Community

Selektif dalam Memilih Makanan, Kamu Bisa Coba 2 Resep Makanan Untuk Penderita Maag Berikut Ini

Penyakit maag atau yang dikenal dengan tungkak lambung ini memang kerap sekali menyerang mereka yang masih berusia muda. Ya mau bagaimana lagi, dengan gaya hidup kurang teratur bahkan terkadang sampai dibuat pusing tujuh keliling.

Memiliki riwayat sakit maag tentunya kamu tidak boleh asal dalam memilih jenis makan. Jika salah maka gejala sakit maag akan kambuh dengan cepat bahkan seharian bisa bedrest sebab fisik dalam kondisi yang kurang memungkinkan.

Ada berbagai macam resep makanan untuk penderita maag yang bisa dicoba, hal ini sebagai salah satu cara pengganti makanan berat dan camilan yang sering kali menyebabkan rasa mual atau muntah. Nah berikut adalah 2 resep masakan andalan bagi para penderita maag yang bisa dibuat dengan mudah.

Untuk Meredakan Gejolak di Dalam Perut, Cobalah Makan Ayam Panggang Madu

Memiliki masalah sakit tukak lambung bisa diartikan bahwasanya kita harus lebih berkompromi pada beberapa jenis daging untuk dikonsumsi. Jika salah, maka kemungkinan besar perutmu akan “bergejolak” bahkan juga bisa terasa sakit maupun perih seharian.

Oleh sebab itu, selalu pastikan jikakamu telah memilih daging dengan tekstur lembut, lunak, serta tidak pedas, dan jangan digoreng. Sebagai contoh resep kali ini adalah ayam panggang dengan lumuran madu. Selain memberikan kenyamanan di lambung, ayam panggang madu ini juga sangat lezat. Resep membuat makanan untuk penderita maag ini juga mudah sekali, berikut penjabarannya:

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Ayam filet
  • Kecap
  • Margarine
  1. Bahan Bumbu:
  • 4 sendok makan madu
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 3 ruas lengkuas
  • 2 lembar daun jeruk
  • garam secukupnya
  1. Resep membuatnya:
  • Bersihkan dulu ayam filet sampai siap untuk diolah
  • Campurkan semua bahan untuk bumbu yang ada dengan cara menumbuknya hingga halus, untuk madu jangan dicampurkan ya
  • Tumis bumbu halus dengan mentega sebagai minyak
  • Baluti daging ayam dengan bumbu dan juga madu kemudian biarkan selama 30 menit
  • Bersihkan fillet ayam hingga siap dimasak
  • Panaskan alat pemanggang kemudian panggang ayam hingga matang maupun sedikit kecoklatan
  • Angkat ayam
  • Sajikanbeserta nasi yang masih hangat

Madu memiliki khasiat untuk mengurangi tingkat asam pada lambung sehingga perut akan merasa lebih nyaman pasca memakan sajian makanan untuk penderita maag ini. Jangan pernah lupa,  tidak dibolehkan membuat sambal dengan rasa terlalu pedas.

Jangan Pernah Asal Dalam Memilih Sayuran, Gunakan Kentang Untuk Resep Potato Spinach Soup-mu

Jika kamu memiliki riwayat sakit maag, maka ada beragam jenis sayuran yang lebih baik dihindari, diantaranya adalah bawang bombay, merah, serta kulit tomat. Sayuran tersebut berpotensi meningkatkan gas yang ada di dalam perut sehingga menjadi penyebab sakit maag kambuh.

Lalu, sajian sayur sayur yang kaya apa sih yang baik untuk perut? Nah kali ini kamu bisa kok mencoba untuk membuat resep makanan untuk penderita maag, sup kentang dengan bayam ini!

