Feature

Pertemanan yang Berat Sebelah, Buat Kita Terjebak dalam Masalah

“Pakai uang lu dulu, nanti gue ganti”

Jadi salah satu kalimat yang akhir-akhir ini terdengar menyeramkan di telinga. Bukan tak percaya pada dia yang mungkin adalah teman kita. Tapi, seringnya ucapan itu hanyalah bualan belaka. Dilupakan jika sudah kejadian, hingga jadi sumber masalah kalau kita coba ingatkan.

Memang sih, pinjam-meminjam sudah jadi hal lumrah dalam sebuah perteman. Tapi yang jadi masalahnya, yang memberi pinjaman hanya kita saja. Sedang si dia masih tetap dengan peran tetapnya, peminjam yang tak pernah ingat untuk mengembalikan hutangnya.

Ini bukan perkara, siapa pihak yang paling banyak uang. Bukan juga kawan yang gajinya puluhan juta lebih besar. Maka dari itu, baiknya kita bisa membedakan. Manakah pertemanan yang memang sungguhan, dengan sikap parasit yang hanya ingin memanfaatkan dengan alibi pertemanan.

Jumlahnya Mungkin Tak Seberapa, Tapi Dampaknya Bisa Besar untuk Hubungan Kita

Katakanlah dia mungkin hanya meminjam Rp.1 Juta, dengan janji akan dikembalikan bulan berikutnya di tanggal serupa. Berpikir dia akan berinisiatif untuk mengembalikan tanpa diminta, si kawan justru diam-diam saja sampai 3 bulan berikutnya. Perkara uang memang agak krusial, tapi yang namanya hutang pinjaman tetap harus dikembalikan. Kecuali sedari awal dia memang niatnya meminta, dan kita ikhlas untuk memberinya dengan cuma-cuma.

Tiba di hari H, saat kita tagih janjinya. Biasanya ia akan berdalih dengan macam-macam alasan. Mulai dari perkara-perkara di luar kendali, hingga kebutuhan lain yang konon lebih mendesak lagi. Lalu bagaimana jika kita juga sedang butuh uangnya? Bukannya mengerti kondisi kita, ia justru menilai kita terlalu perhitungan sebagai teman. Kalau begini, apa yang harus dilakukan?

Terlalu Sering Merasa ‘Nggak Enak’, Juga Bisa Bahaya Loh!

Namanya juga teman, sudah kenal lama, kemana-mana sering bersama. Maka akan jadi sesuatu yang wajar jika ada beberapa rasa tak enak, tiap kali ngomongin piti dengannya. Tak akan berbuntut panjang, jika rasa enggan yang kita miliki cepat disadari oleh dirinya. Tapi bisa berbuntut panjang, jika si dia tak sadar-sadar.

Berjuang mati-matian untuk menahan diri agar tak emosi, tapi dirinya masih saja tak mengerti. Pilihannya hanya akan ada dua, diam untuk masalah yang semakin dalam atau bersuara agar dia sadar, walau buat dia marah dan menghindar.

Karena Meski Sudah Dikasih Hati, Beberapa Orang Justru Makin Tak Tahu Diri

“Gue pinjem duit lu lagi dong 500 ribu, nanti gue bayar sekalian sama yang 3 juta kemarin”.

Oke katakanlah, kamu memang jadi orang yang cukup lebih beruntung dari dirinya secara finansial. Tapi, bukan berarti juga semua kebutuhannya kamu yang pikirkan kan? Sekalipun ia memang sudah tak lagi punya uang sepeser pun, harusnya ia juga berusaha untuk bisa tetap punya cadangan tabungan tanpa harus terus menambah pinjaman. Yang ujung-ujungnya juga tak akan dibayar.

Sebagai teman, kita pun perlu bijak dalam memilah-milah sikap mereka. Manakah teman yang memang benar-benar kawan, dengan dia yang memang hanya ingin memanfaatkan kita. Selalu ingat, pertemanan akan terus terjaga dengan baik kita kita saling memberi dan menerima. Bukan hanya jadi pemberi dan dia terus menerus jadi penerima dan peminjam saja.

Hari Ini Janji Akan Diganti, Besok Alasannya Pasti Beda Lagi

Berapa kali ia mengingkari janji, dengan membuat janji baru lagi? Saking seringnya ingkar, kita bahkan tak bisa membedakan lagi. Manakah kalimatnya yang merupakan sebuah janji dengan ucapan manis yang hanya sekedar untuk terhindar dari tagihan hutang yang sebenarnya ia lah yang menjanjikan.

