Trending

Pelajaran Hidup dari Najwa Shihab, Si Kartini Masa Kini yang Bisa Anak Muda Teladani

Perempuan yang akrab disapa Nana ini, lahir di Makassar 16 September 1977 lalu, dan menyelesaikan bangku kuliah pada Jurusan Hukum di Universitas Indonesia. Dan memulai karir jurnalistik sejak tahun 2000, segala pencapaiannya jadi ajang yang juga turut membesarkan namanya. Kemampuannya menjadi pembawa berita sekaligus jadi tuan rumah dalam ‘Mata Najwa’ jadi hal lain yang juga membuat namanya semakin dikenal dan dicintai banyak orang.

Maka wajar, jika keputusannya pada Agustus 2017 lalu, melalui episode Catatan Tanpa Titik yang juga jadi ajang untuk memberitahukan mundurnya ia dari MetroTV membuat banyak orang merasa kehilangan. Padahal Nana sudah bilang hanya ingin beristirahat sejenak, bukan berhenti dari perjalanan.

Kali ini, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Kami ingin memberitahumu beberapa hal yang bisa kamu teladani dari seorang Najwa yang kini juga sudah aktif membuat konten-konten youtube menarik di Narasi TV.

Dari Najwa Kita Belajar, Bahwa Selagi Muda Cobalah Untuk Menemukan dan Hidup dalam Passion Kita Masing-masing

Sumber : https://www.instagram.com/najwashihab/

Berapa banyak sarjana pertanian yang malah bekerja pada meja perbankan? Mungkin bisa kita jadikan gambaran bahwa sesungguhnya masih banyak dari kita yang tak berani untuk tetap berjalan pada passion yang dimiliki. Ketika masih berada pasa usia yang terbilang muda, cobalah untuk terus menggali dan mencari apa yang sebenarnya hal yang menjadi kecintaan kita. Selama hal itu membuatmu bahagia, maka akan selalu ada jalan untuk sebuah cita-cita.

Walau faktanya tak mudah, atau mungkin kau akan bilang ini hanya berlaku pada mereka yang mendapat dukungan dari keluarga, atau berbagai alasan lain yang mungkin bisa melepaskanmu dari rasa bersalah. Percayalah sekecil apapun hasil yang akan kau dapat, jika hal itu lahir dari sesuatu yang dicintai jelas akan memiliki arti.

Najwa bisa saja jadi pengacara hebat, namun ia menemukan passionnya sebagai jurnalis dan mencoba menekuninya hingga akhirnya berbuah manis.

Dan Untuk Menjalani Itu, Waktu Jadi Investasi yang Menjadi Kunci Akan Seberapa Sukses Kamu

Sumber : https://www.instagram.com/najwashihab/

Semua hal-hal besar jelas tak lahir dalam waktu yang sebentar. Kamu butuh rentang waktu tertentu untuk bisa menikmati semua upahmu. Pada salah satu kesempatan Najwa pernah berkata “Kemauan kita untuk menunggu itu investasi waktu. Menunjukkan upaya kerja keras kita. Saya dulu nggak akan pulang sebelum dapat quote. Mungkin memang dulu belum terlihat hasilnya, tapi itu yang membentuk kita jadi wartawan yang kuat,”

Nana bercerita bahwa kemampuannya untuk bisa menghadirkan sejumlah narasumber penting di Acara yang dibawakannya, jelas adalah hasil dari kerja kerasnya selama 17 tahun jadi wartawan. Baginya menunggu pernyataan narasumber bicara adalah sebuah investasi waktu untuk seorang wartawan.

Untuk itu tanpa harus mengeluh, ia paham bahwa waktu jadi salah satu penentu, kapan semua upaya akan terbayar.

Tetap Tekun dan Mencoba Membangun Relasi yang Luas, Sebab Kamu Tak Akan Bisa Hidup Sendiri Tanpa Bantuan

Sumber : https://www.instagram.com/najwashihab/

Meningkatkan kualitas diri jadi salah satu hal yang kerap dicari oleh beberapa anak muda. Namun tak banyak yang berani untuk mulai keluar dan membangun relasi. Padahal ini adalah salah satu aset yang perlu dilakukan dari sekarang.

