Feature

Menjadi Call Center: Pekerjaan Duduk Manis yang Bikin Hati Meringis

Sering membayangkan, bahwa profesi ini hanyalah pekerjaan gampang yang bisa dilakukan oleh semua orang. Angkat telepon, bicara kemudian menutupnya lagi. Begitu terus saban hari.

Padahal ini adalah sebuah pemahaman yang keliru, karena sama halnya dengan jenis pekerjaan lain, menjadi pegawai call center juga ada resikonya. Karena dibalik aktivitas yang terlihat remeh, ternyata ada dampak lain yang cukup memprihatinkan.

Ditempatkan pada garda terdepan sebuah perusahaan, atau yang biasa disebut divisi call center. Pekerjaan ini jadi barisan “pion” yang berkewajiban untuk menangani seluruh keluhan, kebutuhan informasi, ataupun saran dari seluruh customer dalam lingkup nasional.

Kelihatannya memang mudah, namun jika kamu sudah melakoninya tentu pendapatmu akan jadi berbeda.

Mereka Sering Menerima Pelecehan Secara Verbal, Disebut Binatang Hingga Dibilang Pelacur

Menjadi seorang CSO (Call Center Officer) memang jadi situasi yang memaksa kita untuk merubah pemahaman. Termasuk mulai belajar akan beberapa karakter orang. Bersyukur jika nanti akan dipertemukan dengan orang-orang baik yang ramah dengan karakter yang juga santun.

Sayangnya tak semua orang begitu, mereka yang mungkin sedang emosi kadang melampiskan semua kekesalahan akan produk yang dipakai pada sang call center.

Benar memang, ini adalah bagian dari pekerjaan, mau tak mau memang harus dijalankan. Tapi siapa pun itu orangnya, tentu tak ingin jika setiap hari hanya akan menerima caci maki dan berbagai macam bahasa tak enak yang lainnya. Dan para pegawai call center menerimanya setiap hari, selama bekerja.

Tidak Boleh Marah dan Wajib Bersikap Ramah, Walau Pelanggan Kadang Tak Bersikap Sebagaimana Mestinya

Lain hal dengan pekerjaan lain, yang jika sedang tak enak hati bisa menyendiri. Tak begitu dengan pekerjaan ini. Sebab melayani dan berhubungan dengan orang lain adalah hukum yang wajib untuk dijalani.

Jadi call center harus pintar menyembunyikan emosi saat sedang melayani pelanggan. Sekeras apa pun bentakan yang diterima tak bisa dibalas dengan nada serupa, sebab marahnya pelanggan akan jadi bumerang. Alih-alih mendapat pembelaan, kadang sang pegawailah yang justru dijadikan tersangka.

Maka tak heran, jika berdasarkan data dari riset yang dilakukan Biro Statistik Tenaga Kerja dan Business Insider,  profesi CSO atau Call Center Officer jadi salah satu dari 27 pekerjaan dengan tingkat stres paling tinggi di dunia. Bahkan dari angka 0-100, profesi ini ada di level 93,3.

Data ini jelas merubah pandangan siapa saja, mereka yang tadinya terlihat jadi pihak dengan tanggung jawab pekerjaan yang cukup mudah ternyata mengemban beban yang lebih berat.

Padahal Tak Ubahnya dengan Kita, Mereka Juga Manusia yang Bisa Lelah dan Marah

Setiap pekerjaan memang datang dengan emosi dan tingkat kesulitan beragam. Sesuatu yang mungkin saja adalah batas rasa sabar yang kita punya. Tapi sebagai pelanggan yang ingin dilayani, tentu kita tak akan ambil pusing untuk itu. Di mata kita, mereka adalah pegawai, dan kita adalah pelanggan yang berarti wajib dipuaskan.

Ada baiknya, sebelum nanti akan marah-marah. Coba bayangkan orang lain yang menunggu mereka di rumah. Berharap dan bergantung pada mereka yang sedang mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Posisi kita mungkin berbeda, mereka adalah pelayan dengan kita sebagai pelanggan. Meski begitu, cobalah untuk berpikir dahulu, dan jangan marah-marah melulu.

Beban Emosi yang Berlebih, Bisa Membuat Mereka Depresi

Dibalik gagang telepon yang dipakai untuk melakoni pekerjaan, ada beribu marah dan kecewa hingga emosi yang mereka tahan sendiri. Ditimbun hingga berubah menjadi beban yang bisa saja mematikan.

Dan asal kamu tahu saja, menurut hasil dari beberapa peneliti. Mereka yang bekerja sebagai call center dapat menderita stres kerja yang lebih besar seperti: gangguan organ pencernaan, kinerja seksual yang buruk, kelelahan, kinerja yang rendah, kehilangan konsentrasi, dan absensi yang dikarenakan oleh beban emosi yang kadang tak bisa terluapkan.

