Feature

Sebab Bukan Cuma Kamu yang Kerap Dilanda Stres Pasca Liburan…

Liburan sejatinya memang untuk meredakan stres. Lalu untuk apa kalau selama liburan, kamu justru masih sibuk berkutat dengan pekerjaan? Karenanya, saat kamu liburan, siapkanlah waktu terbaik agar liburanmu bisa berjalan secara maksimal.

Tapi ada juga situasi yang membuat seseorang jadi cepat melupakan kesenangan pasca liburan lantaran setelah pulang dan tiba di rumah, biasanya langsung ‘dicecar’ dengan surat elektronik dari kantor, tuntutan pekerjaan, dan lainnya. Hal ini yang kemudian memicu rasa panik dan rasa cemas tetiba datang menghampiri. Menurut psikolog klinis dan penyiar radio program ‘The Web’, dr. Josh Klapow, sejatinya normal jika kita merasa stres atau ada disorientasi pasca liburan.

“Kembali ke kehidupan yang cepat, pekerjaan yang menumpuk, tanggung jawab, dan sederet tugas yang harus dikerjakan, kadang menimbulkan rasa cemas, takut dan sedih yang bisa menghapus manfaat liburan Anda,” katanya. Pada akhirnya, ketakutan pasca liburan yang kemudian menjadikan alasan orang lain enggan mengambil cuti. Padahal kalau mau ditelisik, hal ini bukan tentang liburannya, melainkan tentang persiapan kita.

Pikirkan Segala Persiapan dengan Detail Sebelum Berangkat Liburan

Beberapa hari sebelum berangkat, cobalah selesaikan setiap tugas yang menurutmu memang perlu diselesaikan daripada membayangi pikiran selama liburan. Selain itu, buatlah daftar prioritas tugas yang harus segera dikerjakan setelah pulang liburan. Ini membantu membebaskan pikiranmu selama liburan dan menyiapkan rencana produktif ketika sudah kembali lagi di rumah.

Selanjutnya, pastikan orang-orang tahu jika kamu sedang mengambil cuti. Hubungi manajer dan kirim email kepada kolega serta klien agar mereka tahu berapa hari kamu akan cuti. Jangan lupa, beri informasi bagaimana dan kapan mereka bisa menghubungimu saat liburan.

Selama Liburan, Nonaktifkan Ponsel Sejenak demi Mendapatkan Pengalaman Liburan yang Berkualitas

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari liburan Anda, coba untuk ‘memutuskan’ hubungan sementara dengan pekerjaan. Nonaktifkan notifikasi email, pergi makan malam tanpa membawa ponsel, dan habiskan waktu dengan aktivitas seru di tempat wisata.

Jika tidak memungkinkan untuk benar-benar menghindari pekerjaan, buat jadwal per hari. Sebagai contoh, setidaknya sediakan waktu 30 menit di pagi dan sore hari untuk mengecek email dan menelpon klien. Strategi ini akan membantumu tetap bertanggung jawab pada pekerjaan tanpa mengorbankan liburan.

Carilah Waktu Pulang dengan Menyediakan Jeda Satu Atau Dua Hari Sebelum Masuk Kerja

Jangan terbiasa pulang liburan di hari terakhir cuti. Sebaiknya, justru sediakan waktu sehari atau dua hari sebelum masuk kerja kembali. Hal ini akan memberikanmu waktu ekstra untuk memulihkan stamina atau bahkan jetlag jika kamu bepergian ke luar negeri. Di samping itu, kamu juga jadi punya waktu untuk membongkar koper, mencuci baju kotor, serta menghabiskan waktu bersama keluarga.

Untuk menghindari kepanikan ketika menyadari sudah saatnya kembali bekerja, lebih baik katakan pada rekan kerja bahwa kamu memerlukan sedikit waktu untuk beradaptasi kembali. Jika mulai merasa cemas dan panik, keluarkan daftar tugas yang harus dikerjakan. Catatan tersebut akan membuatmu lebih fokus sehingga bisa menyelesaikan tugas satu per satu.

Yang terpenting, tetap berusahalah untuk mengatur napas dan rileks. Klapow merekomendasikan untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan dan lihat kembali foto-foto liburan kemarin. Cara ini bisa mengalihkan emosi dan mengingatkan kembali pengalaman yang menyenangkan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Pulau Jawa Baru Saja Dinobatkan Sebagai Pulau Terbaik, Menurutmu Bagaimana?

