Feature

Perjuangan Panjang Pembangunan GWK yang Berujung Manis

Setelah sekian lama hening, gema pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) kembali terdengar. Media-media besar kembali menyoroti patung yang siap jadi ikon untuk Provinsi Bali tersebut. Tahun ini, tepatnya di bulan Agustus, Patung Garuda Wisnu Kencana direncanakan rampung.

Kamu sendiri yang pernah ke Bali, sudah pernah berkunjung ke GWK Cultural Park? Taman budaya seluas 60 hektar itu memang sudah lama dibuka untuk umum tepatnya sejak tahun 2000. Hanya saja, di tahun-tahun sebelumnya, para pengunjung hanya menyaksikan bagian patung berupa potongan-potongan yang sedianya dipasang, selama ini diketahui hanya ‘ditaruh’ di pelataran GWK Cultural Park.

Karenanya, pasti ada saja wisatawan yang bertanya-tanya, mengapa pembangunan patung GWK tak segera rampung. Karena pasti mereka membayangkan, betapa menakjubkannya patung tersebut kalau sudah disusun utuh. Tapi sebelum itu, ada baiknya kita kulik dulu perjalanan membangun patung GWK ini.

28 Tahun Lalu, Seniman Nyoman Nuarta Menggagas Dibangunnya Patung Garuda Wisnu Kencana

Nama I Nyoman Nuarta atau lebih populer dengan sebutan Nyoman Nuarta sudah dikenal sebagai seniman tersohor bahkan pemahat modern terbaik di Indonesia. Ia juga pendiri Yayasan Garuda Wisnu Kencana. Inspirasi Nyoman sendiri dengan nama ini berangkat dari kisah Garuda yang mau mengabdikan diri jadi tunggangan Dewa Wisnu demi mendapatkan Tirta Amarta.

Oleh Nyoman, konsep pengabdian tanpa pamrih sang Garuda tersebut jadi inspirasi sekligus simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Sementara sosok Dewa Wisnu, yang dalam kepercayaan Hindu melambangkan kekuatan utama pemeliharaan alam semesta. Dijadikan figur perwujudan modern kebudayaan dan tradisi kuno.

Pembangunan GWK sempat Dibicarakan Sebagai Megaproyek Ambisius

Kemegahan patung GWK nantinya ternyata siap diperkuat oleh banyak fasilitas pendukung lho. Salah satunya yaitu Lotus Pond, yaitu sebuah ruang alami yang dikelilingi pilar-pilar batu cadas yang mampu menampung pengunjung sampai 7.500 orang!

Lotus Pond ini sangat cocok dijadikan tempat pertunjukkan berskala besar seperti musik kolosal, upacara tradisional, sampai Gala Dinner. Belum lagi adanya amphitearter atau ruang pertunjukkan terbuka dengan kuota delapan ratus tempat duduk. Nantinya kalau GWK Cultural Park rampung dibangun, mungkin ini adalah megaproyek pertama di bidang budaya dan pariwIsata Indonesia.

Tapi yang Namanya Megaproyek, Perlu Proses Jatuh Bangun Dari Awal Pengerjaan

Patung GWK nantinya akan menjulang setinggi 121 meter. Patung ini akan semakin terlihat gagah lantaran memiliki lebar sayap 64 meter dan berat 3000 ton. Dengan wujud sebesar itu, GWK yang berada di Ungasan, bisa terlihat oleh para wisatawan di Kuta, Sanur, Nusa Dua, Tanah Lot, hingga Bandara Ngurah Rai.

Mengutip Kumparan, Nyoman Nuarta sedikit bercerita tentang proyek patung GWK yang sempat mangkrak belasan tahun. Alasannya, lantaran ketiadaan dana dan dukungan pemerintah.
“Saya bertepuk sebelah tangan, dicurigai, disangka menjalankan proyek pemerintah diam-diam,” ujarnya.

Ada alasan tersendiri mengapa Nyoman memilih proyek semacam ini. Menurutnya, Indonesia harus memiliki satu ikon seni yang membanggakan di mata dunia. Saat GWK digagas, ia meniatkan sebagai obyek wisata yang bisa jadi magnet kuat bagi turis mancanegara untuk datang ke Indonesia.

