Feature

Selamat Hari Batik Nasional, Semoga Kau Semakin Dikenal

Apa yang akan kamu bayangkan, jika suatu waktu ada acara yang mengharuskanmu untuk memakai pakaian khas daerah dari tanah air? Yaa, pilihan pertama yang akan dipikirkan tentu saja BATIK.  Hadir dengan berbagai macam motif dan filosofi dari setiap daerah, batik jadi salah satu warisan budaya dunia yang telah diakui oleh UNESCO.

Dan meski hari ini adalah  hari selasa, tapi tiba-tiba semua orang kompak untuk mengenakan batik bersama. Itu semua karena hari ini adalah Hari Batik Nasional.

Dipakai Setiap Jumat, Setidaknya Kamu Perlu Tahu Daerah-daerah Asal Batik yang Merupakan Salah Satu Warisan Nusantara Ini

Tanpa perlu merasa ini jadi beban, bukan berarti kamu harus mempelajari sejarah panjang dari pakaian yang sedang kita bicarakan. Karena tak hanya satu daerah saja, faktanya ada puluhan kota di tanah air yang dikenal sebagai daerah penghasil batik nasional. Maka jika kamu sedang mengenakan satu jenis kain batik, pastikan bahwa setidaknya kamu tahu dari daerah mana kain itu berasal.

Sebagian besar dari kita mungkin sama, main pakai saja tanpa tahu dari daerah mana batik itu berasal. Nah untuk menghindari pertanyaan yang mungkin kita temukan, setidaknya cobalah cari tahu setidaknya daerah asal batik yang kamu pakai.

Meski Terlihat Hampir Sama, Faktanya Setiap Daerah Punya Motif Dan Makna yang Berbeda-Beda Pada Setiap Batiknya

“Ini batiknya dari mana?”

“kayaknya dari Solo deh”

“Lah bukannya ini motif batik Kalimantan ya?”  

“Eh iya kali, saya tidak bisa bedain mirip sih”  

*padahal jelas-jelas motifnya beda

Jika katamu batik itu sama saja, hanya ada motif yang terukir serta berbeda saja. Tentu itu adalah pemahaman yang salah! Meski secara keseluruhan teknik dan cara pengerjaannya memang terbilang sama. Mulai dari batik tulis, batik cap hingga motif yang digambar oleh mesin. Namun kenyataanya, meski sama-sama dari Jawa Tengah motif batik Solo dan Yogyakarta ternyata berbeda.

Secara kasat mata, kedua daerah ini memang memiliki pola batik yang hampir sama. Namun jika kita telisik lebih dekat lagi ternyata motifnya sangatlah berbeda. Motif dari batik Yogya terlihat lebih gagah dan maskulin. Sedangkan motif batik dari Solo condong pada pancaran aura yang lebih anggun nan luwes.

Begitu pula dengan batik dari daerah dan pulau lain yang tersebar di seluruh penjuru tanah air tentu punya ciri khas dan artinya masing-masing.

Sesuatu yang Membuat Kita Bangga, Kain Tersebut Telah Masuk Ke Kancah Internasional Dan Diakui Oleh Dunia

Potret dari masyarakat luar negeri yang kini sudah banyak mengenakan batik, tentu buah dari perjuangan pemerintah kita. Berawal pada 3 September 2008 lalu, pemerintah Indonesia mendaftarkan batik sebagai jajaran representatif budaya tak benda warisan manusia UNESCO (Representative List of Intangible Cultural Heritage-UNESCO).

Kemudian secara resmi diterima oleh UNESCO 9 Januari 2009 untuk diproses lebih lanjut lagi. Dan buah dari perjuangan itu, pada tanggal 02 Oktober 2009 akhirnya UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia yang dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Bahkan hingga kini, sudah banyak tokoh besar dunia seperti, Barack Obama dan Bill Gates. Hingga penyanyi bersuara emas Adele sampai Paris Hilton dan beberapa penyanyi Kpop lainnya yang dengan bangga mengenakan kain kebanggaan bangsa tersebut.

Saking Terkenalnya, Kain Indah Sarat Filosofi Ini Pernah Diklaim Oleh Negara Lain Sebagai Kepunyaan Mereka

Jika kamu masih ingat, upaya untuk mendaftarkan batik ke UNESCO didorong oleh sikap negara Malaysia yang ingin menyabotase batik sebagai milik negaranya. Wajar memang jika akhirnya negeri jiran itu, ingin mengakui batik sebagai kepunyaan mereka. Mengingat perkembangan mode yang juga telah menyeret batik sebagai salah satu yang berpengaruh.

Mungkin mereka menganggap ini adalah aset emas yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan dan kemajuan negera tersebut. Untungnya pemerintah kita bergerak cepat untuk mengatasi polemik yang saat itu sempat memanas. Dan sebagaimana asalnya, secara sah batik jadi salah satu warisan budaya yang kita punya. Maka menjadi tugas kita untuk tetap menjaganya.

