Trending

Sakit Tak Hanya Menyerang Fisik, Tak Ada yang Tahu Kapan Gangguan Jiwa Datang Mengusik

Apa yang ada di benakmu jika kamu diminta ke psikolog? Kira-kira mau tidak? Sejatinya, kebanyakan orang akan merasa takut dan menolak jika diminta ke psikolog. Bukan apa-apa, stereotip yang ada membuat kita  beranggapan kalau orang yang datang ke psikolog itu pasti mengidap sakit jiwa. Lebih menyedihkannya lagi, sakit jiwa itu dianggap sebagai aib yang memalukan. Padahal, tanpa disadari sebenarnya kita yang merasa normal dan baik-baik  sejatinya juga membutuhkan psikolog untuk berkonsultasi.

Apalagi tak ada yang bisa menebak situasi dan kondisi jiwa seseorang. Kamu perlu tahu, bukan hanya jasmani saja yang dapat sakit, mental seseorang pun bisa. Tanggal 10 Oktober ini rutin diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Peringatan yang berlangsung setiap tahunnya pun bertujuan agar orang tak lagi menganggap sakit jiwa sebagai sebuah momok, melainkan sebuah penyakit yang bisa diperangi. Karenanya, penting sekali untukmu mengenali jenis penyakit kejiwaan berikut gejalanya.

Terlalu Perfeksionis Bisa Jadi Tanda Kalau Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian Obsessive Compulsive

Sebagian orang masih beranggapan kalau sifat perfeksionis adalah sebuah kelebihan. Apalagi orang dengan sifat yang demikian punya keahlian untuk berfokus pada detail sehingga tak ingin ada kesalahan yang terjadi. Inilah mengapa sang perfeksionis kemudian menjadi andalan dalam beberapa hal. Tapi kamu harus tahu, tak melulu sifat perfeksionis itu baik. Sebab ada salah satu gangguan kepribadian  yaitu Obsessive Compulsive Disorder dan biasanya dikenali lewat ciri-ciri orang yang terlalu perfeksionis.

Penderita gangguan ini biasanya punya kecenderungan harus melakukan segala hal dengan benar. Kalau tidak, hal itu bisa mengganggu produktivitas mereka. Dengan sifatnya yang terlalu perfeksionis, umumnya penderita jadi terjebak pada hal-hal yang detail, mereka menetapkan standar yang tinggi namun jadi tidak rasional baik untuk dirinya maupun orang di sekitarnya. Mereka dengan penyakit ini biasanya kesulitan untuk bersosialisasi dan bekerja dalam tim lantaran sulit percaya dengan orang lain.

Moodswing Nan Ekstrim Ternyata Salah Satu Ciri Terkuat Seseorang Mengidap Bipolar

Kamu pernah menonton film Silver Lining Playbook? Pat Solitano (Bradley Cooper) awalnya sakit hati karena pengkhianatan oleh sang istri. Hal itu berdampak pada kejiwaan Pat dimana ia tak bisa mengendalikan diri. Emosinya yang meledak-ledak dan mudah tersinggung membuatnya kelimpungan. Setelah diperiksa, ia ternyata didiagnosis mengidap bipolar disorder.

Gangguan bipolar biasanya ditandai dengan moodswing yang hebat serta perubahan perilaku. Penderita akan mengalami perubahan mood yang dramatis. Pengidap bipolar punya dua ‘episode’ dalam hidupnya. Yaitu episode mania dan episode depresi.

Pada fase mania yang bisa berlangsung selama beberapa jam, hari, atau minggu, penderita bipolar biasanya menunjukkan perilaku yang ekstrem dan tak terkendali. Dalam beberapa kasus, penderitanya sampai tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari seperti bersekolah dan kerja, hingga harus masuk rumah sakit. Inilah yang biasanya terjadi pada episode mania.  Sementara pada episode depresi, penderitanya akan menunjukkan kesedihan atau keputusasaan yang tidak wajar.

Skizofrenia Membuat Penderitanya Harus Menjalani Pengobatan Seumur Hidup

Istilah “skizofrenia” berasal dari bahasa Inggris yaitu schizophrenia yang memiliki arti “pikiran terbagi atau terpecah” dimana hal itu mengacu pada terganggunya keseimbangan pada emosi dan pikiran. Mengutip dari Mayo Clinic, skizofrenia bisa diartikan sebagai sekelompok gangguan berat pada otak dimana orang akan menafsirkan realitas dengan abnormal, tidak seperti orang pada umumnya.

Orang yang mengalami hal ini akan mengalami beberapa hal seperti halusinasi, khayalan, dan gangguan pada pemikiran dan perilaku. Mayoritas dari penderitanya mengalami rasa takut yang luar biasa. Biasanya, penyakit ini mulai muncul pada usia dewasa muda. Ironisnya, pengidap skizofrenia harus terjebak dengan situasi yang kronis dimana penderitanya harus terus menerus melakukan pengobatan dan perawatan seumur hidup mereka.

Insomnia Tak Melulu Berkaitan dengan Gangguan Tidur, Penderita PTSD Pun Mengalami Hal yang Sama

Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah salah satu gangguan kejiwaan yang bisa membuat sifat seseorang berubah drastis dalam waktu singkat atau dalam kurun waktu yang cukup lama dari kejadian yang membuatnya trauma. Gangguan ini dipicu oleh kejadian tragis yang pernah dialami oleh seseorang. Misalnya, ia pernah jadi korban kecelakaan lalu lintas, bencana alam, tindak kejahatan seperti pemerkosaan atau perampokan, hingga trauma akibat ditinggal orang tersayang meninggal.