Janji hari ini belum juga ditepati, tapi dirinya sudah kembali membuat janji baru lagi. Begitu seterusnnya sampai kita bosan menangih dan akhirnya lupa. Yap, barangkali itulah yang memang diinginkannya.

Jangan Berdiam Diri dengan Alasan Tak Mau Menyakiti Hati, Pertemanan Seperti Itu Hanya Akan Membebani Diri

Dengar, menunjukkan rasa peduli dan empati pada teman memang bisa kita lakukan dengan membantunya ketika kesusahan. Dengan catatan, kita tak lantas jadi pihak yang nantinya menggemban beban yang sebenarnya adalah masalahnya. Berikan temanmu pinjaman kalau  memang kamu ada, bukan malah membuatmu susah.

Selanjutnya, jika kesabaranmu memang sudah berada pada titik puncak. Sah-sah saja jika kamu akan marah karena ia sudah ingkar dari janji yang dibuatnya. Utarakan semua keluh kesahmu atas sikapnya yang terlihat berat sebelah, walau itu membuatnya sakit hati dan menarik diri dari kita.

Hal lain yang perlu kita camkan adalah, cobalah lihat siapa dia teman yang akan kau beri pinjaman. Kalau omongannya tak bisa dipegang, jangan segan-segan untuk bilang “Maaf aku tak punya uang”. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Hemat, 5 Hiasan dari Origami Ini Bisa Bikin Kamarmu Makin Kece

Jika kamu adalah salah satu mahasiswa rantau, pasti kamu mengandalkan kos-kosan sebagai tempat tinggal bukan? Nah agar kamu tak mudah bosan dan lebih betah di kamar kos, tentu kamu butuh kamar kos yang unik dan kece abis.

Buat kamu yang tak punya modal banyak untuk mendekor kamar kosmu, kamu bisa kok menghias kamar kosmu dengan 5 hiasan dari origami ini.

1. Hiasan Lampu Kamar

www.pinterest.com

Kamu bisa membuat kamarmu lebih terlihat eksotis dengan memberi hiasan gantung pada lampu gantungmu. Bayangan dari hiasan gantung origami ini tentu akan menambah cantik suasana malam dalam kamarmu.

2. Burung Bangau

www.pexels.com

Kamu juga bisa menggunakan origami burung bangau ini untuk menghiasi kamarmu. Pilihlah warna-warna yang netral untuk membuat kesan yang elegan di kamarmu.

3. Burung Bangau Gantung

www.elevenia.co.id

Kamu juga bisa menggunakan hiasan origami burung bangau gantung. Kamu bisa menggantung origami burung bangau ini pada benang kemudian benang tersebut digantung pada kayu yang ditempel di dinding kamar.

4. Kupu

www.satujam.com

Untuk kamu pecinta kupu-kupu, kamu bisa memilih hiasan ini untuk menambah keindahan kamarmu. Kamu bisa membuat kupu-kupu dari origami dan menempelkannya pada dindingmu dengan pola sesuka hatimu.

5. Burung Bangau Tempel

www.elevenia.co.id

Kamu bisa memanfaatkan ranting tanaman yang ada di sekitar kosmu. Kemudian gantunglah origami burung ini pada kayu tersebut. Meski tak murah, namun dijamin hasilnya bisa buat kamarmu jadi lebih kece dari sebelumnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Di Penghujung Tahun, Lima Tempat Ini Bisa Jadi Rekomendasi Kado Jalan-Jalan Seru Bareng Pasangan

Jalan-jalan berdua bareng pasangan jelas menyenangkan. Nah, mumpung sudah di penghujung tahun, biasanya banyak pasangan akan membuat agenda penutup tahun dengan jalan-jalan bareng. Tak usah jauh-jauh, tilik saja kota di sekitaran tempat tinggalmu yang menawarkan potensi wisata, yang penting kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu berdua dan menikmati liburan akhir tahun bersama.

Apalagi kalau kamu dan partnermu tipikal pasangan yang suka traveling atau touring, jangan sampai melewatkan cuti tanggal merah di penghujung tahun! Kalau sampai hari ini mungkin kamu masih bingung, kira-kira jalan-jalan macam apa yang bisa dilakukan berdua, nih, ada lima bocoran yang bisa jadi tips untukmu. Pokoknya rencanakan saja kegiatan yang seru, romantis, tapi tetap berkesan, kawan!

