Trending

Rayakan Hari Air Sedunia, P&G Tunjukkan Kepeduliannya Akan Air Bersih di Berbagai Negara

Untuk yang belum tahu, sebenarnya peringatan Hari Air Sedunia jatuh pada tanggal 22 Maret lalu. Diumumkan untuk yang pertama kali diumumkan pada sidang umum PBB ke-47 pada tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Untuk kemudian terhitung sejak tahun 1993, peringatan ini selalu dirayakan, dengan tujuan dapat jadi salah satu bentuk kesadaran manusia akan pentingnya air dalam kehidupan.

Mari kita buka-bukaan, kamu mungkin sering sekali mengambil air minum namun tak meminumnya hingga habis dan akhirnya tersisa lalu terbuang sia-sia. Yap, itu sudah jadi salah satu kebiasaan buruk kita dalam hal konsumsi air minum sehari-hari.

Padahal faktanya ada sekitar 2,1 miliar penduduk dunia, yang masih belum memiliki akses air bersih yang sejatinya adalah hak asasi manusia. Dan beberapa saudara kita sebangsa pun turut serta di dalamnya. Sebab hingga kini, masih banyak masyarakat dipedalaman yang belum bisa mengkonsumsi air bersih dengan layak dan mudah. Jadi tak heran, jika angka kematian pun kerap bertambah setiap harinya.

Jadi tonggak utama kehidupan manusia, air memiliki peranan sangat penting untuk kehidupan yang kita jalankan. Bahkan hampir semua hal yang kita lakukan selalu ada air yang berperan. Nah, ini pulalah yang menjadi salah satu perhatian dari P&G. Sebab baru-baru ini dalam rangka merayakan Hari Air Sedunia tahun ini. P&G bekerjasama dengan National Geographic Channel, merilis sebuah film dokumenter berjudul “The Power of Clean Water”.

Tayangan ini bercerita akan kondisi 663 juta orang di seluruh dunia yang saat ini hidup dengan keterbatasan akses akan air bersih setiap hari. Tapi menariknya, film dokumenter ini menampilkan apa saja dampak positif yang dapa ditimbulkan oleh air bersih dalam kehidupan tiga orang wanita, yang juga telah merasakan manfaat baik dari salah satu program besutan P&G yakni, Program Children’s Safe Dringking Water, dari 3 negara yakni Indonesia, Kenya dan Meksiko.

Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh P&G dari program CSDW ini adalah, untuk memaksimalkan pasokan air bersih bagi mereka yang memang benar-benar membutuhkan. Sebab biar bagaimanapun, situasi ini sangat memberikan pengaruh banyak pada kehidupan yang mereka jalankan.

Orangtua yang bisa lebih punya banyak waktu untuk bekerja, anak yang tak lagi sakit perut hanya karena minum air mentah, tak lagi mencari kayu hanya untuk memasak air, dengan kata lain mereka punya lebih banyak waktu untuk bisa fokus belajar dan ke sekolah.

Sedikit tentang program Chindren’s Safe Dringking Water, ini adalah salah satu bentuk upaya dan juga komitmen dari P&G, untuk memberikan pengarahan dan edukasi tentang pentingnya upaya melakukan kebaikan dan juga mendorong perteumbuhan masyarakat di seluruh dunia.

Dan melalui bantuan dari lebih 150 mitra di seluruh dunia yang terlibat didalamnya. P&G telah menyediakan lebih dari 13 miliar liter air bersih dengan menargetkan 15 miliar liter air bersih pada tahun 2020 mendatang. 

Dengan modal keahlian dan pengembangan inovasi dan riset konsumen, para ilmuan di P&G ‘mengubah’ sistem pengelolaan air kotor menjadi air bersih yang layak pakai, dengan produk sederhana berupa bubuk Purifier of Water sachet empat gram.

Teknologi ini memudahkan setiap orang yang ingin mendapat air bersih di tengah keterbatasa pasokan air yang ada. Sebab hanya dengan menggunakan embel, sendok dan kain sebagai penyaring serta bubuk P&G Purifier of Water, setiap orang dapat memurnikan air 10 Liter yang tadinya kotor hanya dalam waktu 30 menit.

Di Indonesia sendiri, program CSDW pertama kali ada dan dijalankan, sejak 2004 lalu ketika Aceh dilanda bencana Tsunami, dan telah membantu puluhan ribu keluarga di seluruh Indonesia yang juga menjadi korban bencana. Mulai dari Padang, Yogyakarta, Jakarta, dan beberapa lokasi di daerah Jawa Tengah, Papua dan lain sebaginya.

Dan sejak tahun 2015 lalu, P&G Indonesia telah mengukuhkan komitmen menyediakan 65 juta liter air bersih kepada lebih dari 8.000 keluarga di Nusa Tenggara Timur dan pada tahun 2017 lalu, ada skeitar 3.000 keluarga di kabupaten Malawi, Kalimantan Barat yang juga telah mendapat 22 juta liter air bersih.

