Community

Permainan Anak ’90-an Dulu Jauh Lebih Menyenangkan Dari Games Apapun dari Dalam Gadgetmu

Saat ini hampir semua anak lihai dalam mengoperasikan smartphone. Bahkan mereka sudah mulai kehilangan masa kanak-kanaknya karena sibuk dengan smartphone-nya masing-masing. Sungguh disayangkan memang. Jika kamu generasi 90-an, mungkin kamu pernah merasakan asyiknya 7 permainan ini, yang kini sudah mulai ditinggalkan karena adanya smartphone di kalangan anak-anak di era sekarang.

1. Permainan Lompat Tali

Permainan ini selain menyenangkan juga menyehatkan. Gimana nggak sehat kalau kamu harus lompat sana sini melewati tali yang diputar oleh dua teman di kanan dan kirimu. Permainan ini sangatlah popular di masanya. Namun saat ini, permainan ini sudah mulai jarang dimainkan oleh anak-anak.

2. Permainan Gobak Sodor

Siapa yang tahu permainan yang satu ini? Permainan ini mengandalkan ketangkasan dan kelihaian pemainnya. Permainan ini dimainkan dengan cara membagi pemain menjadi dua regu yang terdiri dari penghalang dan penyerang.

Tim penghalang bertugas untuk menghalangi tim penyerang melewati garis yang sudah ditentukan, jika dalam usahanya melewati garis, tim penyerang tersentuh oleh tim penghalang, makan tim penghalang berubah posisi menjadi tim penghalang. Tim penyerang bisa menang kalau berhasil melewati garis yang telah ditentukan.

3. Permainan Engklek

Permainan ini membutuhkan kekuatan keseimbangan dan konsentrasi yang cukup tinggi. Biasanya permainan ini dilakukan oleh 2 sampai 5 orang yang bermain secara bergantian. Cara permainannya adalah dengan melompat dikotak yang sudah dibuat dari awal sampai akhir dengan satu kaki. Jika pemain terjatuh maka pemain harus menaruh batu di salah satu kotak terakhir sebagai tanda untuk mengawali gilirannya.

4. Permainan Gasing

Permainan ini adalah permainan yang cukup kuno namun sampai saat ini juga masih bisa ditemukan keberadaan permainan ini, meskipun sudah tak setenar dulu. Bentuk mainan gasing sendiri seperti kerucut pipih yang ditengahnya terdapat tali yang dililitkan. Gasing bisa menghasilkan gerakan memutar yang seimbang jika dilempar dengan cara yang benar. Dalam permainan ini biasanya ada duel antara beberapa gasing, gasing yang lebih dulu berhenti berputar dinyatakan kalah.

5. Permainan Meriam Bambu

Permainan Meriam bambu biasanya dilakukan saat  bulan puasa. Meriam bambu dibuat dari bambu dengan diameter kurang lebih 10 cm dan tebalnya kira-kira 1 cm. Bambu dilubangi ruas bagian tengah sampai ujung dan pada ruas terakhir diberi lubang kecil yang gunanya untuk menyulut sumbu api.

6. Permainan Bentik atau Gatrik

Permainan ini sudah jarang sekali ditemukan di jaman sekarang. Permainan ini menggunakan 2 batang kayu lurus dengan ukuran 1 batang 30-35 cm dan yang satunya lebih pendek yaitu 10-15 cm. Permainan ini biasanya dilakukan oleh 4 orang atau lebih yang dibagi menjadi dua grup, yaitu grup pemukul dan grup penangkap.

7. Permainan Gundu atau Kelereng

Permainan ini kelihatannya sudah jarang ditemukan di jaman sekarang. Gundu adalah kelereng yang bentuknya bulat seperti kaca bening. Biasanya permainan ini dilakukan oleh anak laki-laki. Tapi tak menutup kemungkinan juga dilakukan oleh kamu anak perempuan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Melanie Putria dan Angga ‘Maliq & D’Essentials’, Resmi Bercerai!

Berbeda dengan Angga yang tak tampak dalam persidangan, Melanie Putria terlihat hadir dengan didampingi oleh kuasa hukumnya, pada sidang perceraiannya, yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat, kemarin Senin (21/1).

Dan atas kesepakatan bersama, keduanya akhirnya resmi bercerai sebagaimana hasil putusan yang dibacakan oleh hakim.