Rasakan Serunya Melepas Tukik Kembali ke Samudera di Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Sumber : https://www.instagram.com/2606abay/

Romantis ya sah-sah saja, tapi kira-kira keromantisanmu turut membawa dampak baik untuk lingkungan, belum? Untukmu yang punya jiwa menghargai atau kepedulian tersendiri terhadap alam, mungkin patut mencoba pengalaman melepas tukik kembali ke samudera.

Sederhana, kamu cukup mengunjungi area konservasi penyu di Pantai Pangumbahan,Ujung Genteng, Sukabumi. Dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 6 jam dari Jakarta, di tempat ini kamu bisa menyaksikan sejumlah telur penyu di penangkaran, proses penyu bertelur di malam hari, sampai melepas tukik-tukik yang baru satu malam menetas.

Ajak dia untuk melepas seekor tukik dari tangannya. Memandang tukik-tukik yang terseok di atas pasir menuju samudera luas membuat kita sadar, bahwa makna hidup adalah untuk berjuang. Dijamin, pemandangan luar biasa ini bakal terekam di benak dan memberi makna mendalam bagi kalian berdua.

Untuk yang Tinggal di Area Jawa Tengah dan Yogyakarta, Sudahkah Kamu Sampai di Puncak Suroloyo, Kulon Progo?

Sumber : https://www.instagram.com/shafiraliyah/

Kamu ingin mengajaknya ke tempat yang tinggi tapi enggan mendaki gunung? Maka jawabannya adalah Puncak Suroloyo di Kulon Progo. Yup, tak jauh dari Yogyakarta, ada nirwana yang tersembunyi di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, bernama Puncak Suroloyo.

Konon, Puncak Suroloyo dulunya adalah lokasi pertapaan penguasa Tanah Jawa, yaitu Sultan Agung. Pemandangan yang menakjubkan di tempat ini adalah menikmati matahari terbit atau sunrise.  Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, kamu bisa memandang empat gunung–Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro–serta Candi Borobudur yang tertutup kabut dari kejauhan. Menakjubkan, bukan?

Atau Kalau yang Tak Mau Jauh-jauh dari Ibukota, Menyebrang Saja ke Kepulauan Seribu

Sumber : https://www.instagram.com/ko_junn/

Untuk yang tinggal di Ibukota namun enggan beranjak ke tempat yang lumayan jauh, kenapa tak coba pergi ke Kepulauan Seribu? Kunjungi saja salah satu pulaunya. Tempat ini tak hanya menawarkan panorama alam yang memikat dengan pantai-pantainya yang eksotis, tapi juga menjadi wadah bagi pelestarian alam bahari.

Selain menjamah pantai berpasir putih dan lautnya yang jernih, kamu juga bisa mengajak pacarmu untuk sadar lingkungan, lho. Caranya yaitu dengan ikut berpartisipasi menanam mangrove di sekitar pantai. Jadi, selain menghabiskan waktu bersama, kamu dan pasangan pun turut berkontribusi menjaga kelestarian alam.

Road Trip ke Puncak Saat Akhir Pekan Juga Ide Bagus Lho…

Sumber : https://www.instagram.com/explorepuncak/

Faktanya, jalan ke arah Puncak saat akhir pekan akan didera kemacetan. Tapi jangan salah, justru disitu tantangannya. Kamu kira-kira bersedia tidak kalau diajak ke Puncak di akhir pekan? Sebab sejatinya disitu kamu dan pacarmu bisa merasakan perjuangan melalui kemacetan berdua.

Mungkin terasa menyebalkan, tapi di situasi inilah kamu bisa gunakan untuk menguji, apakah masing-masing dari kalian bisa mengendalikan temperamen dan tetap adem sepanjang perjalanan? Ketika kalian bisa menguasai situasi yang bikin pegal itu tanpa jadi ‘panas’, suasana Puncak bisa kalian nikmati berdua dengan tetap menyenangkan lho kawan.

Atau Kalau Mau Agak Jauh Sedikit dari Jakarta, Buat Saja Agenda Pelesiran ke Bandung Sembari menikmati jajanan khas Sunda

Sumber : https://www.instagram.com/bukitmoko – @afil_photography

Tenang, Bandung tak hanya area pusat kotanya saja yang menarik untuk ditelusuri. Faktanya, pinggiran kotanya juga menawarkan nuansa yang romantis sebagai tempat kabur bagi kamu dan pacarmu. Coba saja pergi ke Bukit Moko,  nikmati suasana sekaligus pemandangan kelip lampu kota Bandung menghampar 180 derajat. Nuansa sunyi makin lengkap dengan secangkir kopi panas dan jajanan khas Sunda. Walaupun didera udara dingin, pasti rasanya tetap menyenangkan karena kamu bepergian bersama pasangan.

