Feature

Suka Terbangun di Jam-jam Tertentu? Artikan Kondisi Kesehatanmu Dari Pertanda Itu

Saat tidur, pasti maunya nyenyak. Tidur cukup selama lima sampai tujuh jam setelah beraktivitas selama seharian penuh seakan jadi istirahat yang paling menyenangkan sekaligus menenangkan untukmu. Hanya saja, tak semua orang bisa merasakan nikmatnya tidur nyenyak. Gangguan tidur mulai dari begadang sampai tiba-tiba terbangun tanpa tujuan yang jelas pun masih jadi persoalan sekelompok orang.

Nah kamu sendiri bagaimana? Kamu termasuk orang-orang yang suka terbangun di jam-jam tertentu? Wah, sejatinya kejadian semacam ini ada maknanya lho. Berdasarkan ilmu fengshui dan tradisi Tiongkok kuno, bangun di jam-jam tertentu suka diasosiasikan untuk menggambarkan kondisi badan dan tubuhmu. Tak percaya? Coba baca dahulu ulasannya.

Kalau Kamu Baru Tidur Sebentar Tapi Terbangun di Jam 9 sampai 11 Malam, Berarti Ada Masalah Pada Tiroidmu

Mengesalkan bukan, saat seharian lelah berkutat dengan segala aktivitas, kemudian kamu mencoba tidur, tapi baru satu atau dua jam tidur, yang ada malah terbangun dari tidurmu. Bagian yang paling mengesalkan, kamu jadi harus berusaha tidur lagi. Namun daripada kamu terbawa kesalmu, ketahuilah kalau bangun di jam-jam tersebut merupakan pertanda kalau tiroidmu perlu diperhatikan. Sejatinya kalau kamu dalam kondisi tertidur di jam-jam tersebut, ada sistem endokrin serta enzim yang di dalam tubuhmu yang sedang distabilkan.

Di lain sisi, segenap kelenjar endokrin berperan untuk mengatur sistem kerja hormon dan metabolisme. Salah satu kelenjar endokrin sendiri adalah tiroid. Pada jam-jam ini, sejatinya hormone tiroid sedang berusaha menstabilkan tubuhmu agar bisa tertidur nyenyak. Hanya saja, kalau hormon tiroid kekurangan asupan, maka inilah yang terjadi. Kamu jadi terjaga padahal sedang berusaha tertidur. Karenanya dianjurkan untuk perbanyak mengonsumsi sayuran.

Sementara yang Terbangun Antara Jam 11 Malam Hingga Jam 1 Pagi, Berarti Ada yang Salah dengan Asupan Makanan atau Minumanmu Seharian

Bangun di jam-jam ini punya beragam makna. Ada yang menganggap konsumsi kafeinmu terlalu banyak sehingga membuatmu rentan terjaga. Atau ada juga yang mengindikasikan pada konsumsi bir atau alkohol setelah makan malam.

Sejatinya, pada jam-jam ini, fungsi kantung empedumu sedang meningkat, yaitu memastikan kalau tubuhmu siap mencerna makanan kembali untuk keesokan harinya. Sementara kalau kamu terbangun, berarti ada masalah pada kantung empedumu, bisa jadi mengalami iritasi lantaran makanmu tak benar selama sehari sebelumnya. Hal semacam ini ditandai kalau kamu terbangun dengan perut mual atau perasaan ingin muntah.

Karenanya, ada baiknya kamu menjaga fungsi kantung empedu dengan baik. Kurangi makanan berlemak atau yang mengandung minyak terutama kalau kamu belakangan ini sering terjaga pada jam-jam tersebut.

Untukmu yang Terbiasa Terjaga saat Jam Satu atau Jam Tiga Pagi, Perhatikan Kesehatan Livermu

Biasanya terbangun di malam hari dipicu lantaran mimpi buruk yang datang tiba-tiba. Kamu merasa kelelahan setelah tidurmu itu dan terbangun begitu saja. Sejatinya hal ini merupakan tanda kalau ada bagian tubuhmu yang perlu diperhatikan yaitu area liver.

Pada jam-jam tersebut, liver sedang bekerja melakukan detoksifikasi pada darahmu. Saat proses ini, liver pun mengeluarkan toksin dari dalam tubuh agar aliran darahmu tetap lancar dan sehat. Namun efeknya berdampak pada psikologismu. Kalau kamu terbangun pada saat proses detoksifikasi, biasanya yang terjadi kamu justru akan mudah marah, frustasi, dan kesal sendiri. Karenanya, demi mengantisipasi bangun pada jam-jam ini, rutinlah mengonsumsi buah-buahan seperti alpukat, buah-buahan sitrus, bahkan bawang putih demi kinerja liver yang lebih baik.

