Feature

Orang Rasis IQ nya Rendah

Seakan tak pernah mati dari dalam sanubari, entah kenapa rasisme masih terlihat hidup dalam setiap diri kita. Sebuah gagasan yang kerap kali menimbulkan polemik bagi kesatuan umat manusia. Tanpa perlu ditampik lagi, hal ini memang jadi suatu penyakit yang memecah belah kesatuan.

Diawal tahun 2012 lalu, seorang ahli kejiwaan Gordon Hodson dari Brock University, Ontario, Kanada, menunjukkan hasil dari penelitiannya, bahwa ternyata sikap rasis berhubungan dengan tingkat intelektualitas. Yang mana dalam hal ini Hodson berkata jika seseorang yang memiliki IQ rendah akan cenderung untuk bersikap rasis dan berprasangka buruk kepada sesamanya.

Lalu bagaimana dengan mereka yang katanya adalah manusia hebat dengan intelektual yang tak perlu ditanyakan, akankah mereka bersih dari sikap rasis? Jawabannya tentu saja tidak selalu demikian.

Mereka yang Intelejensinya Rendah Memang Cenderung Bersikap Reaktif Akan Sesuatu Yang Berbeda Dengan Pandangan yang Dianutnya

Mari memutar kepala ke sebelah kita, atau setidaknya bertanya pada hati. Pada beberapa kesempatan kita sering sekali bertemu dengan orang lain. Jika konteks pertemuannya adalah aktivitas yang menimbulkan interaksi dalam hal komunikasi. Tentu ada beberapa hal yang akan terlihat tak sejalan. Jika sudah demikian, kita justru kerap berkutat pada apa yang kita anggap benar.

Tingkat pendidikan dan kemampuan jadi tolak ukur yang sering kita gunakan untuk menilai rendah pada lawan bicara. Hasilnya tanpa disadari, pemikiran ini jadi jembatan yang akan membuat kita malah berlaku tak adil. Kita merasa lebih unggul, akhirnya hak-hak dari orang yang berbeda acap kali dilanggar.  

Tapi Tak Hanya Tingkat IQ Saja, Ada Variabel Lain yang Kerap Jadi Pemicu Seseorang Berlaku Demikian

Bukan berarti kita bisa jadi hakim yang akan memvonis mereka yang berpendidikan rendah jadi individu yang kerap membuat rusuh. Karena sejatinya intelektual seseorang kadang tak ditakar dengan tingkat pendidikan.

Karena Hodson juga mengungkapkan bahwa sikap prasangka buruk itu sangat kompleks, sehingga kemunculan sikap ini, juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya Entah itu untuk sebuah kepentingan atau kebutuhan akan pengakuan hingga keadaan yang justru memaksa, hingga akhirnya seseorang berubah demikian.

Disadari atau tidak, hal ini kerap terjadi pada siapa saja. Bahkan bisa jadi kita juga mengalaminya.

Jika Di Negara Lain Hal Ini Jadi Sesuatu Yang Terlihat Nyata, Di Negara Kita Juga Ternyata Sama

Sebuah hasil penelitian dari beberapa ahli menyatakan, setidaknya ada 5 negara dengan peringkat tertinggi untuk masalah rasisme. Amerika sebagai negara pertama, kemudian disusul  oleh India, Arab Saudi, Israel, dan ada Jepang pada peringkat ke lima. Kasus-kasus yang kerap terbungkus dalam rasisme ini jadi sesuatu yang menyebabkan adanya kesenjangan sosial.

Bahkan menyebar luas hingga rasanya sangat susah untuk dihentikan. Jangan dulu senang, karena sebagaimana polemik yang masih berlalu lalang pada kehidupan masyarakat kita, pertengkaran antar suku di Indonesia jadi sesuatu yang masuk dalam sejarah negara kita. Hingga pada sekat-sekat yang kerap dibina untuk mengkotak-kotakkan orang-orang yang ada di negeri kita.