Indonesia kembali menggoreskan prestasi di bidang pariwisata. Pulau Jawa mendapat predikat sebagai pulau terbaik di akhir tahun 2018 lalu. Menurut situs Travelandleisure.com, predikat ini diraih bukan hanya karena kekayaan alam dan lokasi wisatanya saja, tetapi juga beragamnya kuliner dan keramahan penduduknya, menjadi nilai tersendiri. Untukmu yang bertanya-tanya kenapa Pulau Jawa akhirnya yang dinobatkan jadi pulau terbaik, ini dia lima alasannya.

Banyaknya Pantai Indah di Sepanjang Pulau Jawa

Hasil gambar untuk pantai di jawa

source: okezone

Sebagai orang Indonesia, terutama yang tinggal di pulau Jawa, kamu patut tahu. Pulau Jawa memiliki garis pantai yang panjang. Baik di bagian selatan, maupun utaranya. Bahkan ada pula pantai-pantai yang masih belum bernama dan jarang dikunjungi orang karena tempatnya yang terpencil. Untuk kamu yang memang suka pantai, menjelajahi pantai di Pulau Jawa memang tidak akan ada habisnya.

Sekalipun Bali selalu dikenal dengan pantainya yang indah-indah, Pulau Jawa pun tak mau kalah. Bahkan di pulau Jawa, bukan hanya pantai dengan pasir-pasirnya yang indah yang bisa kamu nikmati di Pulau Jawa. Kamu juga bisa berkunjung ke perkampungan nelayan.

Candi Borobudur Jadi Salah Satu Alasan Terkuat Pulau Jawa Jadi Pulau Terindah

Hasil gambar untuk candi borobudur

source: kompas.com

Jika kamu tidak suka pantai dan lebih menyukai dataran tinggi, kawasan Candi Borobudur adalah tempat yang harus kamu kunjungi. Bukan hanya membuatmu terpana dengan pemandangan indahnya, kamu juga bisa belajar banyak sejarah di candi ini. Berhadapan langsung dengan gunung dan banyaknya pegunungan di sekitarnya membuat Candi Borobudur menjadi lokasi yang Instagrammable sekaligus menenteramkan hati. Sudah pernah ke sini?

Banyak Danau dan Latar Belakang Pemandangan Gunung yang Hijau

Hasil gambar untuk danau di pulau jawa

source: panduan wisata

Pemandangan selanjutnya yang membuat Pulau Jawa dinobatkan sebagai pulau terbaik adalah pedesaannya yang asri dan damai. Dengan warna hijau di semua permukaannya, bukan hanya ketenangan jiwa yang kamu dapatkan, tetapi juga menyegarkan mata dan paru-paru. Foto danau dengan latar terasering dan gunung ini diambil di salah satu desa di kawasan Jawa Barat.

Ditambah Air Terjun yang Indah di Banyak Tempat yang Ada di Pulau Jawa

Hasil gambar untuk air terjun di pulau jawa

source: unik dan lucu

Bukan hanya pantai, Pulau Jawa juga memiliki banyak air terjun atau yang dikenal dengan nama curug. Air terjun tersebut pun beragam, ada yang tingginya puluhan meter, hingga hanya beberapa meter. Di beberapa tempat terutama di Jawa Barat, air terjun tersebut umumnya dikenal dengan nama curug. Bahkan setiap tahunnya ada saja lho temuan curug-curug baru yang letaknya masih sangat terpencil namun memiliki potensi wisata untuk ke depannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Biar Traveling Berjalan Enak, Minta Semua Teman Menentukan Tujuan Sebelum Jalan

Tuk menutup akhir tahun, udah nggak ada lagi kata pas untuk traveling, tetapi wajib. Kalau kamu ingat-ingat bisa aja di tahun ini kamutidak mengambil cuti sama sekali. Maka dari itu, dari pada akhir tahun tetap bekerja, mendingan coba ambil libur dan lakukan traveling bersama teman. Toh nggak ada salahnya buat rehat sejenak dari kepenatan rutinitas yang itu-itu saja.

Supaya jalan traveling berjalan lancar dan nggak cuma sekedar wacana dadakan. Kamu harus tentukan destinasi wisata. Coba deh ajak teman-teman traveling kamu untuk menentukan juga, supaya jalan-jalan ini nggak cuma jadi poin kamu semata melainkan bersama-sama. Supaya makin berjalan dengan nyaman, minta teman kamu untuk memberikan saran tempat yang akan dikunjungi, jangan ujung-ujungnya mereka hanya mengatakan “bebas gua ikut aja”. Kalau perlu adakan voting biar mencapai kata mufakat.

