Feature

Sains Buka Suara Tentang Makhluk Luar Angkasa Apabila Kehadirannya Ada di Sekitar Kita

Sains atau ilmu pengetahuan  memang mempelajari alam semesta yang masih menyimpan banyak sekat-sekat misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya tentang adakah kehadiran mahluk lain selain manusia yang mendekam selama jutaan tahun lamanya di bumi. Alien, adalah salah satu spesies lain yang dianggap nyata namun juga diragukan kebenarannya lantaran tidak ada bukti dan tanda yang kredibel kalau makhluk ini ada.

Rasa penasaran yang membumbung tinggi, membuat orang menjadi penasaran untuk membuktikan. Almarhum Stephen Hawking merupakan salah satu orang jenius di dunia yang menyakini kala alien itu ada. Menurutnya, kita ini terlalu arogan kalau menganggap manusia sebagai satu-satunya makhluk yang tinggal di tata surya. Jumlah bintang dan planet begitu banyak, tak mungkin kalau cuma manusia yang berevolusi.

Langkah Stephen pun tidak main-main ketika ia mendukung proyek miliarder Rusia, Yuri Milner dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, yang dikenal dengan nama Breakthrough Listen initiative yang bertujuan menemukan peradaban alien di dunia ini. Apabila alien bener ada dan datang, berikut beberapa keterampilan alien  yang dikemukakan secara sains.

Alien Diyakini Memiliki Sifat Agresif

Sumber : Deseretnews.com

Sebagaimana mahluk yang berada di bumi, agresif merupakan bentuk yang alami yang dimiliki. Keberadaan dan ancaman bisa disikapi secara agresif sebagai bentuk perlawanan atau perjuangan, contohnya seperti hewan saat mempertahankan habitat. Sedangkan manusia tak selalu agresif, memiliki kadar intelegensia tinggi di kalangan makhluk hidup, hingga membuat manusia berpikir guna memanfaatkan hewan ternak.

Nah, lewat konsep tersebut, sebuah universitas di Amerika Serikat, University of Missouri, membuat sebuah jurnal yang menyatakan kalau alien adalah makhluk agresif. Bahkan mereka lebih segan dari manusia terutama untuk menaklukkan lingkungan baru guna menjadi lebih maju atau canggih.

Kebal Akan Rasa Sakit Seperti Virus dan Bakteri

Secara awam kita bakal terkena flu apabila udara dingin, namun hal tersebut belum tentu berlaku pada hewan seperti anjing. Hal ini diyakini karena bakteri, virus, dan kuman telah berevolusi untuk bertahan pada DNA manusia yang unik.

Sebuah analisis yang diungkap di situs web The Institute of Electrical and Electronics Engineers dan didukung pernyataan Seth Shostak, insinyur senior di SETI, menyebut bahwa infeksi bakteri dan virus terbatas pada bentuk kehidupan yang terkait secara biokimia. Dengan kata lain jika ada alien yang datang ke bumi atau manusia yang datang ke planet lain, merekat tak akan dapat terserang. Lantaran infeksi dan bakteri berbeda dengan habitat di mana mereka tinggal.

Alien Memiliki Alat yang Canggih Serupa di Film-film Layar Lebar

Sumber : Huffingtonpost.com

Andai saja kita berpatokan alien sama seperti di film, barang tentu tidak terlalu relevan. Karena latar belakang film merupakan imajinasi. Namun, kalau alien bisa sampai ke bumi berarti mereka memiliki alat yang canggih. Karena tidak mudah untuk menembus atmosfer bumi, bahkan meteor saja bisa terkuliti akan lapisan tersebut. Apalagi manusia pun telah mengalami evolusi sehingga bisa menciptakan alat yang canggih seperti sekarang. Kalau begitu, apakah alien setara dengan kita atau sebaliknya ya?

Memiliki Bentuk yang Unik Karena Adanya Pembentukan yang Spesifik

Kalau di film, alien dipertontonkan memiliki mata lebar, bertubuh kecil dan berlendir, serta serupa dengan manusia. Akan tetapi kalau berbicara dari ranah ilmu pengetahuan hal ini tak bakal terjadi. Sebab manusia berkembang karena perubahan lingkungan yang spesifik. Sebagai contoh kalau ibu jari yang dimiliki manusia berkembang karena adanya pohon untuk dipanjat.

Tentu saja hal ini tidak terjadi kalau alien tersebut dari planet yang kecil dan mungil. Anggap saja tak ada pohon dan tentu saja perkembangan struktur alien tak serupa dengan manusia, bukan? Seperti yang dikutip dari sebuah situs Museum Sejarah Smithsonian yang menyatakan kalau manusia memiliki struktur berdiri tegak karena memang manusia butuh eksplorasi lebih jauh.

