoris simple lainnya. Pasti penampilanmu akan lebih terlihat kece.

4. Memanfaatkan Objek Sekitar untuk Foto

Banyak orang menunjukkan eksistensi dirinya lewat unggahan foto di sosial medianya. Nah kamu juga bisa melakukan hal tersebut. Tak perlu menggunakan objek yang mahal. Kamu bisa memanfaatkan objek di sekitarmu untuk menghasilakan jepretan yang kece. Misalnya kamu bisa menggunakan kaca pembesar atau gelas yang berisi air.

5. Memaksimalkan Gadget

Sekali lagi, jika kamu ingin menghasilkan foto yang bagus untuk unggahanmu, kamu tak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Manfaatkanlah yang ada dengan semaksimal mungkin. Misalnya kamu bisa memodifikasi perangkat flash di kameramu. Kamu bisa menciptakan diffuser sederhana dari kantong plastik untuk menghasilkan foto dengan cahaya yang lebih mulus.

6. Memodifikasi Barang Kesukaanmu

Kamu juga bisa memodifikasi barang kesukaanmu sesuai dengan karaktermu. Misalnya kamu sangat suka musik terutama gitar, kamu bisa memodifikasi gitarmu dengan menempel sticker atau hal unik lainnya dalam proses modifikasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ingat, 5 Tipe Teman Ini Patut untuk Kamu Pertahankan

Sebagai makhluk sosial, kamu tak akan bisa hidup tanpa keberadaan orang lain. Terutama keluarga dan juga teman. Saat kamu sedang butuh teman bicara atau butuh apapun, tentu orang yang akan kamu cari adalah keluarga dan temanmu. Nah, dalam memilih teman, kamu pun harus selektif.

Hati-hati dalam berteman karena selama ini sudah banyak kasus yang melibatkan teman sebagai tersangka. Namun, disamping itu semua. Setidaknya ada beberapa jenis teman yang layak kamu pertahankan jika saat ini mereka sudah kamu temukan.

1. Pendengar yang Baik

Tak banyak orang yang bisa menjadi pendengar terbaik. Saat kamu sudah menemukan teman yang mau mendegarkan segala keluh kesahmu dan juga kabar bahagiamu, maka pertahankanlah. Kamu sangat butuh sosok teman pendengar yang baik dalam kehidupanmu.

2. Mampu Menjaga Rahasia

Jika kamu mencari teman yang suka membicarakan rahasiamu pada orang lain, mungkin akan sangat mudah. Namun untuk mendapatkan teman yang bisa menjaga rahasiamu sampai akhir hayatnya sangatlah sulit. Jika diumpamakan, mungkin hal itu layaknya mencari jarum di tumpukan jerami. Jadi saat kamu menemukannya, pertahankanlah selamanya.

3. Humoris

Saat kamu sedang sedih atau dalam mood yang kurang baik, tentu kamu membutuhkan sosok yang bisa menghiburmu. Salah satu teman yang harus kamu pertahankan dalam kehidupanmu adalah teman dengan selera humor tinggi. Karena kamu akan selalu bisa tertawa lepas saat bersamanya.

4. Setia dalam Kondisi Apapun

Kamu akan dengan mudah menemukan teman yang mau menemani di saat senangmu, namun belum tentu dia mau menemunimu di saat sulitmu. Pertahankanlah dia yang tetap mau menemanimu dalam kondisi apapun. Dia akan selalu ada untukmu saat kamu membutuhkannya.

5. Asyik Diajak Seru-seruan

Tipe teman yang satu ini akan selalu asyik untuk kamu ajak seru-seruan bersama. Dia tak selalu menjadi dirinya sendiri, begitu pun denganmu. Tak ada kata malu atau jaim dalam pertemanan kalian. Jika kamu menemukan teman seperti ini, kamu patut mempertahankan pertemananmu itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top