Selain menentukan tempat, ada beberapa hal lagi yang perlu kamu lakukan apabila kamu traveling sama teman lho. Dengan tujuan jalan-jalan enak bagi semuanya. Coba disimak ya…

Mengajak Teman yang Sekiranya Asyik Untuk Diajak Senang Bersama-sama

Komposisi siapa aja yang ikut dalam suatu rangkaian perjalanan itu penting. Tentu kamu nggak ingin kan perjalananmu jadi nggak asyik karena ada salah satu teman yang ribet. Bahkan nggak bisa diajak jalan-jalan karena ngeluh ini itu. Selain menjengkelkan, itu menjadi hal yang mengurangi kadar kesenangan dalam liburan. Untuk itu coba tunjuk teman yang asyik-asyik aja.

Menyusun Rencana Perjalanan yang Kamu Minta Dari Teman-teman yang Ikutan

itenary atau rencana perjalanan perlu diatur. Masa iya kamu udah berkelana ke luar kota atau tempat wisata, ujung-ujungnya cuma tidur di villa atau penginapan aja. Basi banget dong. Untuk itu rencana perjalanan itu biasanya hal yang dilupakan beberapa teman sebelum traveling. Kami saranin, untuk minta teman-teman untuk memberikan list tempat yang dikunjungi apa saja apabila plesirannya ke luar kota. Kalau ke pulau atau gunung, mungkin bisa dilakukan beberapa agenda yang seru, seperti BBQ-an atau ajang saling tukar pikiran.

Buat Games Kecil-Kecilan Biar Jalan-jalan Terasa Fun!

Menikmati alam dan melepas kepenatan mungkin itu tujuan dari jalan-jalan. Tapi makin seru lagi, kalau ada kegiatan games kecil-kecilan supaya jadi pembeda dari sebelumnya. Kamu bisa membawa card games, yang emang nggak repotin banget untuk dibawa. Kalau misalkan bosen dengan tipikal permainan, seperti itu, coba cari games lain yang tujuannya buat seru-seruan! mungkin bisa permainan yang menentukan kalau yang kalah untuk melakukan curhat yang paling seru atau sedih selama di tahun ini. Hmmm itu kedengarannya menarik sih, ya kan?

Meminta Teman-teman Untuk Siapkan Dana, Biar Makin Jadi Nggak Sekedar Wacana

Setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing yang tentu berbeda. Biasanya, hal yang membuat mereka nggak jadi ikut karena ada saja alasannya, yang paling klasik sih adalah duitnya kepake buat beli ini atau itu. Akhirnya mereka nggak jadi ikut. Untuk menepis hal-hal semacam itu, tentu kamu bisa berinisiatif untuk meminta teman yang ikut jalan-jalan buat mengumpulkan duitnya ke kalian sebelum hari perjalanan. Dijamin, orang tersebut nggak punya alasan untuk nggak ikut. Bukannya memaksa sih, tapi cara ini ampuh terutama bagi temanmu yang sulit untuk menyisihkan uang.

Tunjuk Satu Teman yang Bisa Mengelola Keuangan Selama Perjalanan

Ketika traveling sudah berjalan, mending kamu tunjuk deh satu teman yang memang memiliki tanggung jawab dalam memegang uang. Ya semacam bendahara. Fungsinya kalau untuk pergi ke mana-mana atau mau makan apa, duit yang sebelumnya sudah kamu kumpulkan, bisa dikelola dengan baik di tangan dia. Alhasil ia bisa menghemat dan mengerem keinginan temanmu untuk beli apa saja, karena kan lumayan kalau ada sisanya, siapa tahu bisa dipakai buat rencana jalan-jalan selanjutnya.

Traveling itu salah satu kegiatan yang nggak boleh luput kamu lakukan. Karena ini bakal diperlukan, seperti kamu tahu tuntutan kerjaan yang semakin cepat dapat membuat orang gampang stres. Salah satu hal yang pas untuk lari dari rutinitas adalah dengan plesiran dengan teman, dan gila-gilaan bareng. Supaya di tahun baru nanti rasa semangat dalam berkativitas masih terjaga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Trik Agar Kamu Bisa Tetap Liburan dengan Uang Pas-pasan

Libur panjang tentu adalah hal yang paling ditunggu banyak orang. Momen ini seringkali dimanfaatkan untuk liburan ke suatu tempat yang ingin dikunjungi. Kamu pun kini sudah sangat dimudahkan dengan banyaknya tawaran tiket dan booking hotel yang bisa dilakukan dengan cara online dan pembayaran via transfer.