Dan Sudah Jelas Kalau Alien Tak Memiliki Kekuatan Super Seperti yang Selama Ini Digambarkan

Sumber : History.com

Ya lagi-lagi namanya juga film, guna menciptakan alur cerita yang seru terkadang memasukan plot twist adalah hal unik. Karena sains menjelaskan kalau budaya ilmiah yang maju pada sebuah spesies tak bakal menambahkan kekuatan fisik layaknya kekuatan super. Sebaliknya kemampuan yang tinggi terlihat diikatan sosial yang kuat, seperti kemampuan komunikasi yang canggih, hingga terampil secara motorik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dorce Gamalama Sudah Nyaman Tinggal Amerika Serikat

Belum lama ini Dorce Gamalama menceritakan pengalaman ketika tinggal di Amerika Serikat. Dorce menjelaskan bahwa ia tinggal di Amerika Serikat selama enam bulan dan di Indonesia selama enam bulan. Ia pun mengungkapkan alasan kenapa tidak bisa menetap di Amerika lebih dari enam bulan.

“Iya saya memang di Amerika sekarang, jadi 6 bulan di sana, 6 bulan pulang. Kita kan enggak boleh stay di sana, harus balik dulu. Nanti sudah berapa tahun kita baru punya green card, saya dua tahun lagi baru punya green card jadi mesti bolak-balik,” ucap Dorce seperti dikutip viva.co.id, Kamis (21/3).

Aktris berusia 55 tahun itu juga mengungkapkan alasannya kenapa memilih tinggal di Amerika Serikat. Bagi Dorce, tinggal di Amerika sangat memberinya ketenangan.

“Enggak ada alasan pokoknya enak saja, pokoknya lebih di sana tidak ada istilah nanya lu apa, bangsa apa, agama apa, enggak ada, kita menjalankan tanggung jawab kita masing-masing sebagai manusia,” tuturnya.

Pemain film Hantu Biang Kerok itu juga mengatakan bahwa ia sudah tinggal bolak-balik Indonesia Amerika sejak tahun 2014 lalu. Alasannya memilih Amerika juga karena Dorce sangat kagum dan menyukai kota New York.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Aura Kasih Tak Ragu Memegang Ular Sekalipun Sedang Hamil

Penyanyi Aura Kasih kini tengah mengandung buah cintanya dengan sang suami, Eryck Amaral. Dalam beberapa unggahannya di akun Instagram, Aura Kasih tampak berfoto dengan ular. Warganet mengira bahwa Aura tengah mengidam memegang ular. Namun, Aura membantahnya.

“Wah gila, enggak (ngidam ular), kalau ular itu memang sudah punya dari dulu, tapi karena hamil dia aku titipin ke teman aku. Kebetulan, bawain lagi dong ularnya ke sini, mau liat lagi, seperti apa, gitu aja,” kata Aura seperti dikutip dari kompas.com, Kamis (21/3). Kebiasaan Aura yang akrab dengan ular saat hamil juga sempat mendapat protes dari pengikutnya di Instagram.

“Banyak yang DM, ‘Mbak lagi hamil, jangan, istighfar, karena itu binatang jelek’. No, menurut aku semua binatang lucu, kata aku. Enggak boleh bilang jelek,” ujar Aura lagi. Ia menganggap hal ini sebagai latihan untuk anaknya saat lahir agar jadi penyuka binatang. Bagi Aura, ia sangat menyukai ular terutama jenis piton.

“Aku memang suka ular dan aku suka pitonku. Yang kecil itu punyaku, kalau yang gede, yang difoto punya temanku,” paparnya. Selama hamil, Aura mengaku selalu ingin melihat hewan-hewan yang menurutnya lucu dan menggemaskan.

“Enggak ada ngidam. Jujur, kalau ngidam lebih ke pengin liat binatang-binatang lucu. Kalau aku lagi lihat di Instagram pasti lihatnya kucing, anjing, binatang lucu aja,” jelas Aura.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Tiga Anak, Ririn Dwi Ariyanti Bersyukur Tetap Diberi Kebebasan untuk Bekerja oleh Sang Suami

Aktris Ririn Dwi Ariyanti mendapat kebebasan untuk bekerja dari sang suami, Aldi Bragi. Ia pun bersyukur karena itu.

“Apa pun aktivitas saya, saya selalu dapat dukungan. Untungnya didukung terus sama suami,” kata Ririn seperti dikutip kompas.com, Kamis (21/3). Kendati aktif bekerja, Ririn tetap menyadari tugasnya sebagai sebagai seorang istri dan ibu untuk tiga anaknya. Ia tidak mau kesibukannya dalam bekerja malah membuat keluarganya terabaikan. Soal membatasi pekerjaan, Ririn mengakui bahwa suaminya juga memberikan nasihat mana yang harus diambil atau tidak.

“Kalau (suami) membatasi kalau di luar dari pekerjaan ya. Aku dibatasi. Tapi, kalau pekerjaan ini (kegiatan shooting) sudah dari bagian aktivitas aku. Itu tetap terus konsisten sih. Shooting menyesuaikan dengan kebutuhan,” ujar Ririn.

Ia menikah dengan Aldi Bragi pada 11 Juli 2010. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai tiga anak. Putri pertama mereka, Siti Alana Kalyani lahir pada 13 Oktober 2011. Dua tahun kemudian, tepatnya 12 Januari 2013, Ririn melahirkan anak kedua. Anak ketiga pasangan tersebut, Rami Alfie Utomo, lahir pada 15 April 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top