Tips

Tak Perlu Takut Dengan Orang Arogan, Ini Cara Menaklukannya

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kalimat ‘orang arogan’? Sifat keras, suka marah-marah, berbicara kasar, main bentak atau bahkan memukul. Baru membayangkannya saja mungkin kamu sudah kesal, atau mungkin kamu sedang menghadapi orang seperti itu saat ini.

Sebenarnya sifat arogan adalah sifat situasional, biasanya sifat arogan ini timbul justru dimiliki oleh orang yang memiliki tingkat intelegensi yang tinggi. Mereka tidak bisa mengeluarkan isi kepalanya, tetapi memaksa orang lain paham apa inginnya. Yang membuatnya menjadi arogan adalah pengendalian emosinya yang tidak baik, dan biasanya ada beberapa faktor yang juga menjadi pemicu sifat tersebut muncul.

Setelah melakukan penelitian bertahun-tahun para peneliti menemukan penyebab kenapa orang cerdas yang tak dewasa secara mental punya kecenderungan menjadi arogan. Shane Frederick dari Yale University salah satu yang melakukan penelitian ini. Ia menemukan bahwa mereka yang “merasa” cerdas, cenderung tak berpikir rasional.

Hal ini disebabkan mereka cenderung berpikir cepat dan terbiasa benar sehingga menjadi bias dalam menerima pendapat orang lain. Jadi terkadang sulit berpikir rasional ketika memecahkan masalah karena terlalu percaya diri.

Para Psikolog dari James Madison University dan University of Toronto juga menemukan hal yang kurang lebih serupa. Orang-orang dengan IQ tinggi punya kecenderungan memaksakan pendapatnya kepada orang lain. Hal ini karena mereka selalu mudah dalam berpikir dan sulit menerima kenyataan kalau orang lain perlu waktu untuk mempelajari sesuatu.

Nah menyebalkan memang jika kita harus menghadapi manusia seperti itu, dan terkadang kita tidak bisa menghindari situasi yang mengharuskan kita berhadapan dengan orang yang arogan. Tapi selain IQ, hal lain yang menentukan juga adalah kecerdasaan emosi alias EQ. Karena itu kita dengan tingkat kecerdasaan emosional tinggi inilah yang bisa mengimbangi tingkat arogan mereka. 

Tak Perlu Seperti Mereka, Kita Jangan Langsung Menghakiminya

Ketika kita terjebak dalam situasi menghadapi orang yang arogan, pasti ada keinginan untuk menghindar atau bahkan pergi jauh-jauh daripada harus berurusan dengan orang yang arogan. Mungkin akan terbesit pemikiran bahwa akan percuma saja menghadapi orang yang arogan.

Salah satu cara supaya kamu bisa mengendalikan dirimu menghadapi orang yang arogan adalah dengan mengetahui bahwa sifat adalah kumpulan yang didasari oleh aksi dan reaksi suatu hal. Mungkin sikap arogansinya dia karena dia tidak bisa mengendalikan diri di saat situasi tertentu. Atau bahkan bisa jadi sifatnya itu muncul karena ada traumatik di masa kecilnya.

Tak Mudah Memang, Tapi Coba Dengar apa maunya

Untuk mendengarkan orang yang arogan memang butuh ekstra hati yang kuat dan lapang, karena otomatis ketika dia berbicara akan ada nada yang naik beberapa oktaf dibandingkan dengan orang biasa. Tapi kalo kamu ingin dia takluk, mendengarkan justru cara jitu yang harus kamu lakukan agar kamu tau apa maunya, sebenarnya apa yang ingin dia sampaikan, setelah kamu mengetahui kamu akan lebih paham lagi apa yang sebetulnya jadi hal yang membuat sifat arogannya muncul.

Biarkan dia berbicara sampai selesai, jangan memotong apa yang dia bicarakan, supaya kita bisa benar-benar paham inginnya dan kita juga tau apa yang dia mau. Ya hitung-hitung kamu belajar menjadi pendengar yang baik juga kan.

Karena Kamu Cerdas Secara Emosi, Pertahankan Jangan Sampai Emosimu Terpancing

Menyebalkan memang kalau ada orang yang dengan seenaknya marah-marah tanpa sebab yang jelas, ataupun jika ada sebabnya dengan cara yang tidak menyenangkan. Sebagai orang yang menghadapi sifat arogan dari seseorang kita justru jangan mudah tersulut emosi. Karena ketika kita menanggapi sifat arogansinya dengan amarah pula, yang terjadi justru akan menurunkan kredibilitas kita sendiri. Terlebih lagi saat emosi, biasanya fokus terhadap persoalan yang sesungguhnya menjadi kabur karena kita lebih fokus terhadap konflik semu yang diciptakan oleh manusia yang menyebalkan

Yuk Respon dengan Sifat yang Sebaliknya

Curhat Terselubung

 

