Feature

Sungguh Smartphone Itu Candu Bagimu! Ini Alasannya Dan Cara Mengatasinya!

Iya smartphone, tablet, gawai, gadget itu candu. Tapi kenapa? Pernah cari alasannya? Dari sekian banyak alasan, paling menarik adalah melihatnya dari sisi biologis. Hal itu melibatkan unsur Dopamine yang diproduksi alamiah oleh tubuh khususnya bagian otak.

Dengan Menggunakan Smartphone, Tubuhmu Memproduksi Dopamine, Dan Itu Serupa Obat Anti Depresi!

otak

Sumber: health.kompas.com/shutterstock

Dari sekian banyak fungsinya, zat Dopamine ini diproduksi untuk memberikan “reward” (hadiah, imbalan) bagi tubuh karena sudah melakukan hal baik. Tujuannya supaya kita mau melakukan hal baik itu lagi esok harinya. Contohnya ketika kita makan makanan yang sehat, berolah raga, tertawa, dan hal serupa lainnya yang baik bagi tubuh.

Imbalan yang diberikan oleh Dopamine berupa perasaan senang dan bahagia. Karena itu Dopamine serupa dengan obat anti depresi yang bisa membuat pikiran jadi bersemangat. Dengan efek yang seperti itu tidak heran jika kita menjadi candu dan mau melakukan hal-hal baik di atas bukan? Kita makan setiap hari dan merasa senang karena kenyang tanpa harus disuruh.

Kecanduanmu Itu Bukan Karena Fisik Gadgetnya Tapi Aplikasi Di Dalamnya!

gadget

Inilah yang terjadi ketika kita menggunakan Smartphone, seperti disebutkan Psikolog David Greenfield, PhD, a West Hartford, dalam bukunya Virtual Addiction. Contoh misalnya ketika kita memainkan game di mobile phone. Otak akan membaca ciri-ciri fisik kita seperti denyut yang naik, konsentrasi meningkat sebagai hal baik. Hasilnya hal itu diterjemahkan bagus bagi tubuh dan otak memberi imbalan berupa Dopamine.

Begitu juga dengan email, sosial media, layanan video dan hal lain yang tersemat di dalam smartphone. Ada peningkatan denyut jantung dan konsentrasi ketika kita mendengar notif gadget kita berbunyi kemudian mendapat informasi baru. Sehingga lagi-lagi tubuh membaca ini sebagai hal baik dan memberi imbalan Dopamine . Hasilnya kita merasa senang, bahagia yang ujungnya menjadi ketergantungan terhadap rasa bahagia dari ponsel pintar tersebut.

Masalahnya kemudian ketergantungan itu akan menggangu pada kehidupan kita yang lain. Hubungan sosial misalnya yang menjadi berantakan karena kita melulu memperhatikan gadget dibanding orang sekeliling.

Belum lagi urusan kesehatan fisik. Maklum saja, Dopamine yang dikeluarkan otak bisa dibilang diproduksi secara keliru dalam hal penggunaan gadget ini. Karena sejatinya fisik kita tidak benar-benar sedang melakukan aktivitas. Karena itu kita perlu mengatasi rasa candu “bahagia” ini. Caranya bagaimana?

Yakinkan Dulu Bahwa Dunia Tetap Berputar Meski Kamu Tidak Tahu Update Status Orang Lain (Mantanmu misalnya)

smartphone pemisah

Ini problem paling utama. Kecanduan berawal dari perasaan tertinggal informasi terkini. Padahal jika betul-betul kita resapi, sesungguhnya kita tidak tertinggal apa-apa kalau sejenak tidak berhubungan dengan sosial media misalnya.

Bahkan kini mulai dikenal istilah Nomophobia, sebuah ketakutan akut kehilangan akses terhadap mobile phone. Ini berkaitan dengan kecemasan akan tertinggal informasi terbaru yang disediakan oleh samrtphone. Untuk itu yakinlah kita baik-baik saja jika tertinggal trending topic terakhir atau tidak tahu apa status mantan yang terakhir. Tenang Saja.

Taruh Gadgetmu Di tempat Yang Sulit Dijangkau

smart watch

Ini langkah kedua yang cukup mudah tapi membantu. Dulu Sebelum adanya smartphone kita melakukan aktivitas berinternet lewat komputer. Kita harus pergi berada di depan komputer atau laptop untuk sekedar memeriksa email. Berbeda dengan sekarang yang cukup meraih saku.

Untuk menciptakan “kesulitan” yang sama, letakanlah gadget di tempat yang sulit diraih. Jika ingin dibawa, Taruh dalam sebuah tempat, kemudian masukan di bagian paling dalam tas kita. Dengan begitu kita tak akan mudah mengaksesnya.

