Feature

Tak Berniat Akan Pisah, Tapi Membuat Perjanjian Pranikah Penting Untuk Jaga-jaga

Tak hanya untuk Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saja, kamu pun bisa membuat perjanjian pranikah. Atau jangan-jangan kamu juga sudah mulai memikirkannya? Meski masih banyak pertentangan di sana-sini, faktanya hal ini memang sudah diatur dalam UU Perkawinan Pasal 29 Ayat 1 UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan yang menyatakan, “Pada waktu atau sebelum perkawinan dilangsungkan, kedua belah pihak atas persetujuan bersama dapat mengajukan perjanjian tertulis yang disahkan oleh Pegawai pencatat perkawinan setelah mana isinya berlaku juga terhadap pihak ketiga tersangkut”.

Dan dari penjelasan ini, kita bisa lihat bahwa perjanjian pranikah sebenarnya dibuat demi melindungi pasangan, baik suami atau istri. Tapi sebelum melangkah kesana, mari kita coba telisik lebih dalam.

Sebenarnya Apa Itu Perjanjian Pranikah?

Dikenal juga dengan sebutan prenuptial agreement, perjanjian pranikah adalah sebuah perjanjian yang dibuat sebelum pernikahan dilangsungkan, yang bertujuan untuk mengikat kedua belah pihak calon pengantin yang akan menikah, berisi beberapa hal yang mengatur tentang harta dan utang suami-istri.

Dengan penjelasan tersebut, maka harta dan hutang suami istri sebelum menikah adalah milik masing-masing. Sedangkan harta dan hutang suami-istri setelah menikah adalah milik bersama kecuali ada perjanjian sebelumnya.

Maka dengan kata lain fungsi dari perjanjian ini adalah untuk mengatur tentang kepemilikan dan tanggung jawab atas hutang dan kekayaan yang kamu dan pasangan miliki setelah menikah nanti. Ini penting, dan bermanfaat sekali untuk melindungi kamu dan pasangan secara hukum jika terjadi hal-hal tidak diinginkan di masa mendatang.

Jangan Dulu Berpikir Buruk, Karena Ini Jadi Bentuk Keterbukaan Pada Pasangan

Sebenarnya bukan begitu, karena siapa pun tentu tak ingin jika pernikahannya akan berhenti ditengah jalan. Sebaliknya, cobalah untuk memahaminya dari sisi yang berbeda. Sebab meski katanya ini jadi doa buruk untuk pernikahan, pilihan ini merupakan bentuk lain dari keterbukaan kalian berdua. Dan juga dipercaya untuk melatih mental untuk lebih terbuka, jika nanti ada masalah setelah menikah.

Karena selain keterbukaan perihal harta dan utang-piutang lainnya, kita juga perlu untuk terbuka mengenai potensi peningkatannya kelak. Dari sini kita bisa lebih paham, manakah yang akan menjadi kewajiban dan hak setelah menikah atau jika berpisah.

Karenanya Kamu Tak Perlu Khawatir Akan Dibebankan Hutang Oleh Pasangan

Barangkali kamu pernah mendengar, seorang teman yang mungkin bercerita. Bahwa setelah menikah ia juga berperan untuk membayar hutang-hutang istri yang diambil sebelum menikah. Nah, ini jelas jadi beban kan? Karena bisa jadi kita tak tahu hutang itu dipakai untuk apa.

Atau contoh lainnya, adalah seorang pebisnis yang juga membuat perjanjian pranikah. Selain melindungi harta kepunyaan sebelumnya, ini juga melindungi pasangannya. Sebab, dalam berbisnis, mereka perlu memliki penjamin atau personal guarantee.

Jika terjadi sesuatu dengan bisnisnya, maka akan ada harta yang disita. Perjanjian pranikah, akan melindungi pasangannya karena harta pasangan bukan hartamu, dan utang pasangan bukan juga utangmu.

Hingga Memberi Arah yang Jelas Untuk Kepengurusan Anak Jika Ditengah Jalan Ada Perpisahan

Rasanya tak perlu dijelaskan lagi, jika pada setiap perceraian anak memang kerap jadi korban. Tapi perlu diingat ya, lagi-lagi ini bukanlah sebuah doa. Melainkan sebuah upaya persiapan pada hal-hal yang mungkin tidak kita inginkan.

Dan jika benar hal-hal buruk dalam pernikahan akan terjadi, ya sebut saja perceraian, masing-masing pihak akan memiliki porsi yang jelas. Siapa yang harus mengasuh, apa kewajiban dan hak suami, apa kewajiban dan hak istri, anak menjadi tanggungan siapa, dan beberapa hal lainnya.

Lagi pula Ini Jadi Sebuah Perlindungan Hukum Bagi Siapa Saja yang Menginginkannya

Untuk segala sesuatu jelas selalu ada pro dan kontranya, dan penting atau tidaknya perjanjian pranikah, tergantung kamu dan si dia. Sebab tak ada paksaan untuk membuat perjanjian, ini hanya sekedar himbauan.