“Hari ini dikarenakan bukti sudah cukup, keterangan saksi juga sudah menguatkan alhamdulillah hari ini juga sekalian putusan. Sudah resmi bercerai,” ujar Indah Dewi Yani, kuasa hukum Melanie saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, dikutip dari laman detik.com.

Ternyata proses perceraian keduanya sudah sejak lama dilangsungkan dan sepakat berpisah dengan baik-baik. 

Sebelumnya, keduanya menikah pada 7 Maret 2010 lalu. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Sheemar Rahman Purariredja. Jarang terlihat dalam gosip miring, keduanya tampak mesra di sosial media. Namun, mendadak harus berpisah setelah 8 tahun berumah tangga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dihargai Rp. 1.500/Kg, Petani di Banyuwangi Buang Buah Naga ke Sungai

Dinilai tak mendapat harga yang cukup mempuni, beberapa petani buah Naga di Bayuwangi terlihat membuang hasil panen ke sungai. Hanya dihargai sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilogram (kg). Tindakan para petani yang membuang buah naga ke sungai ini jadi salah satu bentuk protes atas merosotnya harga buah tersebut.

Dikutip dari laman Detik.com, Hari candra setyawan (29), warga Dusun Silirbaru Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi mengaku, anjloknya buah naga di Banyuwangi membuat dirinya merugi.

“Terpaksa saya buang ke sungai karena memang tidak laku. Dijual pun juga tidak nutut dengan ongkos petani,” ujarnya kepada wartawan, Senin (21/1/2019).

Dan dari foto dan video yang beredar luas di dunia maya, konon kegiatan membuang buah naga tersebut adalah kali kedua. “Ini bentuk protes kami karena buah naga dari Banyuwangi tidak laku dipasarkan. Kemarin kita buang 100 kilo. Ini lebih banyak lagi. Hampir 200 kilogram,” tambahnya.

Dianggap tak bisa mengembalikan modal, beberapa petani buah naga di wilayah sekitaran Banyuwangi, yakni di Dusun Resomulyo, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, akhirnya mempersilahkan masyarakat untuk memetik sendiri buah naga di kebunnya.

“Silakan kalau mau ambil sendiri di kebun. Gratis. Harga tidak nutup dengan ongkos petik,” ujar Ukri, dikutip masih dari laman yang sama.

Situasi ini sudah berjalan sekitar 2 minggu lebih, padahal menurut Ukri para petani baru bisa dikatakan mendapat untung jika harga buah naga diatas Rp. 6.500/kg.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Brad Pitt dan Charlize Theron Dikabarkan Menjalin Hubungan

Dua tahun pasca, prahara rumah tangganya usai dengan Angelina Jolie. Aktor Brad Pitt dikabarkan tengan berkencan dengan aktris peraih Piala Oscar, Charlize Theron. Konon, keduanya bertemu karena dikenalkan oleh mantan tunangan Theron, yakni Sean Penn.

Dilansir dari The Sun, keduanya mulai terlihat menjalin hubungan usai Natal tahun lalu. Dengan kata lain, ini akan jadi hubungan serius pertama yang Pitt jalani usai berpisah dengan Jolie pada tahun 2016 lalu.

Masih dari laman yang sama, seorang sumber mengatakan jika  “Mereka sudah saling ketemu hampir sebulan ini. Mereka awalnya berteman biasa, ironisnya dikenalkan oleh Sean, tapi kemudian hubungan keduanya mulai semakin dekat.”

Maka tak heran, jika akhir pekan minggu lalu, keduanya tampak bersama usai pemutaran film yang berbeda pada Sabtu malam. Dimana Brad Pitt pergi menonton “If Beale Street Could Talk” di sebuah rumah pribadi di Hollywood Hills. Karena dirinya menjadi eksekutif produser. Sedangkan Theron menjadi salah tamu istimewa di pemutaran film “Roma” di Chateau Marmont, LA.

Selepas menghadiri acara masing-maing, Brad terlihat datang untuk menemui Chateu. Berganti baju dan bergabung duduk di salah satu sudut bar bersama dengan Charlize. Terlihat jika Charlize minum vodka sementara Brad minum air putih.”

Namun hingga saat ini, perwakilan Brad Pitt masih enggan untuk berkomentar tentang kabar ini.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top