Setelah  mengikuti beberapa tahap di atas, kita tetap harus merespon perkataannya ketika selesai. Namun yang berbeda adalah respon yang kita berikan adalah respon yang lembut dan juga friendly, jangan tunjukkan ekspresi kesal meskipun sebenarnya rasanya mau melempar dia dengan bantal. Respon yang lembut dan juga friendly ini bukan tanda bahwa kita terima dengan perlakuannya loh. Respon itu justru kita tunjukkan bahwa kita mendengarkan dia meskipun dengan marah, apalagi jika dia berkata dengan sangat lembut. Disela respon kamu juga bisa menyampaikan solusi yang kamu punya atas hal yang menjadi masalah di sana.

Pada Akhirnya Memang Tak Perlu Terlibat Pembicaraan Panjang

otak

Tidak dipungkiri memang melelahkan jika kita selalu menghadapi orang yang sombong dan selalu marah-marah. Cara yang paling aman dan bisa kamu lakukan hindari obrolan yang terlalu lama, atau hindari kontak yang sering dengan dia. Menghindari pembicaraan bukan berarti kita takut tetapi memberi tempat pada orang yang menyebalkan dan melukai hati akan memancing emosi, marah, dan membuat kita terjebak dalam konfrontasi tidak penting. Jadi jika tidak ada kepentingan yang cukup mendesak, sebisa mungkin hindari perbincangan dengannya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Yusaku Maezewa : Konglomerat dari Jepang yang Akan Jadi Turis Pertama Ke Bulan

Liburan keliling dunia mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika tujuan liburannya adalah bulan? Yap, kamu tak salah baca. Pada Senin, 17 September lalu, Elon Musk selaku CEO SpaceX, mengumumkan jika ada seseorang yang akan jadi orang pertama yang akan melakukan perjalanan menuju bulan.

Dan lelaki beruntung itu adalah Seorang konglomerat dari Jepang, bernama Yusuka Maezewa. Konon Yusaku juga akan mengajak 8 orang lain, yang identitasnya masih belum dibagikan. Mereka akan menaiki Big Falcon Rocker atau BFR, yang saat ini masih dalam tahap pembuatan. Tapi, meski demikian katanya roket ini akan jadi yang terbesar yang pernah dibuat. Dengan perkiraan tinggi sepanjang 118 meter yang setara dengan gedung 35 lantai, dan diameter sepanjang 9 meter.

Rencana ini diagendakan akan selesai dibangun dan siap meluncur pada tahun 2023 mendatang. Dengan kata lain, Yusaku juga akan jadi orang pertama dengan kewarganegaraan non-AS yang dapat terbang ke bulan. Meski tak akan mendarat, dan hanya berkeliling mengitari orbit bulan dari roket yang membawannya terbang. Yusaku tetap jadi manusia perdana yang melakukan perjalanan liburan menuju bulan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kalau Kamu Jadi Penderita Autisme, Mungkin Ini yang Ingin Kamu Katakan Pada Dunia…

Saat ini masih saja banyak orang yang suka mengejek teman atau orang lain yang memiliki keterbelakangan mental. Kadang mereka mengejek dengan alasan hal itu hanya sebatas candaan saja. Namun apa kamu juga berpikir hal itu lucu bagi mereka yang menerima leluconmu? Pahamilah, berikut adalah hal yang sebenarnya ingin seorang penderita autis katakan padamu.

1. Lihatlah Aku Apa Adanya

Cobalah untuk masuk ke dalam hidup mereka untuk bisa memahami apa yang mereka rasakan. Terkadang orang autis memiliki dunia yang bisa menjadi tempat menyeramkan bagi mereka. Bahkan seringkali ada suara di kepala mereka yang serasa membuat kepala mereka mau meledak, pakaian serasa bisa membakar kulit dan masih banyak hal lain yang mungkin tak bisa kamu pahami hanya dengan melihat mereka dari kejauhan.

2. Aku Juga Ingin Berteman, Layaknya Orang pada Umumnya

Mereka berharap kamu dan yang lainnya mengubah pemikiran kalian tentang mereka. Mereka tak suka dibeda-bedakan. Mereka pun ingin berteman layaknya orang pada umumnya. Mereka pun ingin merasakan sebuah pertemanan seperti halnya yang kamu rasakan bersama teman-temanmu. Mereka ingin kamu dan yang lainnya tak lagi menjauhinya hanya karena perilaku dan penampilan mereka yang berbeda denganmu juga teman-temanmu.

