Trending

Menonton Komedi Remaja Malang Nan Renyah Lewat Film Yowis Ben

“Jancok”

Jadi satu kata yang akan selalu mengundang gelak tawa, selama kamu menontonnya. Masih bercerita seputar kehidupan remaja anak SMA, Yowis Ben jadi film remaja pertama yang hadir dengan warna berbeda. Yap benar, sebab hampir 90% dialog film ini menggunakan bahasa Jawa.

Akhir tahun lalu, Starvision Plus yang jadi rumah produksi film ini boleh dibilang sukses lewat Susah Sinyal, seolah ingin kembali mengulang keberhasilan lewat film bergenre drama komedi. Nampaknya menghadirkan Yowis Ben bukanlah pilihan yang buruk.

Jadi Project Uji Coba, Tapi Film Ini Cukup Berhasil Mengundang Tawa

Disutradarai oleh Fajar Nugros, dan co-director Bayu Skak yang sejatinya adalah seorang YouTuber sekaligus jadi pemain utamanya. Film ini bercerita tentang kegalauan remaja, mulai dari ingin diakui, pencarian jati diri, dan mengejar cinta. Hingga kemudian akhirnya Bayu (Bayu Skak) dan Doni (Joshua Suherman) memutuskan mendirikan sebuah band demi meningkatkan kepopuleran mereka di sekolah, dan juga agar dihargai oleh orangtuanya.

Sang lakon utama, Bayu yang di-bully karena ditolak cintanya oleh Stevia (Devina Aurel) di hadapan satu kelas, yang biasa disebut “Pecel Boy”, serta Doni yang ingin mendapat pengakuan dari orangtuanya, akhirnya mereka mengadakan sayembara untuk mencari personel band. Dan setelah proses tak yakin plus sembur-semburan di toilet sekolah, akhirnya ditemukanlah si penggebuk drum Yayan (Tutus Thomson) dan pianisnya Nando (Brandon Salim).

Tak Ada Usaha yang Akan Sia-sia, Akhirnya Mereka pun Dikenal di Seantero Dunia Maya

Gagal pada kompetisi pertamanya, ini jelas jadi kegalauan mereka. Ditengah kekecewaan itu, Yayan yang sejatinya adalah anak Rohis nan budiman asyik menonton video nasyid di YouTube lewat smartphonenya. Dari sinilah lahir ide, cara lain untuk dikenal adalah mengunggah karya mereka di jejaring dunia maya. Dan yap, berhasil!

Menyoal akting, Bayu bisa dibilang cukup menjiwai dan tampil sangat natural. Nama lain yang juga patut diacungi jempol adalah Brandon Salim yang memerankan Nando. Bagaimana tidak, doi yang sejatinya tak bisa berbahasa jawa, bisa dengan cukup apik berujar dengan bahasa Jawa ala dirinya. Walau masih ada logat yang kurang pas, tapi orang ganteng mah bebas. Eh, tapi ini benaran akting Brandon bagus.

Tapi jika akan ditanya siapa yang paling berhasil mengundang tawa, ya Yayan, sang drummer dengan perannya sebagai sosok laki-laki yang agamis, tak pernah lupa sholat hingga menutup mata tatkala menonton video nasyid perempuan di YouTube.

Harta, Tahta, dan Wanita, Jadi Ujian Selanjutnya

Populer sudah, disegani juga iya, target selanjutnya adalah menaklukan hati Susan setelah ditolak oleh Stevia. Yap, setelah dikenal sekota Malang, dan menyisipkan wajah Susan di setiap video klipnya, Bayu dan Susan pun akhirnya mulai dekat. Kencan ke kawasan Batu, hingga pakai baju kaos couple yang bertuliskan “LOVE”. Tapi kemunculan Susan justru jadi sumber keretakan empat serangkai ini.

Setelah drama pertentangan karena merasa diri paling benar ditengah siaran langsung di radio yang tadinya ingin mengajak mereka berbincang-bincang seputar bandnya. Namun tanpa diduga, mereka justru mengumumkan rencananya untuk bubar. Ari Didu yang berperan sebagai Cak Jon, adik dari Ibu Bayu yang juga adalah seorang penyiar pun dibuat kebingungan.

Kemudian Ditutup dengan Manis Oleh Adegan Haru

Sejatinya, perempuan dan sahabat memang bukanlah sebuah pilihan. Tak ingin kehilangan apa yang sudah dibangunnya, Bayu pun sadar jika sikapnya memang salah. Tak bertemu beberapa waktu, hingga bertemu lagi atas dasar mau sama mau. Ya, kalau yang maunya cuma satu mah sakit!.  Mereka pun saling memaafkan, di depan studio tempat mereka biasa latihan diiringi dengan bunyi pentungan mangkok bakso yang seolah berperan jadi musik latar.

Bahasa Jawa dalam dialog yang sebelumnya jadi bahan bully-an dari para warganet yang tak budiman, sejatinya jadi nyawa yang menghidupkan suasana. Tak berhenti disitu saja, semua musik yang ada di film ini adalah karya orisinil yang cukup ramah di telinga dan dimainkan oleh Yowis Ben sendiri. Apa lagi yang berjudul “Nggak Iso Turu”, sampai sekarang pun masih terngiang-ngiang di telinga. Kamu yang tak mengerti bahasa Jawa, jangan khawatir sebab ada subtitle yang terasa pas dan natural.

Dan pihak lain yang lain yang jadi pusat perhatian selanjutnya adalah duel maut aki-aki tua yang ternyata adalah pelawak legendaris asal Jawa Timur, yakni Cak Kartolo dan Cak Sapari yang setiap hari nongkrong di warung pecel Ibu Bayu. Bersahut-sahutan demi merebut perhatian, hingga dialog-dialog kental yang membuat penonton terpingkal-pingkal.

