Community

Mulai Diabaikan, 7 Filosofi Jawa oleh Kanjeng Sunan Kalijaga Harusnya Selalu Kita Pegang

Orang Jawa pasti sudah nggak asing dengan nama Sunan Kalijaga atau Sunan Kalijogo. Beliau adalah tokoh Wali Songo yang sangat lekat kaitannya dengan para muslim di Pulau Jawa. Beliau adalah salah satu tokoh Wali Songo yang mampu memasukkan ajaran Islam dalam tradisi Jawa. Namun sangat disayangkan jika mengingat bahwa saat ini banyak filosofi Jawa yang sudah mulai dilupakan. Berikut adalah 7 filosofi Jawa oleh Sunan Kalijaga yang saat ini sudah jarang dipahami oleh etnis Jawa itu sendiri.

1. Urip Iku Urup

Arti ungkapan itu sendiri adalah hidup itu “nyala”. Maksudnya seorang manusia haruslah bisa bisa berguna bagi sesama manusia. Sudah menjadi keharusan bagi kita untu bisa membawa manfaat bagi orang di sekitar kita. Sedangkan saat ini banyak orang yang hidup hanya sekedar untuk hidupnya sendiri. Mereka tak membawa manfaat sedikit pun untuk orang di sekitarnya. Bahkan seolah tak membutuhkan orang lain dan melupakan hakikat manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

2. Memayu Hayuning Bawono, Ambrasto dur Hangkoro

Makna dari filosofi ini adalah dalam hidup di dunia ini, manusia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan, juga memberantas kejahatan. Tidak hanya mengusahakan yang terbaik untuk diri sendiri, namun juga untuk kehidupan di sekitar kita.

3. Suro Diyo Joyo Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti

Makna dari filosofi ini adalah segala sifat keras dan buruk di dunia ini hanya bisa dikalahkan oleh kebaikan. Sekeras apapun hati seseorang, hal itu tetap akan diatasi dengan adanya kelembutan hati.

4. Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake, Sekti Tanpo Aji-aji, Sugih Tanpo Bondo

Arti dari ungkapan ini adalah “Berjuang tanpa perlu membawa masa, menang tanpa merendahkan, berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan, kaya tanpa didasari kebendaan”. Maksudnya, hal yang harus kita perangi adalah diri sendiri. Saat kita menang, menanglah tanpa merendahkan orang lain. Saat kita sudah menjadi sosok yang berwibawa, berwibawalah tanpa mengandalkan kekuatan atau kekuasaan. Dan saat kita kaya, jangan hanya didasari dari kebendaan. Karena pada hakikatnya kaya bukan diukur dari harta benda yang dimiliki oleh seseorang.

5. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan

Makna dari ungkapan ini adalah jangan mudah sakit hati saat musibah datang dan jangan sedih saat kamu harus merasakan rasanya kehilangan. Pada dasarnya tidak ada kehidupan yang terbebas dari yang namanya cobaan atau musibah. Tetaplah berprasangka baik saat musibah datang menghampiri kehidupanmu dan saat ada suatu hal yang hilang dari hidupmu.

6. Ojo Gumunan, Ojo Getunan, Ojo Kagetan, Ojo Aleman

Makna dari ungkapan ini adalah jangan mudah heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut, jangan mudah manja. Jangan mudah heran saat ada hal yang diluar nalarmu, karena tak ada yang tak mungkin di dunia ini jika Tuhan sudah berkehendak. Jangan mudah menyesal akan apa yang sudah kamu lalui di masa silam karena hal itu tak ada gunanya untuk kehidupanmu. Jangan mudah terkejut,  bersikaplah sewajarnya dan bijaksana. Jangan mudah kolokan atau manja, semestinya hidup itu perluu diperjuangkan dengan penuh kegigihan.