Sejak masih duduk di bangku sekolah Nana sudah aktif ikut berorganisasi. Dan hal ini jadi buktii bahwa ia adalah sosok yang memang suka bertemu orang baru dan membangun relasi. Pelan-pelan kita akan tahu, mana titik lemah yang kita miliki dan hal apa saja yang bisa dijadikan kekuatan diri.

Dan hal ini jadi salah satu resep sukses yang juga pernah ia bagikan, Nana berkata bahwa “Jejaring itu investasi. Hubungan dengan narasumber itu untuk wartawan sesuatu yang mahal. Saya diuntungkan dengan perjalanan karir cukup lama dan nama besar institusi tempat saya bekerja,” Maka tak heran jika setiap narasumber yang ia wawancara bisa buka-bukaan secara blak-blakan, marah, kesal bahkan menangis tatkala diberi pertanyaan olehnya.

Cobalah Untuk Mengeksplorasi Hal-hal Baru dan Keluar dari Zona Nyamanmu

Sumber : https://www.instagram.com/najwashihab/

Menyelesaikan pendidikan S2 di Australia, perempuan lulusan Melbourne Law School ini juga jadi sosok yang bisa kita jadikan acuan untuk berani keluar dari Zona Nyaman. Saat masih duduk di bangku SMA, Nana pernah mengikuti program pertukaran pelajar ke kota kecil di Amerika. Dan menariknya lagi ia jadi satu-satunya orang Indonesia sekaligus satu-satuanya peserta muslim.

Tak akan ada hal besar yang akan kita dapat, selama kita masih lelap dalam bayang-bayang akan sesuatu hal yang memuat diri terlalu senang. Bergerak untuk maju, atau diam untuk hidup yang hanya sampai disitu.

Terdengar Klise, Tapi Persistensi dalam Diri Akan Menguatkan Kita Untuk Tetap Memiliki Ambisi

Sumber : https://www.instagram.com/najwashihab/

“Persistensi, jangan pernah mau terima tidak dari narasumber, kejar terus sampai dapat,” kalimat ini jadi adalah salah satu acuan yang terus dipegang oleh Najwa. Ia tak mudah menyerah, tak akan pulang dari tugas wawancara dengan tangan hampa. Sebab putus asa dan menyerah hanya membuat kita jadi seorang pecundang, bukan pemanang.

Terus melangkah untuk sesuatu yang memang kita inginkan, dengan begitu semangat dalam diri akan terus berkibar hingga sampai pada tujuan. Semua pernyataan barusan mungkin terderngar sebagai kalimat pasaran yang biasa orang sampaikan. Tapi bagi Najwa itu adalah acuan untuk tetap mengobarkan ambisi.

Jangan Pernah Berhenti dan Malas Untuk Membaca

Sumber : https://www.instagram.com/najwashihab/

Yap, perempuan yang juga giat dalam kampanye literasi ini adalah Duta Baca Indonesia untuk periode 2016 hingga 2020 mendatang. Dengan kata lain, ia ingin menunjukkan bahwa membaca adalah salah satu jalan untuk sukses yang kita inginkan. Belajar hal baru, tanpa ada pautan usia tertentu.

Dan hal lain yang juga bisa kita pelajari dari Nawja adalah adalah, buku jadi salah satu wadah yang bisa memberi kita pengalaman dan banyak pelajaran berharga untuk menembus ruang dan waktu.

Dan Berdedikasilah Untuk Segala Sesuatu yang Sedang Kamu Kerjakan

Sumber : https://www.instagram.com/najwashihab/

Menjalani karir menjadi jurnalis selama 17 tahun lamanya, perjalanan yang telah ditempuh oleh seorang Najwa jelas tak singkat. Lalu bandingkan dengan kamu yang baru 2 tahun lulus kuliah tapi sudah 3 kali pindah tempat kerja. Ya, kami paham setiap orang mungkin punya alasan untuk satu keputusan. Entah itu pekerjaan yang tak sesuai atau tak adanya gambaran masa depan. Jelas ini sah-sah saja.

