Feature

Sebab Bukan Cuma Kamu yang Kerap Dilanda Stres Pasca Liburan…

Liburan sejatinya memang untuk meredakan stres. Lalu untuk apa kalau selama liburan, kamu justru masih sibuk berkutat dengan pekerjaan? Karenanya, saat kamu liburan, siapkanlah waktu terbaik agar liburanmu bisa berjalan secara maksimal.

Tapi ada juga situasi yang membuat seseorang jadi cepat melupakan kesenangan pasca liburan lantaran setelah pulang dan tiba di rumah, biasanya langsung ‘dicecar’ dengan surat elektronik dari kantor, tuntutan pekerjaan, dan lainnya. Hal ini yang kemudian memicu rasa panik dan rasa cemas tetiba datang menghampiri. Menurut psikolog klinis dan penyiar radio program ‘The Web’, dr. Josh Klapow, sejatinya normal jika kita merasa stres atau ada disorientasi pasca liburan.

“Kembali ke kehidupan yang cepat, pekerjaan yang menumpuk, tanggung jawab, dan sederet tugas yang harus dikerjakan, kadang menimbulkan rasa cemas, takut dan sedih yang bisa menghapus manfaat liburan Anda,” katanya. Pada akhirnya, ketakutan pasca liburan yang kemudian menjadikan alasan orang lain enggan mengambil cuti. Padahal kalau mau ditelisik, hal ini bukan tentang liburannya, melainkan tentang persiapan kita.

Pikirkan Segala Persiapan dengan Detail Sebelum Berangkat Liburan

Beberapa hari sebelum berangkat, cobalah selesaikan setiap tugas yang menurutmu memang perlu diselesaikan daripada membayangi pikiran selama liburan. Selain itu, buatlah daftar prioritas tugas yang harus segera dikerjakan setelah pulang liburan. Ini membantu membebaskan pikiranmu selama liburan dan menyiapkan rencana produktif ketika sudah kembali lagi di rumah.

Selanjutnya, pastikan orang-orang tahu jika kamu sedang mengambil cuti. Hubungi manajer dan kirim email kepada kolega serta klien agar mereka tahu berapa hari kamu akan cuti. Jangan lupa, beri informasi bagaimana dan kapan mereka bisa menghubungimu saat liburan.

Selama Liburan, Nonaktifkan Ponsel Sejenak demi Mendapatkan Pengalaman Liburan yang Berkualitas

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari liburan Anda, coba untuk ‘memutuskan’ hubungan sementara dengan pekerjaan. Nonaktifkan notifikasi email, pergi makan malam tanpa membawa ponsel, dan habiskan waktu dengan aktivitas seru di tempat wisata.

Jika tidak memungkinkan untuk benar-benar menghindari pekerjaan, buat jadwal per hari. Sebagai contoh, setidaknya sediakan waktu 30 menit di pagi dan sore hari untuk mengecek email dan menelpon klien. Strategi ini akan membantumu tetap bertanggung jawab pada pekerjaan tanpa mengorbankan liburan.

Carilah Waktu Pulang dengan Menyediakan Jeda Satu Atau Dua Hari Sebelum Masuk Kerja

Jangan terbiasa pulang liburan di hari terakhir cuti. Sebaiknya, justru sediakan waktu sehari atau dua hari sebelum masuk kerja kembali. Hal ini akan memberikanmu waktu ekstra untuk memulihkan stamina atau bahkan jetlag jika kamu bepergian ke luar negeri. Di samping itu, kamu juga jadi punya waktu untuk membongkar koper, mencuci baju kotor, serta menghabiskan waktu bersama keluarga.

Untuk menghindari kepanikan ketika menyadari sudah saatnya kembali bekerja, lebih baik katakan pada rekan kerja bahwa kamu memerlukan sedikit waktu untuk beradaptasi kembali. Jika mulai merasa cemas dan panik, keluarkan daftar tugas yang harus dikerjakan. Catatan tersebut akan membuatmu lebih fokus sehingga bisa menyelesaikan tugas satu per satu.

Yang terpenting, tetap berusahalah untuk mengatur napas dan rileks. Klapow merekomendasikan untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan dan lihat kembali foto-foto liburan kemarin. Cara ini bisa mengalihkan emosi dan mengingatkan kembali pengalaman yang menyenangkan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Backpackeran ke Lombok 3 Hari dengan 500 Ribu? Bisa Kok, Begini Panduannya!

