Trending

Seputar Serangan Paris #JeSuisParis (update)

serangan paris

Malam tadi Paris Prancis dikejutkan serangan bersenjata dan bom dari sekelompok orang tidak dikenal. Berikut beberapa hal seputar serangan tersebut :

  • Serangan Paris dilakukan oleh 3 tim yang terdiri dari 7 orang
  • Kelompok ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan Paris
  • Tagar #PrayforParis telah dicuitkan lewat twitter sebanyak 4,79 juta kali
  • “Sampai saat ini belum ada WNI yang diketahui meninggal dalam peristiwa tersebut” ujar staf KBRI Paris, Yosep Tutu, saat dihubungi pada Sabtu, 14 November 2015. Sulitnya keluarga menghubungi warga negara Indonesia di Paris, disebut Yosep karena ada kendala komunikasi dan waktu “Mungkin karena di sini masih jam 4 pagi sehingga tidak tersambung” ujar Yosep. (Tempo.co)
  • Saat ini menurut laporan CNN: Korban penembakan dan ledakan telah bertambah menjadi 153 orang
  • Video Amatir yang menggambarkan kepanikan setelah serangan beredar di dunia maya.
  • Presiden Joko Widodo menyatakan dukacita mendalam lewat akun twitter resminya

  • Media Massa prancis serentak meluncurkan headline kasus penyerangan.
    tabloid prancis
  • #PrayForParis bergaung di twitter. Dalam satu jam terakhir terdapat 432 ribu cuitan
  • Meski keji tagar pendukung serangan paris ini nampak muncul di twitter dengan tagar #ParisIsBurning. Dukungan ini dialamatkan kepada ISIS
  • Berkaitan dengan serangan di Paris Kapolri Jenderal Badrodin Haiti usai acara HUT ke 70 Brimob di Pusat Latihan Multifungsi Polri, Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (14/11/2015) menyatakan akan memonitor jaringan dan gerakan yang ada di RI.
  • Hingga saat ini total sudah 8 tewas yang diidentifikasi sebagai pelaku penyerangan
  • Menurut saksi yang lolos dari eksekusi, Serangan yang dilakukan di gedung konser menggunakan senapan serbu AK-47. Penembakan berlangsung selama 10-15 menit
  • Beberapa pelaku juga mengaktifkan bom bunuh diri yang diikatkan pada tubuh mereka ketika polisi mulai melakukan penyerbuan
  • Data dari AFP: mereka yang selamat 200 diantaranya terluka dan 80 mengalami luka serius
  • The Associated Press menyatakan seluruh pelaku penyerangan telah meninggal.
  • Sedikitnya 120 orang terbunuh dari serangkaian serangan bersenjata dan bom. Lima penyerang terbunuh. Korban jiwa diperkirakan bertambah seiring bertambahnya daftar korban luka berat.
  • Setidaknya enam lokasi dilaporkan menjadi target serangan: Bataclan Concert Hall, the Le Petit Cambodge restaurant, Le Carillon bar, 90 Rue Charonne, the Stade de France stadium, and reportedly at Les Halles shopping mall.
  • Lebih dari 100 orang dijadikan sandera dalam gedung konser Bataclan. Pihak keamanan prancis melakukan aksi penyelamatan yang berakhir pada tewasnya dua penyerang dan berhasil membebaskan sejumlah sandera.
  • 80 orang terbunuh dalam konser rock, sisanya tersebar di sejumlah lokasi serangan
  • Presiden Prancis mengumumkan keadaan darurat dan menutup perbatasan negara. Pihak kemananan juga diserukan untuk menjaga agar para warga tetap di rumah sampai situasi terkendali.
  • Sedikitnya 1500 pasukan tentara tambahan dikirimkan ke paris.
  • Serangan ini jadi yang terburuk dalam dekade terakhir. Hanya berselang beberapa bulan setelah serangan terhadap Charlie Hebdo yang merenggut 11 jiwa.
  • Suara ledakan senjata terdengar dari posting instagram hubert_kopec