Bangun Diantara Jam 3 hingga Jam 5 Pagi Bisa Mengindikasikan Kalau Paru-parumu Kurang Rileks 

Jangan kira paru-parumu tak butuh perhatian. Justru paru-paru itu penting fungsinya untuk mengatur udara yang masuk ke dalam tubuh. Di jam 3-5 pagi, paru-paru sedang bekerja dengan maksimal membersihkan udara yang masuk sehingga asupan oksigen untuk tubuhmu pun terpenuhi. Karenanya, saat tidur, pastikan suhu tubuhmu stabil. Karena kalau tidak, memang pasti kamu rentan terbangun sebagai tanda kalau asupan oksigenmu kurang sehingga kinerja paru-paru tak bekerja dengan maksimal. Cara terbaik demi menjaga kesehatan paru-paru yaitu dengan rutin melakukan latihan fisik.

Nah Kalau Tubuhmu Sudah Bangun di Jam 5 Pagi, Sebaiknya Jangan Tidur Lagi Ya

Bangun tidur terbaik adalah jam lima pagi. Karenanya, kalau tubuhmu otomatis sudah bangun di jam tersebut, sebaiknya jangan terpikir untuk melanjutkan tidurmu. Kamu bisa melakukan yoga, meditasi, lalu lanjutkan dengan menyeduh secangkir teh panas untuk memulai hari. Di lain sisi, agar tubuh tetap bugar saat bangun pagi, jangan lupa konsumsi sayur dan protein setiap harinya.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Julie Estelle Bersiap Go International Setelah Dapat Pinangan dari Agency Hollywood

Setelah sukses menarik perhatian lewat aksinya di film arahan sutradara Timo Tjahjanto, The Night Comes for Us, aktris Julie Estelle kini bersiap merambah Hollywood lantaran dirinya mendapat tawaran untuk bergabung dengan ICM Partners atau International Creative Management Partners yang bermarkas di Los Angeles, AS.

ICM Partners merupakan agensi internasional yang menaungi talenta-talenta dalam bidang seni dan literasi, termasuk di antaranya sejumlah artis besar dunia dan Hollywood. Di antaranya, Al Pacino, Michael Keaton, Chris Rock, dan presenter Ellen DeGeneres.

Mengutip kompas.com, tim manajemen Julie di Indonesia, Senin (10/12/2018), ICM Partners akan menjadi representasi atau perwakilan Julie Estelle di Hollywood dan dunia. Ketertarikan ICM Partners muncul ketika seorang agennya melihat akting Julie Estelle sebagai The Operator dalam film The Night Comes for Us.

“Mohon doa dari masyarakat Indonesia agar saya bisa berkiprah di industri film Hollywood dan membawa harum nama Indonesia juga,” kata Julie dalam keterangan tertulis itu.

Sebelumnya, sutradara film The Night Comes for Us, Timo Tjahjanto, pernah mengisyaratkan bahwa Julie Estelle kemungkinan segera merambah Hollywood.

“Might happen sooner than you think (Mungkin akan terealisasi lebih cepat dari yang kau pikirkan),” tulis Timo dalam akun Instagram-nya, @Timobros.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Marion Jola Raih Trofi di Panggung MAMA 2018

Penyanyi Marion Jola dinobatkan sebagai Best New Asian Artist atau penyanyi pendatang baru terbaik di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018. Marion menerima trofi kemenangannya di panggung MAMA 2018 yang dihelat di Dongdaemun Design Plaza, Seoul, Korea Selatan.

“Here’s for dream hardwork and love I love you all!!! Been MAMA fans since 2013 and now being able to hold the trophy, Best New Asian Artist Indonesia, super happy and greatfull’,” tulis Marion di akun Instagram-nya, @lalamarionmj, Senin (10/12) malam.

Tak hanya meraih penghargaan, Marion juga berkesempatan tampil di panggung MAMA. Finalis Indonesian Idol 2018 itu membawakan lagu “Jangan”, singel duetnya bersama Rayi Putra.

Ini menjadi fenomena menarik mengingat kiprah Marion Jola terbilang baru di blantika musik Tanah Air. Terlebih sebelumnya ajang sekelas MAMA selalu diwakili musisi papan atas seperti Agnez Mo serta Raisa dan Isyana.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Ardina Rasti dan Arie Dwi Andika Dikaruniai Anak Pertama

Pasangan artis Ardina Rasti dan Arie Dwi Andika sedang berbahagia. Ardina baru saja melahirkan anak pertamanya. Kabar tersebut diunggah Arie lewat fitur Story di Instagram miliknya.

“MORNING,” tulis Arie, yang menampilkan foto seorang bayi yang baru saja lahir.

Sementara itu, Mila selaku manajer dari Ardina membenarkan kabar tersebut. Namun ia enggan menjelaskan tanggal pasti Ardina melahirkan.

“Nanti aku konfirmasi lagi ya. Udah kemarin-kemarin. Anaknya cowok,” kata Mila saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sedangkan melalui akun Instagramnya, Arie juga mengunggah foto sang istri yang siap menghadapi proses persalinan. Dalam keterangan foto, Arie mengucapkan rasa syukur dan bangganya terhadap Ardina.

“Kamu sungguh membuat aku terpana, terpaku dan takjub dengan apa yang kamu lakukan. Kamu menerima rasa sakit itu dengan ikhlas dan tersenyum. Yang hanya kamu bilang saat itu ‘aku ridho dan ikhlas menerima sakit ini untuk menerima amanahmu,” tulis Arie.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top