Demi mewujudkan rencananya itu, Nyoman sampai merogoh kocek hasil penjualan karyanya untuk membeli lahan tandus bekas lokasi penambangan kapur liar di Desa Ungasan. Lahan itu berada pada ketinggian 276 meter di atas permukaan laut. Ia memilih lahan tandus pun demi meminimalkan kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi selama proses pengerjaan proyek GWK.

Bahkan di Tahun 1998, Proyek Ini pun Terhenti Lantaran Krisis Moneter

Berdasarkan cerita Nyoman, satu tahun setelah gagasan GWK digulirkan, ia bersama Joop Ave yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata, Gubernur Bali Ida Bagus Oka, serta Menteri Pertambangan dan Energi Ida Bagus Sudjana mengembangkan ide pembangunan GWK.

Proyek prestisius tersebut kemudian mendapat restu dari Presiden Soeharto pada tahun 1993. Bahkan Soeharto menjanjikan kalau negara akan ikut membantu dalam pengerjaannya. Empat tahun berselang, tepatnya pada 9 Juni 1997, terjadi proses peletakkan batu pertama menandai dimulainya proses pembangunan GWK.

Hanya saja, pengerjaan proyek ini terhenti saat Indoensia didera krisis moneter pada 1998. Bahkan bantuan dana dari pemerintah pun tak kunjung tiba, mengingat saat itu Presiden Soeharto pun lengser dari jabatannya. Proyek terhenti, patung baru selesai tiga potong yaitu tubuh dan kepala Dewa Wisnu, serta kepala Garuda yang terpisah dari tubuh sang Dewa.

Namun Nyoman tak kehabisan akal. Tahun 2000 ia bahkan berani membuat GWK Expo. Semacam cara darinya untuk memperlihatkan potongan patung Dewa Wisnu dan kepala Garuda pada publik. Dalam expo tersebut, Nyoman sekaligus menegaskan: Patung GWK belum selesai dibuat.

Terkatung-katung Selama Bertahun-tahun, GWK Akhirnya Mendapat Suntikan Dana dan Siap Dibangun Kembali

Sumber : The Jakarta Post

Nyoman bahkan sampai melewati titik dimana ia harus menjual 82 persen saham GWK Cultural Park dengan harga murah kepada PT Alam Sutera Realty Tbk di tahun 2013. Namun bukan berarti ia melepas mimpinya. Justru ternyata disitulah titik balik Nyoman bisa menghidupkan kembali harapannya pada proyek GWK ini. Setelah mendapatkan saham GWK dengan harga miring, Alam Sutera ternyata siap menggelontorkan dana Rp 450 miliar untuk pengerjaan proyek tersebut bahkan menunjuk PT Siluet Nyoman Nuarta milik Nyoman untuk mengakomodir setiap pengerjaan proyek patung GWK. Ya, soal dana, Nyoman tak perlu risau lagi.

Seiring anggaran yang sudah aman, Nyoman memilih membangun kembali Garuda Wisnu Kencana dari nol. Potongan tubuh dan kepala Dewa Wisnu serta kepala garuda yang sudah jadi 15 tahun lalu dibiarkan di sisi timur GWK Cultural Park. Alasan ia tak memakai potongan-potongan patung yang tak selesai sejatinya sebagai tanda betapa sulit dan lamanya pengerjaan GWK.

Uniknya, potongan patung yang baru ternyata dibuat di Bandung, di bengkel seni miliknya. Potongan patung yang berjumlah 754 potong diangkut ke Bali lewat darat, setidaknya butuh 500 lebih truk tronton.

Saat ini, ratusan potongan tubuh patung tersebut sudah ada di Bali dan siap disatukan. Tepatnya pada 20 Mei yang lalu, pemasangan mahkota pada kepala Dewa Wisnu pun dilakukan. Nyoman optimis, patung tersebut akan selesai pada Agustus mendatang dan GWK Cultural Park pun siap jadi tempat pertemuan IMF-World Bank Annual Meeting. Terpenting, alasan Nyoman serius melakoni proyek ini dengan gigih lantaran ia ingin menunjukkan tekadnya untuk memberikan warisan peradaban modern melalui GWK.

