Feature

Supaya Hemat Saat Bepergian, Jangan Terbiasa Transaksi Ini Itu Ketika Sedang Liburan

Khusus untuk yang baru pertama kali liburan ke luar negeri, pasti ada rasa was-was yang mendera. Mulai dari perkara komunikasi, takut makanannya tidak cocok, bahkan bingung membuat daftar itinerary yang dibutuhkan. Namun diantara semua kekhawatiran itu, sejatinya ketakutan yang paling rentan mendera adalah soal budget alias anggaran. Namanya juga liburan, apalagi di negeri orang, mau tak mau persiapannya pun harus sematang mungkin sehingga kita tak menghabiskan banyak biaya bahkan bisa tetap belajar berhemat selama berlibur.

Sebelum Berangkat maupun Menjelang Pulang, Biasakan Makan Dulu yang Banyak. Hal Ini Membantumu Menghemat Biaya Makan Mengingat Harga Makanan di Bandara Biasanya Mahal

Meski tampaknya sepele, anjuran ini ada baiknya jangan diabaikan Kawan! Setibanya di bandara, kalau perutmu belum terisi, yang ada justru menyulitkanmu. Kamu  jadi kelabakan mencari makanan, belum lagi harga yang dipatok dua kali lipat dari harga biasanya. Mungkin kamu bisa bilang ingin menahan lapar. Tapi kalau penerbanganmu memakan waktu yang relatif lama, mau tak mau kamu pasti harus makan.

Andai kata transit di Singapura atau Kuala Lumpur, setidaknya kamu perlu menyiapkan minimal Rp 100 ribu untuk sekali makan. Nah hal-hal semacam ini masih bisa disiasati yaitu dengan membawa bekal dan mengisi perut terlebih dahulu dari rumah. Kan lumayan kamu jadi bisa menghemat sekian ratus ribu.

Bila Bepergian Jauh, Belilah Tiket Connecting Flight Demi Mencegahmu Nombok Beli Tiket Baru, Lantaran Delay dan Ketinggalan Pesawat Kedua

Kalau kamu mau pergi ke negara yang relatif jauh dan butuh transit, sebaiknya biasakan memilih connecting flight alias terbang dengan maskapai yang sama. Percayalah, hal ini akan menguntungkanmu karena pesawat lanjutan tetap akan menunggu penumpang dari pesawat pertama meskipun delay.

Sementara kalau kamu tidak memanfaatkan connecting flight, delay yang dialami pesawat pertamamu mungkin tak akan ditolerir oleh maskapai kedua. Yang ada, dengan jeda waktu yang sedikit, bisa jadi kurang dari empat jam, kamu jadi dikejar waktu dan terburu-buru. Kalau sedang apes dan tertinggal pesawat, kamu harus kembali beli tiket baru. Jutaan rupiah jadi melayang kan?

Biasakan Pesan Bagasi Pesawat Secara Online demi Menghemat Anggaran Juga ya Kawan

Nah, ini kamu juga perlu tahu. Harga bagasi dan makanan di dalam pesawat biasanya akan jauh lebih mahal kalau kamu pesan sewaktu check in. Pasti akan merepotkan sekali kalau misalnya perjalanan jauh dan harus transit untuk sekali penerbangan. Sebab harga bagasinya pasti mahal banget. Hitung saja ongkos pesawat ditambah bagasi dengan sistem PP. Bisa-bisa bagasimu dapat seharga tiket pesawatmu. Padahal, hal semacam ini bisa diantisipasi sejak awal.

Pesanlah Setiap Akomodasi yang Kamu Perlukan di Negara Tujuan Jauh-jauh Hari. Selain Lebih Murah, Kamu Jadi Tak Perlu Bawa Banyak Uang

Nyatanya, booking hotel di salah satu aplikasi di Indonesia jauh lebih murah dibanding pesan di sana. Misalnya, memesan lewat aplikasi cuma 150 ribu, ternyata sewaktu mau perpanjang ditempat, pelancong diminta membayar 300 ribu lantaran memang itulah tarifnya. Nah kalau kamu bisa menghemat Rp 150 ribu dari sini, lumayan bisa hemat seratus ribuan. Selain itu, kalau kamu sudah membayar semua akomodasi di sini, kamu tak perlu bawa banyak uang dan takut kekurangan uang di sana.

