Community

Sulit Bangun Pagi? Mungkin Ada yang Salah dengan Pola Hidupmu

Masyarakat Jepang memiliki kebiasaan memulai aktivitasnya sejak subuh, dimulai sejak jam 5 pagi. Mereka bekerja terus-menerus di pagi hari sampai pekerjaan mereka selesai pukul jam 9 pagi. Setelah jam 9, mereka beristirahat sejenak sebelum melanjutkan aktivitas yang lain. Kebiasaan ini mereka lakukan karena mereka menilai pagi hari adalah waktu yang penting untuk menjemput rezeki dan memulai aktivitas sehingga mereka tidak menyia-nyiakannya.

Sama seperti masyarakat kita, jika orang dulu bilang,”Orang yang bangun siang adalah orang yang merugi karena mereka membiarkan rezekinya dipatok ayam”.

Kebiasaanmu yang susah sekali untuk bangun pagi bisa jadi disebabkan karena pola hidup kamu yang buruk. Yuk, mulai sekarang biasakan bangun pagi jika tidak ingin rezekimu dipatok ayam! Begini caranya.

Diawali Dengan Sarapan Yang Sehat Dan Menyenangkan

Tubuh yang sehat akan berpengaruh pada tidur yang berkualitas. Kualitas tidur yang baik dan cukup tentunya akan membuatmu bangun pagi lebih mudah. Kenapa? Hal ini karena berhubungan dengan sistem hormon pada tubuh yang berhubungan dengan bangun tidur dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kamu bisa mengawali harimu dengan membuat menu sarapan yang sehat dan baik bagi tubuh. Kurang tidur yang menyebabkan bangun terlambat bermula dari tubuh yang tidak fit dan pikiran yang stres.

Untuk itu, di pagi hari bisa dimulai dengan meminum chamomile tea yang hangat, teh ini memiliki kandungan yang dapat menenangkan pikiran dan juga punya manfaat baik bagi tubuh.Setelah itu dilanjutkan dengan sarapan sehat dan bergizi.Bisa berupa campuran oat dan buah-buahan, nasi dan lauk pauknya, atau roti dan susu.

Biasakan Minum Air Putih Setelah Dan Sebelum Tidur Agar Bangunmu Bisa Lebih Cepat

Sebagai suplai tenaga agar kamu bisa bangun pagi, minumlah air putih sebelum tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan, karena air  putih dapat mendorong tubuh kamu untuk segera buang air kecil di pagi hari. Dengan cara sederhana ini, kamu akan bangun pagi lebih cepat.

Sesaat setelah buang air kecil di toilet, isi kembali tubuh kamu dengan air putih. Minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur akan memberi manfaat luar biasa bagi tubuh, diantaranya lancarnya sistem pencernaan, membersihkan usus, membuat otak lebih segar, mengganti cairan tubuh yang hilang, dan lain-lain.

Mandi Sesaat Setelah Bangun Tidur, Air Dingin Dapat Membuat Otakmu Cepat Fresh Dan Mata Terbuka Lebar Dengan Mudah

Pagi-pagi setelah bangun tidur biasanya apa yang kamu lakukan? Bengong? Tidur lagi? Atau malah bermalas-malasan? Umumnya, sebagian besar orang akan terdiam sejenak setelah bangun tidur. Ada yang bilang kebiasaan bengong atau diam sesaat setelah bangun tidur adalah b  agian dari proses “pengumpulan roh” agar kembali seutuhnya ke dalam tubuh.

Tetapi, karena alasan itu, kamu jadi lama untuk melakukan tindakan di pagi hari, alhasil kamu jadi kurang semangat, gak fokus, dan bawaannya malas saat pagi hari tiba. Jika, sudah terlalu lama terdiam setelah bangun tidur, dipastikan kamu akan terlambat menuju kantor, sekolah, atau kampus.

Agar proses terdiam setelah bangun tidur gak terjadi lama, disarankan kamu langsung mandi untuk menyegarkan badan, pikiran, dan hati. Selain adem, mandi di pagi hari juga merupakan langkah cepat agar matamu cepat terbuka lebar. Gak ada lagi deh yang namanya bermalas-malasan di pagi hari, karena kamu sudah mandi, rapi, dan wangi

Kamu Yang Terbiasa Makan Berat Sebelum Tidur, Coba Deh Dikurangi

Setelah makan, memang tubuh terasa jadi cepat ngantuk. Tapi bukan berarti cara itu dibenarkan agar tubuh cepat tidur di malam hari. Justru sebaliknya, kamu malah akan tetap terjaga. Hal ini karena makan malam sebelum tidur akan menghasilkan kalori yang membuat tubuh ingin melakukan pekerjaan.

Kebiasaan makan berat sebelum tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan loh! Penyakit-penyakit akan bersarang di tubuhmu, seperti diabetes, serangan jantung, dan lain-lain.

Kebiasaan Begadang Jadi Penyebab Utama Susahnya Bangun Pagi, Coba Sesekali Baca Buku Agar Tidurmu Cepat Terlelap

Kamu pasti sudah tahu begadang tidak ada manfaatnya bagi kamu. Jika jam tidur kamu telat tidur, itu artinya kamu akan telat bangun. Jam tidur berpengaruh pada hormon melatonin yang bertanggung jawab pada tubuh untuk memberitahu kapan waktunya tidur dan bangun.

Jika kamu tidur dengan jam yang teratur selama 8 jam sehari, dua jam sebelum ingin tidur keberadaaan hormon ini akan meningkat drastis. Inilah penyebab yang membuat kamu jadi ngantuk.

Nah, pada saat tidur, hormon ini akan berkurang secara perlahan dan menghilang, hingga akhirnya kamu akan mudah bangun pagi. Nah, kalau kamu begadang, maka akan lama pula pengurangan zat hormon ini dalam tubuh itulah yang menyebabkan kamu sulit bangun di pagi hari.

Agar bisa tidur cepat, kamu bisa dengan memulai stop semua pekerjaan meski itu mendesak kalau jam sudah menunjukan waktu tidur, singkirkan semua smartphone, dan coba baca buku.

Rajin-Rajin Berolahraga Agar Tubuh Tetap Segar

Berolahraga dapat membantu menjaga tubuhmu tetap sehat dan bugar. Tubuh yang sehat dan bugar itu karena organ-organ yang ada di dalamnya berfungsi sebagaimana mestinya, termasuk kinerja dari hormon melatonin. Tidak perlu olahraga berat, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan ringan saat berada di kamar atau saat sedang bekerja di kantor.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top