Nah, demi menunjang agendamu, yang disiapkan bukan hanya jadwal rencana dan anggaran yang sesuai. Fisik pun juga perlu dimantapkan, kawan. Karenanya, di tengah cuaca yang sedang berganti ke musim hujan, kamu tetap harus jaga stamina ya. Selain urusan fisik dan stamina, hal lain yang perlu kamu mantapkan adalah soal tunggangan nih kawan. Terlebih kalau kamu dan pasangan tipikal yang suka touring, Suzuki punya jawabannya lewat Suzuki GSX-S150.

Motor yang satu ini didesain bergaya street fighter yang juga mengadopsi tampilan touring yang cocok untuk perjalanan jauh lho kawan. Karena itu posisi berkendaranya tak terlalu menunduk macam di tipe R. Handle barnya dibuat lebar dengan posisi yang berada tinggi di atas tangki dan tempat duduk. Tentunya gaya berkendara ini dimaksudkan agar pengemudi tak lekas lelah dalam perjalanan jauh.

Konsisten dengan konsep ini, tangki dibuat aerodinamis dengan bentuk melengkung. Kapasitasnya yang mencapai 11 liter, dipastikan cukup untuk mencapai jarak tempuh jauh. Meski aerodinamis  justru penampilan GSX-S150 ini terlihat cukup gagah.

Untuk dimensi, tampilan dari motor garapan Suzuki ini mempertontonkan rangka Single Cradle yang bisa terlihat jelas. Ukurannya sendiri memiliki panjang 1.975 mm, lebar 674 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.070 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase sendiri mencapai 1.300 mm.

GSX-S150 juga mengusung aura modern. Karena kita akan disambut oleh LCD speedometer full digital. Display dibagi menjadi 3 bagian. Di bagian kanan dan kiri sendiri menampilkan indikator lampu sein, lampu netral, lampu jarak jauh, rpm, dan indikator bahan bakar. Sementara itu, pada bagian tengahnya memberikan informasi mengenai kecepatan, tachometer, posisi gigi, indikator bahan bakar, dan waktu.

Lampu depannya sudah mengadopsi teknologi LED dengan batok lampu yang dilengkapi dengan visor kecil. Di bagian tangki disematkan fairing mini Shroud yang berfungsi untuk membelah angin dan membuat tampilan lebih gahar. Apalagi di bawah mesin terdapat undercowl yang berfungsi juga sebagai pelindung mesin.

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Soal Mantan Tak Usah Dibawa Rindu, Tugasmu Kini Adalah Bangkit dari Kesedihan Akibat Patah Hati yang Membuatmu Pilu

Patah hati memang menyedihkan, tapi berhentilah untuk membuat dirimu berlarut-larut dalam kesedihan. Kamu perlu sadar, ada banyak cara untuk menyelesaikan patah hati dengan tetap menyenangkan hati. Tak percaya? Cobalah baca tulisan ini sampai akhir yuk kawan.

Bagaimanapun, sedih ya sah-sah saja, tapi cukupkalah untuk beberapa waktu. Tak usah dibawa sampai frustasi, kawan. Tak ada untungnya juga bukan, menangisi kesedihan yang sudah berlalu? Di lain sisi, hati-hatilah bahaya patah hati dapat membuat stres hingga depresi berkepanjangan.

Nah, untukmu atau mungkin kamu mengingat seseorang yang sedang patah hati, cara-cara ini bisa dimanfaatkan untuk menggeser sejenak rasa sedih akibat patah hati, kawan.

Makan Bareng dengan Keluarga di Restoran atau Sekadar Jalan-jalan pun Tak Masalah

Jadikanlah keluarga jadi tempat yang paling nyaman, sehingga saat patah hati mendera, kamu tahu harus kemana kamu setelahnya. Terlebih, bersyukurlah kalau kamu masih dikaruniai keluarga yang lengkap, ini artinya akan selalu ada orang-orang yang akan tetap berada di sampingmu.

Kalau kamu patah hati, berkumpul dengan keluarga dan menceritakan masalahmu bisa menjadi solusi untuk menghiburmu. Coba saja, mungkin kamu juga sudah lama tak makan bareng keluarga, buatlah jadwal makan bareng keluarga di restoran atau sekadar jalan-jalan pun tak masalah.

Positifnya kamu menjadi sadar betapa penting arti keluarga bagi hidupmu. Barangkali dulu saat pacaran kamu tidak pernah punya waktu untuk keluargamu.