7. Ojo Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan Lan Kemareman

Makna dari ungkapan ini adalah jangan terobsesi oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi. Hidup ini bukan hanya sekedar tentang kedudukan tinggi, kekayaan harta benda juga kepuasan duniawi semata. Hidup ini tidak bisa diukur dengan hal kecil seperti itu. Sebagai manusia kita memiliki jiwa dan hati nurani yang harus lebih dijaga. jangan sampai hati itu ternoda dengan hal yang tak berguna.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Setelah LDR Bertahun-tahun, Hubungan 5 Pasangan Artis Ini Akhirnya Berujung di Pelaminan

Menjalani hubungan jarak jauh bukan perkara yang mudah. Tidak semua orang sanggup menjalaninya.  Godaan yang ada dalam hubungan jarak jauh pun sangat beragam. Tak jarang banyak pasangan yang akhirnya memilih untuk mengakhiri hubungan. Namun hal tersebut berbeda dengan 5 pasangan artis ini. Setelah menjalani LDR bertahun-tahun, akhirnya hubungan mereka berujung di pelaminan.

1. Christian Sugiono dan Titi Kamal

Pasangan artis ini harus menahan rindu karena keadaan. Keduanya akhirnya menikah pada tahun 2009 setelah berpacaran selama 9 tahun dan sempat menjalani hubungan jarak jauh.

2. Indra Bekti dan Aldila Jelita

Pasangan harmonis yang satu ini juga sempat menjalani hubungan jarak jauh loh. Sebelum menikah di tahun 2010 silan, keduanya sempat menjalani LDR selama 2 tahun antara Malaysia dan Indonesia.

3. Ashraf Sinclair dan Bunga Citra Lestari

Memiliki pasangan yang berasal dari negara tetangga membuat Bunga Citra Lestari atau kerap dipanggil BCL ini harus rela menjalani hubungan jarak jauh. Bunga dan Ashraf sempat LDR-an selama satu tahun sebelum akhirnya menikah di tahun 2008.

4. Chacha Frederica dan Dico

Sebelum memutuskan melangkah ke jenjang pernikahan, keduanya sempat menjalani hubungan jarak jauh. Alasannya sih karena kesibukan masing-masing.

5. Acha Septriasa dan Vicky Kharisma

Pasangan yang satu ini menikah pada tahun 2016 lalu. Sebelum menikah, keduanya harus rela menjalani hubungan jarak jauh karena tuntutan pekerjaan. Acha di Jakarta, sedangkan Vicky di Sydney. Hal itu karena Vicky bekerja di sebuah perusahaan IT Australia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kesederhanaan Keluarga Mark Zuckerberg yang Bisa Kita Ikuti

Mark Zuckerberg merupakan orang yang masuk dalam peringkat ke lima sebagai orang paling kaya di dunia versi majalah forbes. Tentu saja hal itu bukan hal yang mengherankan mengingat profesinya sebagai CEO Facebook. Bahkan hingga Juli tahun lalu, kekayaan laki-laki ini mencapai US$ 69,5 miliar loh. Meski begitu, kekayaannya tak pernah menjadikannya sosok yang hidup bermewah-mewah.

1. Pernikahannya Tahun 2012 Tergolong Pernikahan yang Sederhana

Mark Zuckerberg menikah pada tahun 2012 silam. Meski hidupnya bergelimang harta, dia tetap lebih memilih mengadakan pernikahan yang sederhana dengan hanya dihadiri oleh 100 undangan keluarga dan kolega.

2. Penampilan Kesehariannya Jauh dari Kata Mewah

Dia memang kaya raya, namun dia tak suka hidup glamour. Dia lebih memilih tampil sederhana. Yang terpenting hanyalah dia nyaman dengan apa yang dia kenakan.

3. Tahun 2015 Dikaruniai Anak Perempuan

Pada tahun 2015, Mark Zuckberg dan istri dikaruniai seorang anak perempuan yang cantik. Anak perempuannya diberi naman Maxima Zuckberg.

4. Pekejaan Paling Berharga Baginya Adalah Menjadi Seorang Ayah

Bagi Mark Zuckberg, tak ada pekerjaan yang paling sempurna dibandingkan menjadi seorang ayah. Dia sangat menyayangi putrinya melebihi rasa sayangnya pada dirinya sendiri.