Namun hal yang sesungguhnya hal lain yang bisa kita contek dari seorang Najwa adalah, berdedikasi dan memiliki loyalitas yang tinggi pada satu pekerjaan yang kita cintai adalah kunci dari segala syukur dan sukses yang juga jadi cita-cita. Apapun itu jenis pekerjaannya, sebisa mungkin lakukan segala hal dengan versi terbaik dari dalam diri. Bukan untuk perusahaan, bukan pula untuk atasan melainkan untuk diri sendiri.

Lalu bagaimana dengan kamu? Sudahkah beberapa yang Najwa lakoni tadi, ada dalam diri?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Setelah LDR Bertahun-tahun, Hubungan 5 Pasangan Artis Ini Akhirnya Berujung di Pelaminan

Menjalani hubungan jarak jauh bukan perkara yang mudah. Tidak semua orang sanggup menjalaninya.  Godaan yang ada dalam hubungan jarak jauh pun sangat beragam. Tak jarang banyak pasangan yang akhirnya memilih untuk mengakhiri hubungan. Namun hal tersebut berbeda dengan 5 pasangan artis ini. Setelah menjalani LDR bertahun-tahun, akhirnya hubungan mereka berujung di pelaminan.

1. Christian Sugiono dan Titi Kamal

Pasangan artis ini harus menahan rindu karena keadaan. Keduanya akhirnya menikah pada tahun 2009 setelah berpacaran selama 9 tahun dan sempat menjalani hubungan jarak jauh.

2. Indra Bekti dan Aldila Jelita

Pasangan harmonis yang satu ini juga sempat menjalani hubungan jarak jauh loh. Sebelum menikah di tahun 2010 silan, keduanya sempat menjalani LDR selama 2 tahun antara Malaysia dan Indonesia.

3. Ashraf Sinclair dan Bunga Citra Lestari

Memiliki pasangan yang berasal dari negara tetangga membuat Bunga Citra Lestari atau kerap dipanggil BCL ini harus rela menjalani hubungan jarak jauh. Bunga dan Ashraf sempat LDR-an selama satu tahun sebelum akhirnya menikah di tahun 2008.

4. Chacha Frederica dan Dico

Sebelum memutuskan melangkah ke jenjang pernikahan, keduanya sempat menjalani hubungan jarak jauh. Alasannya sih karena kesibukan masing-masing.

5. Acha Septriasa dan Vicky Kharisma

Pasangan yang satu ini menikah pada tahun 2016 lalu. Sebelum menikah, keduanya harus rela menjalani hubungan jarak jauh karena tuntutan pekerjaan. Acha di Jakarta, sedangkan Vicky di Sydney. Hal itu karena Vicky bekerja di sebuah perusahaan IT Australia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kesederhanaan Keluarga Mark Zuckerberg yang Bisa Kita Ikuti

Mark Zuckerberg merupakan orang yang masuk dalam peringkat ke lima sebagai orang paling kaya di dunia versi majalah forbes. Tentu saja hal itu bukan hal yang mengherankan mengingat profesinya sebagai CEO Facebook. Bahkan hingga Juli tahun lalu, kekayaan laki-laki ini mencapai US$ 69,5 miliar loh. Meski begitu, kekayaannya tak pernah menjadikannya sosok yang hidup bermewah-mewah.

1. Pernikahannya Tahun 2012 Tergolong Pernikahan yang Sederhana

Mark Zuckerberg menikah pada tahun 2012 silam. Meski hidupnya bergelimang harta, dia tetap lebih memilih mengadakan pernikahan yang sederhana dengan hanya dihadiri oleh 100 undangan keluarga dan kolega.

2. Penampilan Kesehariannya Jauh dari Kata Mewah

Dia memang kaya raya, namun dia tak suka hidup glamour. Dia lebih memilih tampil sederhana. Yang terpenting hanyalah dia nyaman dengan apa yang dia kenakan.

3. Tahun 2015 Dikaruniai Anak Perempuan

Pada tahun 2015, Mark Zuckberg dan istri dikaruniai seorang anak perempuan yang cantik. Anak perempuannya diberi naman Maxima Zuckberg.

4. Pekejaan Paling Berharga Baginya Adalah Menjadi Seorang Ayah

Bagi Mark Zuckberg, tak ada pekerjaan yang paling sempurna dibandingkan menjadi seorang ayah. Dia sangat menyayangi putrinya melebihi rasa sayangnya pada dirinya sendiri.

