Feature

Tak Selalu dengan Main Tangan, Mendiamkan Pasangan Juga Bentuk Kekerasan

Kamu harus tahu, jika kekerasan dalam hubungan, tak hanya tindakan kasar yang bisa dilihat oleh mata. Faktanya, serangan kekerasan secara emosional juga banyak ditunjukkan secara tidak langsung, melalui perilaku yang manipulatif. Dan salah satunya adalah mendiamkan pasangan.

Dari sisi psikologi, mendiamkan pasangan atau silent treatment adalah metode penghukuman dan manipulasi yang terbilang cukup kasar, tidak dewasa, jahat, kejam, melukai harga diri orang pasangan, dan bahkan bisa melukainya secara fisik.

Sebagai pihak yang melakukan, kamu mungkin tak sadar jika sikap ini mematikan. Sedangkan kamu yang jadi korban, pelan-pelan akan sadar. Jika meski tak ada benturan fisik yang keras, didiamkan oleh pasangan nyatanya jauh lebih mematikan.

Walau Tak Memar, Tapi Didiamkan Menilmbulkan Rasa Sakit yang Tak Tertahankan

Beberapa penelitian membuktikan jika tindakan mengabaikan pasangan, akan menimbulkan reaksi pada area otak serupa dengan kondisi yang akan diterima ketika merasakan sakit fisik. Kamu yang melakukan barangkali berpikir jika ini adalah upaya yang pas untuknya. Berpikir ia akan mengerti dan memahami kenapa kamu tak mau bicara. Padahal kenyataan yang bisa terjadi justru sebaliknya. 

Kipling Williams, seorang Profesor Psikologi di Universitas Purdue yang telah mempelajari tindakan ‘mendiamkan seseorang’, selama dua puluh tahun, menjelaskan, ‘Memberi seseorang perlakuan dingin dengan tujuan menghukum, sebenarnya serupa dengan melakukan kekerasan emosional’.

Dampaknya Pun Tak Main-main, Mencoreng Harga Diri Hingga Depresi

Saling menuduh siapa dan menyalahkan siapa pihak yang salah. Disatu sisi kamu mungkin merasa jadi korban atas sadisnya upaya mendiamkan yang dilakukan oleh pasangan. Sedangkan di matanya, kamulah pihak yang bersalah sebab tak bisa mengertinya dari sisi

emosi. Untuk itulah, Paul Schrodt, PhD, Profesor Ilmu Komunikasi yang sudah mengkaji 74 studi hubungan yang melibatkan lebih dari 14.000 peserta, mengatakan. Daripada harus mendiamkan pasangan, lebih baik balas dengan “Maaf, aku sedang tak bisa bicara sekarang. Mungkin besok saja, jika aku sudah tenang”.

Sehingga pihak yang merasa jadi korban tak lagi perlu bertanya-tanya, “Mengapa kamu mendiamkan saya?”. Sebab, walau tak terlihat dampak kekerasan emosional justru lebih besar.  Mulai dari mencoreng harga diri dan rasa percaya diri hingga trauma berat, depresi, atau bahkan bunuh diri.

Itulah Kenapa Penting untuk Mengenali Tanda-tandanya

Sebelum semuanya terlambat dan kalian berdua saling menyalahkan atas tindakan yang sebenarnya bisa dicegah. Cobalah untuk membaca situasi hati dan hubungan yang sedang kalian jalani. Seberapa sering ia menyalhkanmu untuk hal-hal yang seharusnya tak jadi masalah.

Bagaimana ia mengekang untuk tak bisa kemana-mana, hingga mengucapkan kata-kata menyakitkan yang seharusnya tak ia sampaikan. Jika memang itu adalah salahmu, cobalah untuk meminta maafnya lebih dulu. Tapi jika kamu adalah pihak yang akan melakukannya, beritahu ia jika ada perbuatan yang kamu tak suka. Bukan lantas diam, dan pergi begitu saja.

Lalu Apa yang Seharusnya Dilakukan?

