Tips

Tak Perlu Takut Dengan Orang Arogan, Ini Cara Menaklukannya

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kalimat ‘orang arogan’? Sifat keras, suka marah-marah, berbicara kasar, main bentak atau bahkan memukul. Baru membayangkannya saja mungkin kamu sudah kesal, atau mungkin kamu sedang menghadapi orang seperti itu saat ini.

Sebenarnya sifat arogan adalah sifat situasional, biasanya sifat arogan ini timbul justru dimiliki oleh orang yang memiliki tingkat intelegensi yang tinggi. Mereka tidak bisa mengeluarkan isi kepalanya, tetapi memaksa orang lain paham apa inginnya. Yang membuatnya menjadi arogan adalah pengendalian emosinya yang tidak baik, dan biasanya ada beberapa faktor yang juga menjadi pemicu sifat tersebut muncul.

Setelah melakukan penelitian bertahun-tahun para peneliti menemukan penyebab kenapa orang cerdas yang tak dewasa secara mental punya kecenderungan menjadi arogan. Shane Frederick dari Yale University salah satu yang melakukan penelitian ini. Ia menemukan bahwa mereka yang “merasa” cerdas, cenderung tak berpikir rasional.

Hal ini disebabkan mereka cenderung berpikir cepat dan terbiasa benar sehingga menjadi bias dalam menerima pendapat orang lain. Jadi terkadang sulit berpikir rasional ketika memecahkan masalah karena terlalu percaya diri.

Para Psikolog dari James Madison University dan University of Toronto juga menemukan hal yang kurang lebih serupa. Orang-orang dengan IQ tinggi punya kecenderungan memaksakan pendapatnya kepada orang lain. Hal ini karena mereka selalu mudah dalam berpikir dan sulit menerima kenyataan kalau orang lain perlu waktu untuk mempelajari sesuatu.

Nah menyebalkan memang jika kita harus menghadapi manusia seperti itu, dan terkadang kita tidak bisa menghindari situasi yang mengharuskan kita berhadapan dengan orang yang arogan. Tapi selain IQ, hal lain yang menentukan juga adalah kecerdasaan emosi alias EQ. Karena itu kita dengan tingkat kecerdasaan emosional tinggi inilah yang bisa mengimbangi tingkat arogan mereka. 

Tak Perlu Seperti Mereka, Kita Jangan Langsung Menghakiminya

Ketika kita terjebak dalam situasi menghadapi orang yang arogan, pasti ada keinginan untuk menghindar atau bahkan pergi jauh-jauh daripada harus berurusan dengan orang yang arogan. Mungkin akan terbesit pemikiran bahwa akan percuma saja menghadapi orang yang arogan.

Salah satu cara supaya kamu bisa mengendalikan dirimu menghadapi orang yang arogan adalah dengan mengetahui bahwa sifat adalah kumpulan yang didasari oleh aksi dan reaksi suatu hal. Mungkin sikap arogansinya dia karena dia tidak bisa mengendalikan diri di saat situasi tertentu. Atau bahkan bisa jadi sifatnya itu muncul karena ada traumatik di masa kecilnya.

Tak Mudah Memang, Tapi Coba Dengar apa maunya

Untuk mendengarkan orang yang arogan memang butuh ekstra hati yang kuat dan lapang, karena otomatis ketika dia berbicara akan ada nada yang naik beberapa oktaf dibandingkan dengan orang biasa. Tapi kalo kamu ingin dia takluk, mendengarkan justru cara jitu yang harus kamu lakukan agar kamu tau apa maunya, sebenarnya apa yang ingin dia sampaikan, setelah kamu mengetahui kamu akan lebih paham lagi apa yang sebetulnya jadi hal yang membuat sifat arogannya muncul.

Biarkan dia berbicara sampai selesai, jangan memotong apa yang dia bicarakan, supaya kita bisa benar-benar paham inginnya dan kita juga tau apa yang dia mau. Ya hitung-hitung kamu belajar menjadi pendengar yang baik juga kan.