Demi Mengurangi Tingkat Stres yang Dirasakan, Salah Satu Perusahaan Minyak di Korea Membuat Sebuah Gebrakan

Seolah peduli pada hal yang dialami oleh para call center tersebut, pada Agustus 2017 lalu di laman YouTube perusahaan minyak GS Caltex dan agen komunikasi AdQUA Interaktive dari Korea, ada sebuah video menarik yang dibuat sebagai gebrakan.

Ya, video berdurasi 2:50 menit tersebut berisi penuturan dari 3 orang perempuan yang berprofesi sebagai call center di Korea. Mereka bertiga bercerita bahwa pekerjaan itu kerap membawa mereka pada beberapa perlakuan yang tak menyenangkan. Dimarahi seenaknya, hingga dimaki-maki dan tak dihargai.

Untuk itu, perusahaan tersebut akhirnya memutuskan untuk merekam suara anak atau keluarga dari para pegawai tersebut, untuk kemudian dijadikan nada sambung selama pelanggan menunggu dilayani pegawai call center tersebut.

Hal itu dilakukan agar pelanggan yang sedang melakukan komunikasi tidak lagi marah dan lebih menghargai setiap pegawai yang sedang melayani. Hasilnya? Tingkat stres yang dialami para pegawai berhasil turun sebesar 54,2%.

Kepuasan mereka yang merasa dihargai meningkat sebesar 25%, respon baik konsumen juga meningkat sebesar 8,3%, dan ekspektasi karyawan kepada kebaikan pelanggan meningkat 25%.

Dari Sini Kita Kemudian Belajar, Bahwa Menjadi Call Center Bukanlah Pekerjaan yang Gampang

Hari ini, setelah membaca penjelasan ini semoga kita lebih mengerti dan lebih memahami lagi. Jika sebelumnya kita kerap berpikir bahwa menjadi call center adalah sesuatu yang mudah dilakukan, silahkan ganti pemahamanmu. Melayani memang jadi kewajiban dari mereka, tapi bersikap baik sebagaimana mestinya juga menjadi tanggung jawab kita.

Cobalah tempatkan diri sebagaimana mereka yang melakoninya. Barangkali ini lebih membantu untuk kita mengerti bahwa pekerjaan ini memang tak gampang.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Setelah LDR Bertahun-tahun, Hubungan 5 Pasangan Artis Ini Akhirnya Berujung di Pelaminan

Menjalani hubungan jarak jauh bukan perkara yang mudah. Tidak semua orang sanggup menjalaninya.  Godaan yang ada dalam hubungan jarak jauh pun sangat beragam. Tak jarang banyak pasangan yang akhirnya memilih untuk mengakhiri hubungan. Namun hal tersebut berbeda dengan 5 pasangan artis ini. Setelah menjalani LDR bertahun-tahun, akhirnya hubungan mereka berujung di pelaminan.

1. Christian Sugiono dan Titi Kamal

Pasangan artis ini harus menahan rindu karena keadaan. Keduanya akhirnya menikah pada tahun 2009 setelah berpacaran selama 9 tahun dan sempat menjalani hubungan jarak jauh.

2. Indra Bekti dan Aldila Jelita

Pasangan harmonis yang satu ini juga sempat menjalani hubungan jarak jauh loh. Sebelum menikah di tahun 2010 silan, keduanya sempat menjalani LDR selama 2 tahun antara Malaysia dan Indonesia.

3. Ashraf Sinclair dan Bunga Citra Lestari

Memiliki pasangan yang berasal dari negara tetangga membuat Bunga Citra Lestari atau kerap dipanggil BCL ini harus rela menjalani hubungan jarak jauh. Bunga dan Ashraf sempat LDR-an selama satu tahun sebelum akhirnya menikah di tahun 2008.

4. Chacha Frederica dan Dico

Sebelum memutuskan melangkah ke jenjang pernikahan, keduanya sempat menjalani hubungan jarak jauh. Alasannya sih karena kesibukan masing-masing.

5. Acha Septriasa dan Vicky Kharisma

Pasangan yang satu ini menikah pada tahun 2016 lalu. Sebelum menikah, keduanya harus rela menjalani hubungan jarak jauh karena tuntutan pekerjaan. Acha di Jakarta, sedangkan Vicky di Sydney. Hal itu karena Vicky bekerja di sebuah perusahaan IT Australia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kesederhanaan Keluarga Mark Zuckerberg yang Bisa Kita Ikuti

Mark Zuckerberg merupakan orang yang masuk dalam peringkat ke lima sebagai orang paling kaya di dunia versi majalah forbes. Tentu saja hal itu bukan hal yang mengherankan mengingat profesinya sebagai CEO Facebook. Bahkan hingga Juli tahun lalu, kekayaan laki-laki ini mencapai US$ 69,5 miliar loh. Meski begitu, kekayaannya tak pernah menjadikannya sosok yang hidup bermewah-mewah.

1. Pernikahannya Tahun 2012 Tergolong Pernikahan yang Sederhana

Mark Zuckerberg menikah pada tahun 2012 silam. Meski hidupnya bergelimang harta, dia tetap lebih memilih mengadakan pernikahan yang sederhana dengan hanya dihadiri oleh 100 undangan keluarga dan kolega.