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Nah jika kamu ingin berkunjung ke sana tapi kamu nggak punya tabungan yang cukup banyak, kamu nggak perlu khawatir. Kamu bisa kok backpackeran ke Lombok selama 3 hari dengan budget sekitar 500 ribuan saja. Begini tipsnya…

Agenda di Hari Pertama, Pergi ke Pantai Senggigi dan Kota Mataram

Jika kamu sudah sampai di Bandara Internasional Lombok Praya, kamu bisa mampir ke warung nasi puyung di Praya. Tempat kuliner ini cukup terkenal di kalangan traveler. Setelah itu kamu bisa pergi ke Senggigi dengan naik Damri. Sesampainya di Senggigi kamu bisa menyewa motor untuk 3 hari. Selanjutnya kamu bisa mengeliling Senggigi dan menikmati wisata kuliner di Kota Mataram. Untuk bermalam, kamu bisa menginap di rumah singgah backpacker di Mataram secara gratis loh.

Agenda Hari Kedua, Pergi ke Kawasan Mandalika

Di kawasan Mandalika kamu bisa berkunjung ke Pantai Kuta, Tanjung Aan, Desa Sade dan masih banyak yang lainnya. Setidaknya butuh waktu sekitar 1 jam untuk perjalanan dari rumah singgah ke Kawasan Mandalika ini. Kamu bisa mulai dengan berkunjung ke Desa Sade terlebih dahulu untuk melihat rumah sasak beserta kain khas Lombok yang juga bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Selanjutnya kamu bisa perhi ke Pantai Kuta dan makan siang di dekat pantai. Setelah makan siang kamu bisa menjelajahi banyak tempat yang ada di dekat Pantai Kuta seperti Mawun, Seger, Selong Belanak, Tanjung Aan. Ingat, akan lebih baik jika kmau cepat kembali ke Kota Mataram sebelum malam, karena hal itu mugkin saja akan membahayakan keselamatanmu.

Agenda Hari Ketiga, Pergi ke Air Terjun Sindanggile, Tiu Kelep atau Air Terjun Benang Kelambu

Kamu bisa mengunjungi ketiga atau beberapa saja dari tiga air terjun ini. Lebih baik kamu berangkat dari pagi karena lokasinya cukup jauh.  Untuk mencapai lokasi Air Terjun TTiu Kelep dan Sindanggile butuh waktu sekitar 2 jam. Sedangkan untuk ke Air Terjun Benang Kelambu hanya butuh waktu 1 jam dari Mataram. Setelah puas bermain di air terjun, kamu bisa makan siang dan berkemas untuk persiapan pulang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Meski Jarang Dilirik, Namun Pesona 7 Pulau Terluar Ini Mendunia

Indonesia memang sebuah negara dengan beribu pulaunya yang mempesona. Nah meski jarang dilirik, ternyata 7 pulau terluar Indonesia ini pesonanya mendunia loh. Kamu wajib tahu.

1. Alor, Nusa Tenggara Timur

Keindahan Indonesia Timur memang tak perlu diragukan lagi. Selain Raja Ampat dan Labuan Bajo, ternyata masih ada Alor yang sangat memesona. Pulau ini terletak di sebelah Flores dan Lembata.

2. Kisar, Selat Wetar, Perbatasan Timor Leste

Lokasi Pulau Kisar terletak di Selat Wetar, dimana tempat tersebut berbatasan langsung dengan Timor Leste. Namun tenang, secara administratif, wilayah pulau ini masih masuk bagian Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku.

3. Rondo

Pulau Rondo seringkali disebut sebagai penjaga wilayah Indonesia dikarenakan letaknya yang berada di bagian paling utara Indonesia. Lokasi pulau ini berbatasan langsung dengan India yang letaknya tak terlalu jauh dari Pulau Weh. Beberapa orang mengatakan bahwa Pulau Rondo adalah titik 0-nya Indonesia.

4. Jemur, Kabupaten Rokan Hilir, Riau

Pulau Jemur letaknya berbatasan dengan negara Malaysia. Namun secara administratif, pulau ini masih masuk wilayah Indonesia, tepatnya Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Jika diukur, jaraknya kira-kira 64,3 kilometer dari Pelabuhan Klang, Malaysia.

5. Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku

Pulau Liran merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Meski begitu, secara administratif, pulai ini masih masuk wilayah Kabupaten Maluku Barat, Maluku.

6. Dolangan, Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah

Pulai ini merupakan pulau yang berbatasan dengan Malaysia dan Filipina. Namun secara administratif, wilayah pulau ini masih masuk bagian pemerintah Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

7. Berhala, Selat Malaka

Pulau ini terletak di Selat Malaka dan masih tergolong masuk wilayah Sumatera Utara. Tepatnya berada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai. Di pulau ini juga terdapat penangkaran penyu loh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Jadi Tujuan Wisatawan, Ini 10 Negara Paling Instagramable

Saat ini, sosial media memang memiliki peran yang penting untuk perkembangan pariwisata di seluruh penjuru dunia. Jadi nggak heran kalau mendadak suatu tempat jadi viral karena ada yang mengunggahnya ke media sosial. Nah berikut adalah 10 negara yang memiliki tempat wisata yang instagramable banget.

1. Indonesia

Indonesia memang terkenal sebagai negara kepulauan yang kaya akan kekayaan alam dan budayanya. Jadi nggak heran kalau Indonesia menjadi salah satu tempat rujukan wisata bagi banyak orang. Hal itu tentu karena banyaknya spot menarik di Indonesia untuk dikunjungi seperti Raja Ampat, Bali, Candi Borobudur dan tempat menarik lainnya.

2. Inggris

Inggris adalah negara yang memiliki gaya arsitektur yang menarik. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang memilih untuk berkunjung ke sana. Terlebih saat ini London termasuk sebagai salah satu kota modern di dunia yang terkenal dengan budaya, seni, mode dan pariwisatanya.

3. Italia

Italia merupakan negara yang kaya akan bangunan bersejarah. Bangunan itu sangat menarik, baik dari segi arsitekturnya maupun sejarahnya. Di negara ini juga terdapat Venezia yang emmiliki lebih dari 150 kanal yang terhubung dengan 400 jembatan.

4. Spanyol

Negara Spanyol merupakan negara yang terletak di Semenanjung Iberia. Negara ini dikenal sebagai Negara Matador yang sangat khas dengan pertunjukan festival pertarungan antara manusia melawan banteng. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke Barcelona atau Madrid untuk lebih tahu banyak tentang sepakbola, situs warisan dunia UNESCO.

5. Jerman

Di Jerman, kamu bisa menikmati banyak lokasi menarik di tengah kota. Kamu juga bisa datang ke wisata alam Rugen Cliffs. Jangan lupa untuk mengunjungi tembok Berlin juga saat berkunjung ke Jerman. Bangunan itu merupakan tembok bersejarah yang membagi kota menjadi dua bagian dari tahun 1961 – 1989.

6. Brazil

Negara Brazil sangat terkenal sebagai rumah bagi para pemain sepakbola dan Hutan Amazonnya. Salah satu landmark yang dimiliki Brazil adalah patung Kristus yang sangat besar dengan tinggi 38 meter di puncak gunung Corcovado. Di sana kamu juga bisa menikmati keindahan wisata air terjun, pantai dan beragam festival.

7. Swiss

Swiss sangat terkenal dengan banyaknya pegunungan dan danau yang menakjubkan di sana. Banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti bermain ski, mendaki gunung, belanja, melihat festival, dan masih banyak lainnya. Jangan lupa untuk berkunjung ke Zermatt juga, nuansa kotanya sangat tenang dan jauh dari kebisingan juga polusi.

8. Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu negara yang dikenal dengan perkembangannya yang sangat ekspansif. Di Hong Kong, kamu bisa menikmati suasana kota, budaya dan sejarah yang masih dijaga oleh masyarakatnya dengan baik. Tak hanya itu, kamu juga perlu tahu bahwa Hong Kong merupakan salah satu negara Asia untuk street Photography.

9. Amerika Serikat

Ada banyak hal yang bisa kamu temui di negara Amerika Serikat ini. Kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata disana. Beberapa tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah air terjun Niagara, gedung putih, Golden Gate, Grand Canyon dan masih banyak lainnya.

10 Singapura

Meski kecil, tapi negara ini dijadikan incaran bagi banyak wisatawan dunia. Ada banyak spot foto menarik yang ada di Singapura. Kamu bisa berfoto di jalanan, mall, sampai di tempat-tempat menarik lainnya yang menjadi landmark negara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top