Kemarin rabu malam, 04 April 2018bertempat di America Pasicif Place Candar Dethan selaku Zonal Manager Eastern Zone ChildFund International, mengatakan bahwa “Wanita dan anak-anak perempuan di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, menghabiskan setidaknya enam jam setiap hari untuk mengumpulkan air, ini setara dengan 40 miliar jam setiap tahun dikeluarkan hanya untuk mendapatkan air yang aman untuk dikonsumsi. Padahal, waktu berharga yang  mereka miliki ini dapat dimanfaatkan lebih baik lagi untuk bekerja dan/atau mengenyam pendidikan,”

Dan akan sangat membantu sekali, kita kita bisa membantu sesama, sebangsa dan setanah air untuk mendapatkan air bersih yang layak untuk dikonsumsi. Untuk itulah, program CSDW ini ada, dan berjalan hingga kini.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana P&G menyoroti dan berupaya untuk memberi kontribusi pada isu ini, silahkan tonton film dokumenter yang jadi saksi atas perjalanan yang telah mereka lakukan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Jawaban Ilmiah Tentang, Apakah Perempuan Bisa Hamil Tanpa Seks?

Apakah kamu pernah mendengar perihal perempuan yang bisa hamil bahkan tanpa berhubungan seks sekalipun? Banyak cerita yang membenarkan hal tersebut namun pada kenyataannya alasan mereka salah kaprah. Nah buat kamu yang masih bingung apakah perempuan memang bisa hamil meski tanpa melakukan hubunga seks, ini jawabannya.

Perempuan Memang Bisa Hamil Tanpa Seks Penetrasi Vagina, Tapi…

Benar memang jika perempuan bisa hamil tanpa adanya seks penetrasi vagina, namun ada beberapa hal yang perlu diluruskan. Kemungkinan perempuan bisa hamil tanpa penetrasi vagina sangatlah kecil. Lantas bagaimana bisa perempuan hamil tanpa adanya ejakulasi di dalam vagina?

Sel Reproduksi Laki-laki Memiliki Jumlah Mencapai 20 Juta dalam 1 Mililiter Air Mani

Sperma memang bisa bertahan selama beberapa menit di udara bebas, namun hal ini juga bergantung pada dimana sperma jatuh. Air mani bisa bertahan cukup lama jika berada di kulit selangkangan atau belahan pantat. Air mani akan lebih cepat mati jika jatuh ke lantai, air dingin terlebih jika jumlahnya besar seperti di kolam dan semacamnya.

Bukan Hal yang Mustahil Sperma Bisa Masuk ke dalam Vagina Jika Berada Dekat dengan Vulva atau Lubang Vagina

Jika kamu sudah paham tentang sperma, selanjutnya kamu bisa mulai memahami tentang apa saja yang mungkin bisa menyebabkan kehamilan perempuan tanpa adanya penetrasi vagina. Hal ini juga diakibatkan oleh sperma yang bisa saja masuk dalam vagina jika keberadaannya ada di dekat vulva atau lubang vagina.

Kemungkinan Perempuan Bisa Hamil dengan Adanya Ejakulasi di Atas atau di Dekat Vulva-nya

Meski tak ada ejakulasi di dalam vagina, namun ejakulasi di atas atau di dekat vulva memiliki peluang untuk membuat perempuan hamil. Hal ini karena air mani yang tumpah di atas mulut vagina memiliki kemungkinan untuk teroles bahkan bergerak masuk ke dalam saluran vagina.

Peluang Lain Bisa Terjadi Jika Sisa Air Mani Segar di Jari atau Benda Lain di Gosokkan di Bibir Vagina atau Dimasukkan ke Dalamnya

Sperma yang menempel di jari maupun benda lain lantas digosokkan di bibir vagina atau di masukkan ke dalamnya memiliki peluang untuk membuat perempuan hamil. Jadi meskipun memakai alat kontrasepsi, peluang hamil tetap ada meski tak benar-benar melakukan hubungan seks penetrasi vagina.

Semakin Dekat Sperma dengan Vulva Maka Semakin Tinggi Peluang Perempuan untuk Hamil Meski Tak Ada Penetrasi Vagina

Jika ada sperma yang tumpah di telapak kakimu, tentu kemungkinan untuk hamil hampir tak ada. Karena semakin jauh posisi sperma dari vulva, maka semakin kecil peluang untuk hamil. Sebaliknya, semakin dekat sperma dengan vulva, maka peluang hamil pun akan lebih besar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Kata dalam Bahasa Inggris yang Memiliki Dua Makna Berbeda

Dalam belajar bahasa Inggris, terkadang kita mengalami kesulitan dalam memaknai sebuah kata. Terlebih jika kata tersebut memiliki dua makna atau lebih yang berbeda. Nah, untuk itu kami ingin membantumu lebih memahami tiap kata yang memiliki makna ganda. Coba baca lebih lanjut ya…

1. Back

Sebagian besar orang memaknai kata back dengan arti “belakang”. Namun ternyata, selain arti tersebut, kata back juga memiliki makna lain, yaitu “punggung”.