Hindari Tarik Tunai dengan Menggunakan ATM Lokal di Negara Tujuan, Biasanya Potongannya Cukup Mahal untuk Sekali Transaksi

Kalau sudah pesan semua akomodasi, kamu jadi tak perlu bawa banyak uang. Kamu pun tak perlu tarik tunai di ATM lokal. Sebagai contoh, menarik uang di Nepal bakal kena potongan sekitar Rp 50 ribu untuk satu kali transaksi. Nah kalau kamu menarik sebanyak  empat kali saja sudah 200 ribu kepotong sia-sia. Transaksi semacam ini sejatinya tak terasa. Tapi lumayan, bisa membuat uangmu cepat habis. Karenanya, lebih baik bawalah cukup uang sehingga tak perlu transaksi atm berkali-kali di negara tujuanmu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Backpackeran ke Lombok 3 Hari dengan 500 Ribu? Bisa Kok, Begini Panduannya!

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Nah jika kamu ingin berkunjung ke sana tapi kamu nggak punya tabungan yang cukup banyak, kamu nggak perlu khawatir. Kamu bisa kok backpackeran ke Lombok selama 3 hari dengan budget sekitar 500 ribuan saja. Begini tipsnya…

Agenda di Hari Pertama, Pergi ke Pantai Senggigi dan Kota Mataram

Jika kamu sudah sampai di Bandara Internasional Lombok Praya, kamu bisa mampir ke warung nasi puyung di Praya. Tempat kuliner ini cukup terkenal di kalangan traveler. Setelah itu kamu bisa pergi ke Senggigi dengan naik Damri. Sesampainya di Senggigi kamu bisa menyewa motor untuk 3 hari. Selanjutnya kamu bisa mengeliling Senggigi dan menikmati wisata kuliner di Kota Mataram. Untuk bermalam, kamu bisa menginap di rumah singgah backpacker di Mataram secara gratis loh.

Agenda Hari Kedua, Pergi ke Kawasan Mandalika

Di kawasan Mandalika kamu bisa berkunjung ke Pantai Kuta, Tanjung Aan, Desa Sade dan masih banyak yang lainnya. Setidaknya butuh waktu sekitar 1 jam untuk perjalanan dari rumah singgah ke Kawasan Mandalika ini. Kamu bisa mulai dengan berkunjung ke Desa Sade terlebih dahulu untuk melihat rumah sasak beserta kain khas Lombok yang juga bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Selanjutnya kamu bisa perhi ke Pantai Kuta dan makan siang di dekat pantai. Setelah makan siang kamu bisa menjelajahi banyak tempat yang ada di dekat Pantai Kuta seperti Mawun, Seger, Selong Belanak, Tanjung Aan. Ingat, akan lebih baik jika kmau cepat kembali ke Kota Mataram sebelum malam, karena hal itu mugkin saja akan membahayakan keselamatanmu.

Agenda Hari Ketiga, Pergi ke Air Terjun Sindanggile, Tiu Kelep atau Air Terjun Benang Kelambu

Kamu bisa mengunjungi ketiga atau beberapa saja dari tiga air terjun ini. Lebih baik kamu berangkat dari pagi karena lokasinya cukup jauh.  Untuk mencapai lokasi Air Terjun TTiu Kelep dan Sindanggile butuh waktu sekitar 2 jam. Sedangkan untuk ke Air Terjun Benang Kelambu hanya butuh waktu 1 jam dari Mataram. Setelah puas bermain di air terjun, kamu bisa makan siang dan berkemas untuk persiapan pulang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Meski Jarang Dilirik, Namun Pesona 7 Pulau Terluar Ini Mendunia

Indonesia memang sebuah negara dengan beribu pulaunya yang mempesona. Nah meski jarang dilirik, ternyata 7 pulau terluar Indonesia ini pesonanya mendunia loh. Kamu wajib tahu.

1. Alor, Nusa Tenggara Timur

Keindahan Indonesia Timur memang tak perlu diragukan lagi. Selain Raja Ampat dan Labuan Bajo, ternyata masih ada Alor yang sangat memesona. Pulau ini terletak di sebelah Flores dan Lembata.

2. Kisar, Selat Wetar, Perbatasan Timor Leste

Lokasi Pulau Kisar terletak di Selat Wetar, dimana tempat tersebut berbatasan langsung dengan Timor Leste. Namun tenang, secara administratif, wilayah pulau ini masih masuk bagian Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku.

3. Rondo

Pulau Rondo seringkali disebut sebagai penjaga wilayah Indonesia dikarenakan letaknya yang berada di bagian paling utara Indonesia. Lokasi pulau ini berbatasan langsung dengan India yang letaknya tak terlalu jauh dari Pulau Weh. Beberapa orang mengatakan bahwa Pulau Rondo adalah titik 0-nya Indonesia.