Lakukanlah Hal yang Tak Bisa Kamu Lakukan Selama Pacaran

Coba ingat lagi, adakah hal yang sukar kamu lakuknan selama pacaran lantaran terganjal izin pasangan? Nonton konser misalnya, atau jalan-jalan ke tempat yang pernah kamu kunjungi bersama teman-teman. Memang ada kalanya kamu harus bersyukur lho saat diizinkan merasakan putus cinta.

Sebab di titik ini, mungkin kamu jadi mengenali lagi tentang dirimu dan apa yang kamu mau. Kini kamu tak lagi sulit membagi waktu antara dirimu dan pasangan. Jadi, selagi ada waktu, lakukanlah hal-hal positif yang sudah lama memang kamu ingin lakukan

Tambah Waktu Quality Time dengan Sahabat

Bukan hanya keluarga, kamu pun pasti akan mendatangi sahabat saat kamu didera patah hati. Yup, sahabat adalah orang yang akan selalu hadir di sisimu apapun keadaannya. Kamu yang lagi patah hati coba deh menghabiskan waktu dengan sahabat-sahabatmu, dijamin mereka akan melakukan segala cara untuk menghiburmu.

Kamu juga pasti kangen kan menghabiskan waktu dengan mereka? Untuk itu, coba luangkan waktumu dan buat jadwal atau agenda jalan-jalan bareng sahabat. Tapi ingat, tak usah mengingat lagi luka perpisahan dengan terus-terusan curhat selama kamu berada di dekat teman-temanmu. Cukupkan kesedihanmu di satu hari, dan ciptakan bahagiamu sendiri di esok harinya ya kawan.

Kalau Suka Nonton, Kenapa Tak Coba Lakukan Movie Marathon?

Kalau kamu penggemar drama atau film, nah wajib banget melakukan hal yang satu ini untuk meredakan sejenak pilu dan laramu akibat patah hati. Cukup datang ke bioskop dan pilihlah film yang sekiranya bisa membuatmu merasa terhibur. Mudah kan? Jangan sia-siakan waktu untuk terus meratap ya kawan. Melihat aksi aktor atau aktris favorit sekaligus cerita yang keren pasti akan membuatmu terhibur.

Olahraga di Pagi Hari atau Sempatkan Belanja Saat Waktumu Lowong

Olahraga juga efektif sekali untuk mengobati patah hatimu lho kawan. Mulai dari olahraga sederhana seperti lari di treadmill hingga yoga yang dapat menenangkan jiwamu. Ketika kamu olahraga kamu akan melepaskan hormon endorfin (hormon yang menciptakan perasaan bahagia dari otak). Selain itu tentunya olahraga membuat tubuhmu sehat dan bugar.

Nah, memunculkan atau melepaskan hormon endorfin tak hanya dengan berolahraga. Ada penelitian yang mengatakan belanja pun bisa jadi pelepas penat. Terbukti, banyak orang memilih belanja untuk melampiaskan rasa patah hatimu. Meskipun begitu kamu harus membatasi diri dalam berbelanja, jangan sampai belanjaanmu menguras kantongmu ya kawan.

Tapi, seringkali untuk melakukan kegiatan di atas, hambatannya ada di dirimu. Mulai dari alasan “mager”, “jauh”, “lelah”, kamu jadikan alasan dan akhirnya lebih suka menutup diri di kamar. Padahal, untuk mengatasi alasan tersebut, salah satu solusinya yaitu memilih kendaraan yang tepat, kawan!

Nah, kamu bisa melirik motor Address Playful dari Suzuki untuk ini. Sebagai skuter yang didedikasikan untuk pasar anak muda dengan beragam karakter dan aktivitas, SIS merancang Suzuki Address Playful dengan panel bodi yang menarik yang bisa menceriakan harimu. Jadi, mau pergi kemanapun, motor ini akan jadi teman jalan yang tepat untukmu.

Aksesori panel bodi yang penuh warna pada skutik ini meliputi bagian frame cover, handle cover, leg shield dan stripping set. Serunya aksesoris panel bodi ini juga bisa dibeli di jaringan dealer resmi Suzuki berikut jaringan bengkel resminya di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung varian ini punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodi menarik dan penuh gaya yang dapat disesuaikan dengan karakter kamu. Terdapat warna Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange dan Ice Silver

Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang menghasilkan performa yang baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1. Dengan kombinasi penampilan menarik dan teknologi canggih ini, kamu pasti akan mendapatkan suasana hati yang lebih baik lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top