  1. Bahan-bahan
  • 1 ikat sayur bayam, yang sudah dicuci serta dipotong-potong menjadi kecil sebanyak 350 gram
  • 1 liter airkaldu sayur
  • 1 buah kentang yang berukuran sedang kemudian potong-potong
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 buah tomatyang dibuang kulitnya
  • Garam sebagai penyedap rasa
  1. Cara memasaknya:
  • Minyak goreng dipanaskan menggunakan api kecil,
  • Tumis beberapa bahan seperti potongan kentang, daging buah tomat, serta sayur bayam.
  • Taburkan sedikit garam
  • Tambahkan saus dari tumisan kaldu sayur.
  • Biarkan hingga mendidih
  • Jangan langsung dikonsumsi ketika masih dalam keadaan panas, sebab bisa menganggu perut dan membuatnya beregjolak.

Nah jika saat ini kamu sedang sering mengalami maag yang kambuh, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuat resep makanan untuk penderita maag di atas. Selingi dengan beberapa resep lainnya tau tambahkan bahan makanan sesuai selera.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Manfaat yang akan Kamu Dapatkan Jika Rajin Melakukan Planking Tiap Pagi!

Planking merupakan salah satu latihan yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asal ada waktu luang untuk melakukannya. Hal ini karena gerakan planking tak membutuhkan banyak tempat dan bisa dilakukan hanya dalam waktu singkat saja. Jika kamu rutin melakukan jenis olahraga yang satu ini, berikut adalah tujuh manfaat yang akan kamu dapatkan.

1. Vitalitas Tubuh Meningkat

Plangking merupakan salah satu latihan sempurna untuk otot perut. Gerakan planking sendiri membutuhkan semua otot inti tubuh, termasuk transerve abdominus, rectus abdominus dan external oblique muscle. Tentu saja kebugaran otot inti tubuh tak bisa disepelekan begitu saja karena setiap otot tubuh memiliki peran penting dalam pembentukan postur tubuh.

2. Risiko Cidera Punggung dan Tulang Belakang Berkurang

Planking bisa membuat ototmu terbentuk dengan cara sederhana dan tak memaksa pinggulmu untuk bekerja terlalu keras. Melakukan planking secara rutin bisa menguatkan otot dan tulang punggung.

3. Metabolisme Tubuh Meningkat

Planking bisa membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan latihan otot perut biasa seperti sit up. Kamu yang setiap hari diharuskan bekerja di depan komputer perlu melakukan latihan planking ini secara rutin.

4. Postur Tubuh Berubah Lebih Baik

Rutin melakukan olahraga planking akan membuat postur tubuhmu berubah menjadi lebih baik. Kamu pun bisa memiliki postur tubuh yang tegap dan stabil.

5. Keseimbangan Tubuh Semakin Membaik

Kamu tak perlu takut sering terpeleset atau tiba-tiba jatuh karena kehilangan keseimbangan. dengan planking, otot perutmu akan semakin kuat untuk memberi keseimbangan yang kamu butuhkan.

6. Tubuh akan Semakin Fleksibel dan Lentur

Tak ada lagi keluhan badan sakit karena salah posisi tidur dan sebagainya. Hal ini karena tubuhmu semakin fleksibel dan lentur. Tak hanya itu, planking juga menguatkan otot tubuh.

7. Suasana Hati Pun Ikut Membaik

Karena kamu mendapatkan banyak manfaat dari planking, suasana hatimu pun jadi membaik. Kamu bisa tetap nyaman duduk di kursi tanpa rasa kaku di paha dan berat di kaki juga tekanan pada leher.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Makanan Ampuh untuk Mengecilkan Perut Buncitmu

Perut yang buncit tentu akan mengganggu penampilanmu. Belum lagi hubungannya dengan kesehatan. Perut yang buncit identik dengan gaya hidup yang tak sehat dan beragam penyakit tentunya. Nah untuk mengusir perut buncitmu itu, cobalah rutin mengonsumsi tujuh makanan ini.