Jiwanya akan terganggu lantaran selalu mengingat detail mengerikan dari kejadian tragis atau sering bermimpi buruk tentang kejadian tersebut. Pola pikirnya pun cenderung menjadi negatif terhadap diri sendiri, orang lain dan masa depannya yang berkaitan dengan traumanya. Perubahan emosi yang menjadi gampang uring-uringan, waspada berlebihan, insomia, mudah terkejut, dan takut.

Ketika dirimu menemukan situasi seperti ini, entah pada dirimu sendiri atau orang lain, jangan ragu untuk konsultasi kepada terapis ataupun psikolog untuk memperbaiki gangguan yang terjadi. Selain itu, jangan sungkan untuk bercerita kepada orang yang tepat agar kamu juga mendapatkan kelegaan dan penanganan yang tepat. Jangan biarkan orang dengan gejala penyakit kejiwaan ini justru merasa sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Melanie Putria dan Angga ‘Maliq & D’Essentials’, Resmi Bercerai!

Berbeda dengan Angga yang tak tampak dalam persidangan, Melanie Putria terlihat hadir dengan didampingi oleh kuasa hukumnya, pada sidang perceraiannya, yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat, kemarin Senin (21/1).

Dan atas kesepakatan bersama, keduanya akhirnya resmi bercerai sebagaimana hasil putusan yang dibacakan oleh hakim.

“Hari ini dikarenakan bukti sudah cukup, keterangan saksi juga sudah menguatkan alhamdulillah hari ini juga sekalian putusan. Sudah resmi bercerai,” ujar Indah Dewi Yani, kuasa hukum Melanie saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, dikutip dari laman detik.com.

Ternyata proses perceraian keduanya sudah sejak lama dilangsungkan dan sepakat berpisah dengan baik-baik. 

Sebelumnya, keduanya menikah pada 7 Maret 2010 lalu. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Sheemar Rahman Purariredja. Jarang terlihat dalam gosip miring, keduanya tampak mesra di sosial media. Namun, mendadak harus berpisah setelah 8 tahun berumah tangga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dihargai Rp. 1.500/Kg, Petani di Banyuwangi Buang Buah Naga ke Sungai

Dinilai tak mendapat harga yang cukup mempuni, beberapa petani buah Naga di Bayuwangi terlihat membuang hasil panen ke sungai. Hanya dihargai sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilogram (kg). Tindakan para petani yang membuang buah naga ke sungai ini jadi salah satu bentuk protes atas merosotnya harga buah tersebut.

Dikutip dari laman Detik.com, Hari candra setyawan (29), warga Dusun Silirbaru Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi mengaku, anjloknya buah naga di Banyuwangi membuat dirinya merugi.

“Terpaksa saya buang ke sungai karena memang tidak laku. Dijual pun juga tidak nutut dengan ongkos petani,” ujarnya kepada wartawan, Senin (21/1/2019).

Dan dari foto dan video yang beredar luas di dunia maya, konon kegiatan membuang buah naga tersebut adalah kali kedua. “Ini bentuk protes kami karena buah naga dari Banyuwangi tidak laku dipasarkan. Kemarin kita buang 100 kilo. Ini lebih banyak lagi. Hampir 200 kilogram,” tambahnya.

Dianggap tak bisa mengembalikan modal, beberapa petani buah naga di wilayah sekitaran Banyuwangi, yakni di Dusun Resomulyo, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, akhirnya mempersilahkan masyarakat untuk memetik sendiri buah naga di kebunnya.

“Silakan kalau mau ambil sendiri di kebun. Gratis. Harga tidak nutup dengan ongkos petik,” ujar Ukri, dikutip masih dari laman yang sama.

Situasi ini sudah berjalan sekitar 2 minggu lebih, padahal menurut Ukri para petani baru bisa dikatakan mendapat untung jika harga buah naga diatas Rp. 6.500/kg.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Brad Pitt dan Charlize Theron Dikabarkan Menjalin Hubungan

Dua tahun pasca, prahara rumah tangganya usai dengan Angelina Jolie. Aktor Brad Pitt dikabarkan tengan berkencan dengan aktris peraih Piala Oscar, Charlize Theron. Konon, keduanya bertemu karena dikenalkan oleh mantan tunangan Theron, yakni Sean Penn.

Dilansir dari The Sun, keduanya mulai terlihat menjalin hubungan usai Natal tahun lalu. Dengan kata lain, ini akan jadi hubungan serius pertama yang Pitt jalani usai berpisah dengan Jolie pada tahun 2016 lalu.

Masih dari laman yang sama, seorang sumber mengatakan jika  “Mereka sudah saling ketemu hampir sebulan ini. Mereka awalnya berteman biasa, ironisnya dikenalkan oleh Sean, tapi kemudian hubungan keduanya mulai semakin dekat.”

Maka tak heran, jika akhir pekan minggu lalu, keduanya tampak bersama usai pemutaran film yang berbeda pada Sabtu malam. Dimana Brad Pitt pergi menonton “If Beale Street Could Talk” di sebuah rumah pribadi di Hollywood Hills. Karena dirinya menjadi eksekutif produser. Sedangkan Theron menjadi salah tamu istimewa di pemutaran film “Roma” di Chateau Marmont, LA.

Selepas menghadiri acara masing-maing, Brad terlihat datang untuk menemui Chateu. Berganti baju dan bergabung duduk di salah satu sudut bar bersama dengan Charlize. Terlihat jika Charlize minum vodka sementara Brad minum air putih.”

Namun hingga saat ini, perwakilan Brad Pitt masih enggan untuk berkomentar tentang kabar ini.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top