Untuk Itu Sebagai Salah Kebanggaan Indonesia, Kini Batik Sudah Banyak Dikreasikan Pada Berbagai Macam Model Pakaian

Sebagian besar masyarakat kita masih memandang batik sebagai kain yang sering digunakan oleh orang tua atau mereka yang sudah dewasa. Dan berita baiknya, para pegiat mode dalam dunia fashion nampaknya tahu apa yang sedang kita mau. Mereka menciptakan berbagai macam kreasi pakaian yang berbahan dasar batik.

Mulai dari kemeja, blus, rok hingga gaun mewah. Tak hanya untuk orang tua, nyatanya kini batik bebas dipakai oleh siapa saja tanpa memandang usia.

Menariknya lagi, pelantun lagu Coke Bottle Agnez Mo pada video musik berjudul “Long As I Get Paid”. Dirinya terlihat ingin mengenalkan Batik lebih luas ke seluruh penjuru dunia. Pada video musiknya itu, Agnez mengenakan jubah ungu bercorak batik dengan jumpsuit strapless dress bernuansa hitam keemasan. Ini jadi bukti bahwa batik tak lagi hanya tentang kemeja dan blus. Lebih dari itu batik sudah memiliki arti yang lebih luas dan merata.

Selamat Hari Batik Nasional, Semoga Kau Semakin Dikenal

Pengukuhan UNESCO kala itu jadi bukti, bahwa pengklaiman yang gencar dilakukan oleh negara tetangga Malaysia atas batik milik kita, telah dihapus. Dan bersamaan dengan hari diterimanya batik sebagai warisan budaya milik kita oleh UNESCO sembilan tahun silam, hari ini adalah peringatan yang ke-9 sejak batik resmi tercatat sebagai warisan budaya dari Indonesia yang telah diakui dunia.

Selamat Hari Batik Nasional, Semoga Kau Semakin Terkenal, kamu pakai batik apa hari ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Pertanyaan yang Sering Kamu Dapati Saat Kamu Tak Kunjung Memiliki Pacar

Status single sebenarnya bukanlah sebuah masalah yang besar. Single adalah pilihan. Namun herannya terkadang bukan orang yang menyandang status itu yang kebingungan, malah orang yang ada di sekitarnya. Kamu yang tak kunjung memiliki pasangan, pasti kerap mendapati 10 pertanyaan ini terlontar dari mulut orang lain untukmu.

1. “Kenapa Sih Kok Tidak Mau Pacaran?”

Mereka mengajukan pertanyaan ini karena penasaran dengan alasanmu masih bertahan dengan kesendirianmu. Tapi karena kamu menjadikansingle sebagai pilihan hidup, kamu biasa-biasa saja saat mendapati pertanyaan ini dan terasa sudah sangat kebal.

2. “Ada yang Deketin Kan?”

Jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang single, pasti kamu memiliki alasan yang kuat di belakangnya. Meski begitu orang lain pasti tetap ingin tahu, selama ini masih ada kan orang yang mendekatimu.

3. “Pernah Tidak Kamu Berpikir untuk Pacaran?”

Banyak orang bertanya-tanya tentang apa yang kamu pikirkan saat kamu menjadi seorang single. Salah satunya adalah apakah kamu sendiri pernah berpikir untuk berpacaran dengan seseorang.

4. “Kamu Orang yang pemilih, Ya?”

Karena kamu tak kunjung berpacaran, akhirnya banyak orang yang memandangmu sebagai seorang yang pemilih. Padahal sebenarnya kamu hanya menunggu jodoh terbaik yang Tuhan siapkan untukmu.

5. “Bagaimana Perasaanmu Saat Melihat Teman atau Orang Lain Pacaran?”

Padahal kamu tak ada masalah dengan orang yang berpacaran di depan matamu secara langsung. Namun masih saja banyak orang mempertanyakan hal ini kepadamu.

6. “Sebenarnya Usia Berapa Sih Kamu Mau Pacaran?”

Saking gemasnya orang lain melihatmu yang betah dengan status single-mu, mereka sampai mempertanyakan hal ini padamu. Kenapa sampai kamu masih bertahan tanpa seorang pasangan dan sebenarnya mau pacaran pada usia berapa sih kamu itu.

7. “Apa Kamu Pernah Dijodohkan?”

Pasti banyak orang berpikir bahwa dengan jangka waktumu menjadi seorang single, sudah banyak teman dan keluarga yang menjodohkanmu dengan seseorang. Dan inilah yang ingin dicari tahu oleh orang tersebut, apakah kamu pernah dijodohkan atau tidak.

8. “Pernah Tidak Sih Kamu Merasakan yang Namanya Jatuh Cinta?”

Siapa tahu kamu pernah mencoba memulai menjalin hubungan, meski akhirnya gagal juga. Alasannya pun tentu beragam. Orang akan mempertanyakan mengenai hal ini saat kamu tak kunjung memiliki pasangan.

9. “Apa Kamu Tidak Ingin Pacaran?”

Ada banyak hal yang ingin kamu capai terlebih dulu. Tapi banyak orang langsung saja mempertanyakan tentang apakah kamu ingin pacaran atau tidak. Jawabannya tentu iya tapi bukan untuk saat ini.

10. “Apakah Kamu Takut untuk Memulai?”