“Sebagian besar destinasi wisata di Bali, misalnya, merupakan warisan leluhur yang dibangun antara abad ke-9 dan 13. Pura Besakih, Tanah Lot, Uluwatu… Lalu, mana karya manusia modern,” ujar Nyoman dalam wawancara dengan Kompas.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Tanda Aneh yang Justru Bisa Jadi Sinyal Kamu akan Jadi Orang Sukses

Semua orang tentu ingin menjadi seorang yang sukses. Namun dalam praktiknya sendiri, tak banyak orang yang berhasil dalam meraih kesuksesannya sendiri. Banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan seseorang. Bicara mengenai kesuksesan, kamu bisa mendeteksi sinyal kesuksesanmu lewat tujuh tanda aneh ini loh.

Karena konon, mereka yang kerap mengalami hal-hal ini diperkirakan akan sukses di masa depan.

1. Tak Semua Orang Menyukaimu Serta Hal yang Kamu Lakukan

Kamu bukanlah seorang yang jahat, tapi banyak orang yang tak menyukaimu dan tak menyukai apa yang kamu lakukan. hal ini bisa jadi tanda bahwa kamu adalah calon orang sukses. Kamu tak disukai bukan karena kamu orang jahat, melainkan kamu orang yang selalu konsisten terhadap apa yang kamu tuju dan sulit untuk diajak kompromi oleh orang lain dalam menghancurkan apa yang sudah kamu rencanakan.

2. Kamu Menjadi Sosok yang Perfeksionis

Segala yang kamu lakukan harus mendapatkan hasil yang terbaik. Kamu berusaha untuk melakukan apapun sebaik yang kamu bisa. Bahkan kamu kerap mengevaluasi dirimu sendiri dan mengidentifikasi dimana letak kekurangan dan kelemahanmu untuk bisa diperbaiki ke depannya. Berniat untuk menjadi lebih baik lagi, kamu justru kadang dianggap aneh karena melakukan sesuatu dengan selalu tertata.

3. Kamu Paham Bahwa Kesuksesan Bukanlah Segalanya

Kamu mulai tak lagi berpatokan pada kesuksesan karena kamu paham kesuksesan bukanlah segalanya. Kamu hanya berusaha menjalani kehidupanmu saat ini dengan semaksimal yang kamu bisa lakukan. Berusaha untuk melakukan segala hal yang terbaik sesuai kemampuan. Bukan untuk mencari popularitas, tapi karena kamu senang.

4. Kamu Tak Yakin dengan Apa yang akan Terjadi di Masa Depan

Kamu bukan orang yang over confident, tetapi kamu juga bukan orang yang minder. Kamu hanya mencoba untuk berpikir realistis. Kamu menjalani hidup dengan apa adanya, dengan membuang jauh-jauh pemikiran yang berlebihan. Kamu hanya berharap jika yang kamu kerjaakan sekarang akan berbuah hasil yang maksimal.

5. Kamu Belajar Cara Merelakan Sesuatu

Kamu tak lagi memfokuskan dirimu pada apa yang tidak bisa kamu capai, tapi kamu lebih fokus dengan apa yang menjadi kemampuanmu. Kamu pun belajar untuk melepas apa yang kamu inginkan dimana kamu tahu itu tak akan bisa kamu raih. Kamu lebih fokus pada apa yang menjadi keahlianmu dan mencoba untuk hidup dengan lebih bebas. Mengerahkan semua kemampuan untuk sesuatu yang memang diinginkan.

6. Kamu Jadi Sosok yang Lebih Manusiawi

Sejatinya manusia hidup secara berdampingan, dan kamu sadar akan hal itu. Kamu pun tak lagi mementingkan dirimu sendiri. Kamu mulai sadar bahwa hidup tak hanya tentang dirimu, melainkan ada banyak orang yang juga perlu kamu perhatikan. Inilah yang akhirnya membuatmu menjadi sosok yang lebih manusiawi.

7. Kamu Meninggalkan Ketakutan yang Selama Ini Menghantuimu

Banyak orang yang sulit keluar dari ketakutannya sendiri. Namun kamu sudah mulai meninggalkan ketakutan yang selama ini bersemayam dalam dirimu. Kamu berusaha keras untuk bisa keluar dari apa yang selama ini kamu takutkan. Kamu menjadi sosok yang lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi segala ketakutanmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Kata dalam Bahasa Inggris yang Memiliki Dua Makna Berbeda

Dalam belajar bahasa Inggris, terkadang kita mengalami kesulitan dalam memaknai sebuah kata. Terlebih jika kata tersebut memiliki dua makna atau lebih yang berbeda. Nah, untuk itu kami ingin membantumu lebih memahami tiap kata yang memiliki makna ganda. Coba baca lebih lanjut ya…

1. Back

Sebagian besar orang memaknai kata back dengan arti “belakang”. Namun ternyata, selain arti tersebut, kata back juga memiliki makna lain, yaitu “punggung”.

