Feature

Rangga, Yang Kamu Lakukan Ke Saya Itu Jahat!

Film Indonesia mungkin tak kan pernah sama jika film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) tidak pernah di rilis tahun 2002 lalu. Berlebihan? Well, Buat mereka yang tak mengalami kerian dan hype film Ada Apa Dengan Cinta pertama mungkin sulit membayangkan seberapa besar film itu dahulu.

Namun sesungguhnya banyak hal yang menjadikan film ini bukan sekedar film Indonesia biasa dan lainnya. Yuk, adik-adik yang dulu belum merasakan keriaannya, kita ceritakan apa yang membuat film ini layak jadi legenda perfilman Indonesia.

Tanpa AADC, Saat ini Kamu Mungkin Hanya Bisa Menonton Pocong Yang Merindukan Kuntilanak

aadc poster

Sekarang ini film Indonesia memang juga belum jadi raja di negeri sendiri. Tapi 14 tahun lalu, kondisinya jauh lebih miris bikin kita mengelus dada. Seniman-seniman film ramai-ramai menyambangi televisi dan tak berani berjudi menggelontorkan budget besar untuk membuat layar lebar.

Boleh dibilang film yang memang layak tayang dan masuk kategori box office cuma ada satu setiap tahunnya. Iya cuma satu! Tahun 2000 ada film anak-anak Petualangan Sherina, kemudian 2001 film horor Jelangkung dan tahun berikutnya 2002 film Ada Apa Dengan Cinta.

Jadi jangan membayangkan kondisi seperti sekarang ketika kita bisa punya banyak sekali pilihan. Karena selain film macam AADC ini, kita hanya punya alternatif film-film horor sex berbudget rendah yang cuma layak tayang di situs-situs porno. Bisa dibilang AADC jadi penyelamat dunia perfilman Indonesia, dan mejaga semangat para sineas Indonesia. Simplenya, tanpa AADC kamu, aku, kita saat ini mungkin cuma bisa menonton pocong yang pacaran sama kuntilanak di layar lebar Indoensia.

AADC, Bikin Kita Penyuka Sastra Naik Level Jadi Selebriti

AADC Cinta

Dulu itu sastra macam puisi, prosa bahkan novel sekalipun seolah hanya milik kalangan tertentu. Daya tariknya tidak semasif seperti sekarang ini. Nah, film AADC harus diakui telah membuat masyarakat Indonesia lebih senang dengan puisi dan kawan-kawannya.

Hal ini juga diamini Aan Mansyur, yang dipercaya membuat puisi untuk film AADC 2 yang akan tayang. Menurutnya bagaimana pun AADC punya sumbangsih besar sekali membuat wajah puisi Indonesia seperti sekarang.

“Jadi orang tiba-tiba juga membaca puisi, anak-anak muda dulu atau orang dulu mungkin pikir puisi cuma yang tua-tua banget. Kita enggak membayangkan anak-anak muda bawa-bawa buku puisi, baca puisi. Terlibat di sini sekarang artinya membuat saya sebagai orang yang menulis puisi bisa lebih percaya diri,” terang Aan.

Rangga Menunjukan Jadi Keren Itu Tak Cuma Dominasi Anak Gaul, Anak Basket, Anak Band Dan Anak OSIS

aadc rangga

Yup, jalur kepopuleran anak remaja masa itu memang hanya didominasi ekskul basket, ekskul musik atau yang tergabung di OSIS. Sisanya hanya penghias buih-buih keramaian sekolah.

Namun karakter Rangga mendobrak semua itu. Ia yang hanya menonton dari pinggir ketika ada tanding basket. Ia yang hanya menonton tenang di dalam café penuh musik dan ia yang penampilannya berantakan berambut keriting bisa muncul sama kerennya dengan atlit basket berambut rapih dan pendek. Rangga jadi pahlawan anak-anak introvert yang lebih suka berdiam diri di kesunyian.

Tapi Cinta Membela, Bahwa Menjadi Anak Gaul Itu Tak Berarti Jadi Jahat

aadc cinta rangga

Karakter Cinta muncul sebagai antitesa rangga. Gambaran anak sekolah yang populer. Namun karakter ini menjadi penyeimbang citra buruk anak gaul yang cenderung negatif pada masa itu. Cinta bisa pergi ke café, bisa pergi ke konser musik namun di sisi lain bisa berbincang akrab dengan Mang Diman penjaga kebersihan sekolahnya.

Untuk mereka yang menilai negatif anak-anak gaul, Cinta kemudian bertanya:

“Oh udah bisa, baca pikiran anak-anak gaul kayak gue sama temen-temen gue?”