Tidak Perlu Minta Maaf Kalau Lama Menjawab Mention

menunda pekerjaan

Kekeliruan ini masih sering kita adopsi. Ketika kita lama menjawab pesan di Whatsapp, FB messanger atau mention di twitter, kita cederung meminta maaf atas keterlambatan tersebut. Sesungguhnya hal ini tidak perlu dilakukan.

Kenapa? Sebab tidak ada yang salah dengan tidak terhubung dengan gadget, smartphone dan sosial media. Ini etika yang harus kita pahami. Semua itu adalah akun yang bisa kita diami dan kita tinggalkan tanpa harus pergi pamit. Jadi tak perlu merasa bersalah jika lama tak membalas mention.

Atur Waktu Penggunaan (Khususnya Buat Anak), Misalnya Dengan Aplikasi Macam Kakatu

kakatu

Disiplin Menggunakan merupakan hal utama dalam menghindari ketergantungan. Caranya dengan mengatur waktunya. Tentunya tidak mudah melakukannya apalagi untuk anak-anak.

Nah, salah satu cara yang ampuh dengan menggunakan Kakatu. Aplikasi asli buatan Indonesia ini diciptakan Muhamad Nur Awaludin untuk memberi informasi aplikasi mana saja yang layak untuk anak. Selain yang direkomendasikan, pengguna juga bisa secara manual mengatur aplikasi mana yang bisa diakses. Terdapat opsi “orang tua” yang membuka semua fitur gadget dan opsi “anak” yang membatasi pemakaian.

Selain itu fitur paling petingnya adalah pembatasan waktu. Kakatu memberikan rekomendasi durasi yang sehat bagi anak, yaitu 15-20 menit bagi anak berusia 3-5 tahun, 60 menit bagi anak berusia 6-7 tahun, dan 2 jam bagi anak berusia diatas 7 tahun. Jika diaktifkan maka gadget akan mati dengan sendirinya jika waktu sudah mencapai batasnya. Dan untuk menyalakannya harus menggunakan Pin.

Ada Gadget Yang Sudah Diinstal Kakatu Dari Pabrik, Samsung Galaxy Tab 3V

galaxy 3v

Salah satu yang mendukung gerakan ini adalah Samsung yang meluncurkan Galaxy Tab 3V dengan aplikasi Kakatu yang sudah preinstall. Versi Kaktu dalam Galaxy Tab V3 ini bahkan lebih lengkap dari versi gratisan yang ada di google play store. Macam melacak lokasi anak, history penggunaan, dan fitur lainnya.

(Quiz) Jawab Pertanyaan ini untuk Mendapatkan Samsung Galaxy Tab 3V!

Mau mencicipi kerennya kakatu dalam gadget samsung? Jawab pertanyaan berikut ini untuk memperoleh kesempatan mendapatkan Samsung Galaxy Tab 3V.

 




2 Comments

2 Comments

  1. Iskandar

    December 22, 2015 at 4:57 pm

    bener banget sih, ponsel emang candu
    kadang aku ditegur istri kalo keasyikan main ponsel

  2. Victory Nugroho

    January 7, 2016 at 10:32 am

    pernah saya coba.. dan mampu bertahan selama 3 hari ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

2 Comments

2 Comments

  1. Iskandar

    December 22, 2015 at 4:57 pm

    bener banget sih, ponsel emang candu
    kadang aku ditegur istri kalo keasyikan main ponsel

  2. Victory Nugroho

    January 7, 2016 at 10:32 am

    pernah saya coba.. dan mampu bertahan selama 3 hari ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ingin Punya Anak Kembar? Rutinlah Mengonsumsi Makanan Ini!

Bagi pasangan yang sudah berumah tangga, tentu memiliki buah hati adalah salah satu mimpi yang ingin dicapai. Beberapa pasangan bahkan menginginkan anak kembar sekaligus. Selain karena faktor keturunan, faktor makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh loh. Berikut adalah beberapa makanan yang kamu harus konsumsi tiap hari jika kamu memang ingin memiliki anak kembar.

1. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Makanan seperti kedelai, outmeal dan lentil memiliki kandungan karbohidrat yang tingg. Namun kamu tak perlu khawatir karena karbohidrat di dalamnya tidak meningkatkan insulin. Makann ini bisa meningkatkan ovulasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin punya anak kembar.

2. Umbi-umbian

Umbi-umbian seperti ketela, ubi dan kentang mengandung zat progesteron dan fitogesteron yang dapat membuatmu memiliki anak kembar. Hal ini karena ketika pembuahan, zat tersebut memicu indung telur supaya menghasilkan lebih dari 1 telur matang.

3. Brokoli

Brokoli juga mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk merangsang dan meningkatkan ovulasi. Brokoli juga tidak akan meningkatkan kadar insulin di tubuhmu.