2. Second

Kata second nyatanya tak hanya berarti “detik”. Kata ini memiliki makna lain, yaitu “kedua”. Jadi selalu perhatikan konteks kalimatnya sebelum memaknainya ya.

3. Well

Saat kamu mendengar kata well, apa yang kamu pikirkan mengenai arti kata tersebut? Kata ini sering diartikan “baik”. Namun selain itu, kata well juga memiliki makna lain, yaitu “sumur”.

4. Mine

Jangan sampai tertukar dalam memaknai kata ini ya? Kata mine memang pada umumnya diartikan “milikku”. Namun selain makna tersebut, kata mine juga bermakna “ranjau”.

5. Bolt

Kata bolt memiliki dua makna berbeda loh. Jadi mana yang kamu maksud? Makna “baut” atau makna “gemuruh petir”.

6. Bat

Kedua makna kata bat sangat berbeda jauh, jadi jangan lupa untuk selalu teliti dalam melihat konteks kalimatnya. Yang satu bermakna “kelelawar”, yang satu bermakna “kayu pemukul”.

7. Jam

Hati-hati memaknai kata yang satu ini, kata jam memiliki dua makna yang jauh berbeda. Makna jam adalah “selai” dan “macet”.

8. Watch

Makna dari kata watch di antaranya adalah sebagai verb dan juga noun. Yang satu artinya “melihat” dan yang satunya lagi “jam tangan”.

9. Bark

Kata bark memiliki dua makna yang berbeda. Sama halnya dengan kata watch, kata bark juga memiliki makna sebagai verb dan noun. Makna kata kerjanya adalah “menggonggong” dan kata bendanya adalah “kulit pohon”.

10. Can

Kata can ternyata juga memiliki dua makna yang berbeda loh. Jangan sampai salah ya. Ada makna yang berarti “bisa” dan juga makna “kontainer”. Usahakan untuk memaknai sebuah kata dari konteks kalimatnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Selamat Ulang Tahun Adroid, Wah Sudah 10 Tahun Menemani

Berbalik sebentar ke tahun 2008, Adroid yang merupakan sistem operasi milik google ini pertama kali disematkan pada smartphone dengan model HTC G1 atau yang lebih dieknal dengan sebuatan HTC Dream denngan Adroid 1.0. Dimana OS yang tadinya penuh bug, kini jadi salah satu OS paling dikeal di dunia.

Semakin melambung di akhir tahun 2010, konon Adroid kian populer karena pembaruan softwarenya yang cukup besar, terlebih pada perangkat flagship. Katakanlah seri Motorola Droid dan Samsung Galaxy S.

Kalau pada masa itu iPhone sudah mampu menyaingi BlackBerry, Adroid justru sudah jauh berlari untuk meninggalkan OS Symbian dan Windoes pada ponsel. Selanjutnya, para pemilik vendor perangkat mobile yang tadinya mengadaptasi Symbian atau Windows akhirnya hijrah ke Adroid untuk bisa terus bersaing di pasaran.

Kamu mungkin masih ingat, pada masa kejayaan BlackBerry dengan aplikasi BBM-nya. Bisa dibilang banyak digandrungi para user, terlebih di Indonesia. Namun, lagi-lagi harus diakui perubahan dan update yang terus dilakukan oleh Adroid memang akhirnya bisa dibilang menggeser tahta BlackBerry. Terbukti pada akhir 2013, aplikasi besutan BlackBerry yakni BlackBerry Messenger akhirnya hadir di Adroid dan iPhone.

Hidup dan berkembang selama satu dekade, hari ini 24 September 2018 Adroid memperingati hari pertama peluncurannya 10 tahun lalu. Saat ini, tercatut sudah ada lebih dari 2 Miliar perangkat Adroid berstatus aktif. Sebab tak terfokus pada smartphone saja.

Kamu bisa menemukan sofware ini ada pada berbagai macam benda dan alat bantu. Mulai dari tablet, jam pintar, smart TV, belum lagi lemari es, oven, hingga headset VR.

Kalau kamu, sudah pakai software Adroid pada benda apa saja?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top