2. Second

Kata second nyatanya tak hanya berarti “detik”. Kata ini memiliki makna lain, yaitu “kedua”. Jadi selalu perhatikan konteks kalimatnya sebelum memaknainya ya.

3. Well

Saat kamu mendengar kata well, apa yang kamu pikirkan mengenai arti kata tersebut? Kata ini sering diartikan “baik”. Namun selain itu, kata well juga memiliki makna lain, yaitu “sumur”.

4. Mine

Jangan sampai tertukar dalam memaknai kata ini ya? Kata mine memang pada umumnya diartikan “milikku”. Namun selain makna tersebut, kata mine juga bermakna “ranjau”.

5. Bolt

Kata bolt memiliki dua makna berbeda loh. Jadi mana yang kamu maksud? Makna “baut” atau makna “gemuruh petir”.

6. Bat

Kedua makna kata bat sangat berbeda jauh, jadi jangan lupa untuk selalu teliti dalam melihat konteks kalimatnya. Yang satu bermakna “kelelawar”, yang satu bermakna “kayu pemukul”.

7. Jam

Hati-hati memaknai kata yang satu ini, kata jam memiliki dua makna yang jauh berbeda. Makna jam adalah “selai” dan “macet”.

8. Watch

Makna dari kata watch di antaranya adalah sebagai verb dan juga noun. Yang satu artinya “melihat” dan yang satunya lagi “jam tangan”.

9. Bark

Kata bark memiliki dua makna yang berbeda. Sama halnya dengan kata watch, kata bark juga memiliki makna sebagai verb dan noun. Makna kata kerjanya adalah “menggonggong” dan kata bendanya adalah “kulit pohon”.

10. Can

Kata can ternyata juga memiliki dua makna yang berbeda loh. Jangan sampai salah ya. Ada makna yang berarti “bisa” dan juga makna “kontainer”. Usahakan untuk memaknai sebuah kata dari konteks kalimatnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Bagi Kamu Pejuang LDR, 7 Kutipan Boy Candra Ini Mungkin Bisa Menguatkan Hatimu

Boy Candra merupakan seorang penulis asal Sumatera Barat yang lahir pada 21 November 1989. Dia termasuk penulis yang aktif di media sosial. Seringkali dia mengunggah penggalan kutipan dari 12 buku karangannya yang sudah tersebar di nusantara. Berikut adalah kutipan Boy yang cocok jadi penyemangat bagi kamu para pejuang LDR.

1. Semoga Kamu Kuat dalam Merindu

Pacaran jarak jauh memang tak semudah air yang jatuh, tetapi pacaran jarak jauh mampu menumbuhkan rindu yang utuh.” – Boy Chandra

2. Jarak Bukanlah Sebuah Penghalang Sebuah Hubungan

“Sejauh apapun kamu pergi, tetap saja bayangmu yang kubawa.” – Boy Chandra

3. Intinya, Mencoba Perbaiki Diri Satu Sama Lain

“Tetaplah fokus pada pekerjaanmu, pendidikanmu, dan hal-hal baik yang kau lakukan. Kalau memang dia yang terbaik, dia akan tetap menjaga hatimu meski tak selalu mengabarimu. Namun jika dia bukan yang terbaik, setidaknya kau tetap menjadikan dirimu yang terbaik dengan menggapai impianmu. Nanti, kamu juga akan ditemukan seseorang terbaik saat kamu menjadikan dirimu lebih baik.” – Boy Chandra

4. LDR = Lelah Dilanda Rindu

“Kau tidak tahu, aku menenangkan debar dada sendiri. Perasaan yang bergemuruh sepanjang hari. Rasanya ingin terus bersamamu; menatap matamu, mendengar suaramu. Berlama-lama menghabiskan waktu, menikmati apa saja. Asal denganmu. Mungkin, ini yang dikatakan rindu, sedalam dalamnya rindu.” – Boy Chandra

5. Jangan Lelah Menunggu

“Jangan berjarak terlalu jauh, agar aku bisa berjalan dengan melihatmu utuh. Jangan mendekap terlalu erat, agar aku masih bisa bernapas untuk segala yang aku ingat. Bagiku, kau adalah arah pulang. Persimpangan mana pun yang kutempuh, padamu juga aku akan datang.” – Boy Chandra

6. Jodoh Tak akan Lari Kemana-mana

“Jangan memikirkan hal yang tidak ada. Kau hanya perlu meyakini, jika memang kita disuratkan di jalan ini. Maka tak ada satu pun yang perlu kita risaukan. Jika memang bukan dikehendaki yang Maha Tinggi, kita akan belajar lagi saling mengikhlaskan. Fokuslah pada hal-hal baik dalam hari-harimu. Jaga baik-baik semua rasa rindu.” – Boy Chandra

7. Berjuang Bersama akan Terasa Lebih Indah

“Di usia yang sudah melewati masa remaja. Cinta tak hanya sekadar bersama setiap waktu. Bukan perkara harus ada saat kamu butuh dia, kapan pun itu. Juga bukan apa pun yang kamu mau dia bisa melakukannya, meski mengabaikan kegiatannya.” – Boy Chandra

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top