Dari film ini kita kembali diingatkan, jika kini banyak remaja yang memang sudah melupakan bahasa daerahnya. Maka tak heran jika akhirnya Bayu yang juga berperan sebagai sutradara memilih bahasa Jawa sebagai bahasa utamanya, menyampaikan pesan yang cukup penting bahwa sudah selayaknya sebagai remaja kita berperan serta untuk tetap mengingat bahasa ibu yang menjadi budaya dari daerah asal. Jika memang sudah cukup penasaran, menjadikan film ini sebagai tontonan akhir pekan adalah pilihan yang benar.

Lalu setelah itu, kamu pun akan buru-buru ingin berlibur ke Malang dan menikmati suasana sejuk di kampung warna-warni Jodipan.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Angel Lelga Dikabarkan Hamil Lagi Walau Tengah Menjalani Proses Cerai

Komedian Vicky Prasetyo mengatakan bahwa istrinya, Angel Lelga tengah mengandung anaknya.

“Iya, istriku hamil, Angel-nya. Istriku update info katanya lagi hamil. Aku juga bingung prosesnya nanti bagaimana,” kata Vicky seperti dikutip Kompas.com, Jumat (19/10/2018). Sebagai informasi, Vicky dan Angel saat ini tengah menjalani proses cerai di pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Vicky mengajukan permohonan talak cerai kepada Angel. Sidang perdana yang beragendakan mediasi Kamis ini nyatanya ditunda lantaran Vicky dan Angel tidak hadir. Mengenai kehamilan sang istri, Vicky diberitahu Angel memberikan informasi kepadanya beberapa hari lalu.

“Saya diinfoin hasil testpack juga. Saya diinfoin hasil sensitifnya. Ibu angkat saya juga mengabarkan bahwa istrimu lagi hamil,” kata Vicky.

Ia sendiri mengaku hendak memastikan kehamilan istrinya. Semenjak melakukan permohonan talak cerai, Vicky mengaku sudah jarang berkomunikasi dengan Angel, sampai sang istri mengabarinya hamil.

“Yang pasti saya harus ketemu Angel dalam waktu dekat ini untuk memastikan kehamilannya. Apalagi sudah mau mendekati dua bulan,” kata dia.
Sebelumnya, Angel pernah mengandung anak pertama dari pernikahannya dengan Vicky. Namun, janin yang dikandung oleh Angel mengalami keguguran pada Juli 2018.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Sebelum Vakum, Raisa Siap Menghelat Konser Tunggal

Seiring kehamilannya, Raisa tak akan seaktif sebelumnya di dunia tarik suara. Ia akan mengambil waktu istirahat selama kehamilan hingga pasca melahirkan. Namun sebelum ia benar-benar vakum untuk sementara waktu, Raisa mengaku tengah menyiapkan konser tunggalnya bertajuk Fermata Intimate Concert.

“Jadi konsernya namanya Fermata, artinya itu adalah musical post. Di musik klasik biasanya ada Fermata, hold, rest karena itu yang lagi aku alami dalam karier aku, aku akan istirahat, jadi aku pengin bareng-bareng positif.  Curhat-curhatan sama pendengar-pendengar aku, terus ya udah aku mau bikin konser,” katanya.

Istri Hamish Daud ini mengaku konser tersebut sebagai tanda kalau dirinya akan vakum bermusik untuk sementara.

“Jadi enggak yang aku suatu saat ‘oh Raisa lagi enggak manggung nih karena lagi istirahat’, tapi enggak ada yang tahu,” kata pelantun Kali Kedua itu. Seiring kabar vakumnya, Raisa justru baru saja merilis single kolaborasi pertama bersama DJ Dipha Barus bertajuk My Kind of Crazy. Sementara itu, Fermata Intimate Concert akan digelar di Tje Hall Senayan City, Jakarta Selatan, pada 21 November 2018 mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

3 Zodiak Laki-laki Paling Setia dan Dipercaya Tak akan Mudah Mutusin Pasangannya

Dalam sebuah hubungan tentu setiap orang menginginkan yang terbaik dalam hubungan tersebut. Tak terkecuali denganmu bukan? Banyak orang bisa jatuh cinta dengan mudah, namun untuk mempertahankannya, tak semua orang mampu. Nah, berikut adalah 3 zodiak laki-laki yang terkenal paling setia dan tak mudah memutuskan pasangannya. Mungkin pasanganmu juga termasuk di dalamnya.

 

1. Zodiak Taurus

Taurus adalah zodiak yang terkenal memiliki kesetiaan yang tak perlu kamu ragukan lagi. Mereka sangat anti dengan sebuah perselingkuhan. Itulah kenapa mereka mampu menjaga komitmen dalam hubungan dengan baik. Baginya, sebuah hubungan ada untuk dipertahankan, bukan dipermainkan.

2. Zodiak Libra

Libra adalah zodiak yang juga memiliki kesetiaan layaknya zodiak Taurus tadi. Mereka memiliki kebaikan hati yang cukup besar kepada semua orang. Dan tak hanya itu, Libra juga terkenal sebagai sosok yang tak akan tega menyakiti hati perempuan yang mereka cintai. Inilah alasan kenapa mereka tak akan mudah memutuskan hubungan dengan pasangannya begitu saja tanpa alasan yang jelas.

3. Zodiak Leo

Leo terkenal sebagai sosok yan cuek dan kaku, namun jangan pandang remeh perihal kesetiaan yang dimilikinya. Mereka adalah sosok yang akan sangat serius sekalinya mereka menjalin hubungan cinta dengan seseorang. Mereka kan berusaha untuk menjaga perempuan yang dicintainya dengan sepenuh hati.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top