Karena Kamu Cerdas Secara Emosi, Pertahankan Jangan Sampai Emosimu Terpancing

Menyebalkan memang kalau ada orang yang dengan seenaknya marah-marah tanpa sebab yang jelas, ataupun jika ada sebabnya dengan cara yang tidak menyenangkan. Sebagai orang yang menghadapi sifat arogan dari seseorang kita justru jangan mudah tersulut emosi. Karena ketika kita menanggapi sifat arogansinya dengan amarah pula, yang terjadi justru akan menurunkan kredibilitas kita sendiri. Terlebih lagi saat emosi, biasanya fokus terhadap persoalan yang sesungguhnya menjadi kabur karena kita lebih fokus terhadap konflik semu yang diciptakan oleh manusia yang menyebalkan

Yuk Respon dengan Sifat yang Sebaliknya

Curhat Terselubung

 

Setelah  mengikuti beberapa tahap di atas, kita tetap harus merespon perkataannya ketika selesai. Namun yang berbeda adalah respon yang kita berikan adalah respon yang lembut dan juga friendly, jangan tunjukkan ekspresi kesal meskipun sebenarnya rasanya mau melempar dia dengan bantal. Respon yang lembut dan juga friendly ini bukan tanda bahwa kita terima dengan perlakuannya loh. Respon itu justru kita tunjukkan bahwa kita mendengarkan dia meskipun dengan marah, apalagi jika dia berkata dengan sangat lembut. Disela respon kamu juga bisa menyampaikan solusi yang kamu punya atas hal yang menjadi masalah di sana.

Pada Akhirnya Memang Tak Perlu Terlibat Pembicaraan Panjang

otak

Tidak dipungkiri memang melelahkan jika kita selalu menghadapi orang yang sombong dan selalu marah-marah. Cara yang paling aman dan bisa kamu lakukan hindari obrolan yang terlalu lama, atau hindari kontak yang sering dengan dia. Menghindari pembicaraan bukan berarti kita takut tetapi memberi tempat pada orang yang menyebalkan dan melukai hati akan memancing emosi, marah, dan membuat kita terjebak dalam konfrontasi tidak penting. Jadi jika tidak ada kepentingan yang cukup mendesak, sebisa mungkin hindari perbincangan dengannya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Sering Dilirik Perusahaan, Gunakan 5 Jenis Font Ini untuk CV Lamaranmu

Biasanya kalau kamu hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tentu aka nada persyaratan CV dan surat lamaran pekerjaan. Tidak sedikit pelamar yang tidak tahu tentang tata aturan membuat sebuah CV dan surat lamaran yang menarik perhatian perusahaan yang dituju.

Nah berikut adalah 5 jenis font yang paling banyak dilirik oleh perusahaan. Siapa tahu kamu salah satu orang yang beruntung, tidak ada salahnya mencoba.

1. Garamond

Kamu bisa menggunakan jenis font ini untuk membuat tulisanmu menjadi lebih elegan. model jenis font ini juga sangat mudah dibaca, namun kamu juga perlu berhati-hati. Karena jenis font ini bisa menunjukkan kesan kuno.

2. Arial

Jenis font Arial merupakan jenis font yang paling banyak digunakan dalam beragam tulisan. Hal ini dikarenakan jenis fontnya yang sangat sederhana dan bisa digunakan untuk semua jenis desain tulisan.

3. Georgia

Jenis font lain yang bisa kamu gunakan adalah jenis font Georgia. Jenis font ini bisa kamu gunakan untuk membuat tulisanmu nampak elegan. bedanya jenis font ini dengan jenis font Garamond adalah jenis font ini tidak menunjukkan kesan kuno dalam tulisannya.

4. Halvetica

Di kalangan desainer terkenal, jenis font ini cukup popular. Ini merupakan salah satu jenis font yang cocok untuk digunakan kapanpun. Tak hanya itu, font ini juga salah satu jenis font yang paling sering dipakai untuk pembuatan CV dan surat lamaran pekerjaan.

5. Calibri

Jenis font Calibri merupakan font dasar Microsoft Office 2007 sebagai pengganti font Times New Roman sebagai jenis huruf paten yang digunakan dalam Microsoft Word, Excel dan Powerpoint. Jenis font ini adalah jenis font yang sangat jelas dibaca dan memiliki kesan tersendiri. Jenis font ini juga sangat sesuai untuk digunakan dalam berbagai jenis situasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Menguak Rahasia Kematian, Ini 5 Penjelasan Perihal Mati Suri yang Jarang Kamu Dengarkan!

Kamu pasti pernah mendengar bukan perihal mati suri? Lalu pernah nggak sih kamu merasa penasaran tentang mati suri itu sendiri. Mati suri memang kerap dihubungankan dengan unsur magic atau gaib. Fenomena ini pun ternyata tak hanya pernah dialami oleh orang dalam negeri, tetapi orang luar negeri pun juga pernah mengalaminya.