Karena Kalimat Rasis Ini Tak Hanya Dipakai Untuk Sesuatu Yang Bersifat Serius Dengan Tujuan Tertentu Saja

Menurut Oxford English Dictionary, definisi rasisme merujuk pada pemahaman yang menganggap bahwa ras atau suku tertentu lebih superior atas ras atau suku yang lainnya. Dan terlepas dari penempatan kata rasis yang masih jadi polemik di semua negara, termasuk Indonesia. Faktanya kalimat-kalimat yang bertujuan untuk membedakan beberapa golongan, juga kita pakai pada beberapa kalimat yang mungkin bersifat guyonanSaya percaya jika salah satu diantara kita pernah berkata, “Pantesan pelit, Orang Padang sih!”. Padahal korelasi bahwa keturunan Minang dari Padang adalah manusia yang pelit tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.  

Dan Kita Sendiri Mungkin Jadi Salah Satu Orang Yang Kerap Melakukannya

Para tetua terdahulu sering berkata bahwa ketika jari telunjuk milik kita sedang mengarah pada orang lain, tiga jari lain justru sudah menunjuk pada diri sendiri. Dengan kata lain, ini jadi pengingat bahwa tak perlu menuduh orang lain yang kerap berlaku demikian rasisnya.

Karena bisa jadi, kita sendiri jadi pelaku yang terbilang cukup sering untuk melakukannya. Kita tentu tak ingin terlihat sebagai orang yang arogan atas pendapat yang bertentangan, atau tak terlihat berpendidikan hanya karena ucapan. Hingga disebut si IQ jongkok karena bersikap rasis pada sesama manusia.

Jadilah manusia yang lebih peka, dan berhati-hati dalam setiap tutur kata yang kita ucapkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Hal Ini Menggambarkan Betapa Kompaknya Pasutri Muda

Kehidupan rumah tangga mungkin akan berbeda jauh dengan kehidupanmu sebelum menikah. Kini kamu sudah memiliki pasangan hidup yang tinggal satu atap denganmu. Kamu akan tahu segalanya tentangnya. Dan kamu akan selalu membututuhkannya untuk diajak berkompromi setiap harinya. Bak sebuah tim yang solid, ini 7 gambaran yang menunjukkan kekompakan bersama pasangan sebagai pasutri muda.

1. Posisi Tidur yang Tak Karu-karuan

Kamu dan pasanganmu sering tidur dengan beragam posisi yang ajaib. Posisi tubuhmu dan pasanganmu bisa saling menimpa dan meninggalkan air liur dimana-mana. Anehnya kamu dan pasangan tak pernah jijik akan hal itu.

2. Saling Membantu di Segala Situasi

Seringkali kamu dan pasanganmu kompak untuk membantu satu sama lain saat mengalami kesulitan kecil maupun besar. Misalnya dengan mencukurkan kumis, membersihkan komedo maupun mencabut uban.

3. Berbelanja Kebutuhan Bulanan Bersama

Hal yang satu ini akan sangat membantumu untuk memupuk kekompakan bersama pasanganmu. Kamu bisa berkompromi tentang barang apa yang harus kalian beli dan menyesuaikannya dengan budget yang kalian sediakan.

4. Masak dan Mengatur Tatanan Rumah Bersama

Kamu dan pasangan seringkali melakukan kegiatan kecil bersama. Misalnya dengan masak masakan kesukaan kalian bersama dan juga mendesain rumah sesuai dengan keinginan kalian berdua.

5. Melakukan Hal Konyol di Tempat Tidur

Selain curhat dan bercanda bersama, kamu pun sering melakukan hal konyol saat bersama pasanganmu di tempat tidur. Seperti mencoba melakukan atraksi akrobat misalnya. Kemudian saat kalian gagal, kalian akan tertawa bersama.

6. Menghabiskan Waktu Luang Bersama

Saat ada waktu luang yang tersedia, kamu pun biasa menghabiskannya dengan menonton televisi atau melakuakn hal sederhana lainnya. Yang penting kamu melakukannya dengan pasanganmu, itu sudah cukup membahagiakan.

7. Menyimpan Banyak Mainan untuk Mengusir Rasa Bosan

Saat kamu dan pasanganmu merasa bosan, kamu pun akan mengajaknya untuk melakukan permainan sederhana. Misalnya bermain kartu, domino, catur, ular tangga atau mainan sederhana lainnya yang cukup mengasyikkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ayahmu Pasti Sangat Senang Menerima 5 Kejutan Sederhana Ini Darimu

Meski terlihat biasa saja, namun sebenarnya kasih sayang seorang ayah kepada anaknya sangatlah luar biasa loh. Ayah memiliki tanggung jawab yang sangta berat sebagai seorang pemimpin keluarga. Meski banyak pengorbanan yang dia lakukan, dia tak akan pernah meminta apapun dari anaknya. Jika kamu ingin mencoba membuatnya bahagia, 5 kejutan sederhana ini pasti akan sangat membuatnya senang.

