Sponsored Content

Si Gesit Irit Yang Kini Tarikannya Dahsyat

Buat mereka yang medewasa di tahun 2000-an pastinya familiar dengan kalimat “si gesit irit”. Ketika itu penikmat otomotif dimanjakan dengan hadirnya Suzuki Smash yang dirancang untuk mengumatakan iritnya bahan bakar dan gesit meliuk di kepadatan lalu lintas. Smash dirancang sebagai suksesor Shogun yang lahir lebih dulu.

Kombinasi irit bahan bakar dan kegesitan ini membuat, Smash berhasil melibas para pesaingnya di kelas motor jenis entry level. Saat itu banyak dijumpai Suzuki Smash berseliweran di jalanan.

Nah, mengingatkan kembali dengan kesuksesan itu, Suzuki kembali New Smash FI dengan mempertahankan keunggulan performa, ketangguhan serta konsumsi bahan bakar yang irit. Namun tentunya ubahannya lebih modern dengan mengusung tagline baru “Tarikannya Dahsyat!”.

Tak sekedar tag line karena Suzuki telah melengkapi New Smash FI dengan mesin 2 katup berpendingin udara yang memiliki kapasitas 113cc. Konstruksi dapur pacu ini pun sudah mengadopsi teknologi light efficient dan powerfull (Leap) Technology. Karena itu mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga mencapai 6.3 kW atau setara 9.3 PS yang bisa diraih pada putaran mesin 8.000 rpm.

Mesin berteknologi Fuel Injection ini  mampu mengeluarkan torsi puncak mencapai 9.1 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm. Berbekal tenaga dan torsi sebesar itu, Suzuki Smash FI mampu menghasilkan tarikan dahsyat yang otomatis membuat kemampuan akselerasinya semakin optimal.

Meski berganti tagline bukan berarti Suzuki melupakan warisan keunggulan Smash yang lampau. Tampilan motor secara keseluruhan tetap dibuat ramping. Dimensi motor ini memiliki ukuran panjang 1.910 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.085 mm. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga tergolong ideal untuk sebuah motor bebek.

Lalu untuk bobotnya cuma 93 kg dan memiliki jarak pijak ke tanah mencapai 145 mm. Bobot yang ringan membuat kemampuan handling motor bebek Suzuki ini semakin nyaman. Alhasil kita bisa mengandalkannya untuk bermanuver melewati kepadatan ibu kota. Jarak antara sumbu roda depan sampai belakang mencapai 1.220 mm.

Bagaimana dari sisi desain? Tampilannya sudah mengadopsi tren terkini. Tampilan fairing depannya lancip demi menunjang aerodinamika. Beralih ke tengah, meski masuk kelas bebek, Smash FI ini punya bagasi yang cukup luas. Pilihan warnanya sendiri terdapat Cdy Summer Red, Titan Black, Mett Medium Blue-Brilliant White.

Hal paling utama yang tak dilupakan adalah faktor ekonomis. Harga Suzuki New Smash FI dibenderol sangat terjangkau, yakni hanya Rp13,25 juta dan Rp 14,05 untuk tipe Smash FI SR.

Lantas Smash cocok untuk siapa? Nah, dengan kombinasi ini Smash cocok digunakan untuk pengendara dengan mobilitas tinggi yang membutuhkan kendaraan lebih tangguh dari kelas skutik.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top