Feature

Sebab Ulang Tahun Jadi Momen Spesial, Jangan Malah Menciptakan Momen Penuh Sesal

Kira-kira setahun yang lalu, kejadian memilukan menimpa seorang siswa asal Tebing Tinggi, Sumatera Utara lantaran harus mengalami kebutaan pada hari ulang tahunnya. Insiden yang menimpanya bermula saat teman-teman korban melemparinya dengan telur busuk sebagai ‘budaya’ perayaan ulang tahun. Nahas, cairan telur busuk tersebut mengenai mata korban hingga menyebabkan kebutaan. Meski telah dibawa ke dokter mata, penglihatan korban tak dapat diselamatkan lantaran bakteri pada telur busuk tersebut telah merusak kornea matanya.

Membicarakan soal budaya perayaan ulang tahun di negeri kita, sejatinya cukup miris. Sejak muda, kita terbiasa merayakan teman yang ulang tahun dengan melemparinya menggunakan telur, tepung, air, bahkan air sisa pembuangan. Padahal di hari bahagianya, bukankah seharusnya kita membuatnya merasa bahagia dan mensyukuri pertambahan usianya? Coba ingat lagi, apakah masa mudamu masih diwarnai dengan budaya semacam itu? Kalau iya, lebih baik pikirkan lagi jika ingin mengulang hal yang sama di tahun ini atau tahun-tahun berikutnya. Pikirkan perasaan temanmu, mungkin di depanmu ia terlihat pasrah, menerima saja perlakuan teman-teman terdekatnya, tapi dalam hatinya, kamu tak tahu seberapa penyesalan yang ditanggungnya setiap mengingat hari ulang tahunnya.

Karena Kamu dan Dia Cukup Dekat, Tak Ada Salahnya Kamu Berinisiatif Menyiapkan Pesta Ulang Tahun Sederhana Agar Dia Selalu Mengingatmu Sebagai Sahabat

Beberapa minggu sebelum hari ulang tahunnya, cobalah cari tahu barang atau sesuatu yang sedang diincarnya. Mungkin dia mengincar sebuah sepatu atau tas. Kalau sekiranya harganya masih cocok dengan kantongmu, berikanlah barang incarannya itu sebagai kado. Atau kalau kamu ingin membuatnya lebih merasa spesial di hari istimewanya, buatlah pesta ulang tahun kecil-kecilan untuknya. Datanglah ke rumah dan hias kamarnya, atau ajak dia ke sebuah restoran dimana kamu sudah menyiapkan dekorasi spesial untuknya. Semua itu jauh lebih baik dibanding kamu membuatnya menyesal dengan melemparinya menggunakan telur di hari ulang tahunnya.

Kalau Dia Tipikal yang Tak Suka Perayaan, Ajak Saja Bepergian ke Suatu Tempat yang Menurutnya Menyenangkan

Sebagai sahabat, kamu tentu tahu lokasi mana saja yang ingin ia sambangi selama ini. Entah karena terkendala waktu atau biaya, yang pasti dia masih menunggu waktu yang tepat untuk datang kesana. Kalau begitu, kenapa bukan kamu saja yang mengajaknya? Pasti dia tidak akan menolak.

Apa lagi jika dia bukan tipe yang suka dengan perayaan ulang tahun. Baginya, lebih baik melakukan kegiatan yang lain dibanding membuat perayaan ala-ala. Tapi yang pasti, ketika kamu menyiapkan sesuatu untuknya dan hal itu telah dinantikannya selama ini, dia pun tak akan punya alasan untuk menolak. Atau kalau justru kamu yang sukar mencari waktu cuti bersama, hadiahi saja dia dengan tiket pulang pergi ke tempat yang didambakannya selama ini.

Memanfaatkan Hari Ulang Tahun untuk Berdonasi pun Jauh Lebih Mulia dan Sarat Manfaat

Kamu pasti sering melihat bagaimana sebagian selebriti memilih berdonasi saat mendekati hari jadi mereka. Tak masalah jika kamu dan sahabatmu ingin mengikuti cara semacam ini. Mulailah dengan mengumpulkan uang minimal sebulan sebelum kamu atau temanmu berulang tahun. Ajak juga teman dekat yang lain serta keluargamu. Percayalah, dengan menebar kebaikan semacam ini, hari ulang tahunmu akan terasa berbeda dan mungkin saja akan jauh lebih berkesan dibanding sebelumnya.