Karena biar bagaimana pun, sebagai pihak utama yang akan melangsungkan pernikahan, kamu dan pasangan jadi orang yang paling berhak untuk menentukan untuk membuatnya atau tidak? Semuanya  sah-sah saja.

Sebab perjanjian pranikah juga tak lantas bisa digeneralisasikan atau dipukul rata. Dengan lain kata, perjanjian ini bukanlah sebuah syarat wajib dalam pengajuan izin pernikahan di kantor catatan sipil.

Hal Lain yang Menjadi Nilai Baiknya, Perjanjian Ini Jadi Bukti dari Cinta

Yap, kamu juga tak perlu terburu-buru untuk menentukan. Sebab perjanjian ini perlu dibuat hanya karena kesadaran dan keinginan dari kedua belah pihak secara sadar, bukan karena paksaan.

Mengenai apa saja isi perjanjian pranikahmu, jelas itu tergantung kamu dan dia. Apa saja hal yang sekiranya kamu butuhkan. Jadi tak boleh ada paksaan. Pada beberapa kasus serupa, perjanjian pranikah justru jadi pelindung untuk pasangan dan anak-anakmu kelak.

Jadi jika memang benar-benar cinta, harusnya kamu tak perlu merasa tersinggung ketika salah satu dari kalian mengusulkannya.

Walau dianggap masih jadi sesuatu yang aneh, membuat perjanjian pranikah tak sepenuhnya salah. Sebab kita pun tak boleh menutup mata, bahwa pilihan ini juga mendatangkan hal-hal baik dikemudian hari. Tinggal bagaimana kamu dan pasangan memahaminya, mau membuatnya atau tidak?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Siasat Jitu Untuk Memenangkan Hati Gebetan

Untuk mendapatkan hati gebetan memang kadang susah-susah gampang. Terlebih jika semua usaha yang kamu lakukan tak berhasil membuatnya peka akan perasaanmu kepadanya. Nah tenang saja, ini adalah 5 cara ampuh yang bisa kamu coba untuk mendapatkan hati gebetanmu itu.

1. Cari Celah untuk Mendekatinya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuatnya menyadari akan kehadiranmu. Kamu harus mencari celah bagaimana caranya untuk bisa menjadi seorang yang dekat dengannya. Bisa saja dengan mengikuti organisasi yang sama dengannya, mendekatkan diri pada sahabat-sahabatnya dan masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendekat padanya.

2. Tampil Secara Maksimal

Kamu harus tetap memperhatikan tampilanmu. Tentu kamu tak ingin dia merasa ilfeel kepadamu hanya karena penampilan bukan? Nah jadi kamu harus mulai memperhatikan apa yang harus kamu kenakan dan bagaimana kamu berpenampilan secara fisik. paling tidak usahakan untuk tetap tampil bersih, rapi dan harum di hadapannya.

3. Cari Informasi Tentangnya

Kamu harus aktif dalam mencari tahu segala hal tentangnya. Cobalah untuk mencari tahu hal itu dari teman, sosial medianya atau mungkin kamu bisa langsung datang kepada keluarganya. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah mencari celah untuk menarik perhatiannya.

4. Tunjukkan Bahwa Kamu Pantas Untuknya

Selain berusaha mengenalnya lebih dekat, kamu harus mampu menunjukkan kepadanya bahwa kamu adalah orang yang berbeda dari lainnya dan pantas untuk berada di sisinya.

5. Berikan Perhatian

Jangan bosan untuk memberikan perhatian manis kepadanya. Misalnya dengan menanyakan kabar dan memberikan oleh-oleh saat kamu habis bepergian ke suatu tempat. Hal ini tentu akan membuatnya merasa spesial untukmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kamu yang Merasa Sehat, Bukan Berarti Beneran Sehat

Mengetahui sehat atau tidaknya tubuhmu itu tidak hanya dari penampilannya. Tapi sekali waktu kamu pun perlu mengeceknya ke dokter demi memastikan benarkah kondisi tubuhmu memang prima atau perlu ada perhatian khusus. Sayangnya, banyak dari kita yang suka melupakan pentingnya tes kesehatan.

Padahal di usia sekarang, penting sekali mengutamakan tes ini agar kita punya gambaran bagaimana kondisi tubuh kita sekarang ini dan bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit yang mungkin berisiko menyerang tubuh. Mengutip Bright Side, ini dia jenis tes yang perlu kamu lakukan setidaknya saat usiamu sudah memasuki kepala dua.

Tes Kesehatan Kulit demi Mencegah Kanker Kulit

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh American Cancer Society, sebanyak 3,3 juta penduduk Amerika didiagnosa mengalami kanker kulit setiap tahunnya. Karenanya, penting sekali untuk mengecek kesehatan kulit setidaknya selama sebulan sekali. Kamu perlu tahu, melakukan tes screening bisa menekan risiko seperti paparan sinar ultraviolet berlebih, potensi kanker kulit, munculnya tahi lalat berlebihan, hingga permasalahan kulit lainnya.