4. Bayam

Bayam mengandung asam folat tinggi. Asam folat memengaruhi peningkatan sel telur. Jadi bagi kamu yang ingin memiliki bayi kembar, kamu bisa memasukkan menu bayam ini ke dalam menu harianmu.

5. Buah-buahan

Buah-buahan juga mengandung asam folat yang tinggi dimana zat ini terbukti bisa berpengaruh untuk menghasilkan bayi kembar. Sebuah penelitian di Australia bahkan pernah mengungkap bahwa anak kembar dengan tingkatan 40% apabila calon ibu mengonsumsi makanan yang mengandung asal folat tinggi.

2 Comments

2 Comments

  1. Iskandar

    December 22, 2015 at 4:57 pm

    bener banget sih, ponsel emang candu
    kadang aku ditegur istri kalo keasyikan main ponsel

  2. Victory Nugroho

    January 7, 2016 at 10:32 am

    pernah saya coba.. dan mampu bertahan selama 3 hari ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Jenis-jenis Bubur dalam Jejeran Menu Makanan Nusantara

Santapan pagi dengan semangkok hidangan nasi yang dilelehkan, barangkali jadi sesuatu yang sudah melekat dalam kehidupan kita. Yap, walau katanya orang Indonesia belum makan, kalau tak makan nasi. Faktanya, tak sedikit pula orang yang memgganti menu makannya dengan seporsi bubur kala pagi.

Agar tak membuatmu bingung, kami ingin kamu tahu jika hari ini adalah hari peringatan Hari Bubur Sedunia. Bermula dari 10 Oktober 2009, pada sebuah acara amal yang ditujukan pada anak-anak kelaparan di beberapa negara berkembang oleh Mary’s Meals, yang berbasis di Argyll, Skotlandia. Dan dari informasi yang dihimpun melalui Wikipedia, organisasi ini memberi makan bubur berbasis jagung yang kaya nutrisi Likuni Phala kepada sekitar 320.000 anak di Malawi setiap tahun.

Menjadikan bubur gandum (oats), sebagai bahan makanan utama pada acara tersebut. Sejak tahun 2016 lalu, setiap tanggal 10 oktober akan dijadikan sebagai hari peringatan Bubur Sedunia.

Nah bertepatan dengan Hari Bubur Sedunia yang diperingati hari ini, kami ingin mengajakmu untuk berkenalan secara singkat. Pada sajian deretan makanan yang dikategorikan dengan sebutan “bubur” dari berbagai penjuru Nusantara.

Bubur Ayam

Sumber : Gulalives

Jadi salah satu yang paling familiar. Kita bisa menemukannya di seluruh pelosok negeri. Mulai dari kota-kota besar, sampai di beberapa desa dan wilayah kecil lainnya. Hadir dengan campuran bubur nasi putih dan suiran ayam serta beberapa bumbu pendukung lain. Menu ini jadi teman yang cukup akrab untuk sarapan.

Bubur Manado

Sumber : Tastemade

Sesuai dengan namanya, bubur yang satu ini jadi salah satu menu khas dari Sulawesi Utara. Terasa gurih, dengan banyak bahan campuran. Menikmati satu mangkok bubur Manado, serupa dengan makan berbagai macam makanan. Sebab, didalamnya ada jagung manis, sayur bayam, labu, daun kemangi, serta tambahan lain seperti suiran daging ayam atau ikan. Tertarik untuk coba?

Bubur Manggul

Sumber : BeritaKuliner

Untuk kamu yang cukup doyan makan seafood, menu bubur yang satu ini pasti kau suka. Penampilannya yang sederhana, sekilas memang terlihat biasa. Tak seperti bubur pada umumnya, bubur dari Madura ini terbuat dari tepung beras. Dalam pengolahannya, santan dipakai sebagai air yang akan mengaduk adonan. Dimasak dengan daun salam dan garam sesuai takaran, beberapa orang kerap menambahkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, lengkuas, kencur, ketumbar, kemiri dan daun jeruk. Menariknya lagi, beberapa orang juga memakai kuah udang sebagai topping pada santapan bubur manggul ini.

Bubur Kanji Rumbi

Sumber : cookpad.com

Kanji Rumbi  jadi salah satu jenis bubur dengan citarasa unik dari provinsi Aceh, hampir serupa dengan bubur ayam yang dijual di daerah lain di Indonesia. Kanji rumbi dimasak dengan berbahan utama beras dan rempah-rempahm sebagai pelengkap rasanya lazimnya kanji rumbi juga dicampur dengan udang dan potongan daging dan ada cengkeh di dalamnya.