Sebagai seseorang yang berada pada pihak yang didiamkan, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah pacarmu tak selalu ada untuk bersamamu. Suatu kali, kamu akan melakukan banyak hal sendirian. Tanpa dibantu oleh dia yang kau sayang. Tak perlu misuh-misuh dan memintanya untuk selalu berada di dekatmu, bisa-bisa ia akan kesal dan memilih untuk diam. Meski apa yang kau minta tetap dilakukan.

Di sisi lain, kamu yang ingin melancarkan serangan pembalasan dengan berdiam diri. Ketahuilah jika pacarmu jelas tak punya telepati. Ia tak bisa serta merta tahu apa yang sedang kau pikirkan, jika nyatanya kamu selalu diam. Disinilah pentingnya komunikasi, katakan apa yang kau tak suka, tanpa harus menyiksanya dengan tak berkata apa-apa.

Dan Jika Pasanganmu Masih Tetap Diam, Itu Artinya Dia Adalah Sosok Egois yang Selalu Merasa Benar

Yap, kalau perbuatan ini masih saja ia lakukan padamu. Satu hal yang saat ini perlu kamu sadari, kamu sedang berpacaran dengan seorang ‘narcissists’ yang selalu merasa benar sendiri. Berpikir jika perbuatannya benar, tidak dewasa, egois dan tak menghargai perasaan orang.

Ia diam, karena sedang merasa lebih benar darimu. Enggan untuk berkomunikasi karena dimatanya kamu lah yang pantas disalahkan, dan diam adalah ganjaran. Padahal seseorang yang benar-benar cerdas harusnya tahu bagaimana cara untuk mengutarakan isi hatinya dan perasaannya. Bukan malah diam dan berpikir, cara itulah yang benar.

Memang, menyalahkan orang lain lebih mudah untuk dilakukan, daripada berkaca atas apa yang tak bisa dilakukan dengan benar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Percayalah, Melakukan Hobi Berikut Ini Akan Membuatmu Terlihat Lebih Keren

Sebagai lelaki, kamu mungkin pernah mengalami betapa membosankannya hidup yang kini dijalani. Sekali-sekali ingin menjalankan sesuatu yang tak biasa demi suasana yang berbeda. Nah, pada fase ini kamu akan bisa merasakan jika hobi bisa meredakan pikiran yang sedang tak karuan.

Serunya lagi hobi ini sesungguhnya tak hanya berfungsi sebagai pelepas kepenatan. Namun juga bisa menjadi daya tarik tambahan di mata perempuan. Yup, sesungguhnya ada beberapa aktivitas yang bisa membuat si dia lebih melirik kita! Hobi-hobi ini adalah cara baru untuk terlihat lebih keren. Apa saja itu?

Fotografi

Posisi paling ideal dari seorang laki-laki memang di belakang lensa, bukan di depannya. Perempuan punya nilai plus untuk pria yang mendalami hobi fotografi ini. Apalagi memang dibutuhkan skill dan pengetahuan yang tak sedikit untuk menangkap gambar yang tak biasa.

Apalagi jika si dia doyan difoto. Dia pasti begitu ingin penampilannya diabadikan olehmu yang juga punya talenta. Jadi jangan heran kalau dirimu tiba-tiba akan punya banyak fans jika mendalami hobi ini. Tapi yang harus diwaspadai hobi ini butuh peralatan yang tak murah.

Lari

Olah raga secara keseluruhan adalah hobi yang akan membuat lelaki terlihat lebih keren. Kenapa? Karena dengan beraktivitas fisik, hormon testosteron laki-laki akan meningkat. Nah hormon inilah yang membuat kita akan terlihat lebih menarik buat perempuan.

Lalu kenapa lari? Olah raga yang satu ini bisa segera dilakukan kapan saja. Berbeda dengan olah raga lain yang butuh tempat dan peralatan, lari sangat sederhana. Tinggal bangun lebih pagi atau menyempatkan di sore hari, lalu cari area yang aman untuk berlari, bahkan kamu bisa melakukannya saat itu juga.