Rangga Dan Cinta Bikin Kita Kaget Karena Bisa Menonton Ciuman Sayang Di Layar Yang Begitu Besar

aadc cium

Lah khan adegannya cuma begitu saja, tidak juga menjurus seks? Jangan lah membayangkan keterbukaan sudah seperti sekarang. Ya, di masa itu film Indonesia sangat alergi dengan adegan sayang bin mesra. Beranjak dari era tahun 70-an, film-film 80 hingga 90-an tak lagi bisa menayangkan adegan-adegan kasih sayang. Umumnya film Indonesia mengganti adegan pelukan, ciuman dan sejenisnya dengan tayangan kain korden, vas bunga yang pecah, atau lainnya untuk menggambarkan kemesraan.

Tapi entah keberanian apa yang muncul di benak Miles production kala itu. Tiba-tiba di akhir film kita bisa melihat Rangga berpamitan dengan Cinta lewat ciumannya. Dan iya, itu ciuman bibir. Sontaklah dunia perfilman geger!

AADC Menunjukan Bahwa Film Remaja Juga Pantas Masuk Ruang-Ruang Diskusi

aadc adegan bandara

Film AADC memang masuk genre film remaja. Namun keseriusan menggarap film ini membuatnya layak masuk ke bedah-bedah film dan diskusi-diskusi di kampus. Film ini juga menang di festival film Indonesia untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik (Dian Sastrowardoyo), Sutradara Terbaik (Rudi Soedjarwo), Tata Musik Terbaik (Melly Goeslaw dan Anto Hoed), Film Pilihan Masyarakat, dan Skenario terbaik (Jujur Prananto, Rako Prijanto dan Riri Riza)

Ini di luar nominasi Film Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik (Nicholas Saputra), Pemeran Pembantu Pria Terbaik (Mang Diman), Pemeran Pembantu Wanita Terbaik (Ladya Cheryl).

Dalam sebuah diskusi di tahun 2002 di kampus UI, salah satu peserta dengan seriusnya bahkan sampai membedah kesalahan-kesalahan dalam film-film AADC. Misalnya bagaimana Rangga berjalan boarding ke kanan, sementara panah penunjuk boarding menunjukan ke arah kiri.

AADC Memberi Pelajaran Soundtrack Dan Scoring Bukan Hanya Tempelan Di Film

aadc musik

Setelah era film Badai Pasti Berlalu yang musiknya digarap Erros Djarot, atau film Catatan Si Boy yang soundtrack dinyanyikan Ikang Fawzi, rasanya sulit menemukan film Indonesia yang serius menggarap lagu-lagu untuk filmnya.

Namun tidak demikian dengan AADC. Melly Goeslaw ditunjuk jadi penata musiknya. Ia mengaku banyak mendengarkan dan menonton film Badai Pasti Berlalu. Lagu-lagu AADC tak sekedar ada untuk mengisi kekosongan. Melly muncul sebagai satu bentuk kekuatan dalam film ini. Untuk mereka yang menonton filmnya sulit rasanya tidak terpanggil kembali memorinya jika mendengarkan lagu-lagu AADC.

Rangga, Yang Kamu Lakukan Ke Saya Itu Jahat!

aadc 2 trailer

Dan setelah 14 tahun berlalu Miles Production kembali akan meluncurkan sekuel film ini pada 28 April nanti. Satu hal yang ingin aku ungkapkan

Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu jahat! (Kenapa baru sekarang ada sekuelnya? Aku kan kangen!)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Trik Untuk Menghemat Kuota, Buat Kamu yang Ingin Liburan Tahun Baru ke Luar Negeri

Plesiran sudah menjadi agenda umum di akhir tahun. Merasakan lembutnya pasir pantai, atau terpaan angin gunung yang merasuk ke tulang, menjadi nuansa liburan yang tak bisa dilupakan. Apalagi saat peliknya dunia kantor atau kuliah, memang paling enak membayangkan saat bersantai atau plesiran. Selain itu ada nuansa lain dalam berlibur yang tak bisa dilupakan, yakni kuota internet. Untuk berlibur ke luar kota sih kuota internet tidak masalah, tapi bagaimana kalau ke luar negeri.

Komunikasi menjadi perihal yang penting terutama untuk berkabar dengan kawan sampai rekan bisnis. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara menghemat kuota selama di luar negeri. Jangan sampai keasikan liburan, membuat kuota internet terkuras untuk update di sosmed. Terlebih internet di luar negeri memiliki harga yang relatif mahal.

