Trending

Mpok Menor yang Viral Menyadarkan Kita, Sejauh Mana Hubungan Suami-Istri Bisa Dipublikasikan?

Lagi-lagi media sosial menunjukkan kekuatannya. Bagaimana tidak? Sebuah video keluh kesah dari seorang perempuan yang nampaknya sudah menikah ini, mendadak viral dan dibagikan oleh ribuan orang.

Lengkap dengan dandanan yang cetar dan membahana, perempuan ini menuturkan kesedihannya dengan wajah yang cukup memelas. Singkatnya, inti dari video yang ia buat adalah sebuah pengakuan akan tidak pekanya sang suami. Sudah lelah bekerja mengurus rumah dan anak seharian, ya sesekali ajaklah sang istri jalan-jalan.

Cerita ini membuat kita sadar, bahwa dunia digital memang mengubah segalanya. Bahkan merambat ke pola komunikasi antar suami-istri. Padahal bukan tidak mungkin, sang istri bisa bilang secara langsung. Tapi si Mpok justru memilih membuat video sebagai solusi tak pekanya sang laki-laki.

Tak bisa ditampik memang, sebab perkembangan zaman berubah begitu cepat. Lalu sebagai suami-istri zaman now, bagaimana kita harus menyikapi segala persoalan yang menghadang?

Banyak yang Pro Tapi Ada pula yang Kontra, Memang Dimana Letak Salahnya?

Usut punya usut, ternyata video tersebut dibuat oleh salah satu akun Facebook benama Niena Carolina. Dengan logat Betawi yang cukup kental, ia bercerita dan mengungkapkan kekesalannya.  

“Bener nih, kadang suami emang nggak peka. Sudah dandan cantik tapi eh nggak jadi pergi”, komentar seorang netizen mengungkapkan perasaan yang sama. Barangkali si Mpok yang ada di video memang sudah kehabisan cara, bingung ingin mengungkapkan kekesalan pada siapa. Hingga akhirnya bikin video sedih dengan muka yang memang cukup memelas.

Tapi tak semua netizen mengaku sepaham, sebab bagi sebagian orang, hal-hal semacam ini justru dinilai kurang menjaga privasi keluarga. Dan benar memang, hal ini jadi salah satu dampak negatif yang memang mungkin akan kita terima. Beruntungnya, Niena Carolina justru mendapat rejeki berkat video yang diunggahnya, menyebut Alfamart dalam videonya, konon manajemen dari perusahaan ritel tersebut menawarkan voucher belanja untuk dirinya.

Cek-cok Dalam Rumah Tangga Itu Biasa, Tapi Posting Status Menyindir Meski Tanpa Menampilkan Nama Jelas, Bolehkah?

Dari banyaknya status di sosial media, perihal perdebatan dalam rumah tangga memang sering dijadikan bahan postingan. Selama tak ada nama jelas, tentu tak akan jadi masalah. Mungkin begitu kita akan berkilah. Berpikir bahwa apa yang kita posting di sosial media bukanlah sesuatu yang salah, karena toh cuma menyindir secara halus. Tak berniat untuk mempermalukan dirinya di media sosial.

Baiklah, status tersebut mungkin memang tak menampilkan nama sosok yang mungkin sedang kita sindir. Tapi bahasa-bahasa bertema sindiran akan menimbulkan spekulasi baru bagi orang lain yang membaca. Dan ada atau tidak ada nama, biasanya netizen sudah bisa menyimpulkan untuk siapa status tersebut ditujukan.

Lagi Ingin Beli Barang Tapi Belum Punya Uang, Jadikan Status Atau Jangan?


Pernah tidak lihat status seorang teman, “Duh lagi pengen beli…, tapi belum ada uangnya,”.

Tak tahu apa latar belakangnya, sebagian besar kita memang menjadikan sosial media sebagai tempat menumpahkan segala hal yang sedang kita inginkan.

Mulai dari makan, mau bepergian, hendak ke luar rumah, hingga keinginan lain yang kadang sebenarnya tak perlu dibeberkan.

Sebagai seorang istri, kadang kala kita berpikir ini akan jadi sinyal menyala yang akan dimengerti oleh suami. Alih-alih membuat dia peka, justru bisa saja membuatnya marah. Apa lagi jika ternyata suami juga memiliki sosial media yang sama.

Disatu sisi, sebagai suami, ia jelas akan berusaha memberi yang terbaik. Namun keinginan yang terlalu dipaksakan hingga di-update di media sosial bisa jadi mengganggu jiwanya. Merasa malu oleh istrinya sendiri.

Lihat Keluarga Lain Jalan-jalan, Ingin Ikutan, Kata Suami Jangan

Yap, tak ada yang salah memang menjadikan orang lain sebagai role mode kehidupan berumah tangga. Tapi tak mesti semua yang meraka lakukan, cukup ambil yang baik-baiknya saja. Pasangan suami-istri lain mungkin bisa jalan-jalan setiap bulan ke luar kota, atau bahkan ke luar negeri. Tak bisa sama, bukan berarti harus sibuk posting status.
Bukankah menikah adalah respresentasi dari seni mengalah? Itu artinya ada waktu-waktu tertentu yang memang mewajibkan kita harus menurunkan sedikit ego, dan lebih memahami pasangan masing-masing.
Aktif di media sosial bukanlah sebuah kesalahan, namun posting sembarangan tentu jadi hal yang harus kita hentikan.