1. Semangka

Semangka memiliki kandungan air senilai 91 persen. Jika kamu mengonsumsi makanan ini sebelum makan, tentu kamu akan merasa lebih cepat kenyang tanpa mengonsumsi kalori dalam jumlah yang besar.

2. Almond

Almond memiliki kandungan magnesium yang cukup banyak dimana kandungan ini penting untuk membentuk otot. Almond juga memiliki kandungan kalori yang sedikit, jadi kamu tak akan bertambah gendut hanya dengan memakan almond. Sebaliknya, almond malah bisa menekan rasa laparmu loh.

3. Seledri

Seledri termasuk sayuran yang mengandung kalsium dan vitamin C dimana kandungan tersebut sangat baik dalam menurunkan berat badan. Kamu bisa mengolahnya menjadi salad atau sop. Kamu juga bisa menjadikannya jus dan meminumnya sebelum makan siang maupun sebelum makan malam.

4. Mentimun

Mentimun adalah makanan rendah kalori yang seringkali dikonsumsi banyak orang. Mentimun memiliki manfaat untuk membersihkan tubuh dari racun berbahaya. Tak hanya itu, timun juga mengandung mineral, serat dan vitamin yang baik untuk sistem pencernaan.

5. Tomat

Tomat adalah makanan yang baik untuk kamu makan entah itu tomat matang maupun mentah. Hal ini karena tomat mengandung sedikit kalori namun menyimpan senyawa 9-oxo-ODA dimana senyawa ini bisa mengurangi lipid dalam darah dan mengendalikan lemak perut.

6. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung serat dimana bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Buah ini juga merupakan sumber asam amino bernama lecithan yang bermanfaat untuk mengendalikan berat badanmu.

7. Apel

Apel kaya akan serat, flavonoid, fitosterol, dan beta karioten yang mampu membuat perut terasa kenyang. Makan tiga apel atau lebih dalam satu hari bisa membuat berat badanmu berkurang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi apel.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Agar Penampilanmu Tetap Prima Meski Harus Bekerja Lebih dari 8 Jam Sehari

Bekerja memang tak ada salahnya, namun kamu juga perlu memperhatikan kesehatanmu. Terlebih jika kamu adalah bekerja di tempat yang juga mengedepankan penampilan. Saat kamu harus bekerja lebih dari delapan jam dalam sehari, kamu perlu memperhatikan lima hal ini untuk tampilan yang tetap prima dan segar.

1. Pola Makan

Aturlah pola makanmu dengan baik. Tubuhmu membutuhkan asupan energi yang cukup untuk berolahraga. Jangan lupa untuk memilih makanan yang sehat. Pilihlah makanan yang kaya akan serat, protein dan kandungan karbohidrat dengan kadar yang cukup.

2. Istirahat yang Cukup

Tubuhmu memiliki batasannya dalam bekerja. Kamu tak bisa memaksakan tubuhmu untuk terus menerus bekerja tanpa henti. Jadi ingat, bekerja boleh saja. Tapi jangan lupakan waktu untuk beristirahat.

3. Olahraga

Selain pola makan yang teratur, kamu juga perlu memperhatikan kesehatanmu dari segi olahraga. Cobalah untuk rutin berolahraga di tengah kesibukanmu sekalipun. Kamu bisa memanfaatkan libur akhir pekanmu atau waktu sepulang kamu bekerja untuk berolahraga.

4. Mengisi Waktu Luang dengan Hal Bermanfaat

Saat kamu memiliki waktu luang di akhir pekan, gunakanlah waktu itu untuk menyegarkan kembali otakmu. Kamu bisa menggunakan waktu itu untuk bersantai di rumah atau berlibur ke suatu tempat.

5. Perawatan Wajah

Kelelahan bisa memicu kondisi wajah yang terlihat kusam dan tak terawat loh. Untuk itu kamu perlu melakukan perawatan wajah yang rutin. Setidaknya tetap jaga kebersihan wajah dan jangan lupa memberikan nutrisi cukup untuk kulit wajahmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top