Penting Mengetahui Tarif Roaming

Tarif roaming, menjadi tips pertama yang perlu kamu ketahui untuk mengehmat kuota selama berada di luar negeri. Tarif roaming menjadikan tarif menelpon, SMS dan internet di luar negeri lebih mahal. Perbedaan harganya pun jauh berkali-kali lipat. Alasan kenapa tarif roaming mahal? karena keterbatasan infrastruktur jaringan yang dimiliki operator Indonesia saat kamu berada di luar negeri.

Sehingga operator Indonesia harus menyewa atau bekerja sama bersama dengan operator lokal berbagai negara untuk menghandirkan layanan di sana. Makanya penting untuk mengetahui harga roaming dari berbagai operator dalam negeri untuk dijadikan pilihan.

Coba Gunakan Kartu SIM dengan Operator Luar Negeri

Cara hemat lainnya adalah menggunakan kartu SIM lokal negara tujuan. Nah, beli lah kartu SIM pre-paid supaya kamu bisa perkirakan berapa dana yang dipakai saat menggunakan. Sambangi toko seluler atau outlet-outler yang berada di bandara, karena mendapatkan SIM lokal tidaklah sulit.

Mengoptimalkan Fitur Chatting Dalam Mengirim Pesan

Optimalkan aplikasi chatting yang berada di gawaimu. Seperti WhatsApp sampai Line untuk berkomunikasi dengan kolega sampai rekan di Indonesia. Dibandingkan SMS atau telfon, fitur chatting memiliki banyak keunggulan yang sudah dioptimalkan seharusnya oleh beberapa orang. Jadi kalau bisa chatting jangan paksakan telfon atau SMS.

Kurangi Memakai Paket Data, Gunakanlah WiFi Di mana pun Kamu Berada

Cara lain yang bisa kamu bisa gunakan adalah memanfaatkan akses WiFi. Nampaknya cara ini sudah kamu gunakan tidak hanya berada di luar negeri, tapi di mana tempat memiliki akses WiFi di dalam negeri pun pasti kamu coba tanyakan demi menghemat paket data, kan? tapi selama di luar negeri kamu perlu berhati-hati karena fasilitas internet melalui akses WiFi publik bisa memberikan ancaman.

Namun, pastikan pula kamu berhati-hati saat mengakses berbagai situs dengan tetap menjaga kerahasiaan password terutama dari berbagai akun sosmed sampai akun perbankan.

Bisa Juga Kamu Manfaatkan WiFi Portabel yang Mudah Untuk Diakses

WiFi portabel bisa menjadi penyelamat kuota kamu selama berada di luar negeri. Modem berukuran mini ini memungkinkan untuk terhubung internet dari berbagai sinyal. Apalagi modem mini ini bisa dibagi bersama teman atau rombongan, otomatis sangat berguna kalau kamu ingin berjalan-jalan.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Lagu yang Bisa Bikin Kamu Lebih Semangat di Pagi Hari

Untuk kamu yang harus selalu memulai aktivitas kerja atau sekolahmu di pagi hari, tentu kamu butuh penyemangat untuk bisa menjalani harimu dengan aura positif. Biar kamu lebih semangat lagi di pagi hari, coba deh dengerin 10 lagu ini. Dijamin harimu akan terasa dipenuhi oleh energi yang baik sepanjang hari.

1. Till It Hurts Ft Ayden – Yellow Claw

Love me till it hurts
Make my body burn
Love me till it hurts
I need my heart to burst

2. Good Life – G-Easy & Kehlani

We put the good in the good in the good life
We put the good in the good in the good life
We put the bad in the past, now we alright
Ayy, ayy, ayy, ayy
Ayy, yeah

3. There’s Nothing Holding Me Back – Shawn Mendes

Oh, I’ve been shaking
I love it when you go crazy
You take all my inhibitions
Baby, there’s nothing holding me back
You take me places that tear up my reputation
Manipulate my decisions
Baby, there’s nothing holding me back
There’s nothing holding me back
There’s nothing holding me back

4. Weekends!!! – Skrillex ft Sirah

I think you
I think you
I think
You
And my friends should
Hang out
O-o-on
The weekends

5. At My Best – Machine Gun Kelly ft Hailee Steinfeld

I shout, I swear, I get angry, I get scared
I fall, I break, I mess up, I make mistakes
But if you can’t take me at my worst
You don’t deserve me at my best

6. Another Life – David Guetta & Afrojack ft Ester Dean

Maybe we’ll meet again in another life
Maybe we’re better in another paradise
Maybe we will meet again
Maybe we will fall again