    A video posted by Hubert (@hubert_kopec) on

  • Banyak orang terjebak di jalan-jalan karena dihentikannya transportasi publik. Tagar #porteouverte atau yang berarti membukakan pintu bergaung di twitter. Setidaknya satu jam terakhir sudah ada 34 ribu twit. Warga Paris bersama-sama mengumumkan rumah mereka yang bersedia dijadikan tempat penampungan sekaligus perlindungan sementara bagi mereka yang tidak bisa pulang.
  • Hingga saat ini Kedubes RI di prancis yang diwakili oleh Wakil Duta Besarnya menyatakan tidak ada korban dari WNI.
  • Wakil Dubes untuk RI juga menyatakan #PorteOuverte untuk mereka yang masih terjebak di jalanan.
  • Saksi di paris mendengar: “Ini untuk Suriah!”
  • Kenny Santana pemilik akun travel @kartupos sedang berada di paris dan tak jauh dari lokasi penembakan. Sempat kesulitan untuk pulang ke penginapan karena jalanan yang ditutup. Dan menggambarkan suasana panik yang terjadi disana.

  • Presiden Amerika Serikat Barack Obama sudah mengeluarkan pernyataan terkait tragedi penembakan dan ledakan di Paris. Dia mengatakan, ini adalah serangan terhadap kemanusiaan.
    “Ini adalah serangan terhadap kemanusiaan dan nilai universal yang kita anut,” kata Obama dari Gedung Putih seperti dilansir Reuters, Sabtu (14/11/2015).

1 Comment

1 Comment

  1. Dedi Setiawan

    December 2, 2015 at 7:59 pm

    Hiks hiks hiks. Sedih ya klo ada serangan ky gini. Korbannya masyarakat awam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Ingin Berhemat, Uang Kertas Rp.10 Juta yang Disimpan di Lemari Malah Dimakan Rayap

Selain menyimpan uang di rekening bank, ternyata masih ada orang-orang yang menyimpan uangnya secara konvensional. Mulai dari di celengan, brankas, atau lemari pakaian, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan. Tapi apa jadinya, jika uang yang disimpan justru mengalami kerusakan hingga tak bisa digunakan? Seperti yang baru-baru dialami oleh seorang pengguna Twitter bernam Putri Buddin yang menyimpan uangnya di lemari, yang kemudian jadi santapan rayap.

Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap,” twitnya melalui akun Twitter @putribuddin, Sabtu (17/8/2019).

Dari foto yang dibagikan oleh dirinya, uang miliknya terlihat terdiri dari lembaran uang Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu yang sudah tak lagi dalam keadaan utuh. Twit tersebut pun menarik perhatian warganet dan telah mendapat lebih dari 2,4 ribu likesdan retweet.

Nah, dari hasil taksiran Putri, total uang miliknya tersebut sekitar Rp.10 Juta.

“Itu uang yang aku kasih ke nenek aku sekitar Rp3 juta-an. Terus ditambahin sama nenek aku sampai Rp 10 jutaan.” kata Putri dilansir dari Liputan6.com, Selasa (20/8/2019).

Perempuan itu pun lupa menyimpannya di lemari. “Nenek aku udah meninggal satu tahun yang lalu sih, kemungkinan udah dua tahun,” tuturnya ketika ditanya berapa lama dirinya menyimpan uang itu.

Saat ditemukan, uang itu dipisahkannya menjadi dua buntelan. Satu tumpuk telah menjadi sarang rayap sehingga Putri memutuskan membuangnya. Tumpukkan uang lainnya dibungkus plastik seperti foto yang dibagikannya di Twitter. Dalam plastik itu, terdapat sekitar Rp 5,4 juta.

Awalnya, ia merasa pesimis dengan mengira uangnya tak akan bisa dipakai kemana-mana. Namun, perempuan itu pun memutuskan mengikuti saran dari orang-orang di Twitter, untuk membawa sisa uang yang telah dimakanan rayap ke Bank Indonesia (BI).

 

Namun dengan alasan tertentu yang sudah jadi ketentuan dari Bank Indones, uang milik putri tak semuanya bisa diterima dan diganti dengan uang yang masih utuh. Dengan ketentuan uang yang keutuhan fisiknya kurang dari 67 persen setelah diperiksa menggunakan alat ukur kelayakan uang milik BI.

Dan dari Rp 5,4 juta yang dibawa Putri ke BI, hanya Rp.1.050.000, yang bisa ditukarkan.