Bela Diri

Tidak ada perempuan yang tertarik dengan pria yang gemar berkelahi. Camkan itu! Namun, perempuan juga butuh keamanan dari pasangannya. Karena itu berlatih bela diri bisa meningkatkan unsur keren di mata perempuan.

Tak perlu mendalami bela diri yang penuh seni dan banyak jurus. Sebab saat ini sedang berkembang olah raga bela diri MMA yang jauh lebih efektif dan efisien. Ajak si dia menonton pertandingan sparing yang kamu lakukan. Dijamin si dia akan makin tertarik sepulang menonton kamu beradu jotos.

Melukis

Hobi yang satu ini mungkin terbilang langka, untuk itulah kamu akan jadi sosok yang dikagumi dengan cara yang berbeda. Sebab meski yang lain berlomba untuk melakukan hobi-hobi yang dinilai keren. Kamu justru memilih untuk tetap bermain dengan imajinasi dan menuangkannya di kavas yang sudah seperti teman.

Jangan takut untuk tak terlihat keren karena berbeda, karena pilihanmu untuk terlihat berbeda inilah yang justru membuatmu jadi sosok lelaki yang istimewa.

Bermotor

Naik mobil memang selalu nyaman, tapi naik motor penuh tantangan. Beruntunglah kamu yang punya hobi naik motor karena si dia akan melihatmu lebih menarik lagi. Sebab kamu terbukti tak takut untuk berhadapan langsung dengan alam.

Cobalah sekali-sekali, coba untuk mengajak si dia menghabiskan banyak waktu di atas roda dua. Maka penting untuk memilih motor yang cukup nyaman untuk dinaiki bersama. Ambil contoh misalnya Suzuki Nex II. Meski matic namun motor ini sudah dilengkapi mesin yang bertenaga dengan kapasitas mesin 115cc dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance). Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 6,7 KW pada 8000 RPM. Torsinya sendiri bisa mencapai 8,5 Nm di 6000 RPM. Kombinasi ini tentunya cocok untuk penggunaan harian.

Apalagi sisi kenyamanan berkendara menjadi perhatian utama. Ukuran floorboard yang lebih luas dibanding generasi sebelumnya membuat ruang kaki pengendara lebih terasa lega dan tidak melelahkan. Ruang penyimpanan di sisi kiri dan kanan depan juga dibuat lebih besar. Jadi bisa nyaman jika dipakai bersama si dia.

Sembari memilih hobi mana yang layak dilakoni, kamu juga perlu untuk memilih Suzuki Nex II mana yang pantas dimiliki.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Tampil Fancy Demi Takhlukkan Perempuan Pujaan Hati

Pernah tidak, kamu bermimpi mendapat pasangan yang cantik jelita bak putri raja? Bermimpi seperti itu sah-sah saja lho. Tinggal seberapa berani dan percaya diri kamu mendekati si dia. Nah, demi mendapatkan perhatian perempuan, kamu harus siap-siap berusaha sekeras mungkin. Karena tidak ada yang tahu berapa banyak lelaki yang bisa jadi saingan demi memenangkan hatinya.

Coba bercermin dulu, sekiranya mungkin ada hal yang memang perlu diperbaharui sedikit. Fancy bukan soal mewah saja. Percuma juga penampilan mewah tapi kamu tidak mengerti caranya menakhlukkan hatinya. Dari sekian banyak cara yang bisa laki-laki lakukan, setidaknya utamakan lima hal ini.

Jadilah Sosok yang Percaya Diri dan Berani 

“Your confidence is your deadly secret weapon”

Kalimat barusan bukanlah rekayasa atau kata-kata pemanis belaka, Tapi fakta lho. Kalau kamu punya rasa percaya diri yang tinggi, hati gebetan yang dingin dan cuek pun bisa luluh karena usaha yang dilakoni. Dan akan jadi bahaya kalau tak percaya diri di depan lawan jenis.

Bagaimanapun, sebelum mau merombak gaya demi terlihat oke di depan si dia, tentulahk kamu harus mengantongi rasa percaya diri, kan? Biar bagaimanapun lelaki itu akan sangat jauh terlihat lebih menarik ketika dia sedang berada di tingkat level kepercayaan-diri yang tinggi.