5. Perayaan Ulangtahun Pertama Putrinya Pun Digelar dengan Sederhana

Mark Zuckberg sudah mulai mengajarkan kesederhanaan pada putri kecilnya sejak dini. Untuk perayaan ulangtahun pertama putrinya, Mark hanya mengadakan pesta ulangtahun yang sederhana.

6. Tak Perlu Maternity Shoot yang Heboh

Mark Zuckberg dan istrinya lebih memilih untuk melakukan maternity shoot yang sederhana. Yang terpenting bagi mereka adalah maknanya, bukan kemewahannya.

7. Lebih Suka Jalan Kaki

Meski tergolong orang paling kaya di dunia, Keluarga ini lebih memilih untuk jalan kaki jika ingin pergi ke suatu tempat. Bagi mereka, selagi tempatnya masih bisa dijangkau dengan jalan kaki kenapa harus pakai kendaraan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Urutan Zodiak dari yang Paling Polos Sampai yang Paling Manipulatif

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Sebagian besar orang tak pernah menyadari bahwa dirinya adalah orang yang terlalu polos atau terlalu manipulatif. Berdasarkan zodiak sendiri, berikut urutan zodiak paling polos sampai paling manipulator.

1. Zodiak Capricorn

Capricorn menempati posisi pertama, yang artinya dia adalah seorang yang sangat polos. Capricorn adalah orang yang selalu mendahuukan otak untuk berpikir rasional. Dia terkenal polis dan baik hati, seringkali banyak orang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.

2. Zodiak Cancer

Cancer adalah sosok yang polos. Saat ada orang yang meminta bantuannya, dia akan langsung membantunya meski terkadang hatinya tak mampu melakukannya. Alasannya karena dia tak bisa menolak permintaan orang lain.

3. Zodiak Aquarius

Aquarius termasuk orang yang polos. Dia memandang segala sesuatu dari kacamata positifnya. Dia tak mau berpikiran jelek terhadap orang lain.

4. Zodiak Taurus

Taurus juga masih termasuk sosok yang polos.  Hal ini membuatnya sering dibohongi. Entahlah dia sangat mudah dikelabuhi orang lain karena kepolosannya itu.

5. Zodiak Libra

Libra seolah hidup untuk orang lain. Dia bahkan rela melakuka apa saja demi kepentingan orang lain. Dia polos karena selalu beranggapan bahwa setiap kebaikannya akan kembali padanya juga.

6. Zodiak Pisces

Pisces bisa menjadi sosok yang polos maupun manipulatif. Dia masuk dalam urutan tengah yang artinya dia bisa berubah-ubah.

7. Zodiak Virgo

Virgo adalah sosok yang suka berada di atas orang lain. Dia berada di pihak manipulatif. Sifatnya begitu perfeksionis dan selalu menginginkan segala sesuatu berjalan sesuai keinginannya.

8. Zodiak Leo

Leo menempati posisi ke delapan. Artinya dia termasuk sosok yang suka memanipulasi. Dia mampu mengubah kemauan orang lain hanya dalam waktu sekejap.

9. Zodiak Sagitarius

Sagitarius adalah sosok yang sangat suka memanipulasi berita. Dia bisa mengubah hal yang salah menjadi benar di mata orang lain. Dia berani memanipulasi data demi nama baiknya di mata orang lain.

10. Zodiak Gemini

Gemini Mmemiliki kemampuan komunikasi yang baik dan kecerdasan otak yang luar biasa. Hal ini membuatnya kadangkala sering memutar balikkan fakta namun dia tak sadar telah melakukannya.

11. Zodiak Aries

Aries  adalah sosok yang pjntar dalam bidang apapun yang digelutinya. Namun dia juga memiliki sifat yang suka memanipulasi suatu hal. Dia akan melakukan apapun demi mendapatkan apa yang dia mau.

12. Zodiak Scorpio

Scorpio menempati posisi terakhir yang artinya dia menjadi zodiak yang paling suka memanipulasi suatu hal. Scorpio terkenal keras dan tegas. Dia juga snagat cerdas. Nmaun dia kurang bijak dalam menggunakan kecerdasannya sehingga seringkali memanipulasi hal demi keuntungan pribadinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top