Posting Status dengan Cerita Sedih Memang Menarik Perhatian, Tapi…

Bukan berarti harus dilakukan, apa lagi sampai membeberkan semua perkara. Sebab pernikahan telah mengikat kita untuk tetap bersama dalam suka dan duka. Mengungkapkan kekesalan tentulah sesuatu yang baik, sebab itu adalah salah satu cara untuk komunikasi yang lebih terarah. Jika memang sekiranya ada hal-hal yang tidak disukai, cobalah menyampaikannya dengan perlahan. Tak perlu dengan pasang status di media sosial, toh kita bisa menyampaikan secara langsung kepadanya.

Tak hanya menghindarkan hubungan pernikahan dari spekulasi buruk mereka yang berteman dengan kita di dunia maya. Komunikasi yang dilakukan secara langsung biasanya jauh lebih mudah untuk menemukan titik temu.

Tanpa bermaksud untuk menggurui siapa saja, bukan pula melarang ibu-ibu untuk berselancar ria di media sosial miliknya. Tulisan ini dibuat untuk mengingatkan kita, meski sudah jadi pasangan suami-istri zaman now, ada batasan yang tetap harus dipegang, dan tak perlu dibeberkan di laman media sosial.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Melanie Putria dan Angga ‘Maliq & D’Essentials’, Resmi Bercerai!

Berbeda dengan Angga yang tak tampak dalam persidangan, Melanie Putria terlihat hadir dengan didampingi oleh kuasa hukumnya, pada sidang perceraiannya, yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat, kemarin Senin (21/1).

Dan atas kesepakatan bersama, keduanya akhirnya resmi bercerai sebagaimana hasil putusan yang dibacakan oleh hakim.

“Hari ini dikarenakan bukti sudah cukup, keterangan saksi juga sudah menguatkan alhamdulillah hari ini juga sekalian putusan. Sudah resmi bercerai,” ujar Indah Dewi Yani, kuasa hukum Melanie saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, dikutip dari laman detik.com.

Ternyata proses perceraian keduanya sudah sejak lama dilangsungkan dan sepakat berpisah dengan baik-baik. 

Sebelumnya, keduanya menikah pada 7 Maret 2010 lalu. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Sheemar Rahman Purariredja. Jarang terlihat dalam gosip miring, keduanya tampak mesra di sosial media. Namun, mendadak harus berpisah setelah 8 tahun berumah tangga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dihargai Rp. 1.500/Kg, Petani di Banyuwangi Buang Buah Naga ke Sungai

Dinilai tak mendapat harga yang cukup mempuni, beberapa petani buah Naga di Bayuwangi terlihat membuang hasil panen ke sungai. Hanya dihargai sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilogram (kg). Tindakan para petani yang membuang buah naga ke sungai ini jadi salah satu bentuk protes atas merosotnya harga buah tersebut.

Dikutip dari laman Detik.com, Hari candra setyawan (29), warga Dusun Silirbaru Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi mengaku, anjloknya buah naga di Banyuwangi membuat dirinya merugi.

“Terpaksa saya buang ke sungai karena memang tidak laku. Dijual pun juga tidak nutut dengan ongkos petani,” ujarnya kepada wartawan, Senin (21/1/2019).

Dan dari foto dan video yang beredar luas di dunia maya, konon kegiatan membuang buah naga tersebut adalah kali kedua. “Ini bentuk protes kami karena buah naga dari Banyuwangi tidak laku dipasarkan. Kemarin kita buang 100 kilo. Ini lebih banyak lagi. Hampir 200 kilogram,” tambahnya.

Dianggap tak bisa mengembalikan modal, beberapa petani buah naga di wilayah sekitaran Banyuwangi, yakni di Dusun Resomulyo, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, akhirnya mempersilahkan masyarakat untuk memetik sendiri buah naga di kebunnya.

“Silakan kalau mau ambil sendiri di kebun. Gratis. Harga tidak nutup dengan ongkos petik,” ujar Ukri, dikutip masih dari laman yang sama.

Situasi ini sudah berjalan sekitar 2 minggu lebih, padahal menurut Ukri para petani baru bisa dikatakan mendapat untung jika harga buah naga diatas Rp. 6.500/kg.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Brad Pitt dan Charlize Theron Dikabarkan Menjalin Hubungan

Dua tahun pasca, prahara rumah tangganya usai dengan Angelina Jolie. Aktor Brad Pitt dikabarkan tengan berkencan dengan aktris peraih Piala Oscar, Charlize Theron. Konon, keduanya bertemu karena dikenalkan oleh mantan tunangan Theron, yakni Sean Penn.

Dilansir dari The Sun, keduanya mulai terlihat menjalin hubungan usai Natal tahun lalu. Dengan kata lain, ini akan jadi hubungan serius pertama yang Pitt jalani usai berpisah dengan Jolie pada tahun 2016 lalu.

Masih dari laman yang sama, seorang sumber mengatakan jika  “Mereka sudah saling ketemu hampir sebulan ini. Mereka awalnya berteman biasa, ironisnya dikenalkan oleh Sean, tapi kemudian hubungan keduanya mulai semakin dekat.”

Maka tak heran, jika akhir pekan minggu lalu, keduanya tampak bersama usai pemutaran film yang berbeda pada Sabtu malam. Dimana Brad Pitt pergi menonton “If Beale Street Could Talk” di sebuah rumah pribadi di Hollywood Hills. Karena dirinya menjadi eksekutif produser. Sedangkan Theron menjadi salah tamu istimewa di pemutaran film “Roma” di Chateau Marmont, LA.

Selepas menghadiri acara masing-maing, Brad terlihat datang untuk menemui Chateu. Berganti baju dan bergabung duduk di salah satu sudut bar bersama dengan Charlize. Terlihat jika Charlize minum vodka sementara Brad minum air putih.”

Namun hingga saat ini, perwakilan Brad Pitt masih enggan untuk berkomentar tentang kabar ini.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top