2. Penampilan Kesehariannya Jauh dari Kata Mewah

Dia memang kaya raya, namun dia tak suka hidup glamour. Dia lebih memilih tampil sederhana. Yang terpenting hanyalah dia nyaman dengan apa yang dia kenakan.

3. Tahun 2015 Dikaruniai Anak Perempuan

Pada tahun 2015, Mark Zuckberg dan istri dikaruniai seorang anak perempuan yang cantik. Anak perempuannya diberi naman Maxima Zuckberg.

4. Pekejaan Paling Berharga Baginya Adalah Menjadi Seorang Ayah

Bagi Mark Zuckberg, tak ada pekerjaan yang paling sempurna dibandingkan menjadi seorang ayah. Dia sangat menyayangi putrinya melebihi rasa sayangnya pada dirinya sendiri.

5. Perayaan Ulangtahun Pertama Putrinya Pun Digelar dengan Sederhana

Mark Zuckberg sudah mulai mengajarkan kesederhanaan pada putri kecilnya sejak dini. Untuk perayaan ulangtahun pertama putrinya, Mark hanya mengadakan pesta ulangtahun yang sederhana.

6. Tak Perlu Maternity Shoot yang Heboh

Mark Zuckberg dan istrinya lebih memilih untuk melakukan maternity shoot yang sederhana. Yang terpenting bagi mereka adalah maknanya, bukan kemewahannya.

7. Lebih Suka Jalan Kaki

Meski tergolong orang paling kaya di dunia, Keluarga ini lebih memilih untuk jalan kaki jika ingin pergi ke suatu tempat. Bagi mereka, selagi tempatnya masih bisa dijangkau dengan jalan kaki kenapa harus pakai kendaraan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Urutan Zodiak dari yang Paling Polos Sampai yang Paling Manipulatif

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Sebagian besar orang tak pernah menyadari bahwa dirinya adalah orang yang terlalu polos atau terlalu manipulatif. Berdasarkan zodiak sendiri, berikut urutan zodiak paling polos sampai paling manipulator.

1. Zodiak Capricorn

Capricorn menempati posisi pertama, yang artinya dia adalah seorang yang sangat polos. Capricorn adalah orang yang selalu mendahuukan otak untuk berpikir rasional. Dia terkenal polis dan baik hati, seringkali banyak orang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.

2. Zodiak Cancer

Cancer adalah sosok yang polos. Saat ada orang yang meminta bantuannya, dia akan langsung membantunya meski terkadang hatinya tak mampu melakukannya. Alasannya karena dia tak bisa menolak permintaan orang lain.

3. Zodiak Aquarius

Aquarius termasuk orang yang polos. Dia memandang segala sesuatu dari kacamata positifnya. Dia tak mau berpikiran jelek terhadap orang lain.

4. Zodiak Taurus

Taurus juga masih termasuk sosok yang polos.  Hal ini membuatnya sering dibohongi. Entahlah dia sangat mudah dikelabuhi orang lain karena kepolosannya itu.

5. Zodiak Libra

Libra seolah hidup untuk orang lain. Dia bahkan rela melakuka apa saja demi kepentingan orang lain. Dia polos karena selalu beranggapan bahwa setiap kebaikannya akan kembali padanya juga.

6. Zodiak Pisces

Pisces bisa menjadi sosok yang polos maupun manipulatif. Dia masuk dalam urutan tengah yang artinya dia bisa berubah-ubah.

7. Zodiak Virgo

Virgo adalah sosok yang suka berada di atas orang lain. Dia berada di pihak manipulatif. Sifatnya begitu perfeksionis dan selalu menginginkan segala sesuatu berjalan sesuai keinginannya.

8. Zodiak Leo

Leo menempati posisi ke delapan. Artinya dia termasuk sosok yang suka memanipulasi. Dia mampu mengubah kemauan orang lain hanya dalam waktu sekejap.

9. Zodiak Sagitarius

Sagitarius adalah sosok yang sangat suka memanipulasi berita. Dia bisa mengubah hal yang salah menjadi benar di mata orang lain. Dia berani memanipulasi data demi nama baiknya di mata orang lain.

10. Zodiak Gemini

Gemini Mmemiliki kemampuan komunikasi yang baik dan kecerdasan otak yang luar biasa. Hal ini membuatnya kadangkala sering memutar balikkan fakta namun dia tak sadar telah melakukannya.

11. Zodiak Aries

Aries  adalah sosok yang pjntar dalam bidang apapun yang digelutinya. Namun dia juga memiliki sifat yang suka memanipulasi suatu hal. Dia akan melakukan apapun demi mendapatkan apa yang dia mau.

12. Zodiak Scorpio

Scorpio menempati posisi terakhir yang artinya dia menjadi zodiak yang paling suka memanipulasi suatu hal. Scorpio terkenal keras dan tegas. Dia juga snagat cerdas. Nmaun dia kurang bijak dalam menggunakan kecerdasannya sehingga seringkali memanipulasi hal demi keuntungan pribadinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top