Tetap jaga confidence, tetapi jangan sampai over confidence. Karenanya, tunjukkan kepercayaan dirimu dimanapun dan kapanpun. Itulah definisi gaya fancy yang paling sederhana.

Kuasailah Gestur dan Bahasa Tubuh yang Menarik Lawan Jenis

Gaya fancy bukan hanya soal beli barang bermerk lalu “dipamerkan” di depan si perempuan pujaan. Tapi justru memunculkan karakter fancylah yang jauh lebih penting. Hal ini akan menaikkan levelmu sebagai lelaki yang berkelas di mata si dia.

Menurut penelitian, salah satu yang harus kau kuasai demi mendekati perempuan idaman adalah soal gestur yang berkarakter. Bagaimanapun, bahasa tubuh tidak pernah bohong, karena bahasa yang digunakan dan dibaca oleh manusia adalah bahasa tubuh.

Bahkan nih, menurut Albert Mehrabian, Psychology Today, pesan yang disampaikan 7% lewat kata-kata, 38% lewat intonasi, dan 55% lewat facial expression dan body language. Jadi apapun yang kamu katakan tidak akan berpengaruh banyak apabila body language-mu lemah atau tidak meyakinkan.

Pastikan Kamu Tahu Jurus-jurus Mencairkan Suasana Saat Sudah Punya Momen Berdua

Kamu boleh mengajaknya ke tempat kencan yang mewah dan berkelas, tapi kalau selama kencan nyatanya tak bisa membuatnya merasa tertarik dengan obrolan yang bergulir, bukankah akhirnya justru sia-sia? Karenanya, kuasailah trik menakhlukkan hatinya dengan pandai mencairkan suasana.

Jangan hanya jadi orang yang pandai bicara alias maunya hanya ingin menguasai pembicaraan, tapi jadilah orang yang pandai berkomunikasi dimana si dia pun merasa nyaman saat bertukar pikiran denganmu. Gaya yang fancy, akan semakin keren lagi kalau kamu pandai dalam hal komunikasi.

Demi Membuat Dirinya Tertarik, Tak Salah Kok Berusaha Memberikan Penampilan Terbaik

Banyak hal yang bisa disampaikan dengan cara berpakaian atau berpenampilan. Dengan selalu tampil keren dan menarik, kamu sudah mendapatkan satu poin plus dimata gebetan. Di lain sisi, jangan anggap remeh perihal kesan pertama. Karena tentu saja orang lain akan menilai kamu pertama kali dari cara kamu berpenampilan.

Kalau di momen kencan pertama mungkin mau beli barang ini-itu demi menunjang penampilan, itu tak masalah. Tunjukkan saja  gaya fancy versi dirimu semampu yang kamu bisa. Sebab tentu saja yang ia  lihat pertama kali adalah penampilanmu bukan? Boys have swags, Men have style.

Terakhir, Urusan Kendaraan, Jangan Sampai Salah Pilih ya!

Sebelum dan setelah kencan, pasti kamu akan menawarkan urusan antar jemput untuk si dia, kan? Karenanya, jangan sampai salah pilih tunggangan. Percayakan saja urusan kendaraan pada Suzuki Nex II. Ada tipe Fancy Dynamic yang setipe dengan gayamu lho! Mulai dari Fancy Dynamic Brilliant White, Titan Black, dan Stonger Red.

Varian dari motor Suzuki yang Fancy Dynamic ini, akan jadi salah satu yang menonjolkan kedinamisan dan kreativitas generasi muda zaman sekarang yang makin stylish. Dan sesuai dengan yang tadi butuhkan untuk merebut hati perempuan pujaan. Bagaimana? menarik bukan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Perjalanan Transisi Hidup Menuju Dewasa dan Bijaksana

“Jadi orang dewasa itu menyenangkan, tapi susah untuk dijalankan”

Kami percaya, setidaknya beberapa orang akan setuju dengan kalimat yang barusan kalian baca. Menjadi dewasa berarti siap dihadang banyak perkara, mulai dari yang remeh sampai yang berat. Dari pekerjaan sampai perkara hubungan. Walau bebas memilih akan jadi orang dewasa yang seperti apa, tapi setidaknya ada beberapa fase  yang juga akan kamu rasa.