4. Jemur, Kabupaten Rokan Hilir, Riau

Pulau Jemur letaknya berbatasan dengan negara Malaysia. Namun secara administratif, pulau ini masih masuk wilayah Indonesia, tepatnya Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Jika diukur, jaraknya kira-kira 64,3 kilometer dari Pelabuhan Klang, Malaysia.

5. Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku

Pulau Liran merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Meski begitu, secara administratif, pulai ini masih masuk wilayah Kabupaten Maluku Barat, Maluku.

6. Dolangan, Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah

Pulai ini merupakan pulau yang berbatasan dengan Malaysia dan Filipina. Namun secara administratif, wilayah pulau ini masih masuk bagian pemerintah Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

7. Berhala, Selat Malaka

Pulau ini terletak di Selat Malaka dan masih tergolong masuk wilayah Sumatera Utara. Tepatnya berada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai. Di pulau ini juga terdapat penangkaran penyu loh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Jadi Tujuan Wisatawan, Ini 10 Negara Paling Instagramable

Saat ini, sosial media memang memiliki peran yang penting untuk perkembangan pariwisata di seluruh penjuru dunia. Jadi nggak heran kalau mendadak suatu tempat jadi viral karena ada yang mengunggahnya ke media sosial. Nah berikut adalah 10 negara yang memiliki tempat wisata yang instagramable banget.

1. Indonesia

Indonesia memang terkenal sebagai negara kepulauan yang kaya akan kekayaan alam dan budayanya. Jadi nggak heran kalau Indonesia menjadi salah satu tempat rujukan wisata bagi banyak orang. Hal itu tentu karena banyaknya spot menarik di Indonesia untuk dikunjungi seperti Raja Ampat, Bali, Candi Borobudur dan tempat menarik lainnya.

2. Inggris

Inggris adalah negara yang memiliki gaya arsitektur yang menarik. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang memilih untuk berkunjung ke sana. Terlebih saat ini London termasuk sebagai salah satu kota modern di dunia yang terkenal dengan budaya, seni, mode dan pariwisatanya.

3. Italia

Italia merupakan negara yang kaya akan bangunan bersejarah. Bangunan itu sangat menarik, baik dari segi arsitekturnya maupun sejarahnya. Di negara ini juga terdapat Venezia yang emmiliki lebih dari 150 kanal yang terhubung dengan 400 jembatan.

4. Spanyol

Negara Spanyol merupakan negara yang terletak di Semenanjung Iberia. Negara ini dikenal sebagai Negara Matador yang sangat khas dengan pertunjukan festival pertarungan antara manusia melawan banteng. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke Barcelona atau Madrid untuk lebih tahu banyak tentang sepakbola, situs warisan dunia UNESCO.

5. Jerman

Di Jerman, kamu bisa menikmati banyak lokasi menarik di tengah kota. Kamu juga bisa datang ke wisata alam Rugen Cliffs. Jangan lupa untuk mengunjungi tembok Berlin juga saat berkunjung ke Jerman. Bangunan itu merupakan tembok bersejarah yang membagi kota menjadi dua bagian dari tahun 1961 – 1989.

6. Brazil

Negara Brazil sangat terkenal sebagai rumah bagi para pemain sepakbola dan Hutan Amazonnya. Salah satu landmark yang dimiliki Brazil adalah patung Kristus yang sangat besar dengan tinggi 38 meter di puncak gunung Corcovado. Di sana kamu juga bisa menikmati keindahan wisata air terjun, pantai dan beragam festival.

7. Swiss

Swiss sangat terkenal dengan banyaknya pegunungan dan danau yang menakjubkan di sana. Banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti bermain ski, mendaki gunung, belanja, melihat festival, dan masih banyak lainnya. Jangan lupa untuk berkunjung ke Zermatt juga, nuansa kotanya sangat tenang dan jauh dari kebisingan juga polusi.

8. Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu negara yang dikenal dengan perkembangannya yang sangat ekspansif. Di Hong Kong, kamu bisa menikmati suasana kota, budaya dan sejarah yang masih dijaga oleh masyarakatnya dengan baik. Tak hanya itu, kamu juga perlu tahu bahwa Hong Kong merupakan salah satu negara Asia untuk street Photography.

9. Amerika Serikat

Ada banyak hal yang bisa kamu temui di negara Amerika Serikat ini. Kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata disana. Beberapa tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah air terjun Niagara, gedung putih, Golden Gate, Grand Canyon dan masih banyak lainnya.

10 Singapura

Meski kecil, tapi negara ini dijadikan incaran bagi banyak wisatawan dunia. Ada banyak spot foto menarik yang ada di Singapura. Kamu bisa berfoto di jalanan, mall, sampai di tempat-tempat menarik lainnya yang menjadi landmark negara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top