Bubur Ase

Sumber : Saliha

Jadi menu bubur dari ibukota negara, bubur Ase adalah salah satu makanan khas Betawiyang saat ini memang sudah mulai jarang bisa ditemui. Diracik dengan aneka sayur seperti sawi asin, touge, timun, lokcoi dan sepotong semur (bisa tahu, telur, tempe atau tahu, dan daging). Dan dibubuhi kerupuk dan emping serta bawang goreng, serta sambel yang cukup pedas.

Bubur Sagu

Sumber : Radar Tarakan

Nah, kalau yang ini berasal dari wilayah timur Indoneisa. Dibuat dari sagu yang telah direndam, lalu direbus. Biasanya disajikan dengan kuah santan dan talas kukus. Untuk rasa yang lebih nikmat, cobalah mencicipinya ke Ambon.

Bubur Kacang Hijau

Sumber : cookpad.com

Jadi salah satu jenis bubur yang juga cukup familiar. Biasanya bubur ini banyak dikonsumsi oleh balita hingga anak-anak. Tapi, kita juga sering menemukannya pada menu makanan beberapa warung kopi dan warung indomie di beberapa kota dan daearah. Kacang hijau memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari melancarkan aliran darah, jadi nutrisi untuk ibu hamil. Dan jangan lupa, bubuhkan santan sebelum menyantapnya yaa..

 

 

 

 

 

 

 

)

2 Comments

2 Comments

  1. Iskandar

    December 22, 2015 at 4:57 pm

    bener banget sih, ponsel emang candu
    kadang aku ditegur istri kalo keasyikan main ponsel

  2. Victory Nugroho

    January 7, 2016 at 10:32 am

    pernah saya coba.. dan mampu bertahan selama 3 hari ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Kode Rahasia Smartphone Android yang Tak Diketahui Banyak Orang

Apakah kamu sudah paham betul dengan fitur apa saja yang dimiliki oleh smartphone milikmu? Smartphone android memang sudah memiliki banyak fitur yang luar biasa. Ada banyak sekali hal yang sebenarnya bisa kita ketaui, tapi sering kali kita abaikan dan lupakan begitu saja.

Nah, daripada kamu penasaran langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Menggunakan Factory Reset

Jika Ponselmu sedang terkena masalah, kamu bisa coba memanfaatkan fitur factory reset. Caranya mudah, kamu hanya bisa menggunakan kode *#*#7780#*#*.

2. Menampilkan Informasi Detail tentang Ponsel

Mungkin kamu malas mengecek informasi detail tentang ponselmu dengan membuka buku bawaan ponsel atau mengeceknya di internet. Kamu bisa coba cara singkatnya dengan menggunakan kode ini *#*46363#*#*.

3. Menampilkan Informasi Kamera

Jika kamu ingin tahu segala sesuatu tentang kamera ponselmu, kamu juga bisa menggunakan kode kok. Kodenya *#*#34971539#*#*.

4. Instal Ulang OS Android

Untuk kamu yang ingin menginstal ulang OS androidmu, kamu bisa coba cara yang lebih singkat, yaitu dengan menggunakan kode *2767*3855#.

5. Cek Operator dan Internet

Jika kamu ingin mengecek apa jaringan yang kamu gunakan beserta dengan nama operatornya, kamu bisa coba menggunakan kode *#*#197328640#*#*.

6. Cek Keaslian Ponsel

Tentu saat membeli smartphone kamu harus tahu apakah ponsel yang kamu beli memang asli atau palsu. Nah untuk mengetahuinya dengan cara singkat, kamu bisa mengeceknya dengan kode *#0000#*.

7. Back-Up Data

Kamu bisa mem-backup data dengan cara singkat saja loh. Kode untuk mem-backup data adalah *#*#273283*255*663282*#*#*.

8. Cek Kemampuan Layar Sentuh

Untuk emnguji kemampuan layar sentuh ponsel pintarmu kamu juga bisa menggunakan kode loh. Cukup gunakan kode *#*#2664#*#* di menu panggilan.

9. Cek Performa Layar LCD

Jika kamu penasaran dengan performa layar LCD ponselmu, kamu bisa mengeceknya langsung kok. Cukup gunakan kode *#*#0*#*#* di menu papan panggilan.

10. Cek Kualitas GPS

Kamu bisa mengecek kualitas GPS sedang baik atau tidak di ponselmu dengan menggunakan kode *#*#1472365#*#*. Kode ini juga bisa memberikanmu informasi lain tentang GPS di ponselmu.

Nah, bagaimana? bermanfaat kan? coba bagikan dan beritahu lebih banyak temanmu sekarang.

2 Comments

2 Comments

  1. Iskandar

    December 22, 2015 at 4:57 pm

    bener banget sih, ponsel emang candu
    kadang aku ditegur istri kalo keasyikan main ponsel

  2. Victory Nugroho

    January 7, 2016 at 10:32 am

    pernah saya coba.. dan mampu bertahan selama 3 hari ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top