Jika Keluarga Temanmu Mengadakan Perayaan Kecil-kecilan, Tak Ada Salahnya Kamu Ikut Melibatkan Diri di Dalamnya

Melibatkan diri bukan hanya dalam bentuk makan-makan saja. Tapi semisal keluarga dari sahabatmu mengadakan acara masak-masak untuk merayakan ulang tahunnya, libatkanlah dirimu untuk membantu acara tersebut. Kamu bisa ikut menyumbang bahan makanan atau tenagamu sehingga mereka menyadari kamu benar-benar peduli terhadap hari spesial anggota keluarganya. Meski sederhana, hal semacam ini jauh lebih berkesan dan tak akan terlupakan oleh sahabatmu.

Kalau Kamu dan Temanmu Merasa Ada Banyak Hal Menyenangkan yang Belum Bisa Kalian Lakukan Bersama, Cobalah untuk Melakukan Hal Itu

Semakin bertambahnya usia, tak menutup kemungkinan kamu akan dilanda kebosanan dengan rutinitas yang ada. Kamu pun jadi seperti ingin mencari ‘kesibukan’ baru atau sekadar ‘pelarian’ dimana kamu bisa mengekspresikan diri dan melepas kepenatan. Ide untuk mencoba hal baru di hari ulang tahun mungkin patut dicoba. Misalnya, kamu atau temanmu sebelumnya tak pernah merajut atau membuat kerajinan tangan yang lainnya. Cobalah untuk berburu acara workshop dimana kamu bisa melatih kemampuan baru namun dalam kondisi yang tetap menyenangkan. Tak hanya melepas penat, kamu pun jadi bisa menambah keahlian yang bisa saja berguna di kemudian hari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Cara Unik Ucapkan “Aku Cinta Kamu” dalam 10 Bahasa Daerah

Indonesia terkenal sebagai Negara dengan beranekaragam budaya di dalamnya. Sebenarnya, ada banyak bahasa daerah yang ada di Indonesia, namun adapula satu bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia. Berikut adalah cara unik untuk mengucapkan “aku cinta kamu” dalam 12 bahasa daerah yang berbeda.

1. Bahasa Daerah Makasar

Jika kamu adalah orang asli Makassar, kamu pasti tahu ucapan cinta ini. Dalam bahasa Makassar, kamu bisa mengucapkan “aku cinta kamu” dengan ucapan “kuangaiq/ eroka’ ri kau/ ku suka’ ko / ku suka ki’.”

2. Bahasa Daerah Manado

Yang kedua adalah bahasa daerah Manado. Manado juga punya ucapan tersendiri untuk mengungkapkan ucapan “aku cinta kamu”, yaitu “Ta suka pa ngana”.

3. Bahasa Daerah Minang

Untuk bahasa daerah Minang, ternyata ucapan “aku cinta kamu” dari seorang pria dan wanita berbeda loh. Ucapan dari pria berbunyi “ Aden suko jo kau piak” dan ucapan dari wanita berbunyi “Adiak suko jo uda”.

4. Bahasa Daerah Nias

Selanjutnya adalah ucapan “aku cinta kamu” dengan bahasa daerah Nias. Dalam bahasa Nias, kamu bisa mengucapkannya dengan kalimat “Omasido khou”.

5. Bahasa Osing

Nah yang satu ini adalah ucapan “aku cinta kamu” dengan menggunakan bahasa Osing yang berasal dari Banyuwangi. Dalam bahasa osing sendiri, kamu bisa mengungkapkan cinta dengan ucapan “Isun demen nang riko”.

6. Bahasa Daerah Padang

Bagi kamu yang suka masakan Padang, nggak afdol jika kamu nggak tahu sedikit saja bahasa orang Padang. Nah ucapan cinta dalam bahasa Padang sendiri berbunyi “Ambo senang siko/ Aden suko jo waang”.