7. Attention – Charlie Puth

You just want attention, you don’t want my heart
Maybe you just hate the thought of me with someone new
Yeah, you just want attention, I knew from the start
You’re just making sure I’m never gettin’ over you

8. Broken Record – Krewella

One for the memories
The silence is deafening
I can’t keep living on repeat
I’m a broken record

9. By Your Side – Jonas Blue ft RAYE

Up, all night
I waited for you all my life
Hold my hand and keep me close
I’ll never let you go
No, not tonight
Keep me by your side
Keep me by your side
Keep me by your side

10. Dont Speak – Far East Movement ft Tiffany & King Chain

Breathe don’t speak
Why don’t you come and dance with me
Get weak
The beat will leave you lost, just screamin’ (oh-oh)
Someone help me (oh-oh)
The people help me scream it
Breathe don’t speak
Why don’t you come and dance with me
Get weak
The beat will leave you lost, just screamin’ (oh-oh)
Someone help me (oh-oh)
Someone help me

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Gambaran Kehidupan yang Jadi Wujud Sindiran untuk Manusia Zaman Sekarang

Kemajuan teknologi seharunya membawa dampak yang baik untuk kelangsungan hidup manusia. Namun kenyataannya ada banyak hal yang disalahgunakan dari kemajuan teknologi yang ada saat ini. Banyak orang lalai dan tak mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan baik dan menghasilkan hal yang positif.

Berikut adalah tujuh gambaran kehidupan manusia masa kini yang dalam sebuah ilustrasi karya seniman dari Rusia bernama Gudim Anton. Menohok, tapi juga membuatmu sadar.

1. Tak Ada Bedanya Antara Janin dan Manusia Dewasa

Sumber : https://www.instagram.com/gudim_public/

Bahkan manusia dewasa yang ada di masa sekarang masih tak jauh berbeda dengan janin yang masih ada dalam kandungan. Mereka tak mampu membawa perubahan yang lebih baik dalam kehidupan ini.

2. Manusia Diperbudak oleh Pekerjaan

Sumber : https://www.instagram.com/gudim_public/

Rasanya saat ini bukan manusia butuh bekerja untuk hidup, melainkan manusia harus hidup untuk bekerja. Banyak orang yang sibuk dengan pekerjaannya sampai lupa untuk menikmati kehidupan yang mereka miliki.

3. Pencitraan Demi Terlihat Baik di Mata Orang Lain

Sumber : https://www.instagram.com/gudim_public/

Banyak orang yang melakukan pencitraan di depan orang lain, salah satunya melalui media sosial. Apa yang ditunjukkan ke masyarakat umum bukanlah sesuatu kenyataan, melainkan hanya sebuah pencitraan.

4. Likes di Media Sosial Adalah Segalanya

Sumber : https://www.instagram.com/gudim_public/

Apapun akan dilakukan oleh sebagian besar manusia zaman sekarang untuk mendapatkan likes yang banyak di media sosialnya. Hal ini menunjukkan sisi seolah nilai dirinya ada pada seberapa likes yang dia dapatkan dari orang lain di media sosial miliknya.

5. Kenyataan dan Postingan Bisa Saja Bertolak Belakang

Sumber : https://www.instagram.com/gudim_public/

Kamu tak bisa percaya 100% atas apa yang kamu lihat di media sosial. Ada banyak hal yang tak sesuai. Apa yang kamu lihat tak sepenuhnya benar. Bahkan bisa saja kenyataan dengan apa yang ada dalam postingan adalah dua hal yang bertolak belakang.

6. Empati dan Aksi Adalah Hal Kesekian Setelah Postingan

Sumber : https://www.instagram.com/gudim_public/

Saat terjadi keributan atau mungkin sebuah tragedi mengerikan, hal yang utama dilakukan sebagian besar orang adalah mengeluarkan smartphone mereka dan merekam apa yang mereka lihat. Bukannya menolong dan melakukan aksi yang bermanfaat. justru mereka lebih mementingkan sebuah postingan.

7. Nyawa Jadi Taruhan untuk Selfie yang Sempurna

Sumber : https://www.instagram.com/gudim_public/

Sudah ada banyak orang yang “edan” mungkin. Buktinya sudah banyak korban yang meninggal hanya karena sebuah foto. Mereka ingin mendapatkan sebuah foto selfie yang mengagumkan sehingga mendapat banyak likes dari pengguna media sosial lainnya, namun kenyataan berkata lain, justru nyawanya lah yang lebih dulu melayang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top