Ternyata ini penjelasan dari apa yang dirasakan oleh mereka yang mengalami mati suri!

Merasa Seperti Benar-benar Meninggal

Secara ilmiah mati suri yang kerap dialami oleh beberapa orang merupakan fenomena yang disebabkan oleh gangguan otak di bagian korteks pariental dan prefrontal. Hal inilah yang menjadi penyebab orang yang mati suri merasakan seolah benar-benar sudah meninggal.

Merasa Seakan Jiwa Kita Keluar dari Raga

Perasaan seakan jiwa melayang keluar dari raga atau out of body experience memang kerap dirasakan oleh orang-orang yang mengalami mati suri. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang berada pada fase tidur yang sangat nyenyak, seperti memang telihat benar-benar mati.

Berinteraksi dengan Orang Mati

Untuk hal yang satu ini, ilmuwan mempercayai bahwa gangguan dopamin serta nilai agama yang ditanam seseorang sejak kecil memiliki peran dalam fenomena ini.

Melihat Terowongan Cahaya

Saat mati suri, orang tersebut kekurangan pasokan darah dan oksigen di retina yang membuat penglihatan di daerah tepi mata mengalami gangguan. Jika seseorang yang mengalami mati suri merasa seperti melihat terowongan cahaya, hal inilah penyebabnya.

Kadangkala Memunculkan Sebuah Keahlian Baru

Ada beberapa orang yang mengaku bahwa pasca dia mengalami mati suri, seakan mata batinnya terbuka dan lebih sensitif terhadap suatu hal. Fenomena ini pernah diangkat dalam sebuah film Flatliners yang menceritakan pengalaman mati suri yang dialami oleh sekelompok mahasiswa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Fakta Aneh Tentang Vagina yang Perlu Perempuan Tahu

Selama ini mungkin kamu hanya mengetahui hal umum saja tentang vaginamu. Namun pada kenyataannya ada beberapa fakta aneh yang bisa terjadi pada vagina seorang wanita. Jika kamu sudah mengetahui 5 fakta ini, mungkin kamu akan berpikir itu tidak mungkin dan terheran-heran karenanya. Berikut adalah ulasannya.

1. Seseorang Bisa Saja Terlahir dengan Dua Vagina

Kondisi ini memang jarang terjadi. Kondisi ini pernah terjadi pada seorang wanita bernama Hazel Jones dimana dia terlahir dengan kondisi memiliki dua vagina dan dua Rahim. Meski sempat ditawari untuk melakukan operasi, dia lebih memilih hidup apa adanya dengan dua vagina dan dua Rahim yang dimilikinya.

2. Setiap Vagina Berbeda, Walau Terlihat Sama

Meski pada umumnya vagina yang dimiliki oleh satu wanita dengan wanita lainnya terlihat sama, nyatanya vagina setiap orang memiliki perbedaan. Perbedaan itu terletak pada kedalaman vagina dan panjang vagina.

3. Vagina Mampu Membersihkan Dirinya Sendiri Lebih Baik dari Area Tubuh yang Lain

Membersihkan vagina menggunakan produk yang terlalu wangi memang sebaiknya dihindari. Nyatanya vaginamu bisa membersihkan areanya sendiri lebih baik dibanding dengan area tubuh lainnya. Keputihan pada vagina adalah tanda adanya proses pembersihan yang dilakukan sendiri oleh vagina.

4. Rambut Vagina Memiliki Peranan Penting dalam Hubungan Intim

Rambut vagina memiliki fungsi untuk menahan gesekan yang terjadi antara vagina dan penis saat berhubungan intim agar vagina tidak mengalami iritasi akibat gesekan yang terjadi terus-menerus. Karena alasan inilah kamu tidak boleh mencukur rambut vagina sampai habis.

5. Bahkan Seseorang Bisa Saja Terlahir Tanpa Vagina

Nyatanya di dunia ini juga ada seseorang yang terlahir tanpa vagina. Salah satunya adalah Jacqui Beck. Dia terlahir tanoa lubang vagina, tanpa Rahim dan tanpa serviks. Hal ini akhirnya menyebabkan dia tidak bisa berhubungan seksual dan tidak bisa melahirkan anaknya sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top