Sponsored Content

Punya Home Theater Bisa Kamu wujudkan lewat hal ini

Kamu lebih senang menonton film favoritmu dimana? Di bioskop atau di rumah? Menikmati film di bioskop tentunya bisa punya nilai plus karena suasananya, sound systemnya hingga posisi yang diatur sedemikian rupa bisa mendukung asiknya film yang kita simak.

Sementara menonton di rumah juga punya kelebihan tersendiri, karena sifatnya yang lebih pribadi, hangat dan lebih bebas. Belum lagi kita bisa memberhentikan tontonan sesuka hati jika ada hal mendesak yang harus dilakukan.

Lantas bisakah kita memperoleh dua kelebihan itu sekaligus? Jawabnya bisa, yaitu lewat Home Theater. Yup, membangun bioskop sendiri di rumah bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin merasakan sensasi menonton film di theater sekaligus mendapatkan kenyamanan pribadi.

Tapi membuat home theater tak sekedar asal membeli produk dan menjejalinya di rumah kamu. Kamu harus mengikuti langkah yang tepat untuk bsa memperoleh pengalaman menonton yang maksimal.

Tak Sekedar Asal Buat, Karena Perencanaan Jadi Hal Utama

Banyak orang yang berpikir bahwa membuat bioskop sendiri di rumah tinggal membeli barang berlabel home theater dan semua beres. Padahal butuh perencanaan sebelumnya dan perhitungan yang baik.

Pertama coba tentukan dulu bagian rumah mana yang ingin kamu jadikan ruangan cinematik tersebut. Coba ukur secara kasar dari panjang dan lebar ruangan. Pertimbangkan juga apakah bisa menggunakan ruang yang ada atau perlu membangun yang baru.

Secara garis besar kamu harus memiliki ruangan yang tidak terlalu sempit. Bukaannya, seperti jendela, pintu, lubang angin tidak boleh terlalu banyak. Pencahayaannya harus cukup dari dalam ruangan dan bukan dari luar. Langit-langitnya diusahakn yang tinggi.

Plus letaknya jangan yang bersebelahan langsung dengan dinding tetangga. Karena meski sudah pakai peredam tidak menjamin suara dari luar tak terdengar ke dalam dan sebaliknya yang bisa mengganggu tetanggamu.

Tentukan Model Konsep Desain Yang Kamu Inginkan

Home Theater punya banyak sekali bentuk. Ada yang menduplikasi bioskop sungguhan dengan kursi berjejer dan bertumpuk secara terpisah. Ada yang menganut konsep ruang keluarga dengan sofa besar panjang. Belum lagi ada yang dengan konsep interior modern minimalis atau justru ingin tampilan yang ekstra vaganza.

Pilihan ini akan mempengaruhi peralatan dan furniture yang akan kamu beli. Tentunya tak perlu meja kalau menganut bioskop sungguhan bukan? Atau kamu harus membeli sound system yang bisa tersembunyi kalau menganut konsep minimalis.

Pilih Produk Visual Yang Bisa Memberi Pengalaman Sinematik

Ini salah satu hal yang paling penting dan menjadi penentu sukses tidaknya home theater kamu. Pilihlah produk audio visual yang sudah mendukung pengalaman sinematik yang mumpuni.

PT. LG Electronics Indonesia memiliki pilihan layak melalui kehadiran TV terbarunya yaitu TV OLED LG 65E7T. Tak seperti teknologi panel tv lainnya, TV OLED LG tak lagi memerlukan pencahayaan belakang (backlight) untuk mereproduksi berbagai warna dalam tayangan. Sementara kata organic pada namanya merujuk pada kemampuan jajaran piksel panel OLED untuk mengatur sendiri tingkat pencahayaan secara organik.

Dua keunggulan utama pun hadir dari karakteristik uniknya ini. Pertama, ketiadaan pencahayaan belakang membuat TV OLED LG mampu mencapai contrast ratio hingga tak terhingga. Alasannya, tanpa pendar sinar dari pencahayaan belakang membuat TV OLED LG mampu menghasilkan warna hitam sempurna.

Di sisi lain, bidang tampilan warna TV OLED LG dapat menampilkan 99% standar warna Digital Cinema Initiative’s (DCI) dengan layar 10 bit. Berpadu dengan kemampuan menghasilkan warna hitam dengan tingkat kegelapan absolut, hal ini membuat miliaran warna tertampil dengan tingkat kecerahan dan detail lebih baik dalam nuansa natural. Absennya jajaran lampu LED sebagai pencahayaan belakang pun memberi keuntungan pada dimensi TV OLED LG menjadi sangat tipis yang mencuatkan kesan mewah.

Karakteristik unik TV OLED LG 65E7T ini kemudian dipadukan dengan teknologi Dolby Vision Teknologi ini bisa memproduksi gambar High Dynamic Range (HDR) yang lebih baik dibanding HDR10 yang jamak ditemui pada TV berkemampuan HDR lain.

Kelebihan paling signifikan teknologi Active HDR Dolby Vision dibanding HDR10 ada pada metadata dinamis. Keberadaannya memungkinkan pemerosesan peningkatan gambar lebih pintar yang dilakukan pada tiap adegan untuk memastikan tiap warna tertampil seakurat mungkin pada tingkat kecerahan dan kontras optimal.

Tak Cuma Memanjakan Mata, Yang Ditangkap Telinga Pun Harus Diperhitungkan

Salah satu yang membuat menonton film di bioskop menjadi seru adalah tata suaranya yang apik. Jantung dibuat berdebar ketika menonton film action dan sebaliknya dibuat terbawa suasana ketika menonton film drama.

Karena itu untuk home theater juga diperlukan konsep yang serupa. Kamu bisa memilih televisi yang juga sudah mememiliki sound system baik seperti TV OLED LG 65E7T contohnya. TV ini didukung dengan teknologi Dolby Atmos yang merupakan teknologi tata suara inovatif yang biasa ditemui pada bioskop kelas premium.

Keberadaan teknologi Dolby Atmos pada TV OLED terbaru seri LG 65E7T ini membawa dua fitur andalannya yaitu Object Based Sound dan Full 360 Surround Sound. Object Based Sound merupakan kemampuan Dolby Atmos mengenali dan menangkap suara masing-masing objek secara individual dengan kemampuan maksimum 128 objek. Dengan hal ini, suara yang ditangkap diubah menjadi suara tiga dimensi menyesuaikan pergerakan objek dalam adegan.

Di sisi lain, fitur Full 360 surround sound membuat suara dapat terasa mengalir dari segala arah. Keberadaannya kenikmatan audio yang memperdengarkan tiap adegan pada layar dengan jelas dan ketajaman lebih dalam dari segala arah. Demi mengoptimalkan keunggulan tata suara ini, LG menerapkan desain Alpine Stand sebagai dudukan TV OLED LG 65E7T yang membuat arah keluarnya suara menuju ke penggunanya langsung.

Jangan Lupakan Unsur Pendukung Untuk Kenyamanan

Untuk mendapatkan pengalaman maksimal, kamu juga harus memperhatikan unsur pendukung lainnya yang harus dipersiapkan. Misalnya peredam suara yang baik agar kamu bisa menonton dengan nyaman tanpa harus khawatir mengganggu tetangga sekitar. Kemudian pendingin ruangan juga harus mumpuni mengingat ruangan home theater biasanya selalu dalam keadaan tertutup.

Dengan langkah-langkah tersebut kamu bisa menikmati pengalaman sinematik layaknya di bioskop premium.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top