Nah, untuk kamu yang kebetulan ingin pergi liburan namun hanya memiliki uang pas-pasan, kamu tak perlu khawatir. Ada triknya kok buat mengatasi permasalanmu itu. Yuk, langsung saja simak trik berikut.

Rencanakan Sejak Jauh-jauh Hari

Usahakan tidak pergi liburan secara dadakan. Karena dalam waktu yang sudah mepet, kemungkinan besar budget yang harus dikeluarkan akan sangat membengkak.
otomatis
Biasanya kamu bisa mendapatkan harga tiket dan penginapan yang jauh lebih murah saat kamu membelinya dari jauh-jauh hari. Atau mungkin kamu juga bisa memanfaatkan tiket promo yang tak mungkin bisa digunakan jika dilakukan secara mendadak. Tentu akan lebih menghemat biaya bukan?

Pilih Hostel untuk Menginap

Kamu mungkin selama ini terbiasa menginap di hotel berbintang. Padahal kamu bisa memilih hostel sebagai tempat menginap tanpa harus kehilangan kenyaman

Biaya menginap di hostel umumnya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menginap di hotel-hotel berbintang. Biasanya kalau di hostel kamu akan dikenakan biaya perorang, bukan per kamar karena memang biasanya hostel memakai konsep share room. Jadi satu kamar bisa diisi beberapa orang sekaligus.

Membawa Makanan sendiri yang Praktis

Tak salah untuk memanjakan diri berwisata kuliner ketika liburan. Namun kalau mau hemat biaya, jangan pula habiskan seluruh jadwal makan di restoran untuk beli makanan.

Untuk menghemat biaya, kamu bisa kok bawa makanan kemasan biar kamu tak perlu jajan saat liburan. Jadi kamu bisa makan makanan yang kamu bawa dari rumah.

Pilih Jalan Darat

Tentunya kamu akan lebih lekas sampai jika menggunakan jalur udara. Namun sesungguhnya kamu akan lebih hemat jika menggunakan jalur darat. Apalagi jika kamu memilih menggunakan motor.

Selain hemat kamu juga akan dapat pengalaman baru selama liburan. Namun syaratnya kamu harus pilih motor yang nyaman digunakan menempuh perjalanan jauh.

Untuk mempermudah pastikan kamu pakai motor yang bisa dijadikan Teman Satu Tujuan. Untuk motor yang mumpuni digunakan jarak jauh, kamu bisa memilih GSX150 Bandit. Salah satu keunggulannya, body motor varian yang satu ini tegolong ringan. Tentunya kita tak akan mudah lelah menahan motor satu ini. Apalagi Joknya luas sehingga nyaman meski pun digunakan berboncengan.

Jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan oleh suzuki GSX-150 Bandit ini, untuk beratnya hanya berbobot 126 kilogram. Coba bandingkan dengan motorsport 150cc merk sebelah, rata-rata berat motor berkisar antara 130-136 kg.

Untuk dimensi, tampilan dari motor garapan Suzuki ini yang menggunakan rangka Single Cradle yang memang terlihat kekar. Namun tak perlu khawatir, tinggi jok yang 785mm sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia tanpa harus berjinjit.

Selain itu karena motor ini bertipe street bike posisi berkendaranya lebih nyaman. Ya, tipe GSX-150 Bandit ini memang mengadopsi tampilan yang cocok untuk digunakan perjalanan dengan durasi lama dan perjalanan jauh. Karena itu posisi berkendaranya tak terlalu menunduk. Handle barnya dibuat lebar dengan posisi yang berada tinggi di atas tangki dan tempat duduk. Posisi kaki juga jadi tidak terlalu menekuk ke belakang.

Dengan kombinasi macam itu tentunya motor satu ini nyaman untuk dikendarai dalam kota dan untuk penggunaan jarak jauh. Apalagi konsumsi BBMnya termasuk irit. Dengan menggunakan indikator konsumsi bahan bakar yang ada di speedometer, kami mendapatkan rata-rata konsumsi 1 liter BBM untuk jarak di atas 50KM.

5. Mengunjungi Objek Wisata yang Dikelola Pemerintah

Jika uangmu tak terlalu banyak kamu bisa memilih untuk berkunjung ke objek wisata yang dikelola oleh pemerintah.
bijak menulisBiasanya tiket masuk objek wisata yang dikelola oleh pemerintah jauh lebih murah dibanding dengan objek wisata yang dikelola pihak swasta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top