Tes Koresterol Juga Perlu Lho untuk Mengetahui Tingkat HDL-mu

Kendati kamu berkilah kalau usiamu masih terlalu muda untuk tes kolesterol, itu sejatinya bukan jadi alasan untukmu agar melewatkan tes yang satu ini. Biasanya, kalau kamu hendak mengikuti tes untuk mengukur tingkat kolesterol, dokter tak akan mengizinkanmu untuk makan setidaknya 9-12 jam sebelum tes. Hal ini karena makanan bisa mempengaruhi tingkat kolesterolmu.

Kamu perlu tahu, selama tes, ada beberapa hal yang perlu diamati yaitu meliputi HDL atau tingkat kolesterol baik, LDL atau tingkat kolesterol yang buruk dan triglycerides. Biasanya petugas medis akan menjelaskan hasilnya nanti kepadamu.

Bagi Perempuan yang Sudah Menikah, Coba Lakukan Pap Smear, Ya!

Setiap perempuan yang sudah menikah, disarankan untuk melakukan uji pap smear setiap tiga tahun sekali. Tes ini diperuntukan untuk mengecek serviksmu apakah dalam keadaan baik-baik saja atau ada gejala kanker yang perlu diwaspadai. Mengapa tes semacam ini perlu? Karena kanker rahim ternyata jadi penyebab kematian tertinggi pada perempuan. Tapi berdasarkan data dari American Cancer Society, risiko kematian akibat kanker rahim dalam lima puluh tahun terakhir bisa ditekan mencapai angka 74 persen lantaran banyak perempuan  yang sudah sadar untuk melakukan uji pap smear.

Sering Dilupakan, Padahal Tes Hepatitis juga Penting untuk Tubuhmu

Penyebab hepatitis diketahui lantaran ‘infeksi’ yang terjadi pada livermu. Bagi sebagian orang yang mengalami hepatitis, awalnya tak ada gejala yang muncul pada tubuh. Untuk itu, cara mencegahnya tentu dengan melakukan cek atau tes hepatitis terlebih dahulu. Orang yang terinfeksi virus hepatitis, nantinya akan sering tumbang karena sistem imunnya tak lagi mampu bekerja secara maksimal. Nah, sebelum terlambat, lebih baik kamu cari tahu kondisi livermu dari sekarang, bukan?

Tes Darah Agar Kanker Darah Tak Jadi Ancaman untuk Tubuhmu

Tahukah kamu, sejatinya ada 137 tipe kanker darah, tapi mungkin yang  paling umum diketahui banyak orang yaitu leukemia, lymphoma, dan myloma. Dengan jumlah sebanyak itu, penting sekali untukmu agar dapat mencegah kanker darah yang sewaktu-waktu bisa menyerang tubuh. Sebab hanya dengan tes darah, yang namanya kanker darah baru bisa terdeteksi.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Nyaman Untuk Tinggal di Hunian Kecil Ala Orang Jepang

Tinggal di hunian yang sempit memang memaksa kamu harus meminimalisir barang yang kamu miliki agar tak menambah penuh ruang hunianmu. Tak jarang kenyamanan pun tak bisa kamu dapatkan karena minimnya ruang dalam apartemen. Nah untuk mengakalinya, kamu bisa coba tiru cara orang Jepang menata hunianya agar tetap nyaman nih meski lahannya sempit.

1. Sofa Sebagai Alternatif Tempat Tidur

Ruang yang ada dalam apartemen tentu lebih sempit dibandingkan rumah pada umumnya. Jadi kamu harus pandai-pandai dalam memanfaatkan ruang. Salah satunya dengan menggunakan sofa bed yang bisa dilipat agar bisa kamu jadikan sebagai tempat tidur juga.

2. Menggunakan Furnitur yang Multifungsi

Karena ruanganmu yang terbatas, akan lebih baiknya jika kamu memilih furnitur yang multifungsi untuk digunakan dalam apartemen. Misalnya kamu bisa menggunakan stools dengan tinggi sedang sebagai tempat duduk tamu maupun meja untuk menaruh barang-barang kecil yang penting.

3. Memilih Furnitur dengan Kapasitas Maksimal

Selain menggunakan furnitur yang multifungsi, kamu juga perlu memilih furnitur dengan kapasitas maksimal. Misalnya kamu bisa memilih lemari pakaian dengan kapasitas besar yang sesuai dengan ruangan, dimana kamu juga bisa menggunakan lemari tersebut sebagai tempat televisi di tengahnya. Akan lebih baik juga jika kamu memilih lemari dengan pintu geser.

4. Memanfaatkan Cermin untuk Menimbulkan Kesan Ruang yang Lebih Luas

Kamu bisa menempatkan cermin dinding besar di beberapa sudut ruangan apartemenmu. hal ini akan menimbulkan kesan ruang apartemenmu lebih luas dua sampai tiga kali lipat dari luas sebenarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top