7. Bahasa Daerah Papua

Papua adalah bagian Indonesia yang terletak di daerah Timur. Kalau kamu sudah mengenyam pendidikan di Universitas ternama, biasanya kamu akan punya banyak teman dari banyak pulau yang berbeda. Salah satunya adalah Papua. Di papua sendiri, ungkapan cinta diungkapkan dalam kalimat “Sa cinta ko”.

8. Bahasa Daerah Palembang

Selanjutnya beralih ke daerah Palembang yang terkenal dengan kerupuk ikannya. Nah di Palembang sendiri juga memiliki bahasa daerah loh. Dalam bahasa daerah Palembang, ucapan “aku cinta kamu” bisa kamu ganti dengan “Aku cinto bedebek samo kau”.

9. Bahasa Daerah Pekalongan

Berbicara tentang Pekalongan, pasti identik dengan batiknya yang terkenal di kalangan banyak orang. Nah dalam bahasa Pekalongan, ungkapan cinta bisa kamu ucapkan dengan kalimat “Nyong demen koe”.

10. Bahasa Daerah Prabumulih

Yang terakhir adalah bahasa daerah Prabumulih. Dalam bahasa Prabumulih, kamu bisa mengganti ucapan “aku cinta kamu” dengan kalimat “Aku galak samo kau”.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Pemudik Melahirkan di KA Dalam Perjalanan Menuju Surabaya

Seorang pemudik bernama Nuzulul Hikmah (23) melahirkan di atas kereta dalam perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya. Ia diketahui berasal dari Dusun Makalah, Kecamatan Kedundung, Sampang, Madura. Sementara itu, kereta yang ditumpanginya adalah ka 7028 Kertajaya Lebaran relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi.

Nuzulul yang duduk di tempat duduk nomor 13B gerbong kereta Ekonomi 4 itu merasakan kontraksi saat di perjalanan sehingga sang suami, Jamil (32) segera lapor ke kondektur saat berada di Stasiun Kaliwungu.

Menerima laporan tersebut, kondektur segera melihat kondisi Nuzulul dan mengumumkan kepada penumpang lainnya guna menanyakan adakah yang berprofesi sebagai tenaga medis.

“Secara kebetulan di dalam kereta tersebut ada salah seorang penumpang yang berprofesi sebagai bidan sehingga yang bersangkutan segera membantu proses persalinan Bu Nuzulul Hikmah dengan dibantu kru KA Kertajaya Lebaran. Persalinan tersebut dilakukan dalam perjalanan di petak jalan antara Mangkang dan Jerakah,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang Suprapto , Minggu (18/6/2018) malam seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, proses persalinan tersebut berjalan dengan lancar dan bayi lahir dengan selamat pada pukul 15.27 WIB. Setibanya di Stasiun Semarangtawang, Nuzulul Hikmah beserta bayi perempuan yang lahir dengan berat badan 2,5 kilogram tersebut segera dirujuk ke Rumah Sakit Panti Wilasa, Semarang demi mendapatkan perawatan.

Ia mengatakan proses persalinan tersebut berjalan lancar dan bayi lahir dengan selamat pada pukul 15.27 WIB. Sesampainya di Stasiun Semarangtawang. kata dia, Nuzulul Hikmah beserta bayi perempuan yang baru dilahirkan dengan berat badan 2,5 kilogram tersebut segera dirujuk ke Rumah Sakit Panti Wilasa, Semarang, untuk menjalani perawatan.

Selanjutnya, Suprapto mengatakan PT KAI Daop 4 Semarang sudah menyiapkan tiket untuk keluarga Jamil yang akan melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Terkait dengan pembiayaan, ia mengatakan secara aturan jika biaya perawatan bagi penumpang tersebut tidak ditanggung oleh asuransi Jasa Raharja.

Menurut dia, biaya perawatan bagi Nuzulul Hikmah beserta bayinya dibiayai oleh Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro.

“Bayi tersebut selanjutnya diberi nama Faridatul Jamilah. Dia merupakan anak kedua dari pasangan Jamil dan Nuzulul Hikmah,” katanya.

Suprapto mengimbau seluruh penumpang khususnya ibu hamil yang menumpang KA jarak jauh agar mematuhi aturan mengenai ketentuan perjalanan bagi ibu hamil. Dalam hal ini, ibu hamil yang boleh naik KA jarak jauh jika usia kehamilannnya 14-28 minggu.