3. Aku Pun Ingin Dihargai dan Diterima Sebagai Manusia

Mereka ingin kamu menghargai dan menerima mereka sebagai layaknya manusia. Kamu tak bisa membedakannya hanya karena latar belakang dan kekurangan yang mereka miliki. Bukanlah setiap manusia diciptakan  sebagai makhluk sosial. Tak ada hal sebagai pengecualian. Semua orang berhak dihargai dan diterima di lingkungannya, terlebih jika mereka tak pernah melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Usung Tema “Beauty All Around”, Honor 9i Siap Pimpin Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini

Percaya atau tidak, ada banyak alasan yang mempengaruhi seseorang menjatuhkan pilihan pada sebuah smartphone. Entah karena suka pada designnya, jatuh cinta pada fitur kamerannya, atau cuma karena brand ambassadornya adalah artis idola. Terlepas dari apapun alasanmu, kali ini ada berita penting yang kami bawa untukmu. Ya, barangkali kamu sedang bingung, untuk menentukan ponsel mana yang akan kamu beli untuk memenuhi kebutuhan. 

Nah, beruntungnya kemarin kami mendapat kesempatan untuk menghadiri acara launching resmi smartphone Honor 9i yang diadakan di JS Luwansa, Jakarta Selatan. Ada sedikit yang membuat tercengang disalah satu video yang disuguhkan tentang kekuatan dan bagusnya ketahanan fisik dari lanjutan seri Honor 9 Lite ini. Sudah dinjak berkali-kali, dijadikan talenan untuk memotong bahan makanan, sampai masuk membeku di lemari es saja, ia tetap tak menujukkan tanda-tana kerusakan apa-apa. Bagaimana penasaran kan?

James Yang, selaku Presiden Honor Indonesia membuka acara dengan berkata bahwa smartphone yang satu ini cukup digemari di berbagai negara. Terbukti dengan, tersebarnya ia di 74 Negara. Bahkan menduduki pertumbuhan tercepat pada posisi pertama untuk kategori ponsel pintar dalam 5 tahun belakangan di Indonesia.

Capaian ini jelas bukan tanpa alasan, sebab menggaet konsumen haruslah punya sesuatu yang dibanggakan. Untuk itu, pada Honor 9i kali ini, pihaknya memberikan berbagai macam fitur nan canggih untuk memenuhi kebutuhan yang kamu ingini. Yang, menjelaskan jika mereka bercita-cita menjadi pendobrak gaya hidup generasi muda masa kini dengan produknya. Untuk itulah, mereka juga menggaet KLY (Kapan Lagi Youniverse) dan Shopee untuk bekerja sama mewujudkannya.

Randy Martin yang didapuk jadi Chief Experience Officer honor 9i, menjelaskan bahwa ponsel pintar ini akan jadi sesuatu yang memenuhi kebutuhanmu dalam berbagai macam kegiatan. Hadir dengan beauty desain yang menarik perhatian, ponsel ini dibuat dengan 12 lapisan kaca yang mampu memantul seperti cermin pada bagian belakang. Dengan tiga varian warna yang bisa kamu pilih sesuai selera, mulai dari Midnight Black, Sapphire Blue, dan Robin Egg Blue atau biru telur asin.

Menariknya lagi,pada bagian depan Honor 9i memiliki notch atau poni yang di dalamnya terdapat kamera depan, speaker, serta sensor Face Unlock. Dan tak lupa layar 5,84 inci IPS LCD yang beresolusi Full HD+ dengan aspek rasio 19:9, yang juga menerapkan desain layar lengkung 2.5D.

Dan yang paling penting, Honor 9i hadir dengan kemampaun kamera yang cukup mempuni untuk kamu yang doyan fotography dan selfie. Selain memiliki keunggulan lewat teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Ponsel ini juga memiliki kamera depan yang 16 MP, yang disebut-sebut jadi peningkatan besar dari seri sebelumnya yakni Honor 9 Lite. Untuk kamera selfie-nya memiliki fungsi 4-in-1 light fusion, yang juga mampu meningkatkan sensifitas, menurunkan noise gambar, serta menghasilkan potret dengan efek bokeh yang konon lebih natural.

Untuk sistem keamanannya bagaiman? Oh tenang, karena meski tergolong jadi ponsel pada kategori menengah Honor 9i memiliki Fitur face unlock yang lebih cepat dan nyaman dari metode unlock lainnya. Ditambah sensor sidik jari atau fingerprint 4.0 yang dapat membuka smartphone hanya dalam waktu 0,25 detik saja. Bicara perihal harga, ponsel ini dipasarkan dengan nominal yang tidak terlalu tinggi sebab kamu hanya perlu membayar Rp. 2,6 juta untuk versi 3 Gb/32 Gb serta Rp. 3, 1 juta untuk varian 4 Gb/ 64 Gb. Bisa dipesan mulai tanggal 20 September 2018 mendatang, kamu yang membeli pada penjualan perdananya melalui situs E-commerce Shopee bisa mendapat harga spesial dengan nominal Rp. 2,4 Juta pada jam 12 siang di tanggal 20 September 2018 juga.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top