5. Perayaan Ulangtahun Pertama Putrinya Pun Digelar dengan Sederhana

Mark Zuckberg sudah mulai mengajarkan kesederhanaan pada putri kecilnya sejak dini. Untuk perayaan ulangtahun pertama putrinya, Mark hanya mengadakan pesta ulangtahun yang sederhana.

6. Tak Perlu Maternity Shoot yang Heboh

Mark Zuckberg dan istrinya lebih memilih untuk melakukan maternity shoot yang sederhana. Yang terpenting bagi mereka adalah maknanya, bukan kemewahannya.

7. Lebih Suka Jalan Kaki

Meski tergolong orang paling kaya di dunia, Keluarga ini lebih memilih untuk jalan kaki jika ingin pergi ke suatu tempat. Bagi mereka, selagi tempatnya masih bisa dijangkau dengan jalan kaki kenapa harus pakai kendaraan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Urutan Zodiak dari yang Paling Polos Sampai yang Paling Manipulatif

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Sebagian besar orang tak pernah menyadari bahwa dirinya adalah orang yang terlalu polos atau terlalu manipulatif. Berdasarkan zodiak sendiri, berikut urutan zodiak paling polos sampai paling manipulator.

1. Zodiak Capricorn

Capricorn menempati posisi pertama, yang artinya dia adalah seorang yang sangat polos. Capricorn adalah orang yang selalu mendahuukan otak untuk berpikir rasional. Dia terkenal polis dan baik hati, seringkali banyak orang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.

2. Zodiak Cancer

Cancer adalah sosok yang polos. Saat ada orang yang meminta bantuannya, dia akan langsung membantunya meski terkadang hatinya tak mampu melakukannya. Alasannya karena dia tak bisa menolak permintaan orang lain.

3. Zodiak Aquarius

Aquarius termasuk orang yang polos. Dia memandang segala sesuatu dari kacamata positifnya. Dia tak mau berpikiran jelek terhadap orang lain.

4. Zodiak Taurus

Taurus juga masih termasuk sosok yang polos.  Hal ini membuatnya sering dibohongi. Entahlah dia sangat mudah dikelabuhi orang lain karena kepolosannya itu.

5. Zodiak Libra

Libra seolah hidup untuk orang lain. Dia bahkan rela melakuka apa saja demi kepentingan orang lain. Dia polos karena selalu beranggapan bahwa setiap kebaikannya akan kembali padanya juga.

6. Zodiak Pisces

Pisces bisa menjadi sosok yang polos maupun manipulatif. Dia masuk dalam urutan tengah yang artinya dia bisa berubah-ubah.

7. Zodiak Virgo

Virgo adalah sosok yang suka berada di atas orang lain. Dia berada di pihak manipulatif. Sifatnya begitu perfeksionis dan selalu menginginkan segala sesuatu berjalan sesuai keinginannya.

8. Zodiak Leo

Leo menempati posisi ke delapan. Artinya dia termasuk sosok yang suka memanipulasi. Dia mampu mengubah kemauan orang lain hanya dalam waktu sekejap.

9. Zodiak Sagitarius

Sagitarius adalah sosok yang sangat suka memanipulasi berita. Dia bisa mengubah hal yang salah menjadi benar di mata orang lain. Dia berani memanipulasi data demi nama baiknya di mata orang lain.

10. Zodiak Gemini

Gemini Mmemiliki kemampuan komunikasi yang baik dan kecerdasan otak yang luar biasa. Hal ini membuatnya kadangkala sering memutar balikkan fakta namun dia tak sadar telah melakukannya.

11. Zodiak Aries

Aries  adalah sosok yang pjntar dalam bidang apapun yang digelutinya. Namun dia juga memiliki sifat yang suka memanipulasi suatu hal. Dia akan melakukan apapun demi mendapatkan apa yang dia mau.

12. Zodiak Scorpio

Scorpio menempati posisi terakhir yang artinya dia menjadi zodiak yang paling suka memanipulasi suatu hal. Scorpio terkenal keras dan tegas. Dia juga snagat cerdas. Nmaun dia kurang bijak dalam menggunakan kecerdasannya sehingga seringkali memanipulasi hal demi keuntungan pribadinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top