Apabila di luar usia kehamilan 14-28 minggu, wajib membawa surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan yang menyatakan usia kehamilan pada saat pemeriksaan, kandungan dalam keadaan sehat, tidak ada kelainan dalam kandungan, dan wajib didampingi oleh minimal satu orang pendamping dewasa saat naik KA jarak jauh.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Artis Ini Indonesia yang Rela Pindah Agama Demi Cinta

Terkadang cinta memang tak mengenal adanya logika. Banyak orang gila akan cinta. Demi cinta, banyak orang rela mengorbankan apapun, termasuk berpindah keyakinan. Agama memang menjadi persoalan yang sensitif.

Banyak kisah asmara yang berakhir di tengah jalan karena persoalan agama. Namun 10 artis cantik ini rela sampai pindah agama demi cinta.

1. Rianti Cartwright

Rianti adalah sosok artis cantik Indonesia yang menikah dengan penyayi asal Batak. Penyanyi bernama Cassanova Alfonso tersebut ternyata berkewarganegaraan Amerika Serikat. Dua minggu pasca pernikahannya dengan Cassanova, Rianti memutuskan untuk memeluk agama yang diyakini oleh suaminya, yaitu agama Khatolik.

2. Nafa Urbach

Ternyata artis cantik yang satu ini pernah menjadi seorang mualaf saat menjalin hubungan dengan Primus Yustito. Namun setelah hubungan itu berakhir, dan dia menjalin hubungan dnegan Zack Lee, dia kembali memeluk agama Kristen.

3. Tamara Bleszynski

Tamara adalah seorang yang memeluk agama Kristen sebelumnya. Namun setelah resmi menikah dengan Teuku Rafly Pasha, Tamara memilih untuk menjadi seorang mualaf. Namun sangat disayangkan, pernikahan keduanya harus berakhir dengan perceraian.

4. Bella Saphira

Bella terlahir di keluarga yang memiliki agama yang kuat. Dia lahir di lingkungan Kristen. Namun sebelum menikah dengan seorang perwira TNI, dia memutuskan untuk menjadi seorang mualaf.

5. Renata Kusmanto

Renata merupakan seorang artis yang juga berprofesi sebagai model. Awalnya, artis satu ini memeluk agama Kristen. Namun setelah menikah dengan Fachri Albar, akhirnya dia memutuskan untuk menjadi seorang mualaf.

6. Marsha Timothy

Artis cantik yang satu ini memiliki darah Batak-Jerman. Dia seringkali dipasangkan dalam sebuah film maupun FTV bersama Vino G Bastian. Tak disangka berawal dari adegan, kini Marsha sudah resmi menjadi istri Vino dan memilih berpindah agama mengikuti agama suami, yaitu Islam.

7. Bunga Zainal

Bunga Zainal memang kerap menjadi bintang dalam sinetron FTV. Dia adalah salah satu artis yang menutup rapat tentang kehidupan pribadinya. Namun tersiar kabar bahwa dia telah menikah dengan seorang produser yang bernama Sukdev Sing dan Bunga pun memilih berpindah agama dari agama Islam menjado agama Hindu mengikuti sang suami.

8. Happy Salma

Artis cantik yang satu ini diketahui memluk agama Hindu sebelum menikah dengan putra bangsawan Bali bernama Tjokorda Bagus. Pasca menikah, Happy Salma pun kemudian diberi nama Jero Happy Salma Wanasari.

9. Asmirandah

Asmirandah merupakan artis yang sempat menghebohkan publik. Artis cantik ini diketahui menjalin hubungan dengan seorang artis beragama Kristen sedangkan dia sendiri memeluk agama Islam. Awalnya tersiar kabar bahwa Jonas Rivano lah yang berpindah agama dari Kristen ke Islam. Namun setelah itu tersiar kabar bahwa ternyata Asmirandah lah yang berpindah keyakinan sebagai seorang Kristiani.

10. Lulu Tobing

Artis yang merupakan seorang dengan darah Batak ini diketahui telah menjadi seorang mualaf sebelum menikah dengan cucu mantan Presiden Soeharto. Setelah menikah, Lulu Tobing pun tak pernah tampil di dunia hiburan lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top