Bayang-bayang hidup indah tanpa gangguan, bukan lagi jadi sesuatu yang kamu pikirkan. Lebih dari itu, menjadi dewasa seiring bertambahnya usia membuatmu membuka mata bahwa hidup tak melulu tentang bahagia.

Menjadi Dewasa Menyebalkan, Tapi Biar Bagaimanapun Harus Tetap Dijalankan

Sebelum sampai di usia yang sekarang, ada banyak sekali sumber bahagia. Gebetan yang memberi senyum sebagai isyarat suku, aktivitas di sekolah yang selalu berhasil mengundang tawa, hingga kencan pertama yang membuat hati berbunga-bunga hingga esoknya.

Sialnya, selepas memasuki usia di angka 20. Segala macam tetek bengek untuk menjadi manusia dewasa terasa kian berbeda. Tak melulu tentang urusan cinta, pikiran kita berubah kian kompleks untuk mencerna apa saja yang memang layak untuk membuat bahagia.

Bahkan Mendorong Kita untuk Bertanya Pada Diri Sendiri, “Sejauh Ini, Udah Ngapain Aja Sih?”

Quarter crisis life, memang sering membuat kita merasa hampir putus asa dengan kehidupan yang ada. Pekerjaan dan mimpi yang masih entah seperti apa, kisah cinta yang tak kunjung terlihat arahnya, hingga persoalan lain yang kian memusingkan kepala.  Di usia ini, hidup memang tak sesimpel dulu. Hal-hal yang dulu dirasa mudah, berubah jadi sesuatu yang berat dan susah.

Akan Tetapi, Dewasa Juga Membuat Kita Lebih Kritis dalam Segala Hal

Pada setiap masa dalam hidup, akan ada titik dimana kita selalu sikap kritis. Mempertanyakan segala sesuatu yang akan kita lakukan. Entah itu pada diri sendiri atau orang sekitar. Selanjutnya, situasi ini akan membawa kita pada satu titik yang bisa dinamakan kedewasaan. Melahirkan sikap yang berbeda, dari masa-masa sebelumnya. Kita mulai menyadari sebuah tanggung jawab, ketulusan, waktu yang berharga, rasa syukur, dan kemauan untuk terus berubah lebih baik lagi.

Namun Jika Harus Dibandingkan, Perempuan Disebut-sebut Lebih Cepat Dewasa Daripada Kaum Adam

Perempuan memang jauh lebih cepat dewasa dibanding kalian kaum adam. Tapi kalau ingin diperdebatkan. Pernyataan ini mungkin akan jadi debat kusir yang tak menemukan titik tengah. Tapi, asal kamu tahu saja. Hal ini juga disetujui oleh para peneliti. Untuk penjelasan yang lebih detail, kami pernah membahasanya di artikel ini.

Tapi Kita Tak Boleh Menyerah, Karena Setiap Masalah Membuat Kita Lebih Dewasa!

Kita mungkin merasa tak siap, tapi daripada lebih dulu pesimis atas masalah yang akan datang silih dan berganti. Mari kita pahami, bagaimana sebuah masalah bisa merubah kita jadi pribadi yang lebih baik lagi. Anggaplah ini sebagai upah, karena kita tetap bertahan untuk semua perkara.

Dan Tak Hanya Itu Saja, Dewasa Juga Merubah Cara Pandang Kita Pada Kriteria Pasangan

Saat belum sedewasa sekarang. Kamu mungkin punya berbagai macam keinginan ajaib tentang bagaimana dia yang kelak jadi pasangan. Namun sejalan dengan pertambahan usia, banyak pandangan baru yang berubah. Begitu pula dengan perubahan caramu berpikir tentang cinta.

Dewasa memang tak bertolak pada usia, tapi bagaimana kite memaknai setiap perjalanan hidup dengan berbagai macam pelajarannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top