1. Mengajaknya Makan Malam Bersama

Setelah seharian bekerja tentu ayahmu akan merasa lelah. Cobalah untuk memasakkan sesuatu untuknya dan ajaklah dia makan malam bersama, pasti hal sederhana ini akan membuat ayahmu bahagia menerimanya.

2. Mengajaknya Liburan

Kesibukan setiap hari membuat waktumu bersama ayahmu pun tersita. Karenanya kamu bisa membuat momen yang indah di akhir pekan atau saat hari libur tiba. Ajaklah ayahmu jalan-jalan, momen seperti ini pasti menjadi momen yang juga diinginkan oleh ayahmu.

3. Membuat Masakan Spesial untuk Ayahmu

Meski kamu tak jago-jago amat dalam hal memasak, tapi ayahmu pasti akan sangat senang menerima kejutan makanan spesial yang kamu masak sendiri untuknya. Tak perlu memasak menu yang susah, kamu bisa membuat masakan yang setidaknya kamu merasa mampu membuatnya.

4. Ucapan Terimakasih Melalui Sebuah Tulisan

Kamu bisa mengucapkan terima kasihmu dalam sebuah tulisan yang mungkin bisa kamu lakukan di sebuah kertas. Kemudian taruhlah di tempat yang selalu dilihat oleh ayahmu. Saat dia menerima dan membacanya, pasti dia akan terharu akan kejutanmu itu.

5. Memberikan Kado Istimewa

Coba kamu perhatikan ayahmu beberapa hari ini. Kira-kira apa sih yang sangat dia butuhkan. Jika kamu sudah tahu, kamu bisa memberikan hadiah pada ayahmu berupa barang yang dibutuhkannya. Meski kecil, tapi ayahmu pasti akan bahagia menerima kado itu darimu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Wisata Hits di Bandung Ini Wajib Kamu Kunjungi, Ada Karpet Aladdin Juga di Sana

Bandung merupakan kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah ada yang baru nih di Bandung. Kamu harus coba datang ke destinasi wisata Bandung yang satu ini. Nama tempatnya adalah Dago Dream Park. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang hits saat ini di Bandung.

Wisata Ini Dikemas dengan Berbagai Wahana Permainan Menarik dan Juga Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Tempat ini sangat cocok untuk kamu jadikan tujuan wisata, baik bersama keluarga, teman maupun pacar. Udaranya yang sejuk dan alamnya yang asri menjadi nilai lebih dari tempat wisata ini. Wisata ini terletak di tengah hutan pinus. Konsep alamnya sangat kece, ditambah dengan wahana permainan dan spot foto yang instagramable banget.

Ada Banyak Wahana Permainan yang Patut Kamu Coba di Dago Dream Park Ini

Wisata Dago Dream Park ini menyediakan banyak wahana yang pastinya menarik hati. Misalnya ada sepeda angkasa, perahu dayung, sky gliding, taman labirin, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa memilih tempat ini untuk menghabiskan libur akhir pekanmu.

Tak Hanya Wahana Permaian Saja, di Sini Juga Tersedia Banyak Spot Foto yang Keren Abis

Sesuai dengan namanya, yaitu “dream park”, wisata yang satu ini juga menawarkan banyak spot foto yang kece. Hasil fotonya bisa seolah kamu sedang ada di negeri dongeng loh. Misalnya ada spot foto di permadani Aladdin. Kamu bisa mendapatkan foto seolah kamu sedang terbang di atas karpet. keren kan.

Tiket Masuknya Terjangkau Banget, Hanya 20 Ribu Rupiah Saja

Tak perlu takut kantongmu akan bolong. Harga tiket masuk wahana wisata ini sangatlah murah, yaitu hanya 20 ribu rupiah saja. Gimana? menarik kan? Jadi kapan nih kamu mau main-main ke Bandung dan mampir ke destinasi wisata yang satu ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top