1 Comment

1 Comment

  1. Dedi Setiawan

    December 2, 2015 at 7:59 pm

    Hiks hiks hiks. Sedih ya klo ada serangan ky gini. Korbannya masyarakat awam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Glenn Fredly Resmi Menikah Lagi

Setelah selama ini dikabarkan dekat, akhirnya penyanyi Glenn Fredly resmi menikahi sang pujaan hati Mutia Ayu. Digelar secara tertutup pada Senin (19/08) kemarin, resepsi pernikahan Glenn tersebut hanya dihadiri oleh para keluarga dan sahabat dekat.

Meski demikian, beberapa foto bahagia dari acara pagelaran pernikahan Glenn sudah banyak beredar di media sosial. Selain pada akun-akun gosip, beberapa unggahan sahabat dari Glenn juga jadi salah satu bukti yang membenarkan hari bahagia penyanyi laki-laki 43 tahun tersebut.

Sumber : Instagram/@agustineligo

Digelar di Taman Kajoe, salah seorang kerabat dengan akun Instagram @agustineligo menunjukkan momen bahagia Glenn Fredly dan Mutia Ayu dengan wajah yang sumrinyah. Mengenakan setelan jas berwarna cream yang senada dengan gaun Mutia, keduanya tampak bahagia sembari bergandengan tangan berdua.

Hal lain yang juga menarik perhatian dari foto-foto pernikahan Glenn yang beredar, adalah nuansa rustic begitu terasa lewat venue outdoor berhiaskan lampu dan outfit vintage. Selamat untuk Glenn dan Mutia.

1 Comment

1 Comment

  1. Dedi Setiawan

    December 2, 2015 at 7:59 pm

    Hiks hiks hiks. Sedih ya klo ada serangan ky gini. Korbannya masyarakat awam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Cerita Mahasiswa Papua di Jakarta : Kami Naik Angkot, Orang Tutup Hidung

Peristiwa penangkapan dan dugaan tindak diskriminatif serta rasial yang dialami oleh mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur membuat membuat masyarakat turut bersimpati dan merasakan apa yang mereka terima. Dan dirasakan pula oleh Albert, seorang mahasiswa asal Papua yang kini tinggal di Jakarta.

Dari hasil wawancarannya dengan Suara.com, ia mengatakan ikut tersakiti atas perlakuan yang diterima oleh mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya. Ia berharap pemerintah Indonesia dapat menjamin kebebasan berpendapat mahasiswa Papua. Menurutnya, sebagai negara demokrasi sudah semestinya negara menjamin kebebasan tersebut dan meminta tidak ada lagi hal serupa yang terjadi terhadap mahasiswa Papua lainnya.

“Jangan mengintimidasi setiap mahasiswa Papua yang ada di seluruh Indonesia, karena negara ini negara demokrasi,” kata Albert saat ditemui di asrama mahasiswa Yahukimo Papua, Jalan Batuampar, Keramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (20/8/2019) sebagaimana dikutip dari suara.com. 

Sumber : Suara.com

Lebih lanjut, Albert bercerita jika selama tinggal di Jakarta untuk berkuliah dirinya masih kerap mengalami bentuk-bentuk diskriminasi. Namun, ia berusaha untuk bisa menerima meski merasa tersakiti.

“Kami naik angkot saja orang sudah tutup hidung. Kami sebagai manusia itu kami sakit, tapi itu biasa bagi kami,” kata dia.

Sebelumnya, setelah insiden yang terjadi di Surabaya dan Malang, diketahui kerusuhan sempat pula terjadi di Manokwari pada Senin (19/8) kemarin. Massa yang berasal dari sejumlah elemen melakukan aksi menyikapi adanya tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua yang ditangkap di Surabaya, hingga akhirnya berakhir dengan kerusuhan.

Dari kerusuhan tersebut, massa dilaporkan melakukan pembakaran terhadap kantor DPRD Papua Barat. Tak berhenti disitu saja, kerusuhan pun menjalar ke wilayah lain termasuk Jayapura dan Sorong. Bahkan, massa dilaporkan membakar Lembaga Pemasyarakaan di Sorong dan perusakan di Bandara.

1 Comment

1 Comment

  1. Dedi Setiawan

    December 2, 2015 at 7:59 pm

    Hiks hiks hiks. Sedih ya klo ada serangan ky gini. Korbannya masyarakat awam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top