Rasa takut pasti ada, karena kamu sudah lama bertahan dengan status single-mu. Entah apa alasan yang membuat kamu bertahan, tak ada yang tahu. Mungkin ini jugalah yang dikhawatirkan oleh orang-orang terdekatmu. Mereka takut jika ketakutanmu membuatmu terus bertahan dalam kesendirian dalam jangka waktu yang panjang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Inilah 7 Tipe Mantan Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah

Momen kelulusan adalah momen yang paling ditunggu banyak mahasiswa tingkat akhir. Namun kehidupan pasca lulus kuliah, tak semua orang suka menjalaninya. Ada beberapa tipe mantam mahasiswa setelah lulus dari Universitas tempatnya menuntut ilmu dulu. Apa saja sih tipenya? Mungkin kamu termasuk salah satunya.

1. Tipe Sulit Move On

Mereka yang termasuk tipe ini adalah orang yang sulit move on dari kehidupannya sebagai mahasiswa dulu. Bagi mereka kehidupan perkuliahan lebih menyenangkan karena mereka tak perlu memikirkan tentang dunia kerja pasca lulus dari Universitas.

2. Tipe Pekerja Keras

Tipe pekerja keras adalah mereka yang anti dengan istilah menganggur. Meskipun mereka belum mendapatkan pekerjaan tetap, mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan hal yang bermanfaat, mungkin salah satunya adalah merintis usaha baru.

3. Tipe Pengembara

Mereka yang masuk dalam kategori tipe ini adalah orang yang suka melakukan travelling. Momen setelah lulus banyak dihabiskannya untuk mengunjungi banyak tempat baru yang menurutnya menarik untuk dikunjungi.

4. Tipe Rumahan

Tipe rumahan adalah mereka yang lebih suka menghabiskan waktu mereka di rumah. Kebanyakan sih memiliki hobi tidur dan nonton film kesukaan di dalam kamar. Sehingga tak ada alasan buat mereka untuk pergi ke luar rumah.

5. Tipe Penyuka Keramaian

Tipe ini akan menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang. Entah itu berkumpul dengan teman-temannya di suatu tempat seperti cafe atau pergi menonton konser musik favorit mereka.

6. Tipe Media Sosial

Tipe media sosial ini adalag tipe orang yang tak bisa lepas dari media sosial barang sebentar saja. Saat bangun tidur, hal pertama kali yang akan dilakukan adalah mencari smartphone miliknya untuk membuka media sosialnya.

7. Tipe Romantis

Orang yang termasuk tipe ini biasanya orang yang memang memilih untuk menikah setelah lulus kuliah. Kebanyakan sih sedari SMA memang sudah punya pasangan, sehingga setelah lulus inginnya cepat-cepat menikah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Hal Lucu yang akan Kamu Rasakan Saat Berjodoh dengan Sahabat Sendiri

Jodoh, kematian dan rezeki adalah rahasia Tuhan. Kamu tak akan pernah tahu dengan siapa akhirnya kamu berjodoh. Dengan orang yang belum pernah kamu kenal atau justru dengan orang yang susah sangat kamu kenal. Ada loh pasangan yang akhirnya berjodoh dengan sahabat sendiri.

Terbiasa dengan hubungan luwes yang terasa santai dan menyenangkan. Beberapa kali, kamu mungkin akan merasa aneh. “Kok bisa ya sampai berjodoh sama sahabat sendiri?. Nah, setidaknya berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin kamu rasakan ketika nanti berjodoh dengan sahabatmu sendiri.

1. Tertawa Sendiri Saat Memandang Wajah Pasangan

Saat kamu memandang wajahnya, itu sudah mengingatkanmu tentang apa yang sudah kalian lewati bersama. Dengannya? mungkin kamu tak pernah berpikir sebelumnya bahwa kamu akan berjodoh dengan sahabatmu yang konyol itu, dan itu kerap membuatmu tertawa hanya dengan memandang wajahnya saja.

2. Sering Berantem Saat Bertemu Namun Rindu Saat Sedang Jauh

Bahkan kamu pun sering bingung dengan tingkahmu ini. Saat pasanganmu ada di sampingmu justru kamu sangat sering bertengkar. Namun saat kamu berjauhan dengannya, rasanya rindumu begitu memuncak.

3. Berniat Romantis Namun Akhirnya Jadi Ledekan

Sebagai sepasang sahabat, kamu dan dia memang tak pernah bertingkah romantis. Jadi makhlum jika setelah menikah saat kamu maupun dia ingin mencoba romantis, selalu berakhir dengan ledekan satu sama lain.

4. Tak Jaim untuk Saling “Mempermalukan”

Kalian memang saling mencintai sebagai satu pasangan, namun humoris di dalam hubunganmu dengannya memang sudah besar. Sehingga tak ada lagi rasa jaim untuk mempermalukan satu sama lain.

5. Tak Mau Saling Mengalah untuk Berbagi Sesuatu

Bisa diambil contoh, untuk hal kecil seperti nonton TV. Kamu sering berebut remote control dengannya. Tak ada salah satu dari kalian yang mau mengalah. Bisa dibilang tingkahmu dengan pasangan layaknya anak kecil.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top