Feature

Menggeluti Pekerjaan Ini Bisa Membuat Kaya Raya, Meski Tak Punya Gelar Sarjana Sekalipun!

Gelar sarjana yang sering dianggap sebagai syarat utama untuk kesuksesan seseorang dimasa depan nyatanya tidak selalu benar.  Meski tanpa gelar sarjana sekalipun kita bisa sukses bahkan hingga kaya raya dengan menggeluti beberapa jenis pekerjaan lain. Hanya bermodalkan kecintaan serta kemampuan diri untuk pekerjaan yang memang kita bisa tekuni dengan baik, menjadi kaya raya pun tak lagi menjadi khayalan belaka.

Fakta yang kita temui banyak orang yang masih kebingungan ingin bekerja di mana dan sebagai apa meski sudah memiliki gelar sarjana sekalipun, seperti data yang berhasil dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Februari 2016 tercatat sebesar 5,5 persen.

Ini berarti dari 100 angkatan kerja terdapat sekitar lima hingga enam orang penganggur. Tercatat tingkat pengangguran sarjana meningkat dari 5,34 persen pada Februari 2015 naik menjadi 6,22 persen pada Februari 2016. Alasan untuk pengangguran  tersebut pasti beragam. Namun disisi lain meski tanpa gelar sarjana kita tetap bisa bekerja dibeberapa bidang pekerjaan ini jika memang kita mampu.

Memiliki kemampuan akting yang bagus, mungkin kamu cocok untuk menjadi aktor atau aktris!

Serba-serbi menjadi artis adalah pilihan paling menjanjikan untuk bisa menjadi kaya raya meski tak memiliki gelar sarjana sekalipun. Berbekal kepercayaan diri dan mau belajar untuk menekuni dunia akting pekerjaan ini bisa menajadikan kamu kaya raya. Untuk bisa ke sana bisa ditempuh dari beberapa cara ada yang memilih untuk ikut kursus di sebuah sanggar seni, modeling bahkan lenong.

Namun jika sudah memiliki kepercayaan diri yang kuat bisa langsung mendaftarkan diri pada agency yang memang sudah terpercaya telah mengorbitkan beberapa aktor atau aktris ternama.  Tidak perlu khawatir untuk masalah penampilan dan fisik yang mungkin tidak menunjang, kamu bisa melihat beberapa artis yang muncul di tv dengan fisik yang pas-pasan tapi masih malang melintang di tv dengan bayaran yang cukup membuat terpana.

Meski ada sekolahnya, menjadi fashion designers berbekal hobi saja sudah cukup untuk memulainya!

Menempuh pendidikan dijurusan fashion design tidaklah mudah, selain butuh biaya yang cukup tinggi kamu juga akan dipaksa untuk mau mempelajari teori ilmu komunikasi hingga filsafat seni dan beberapa mata kuliah lain yang jika dipikir-pikir sebenarnya sungguh tidak ada hubungannya dengan dunia fashion design, mata kuliah pancasila dan kewarnegaraan misalnya.

Dimana konsep pendidikan dengan model seperti ini tidak selalu bisa diterima oleh orang-orang, hal baiknya adalah untuk menjadi seorang fashion designers, kamu tak diwajibkan memiliki gelar sarjana. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah tetap mengembangkan kemampuan dan membagun jaringan yang bisa mengembangkan nama kamu seabgai fashion designers. Hobi dan kecintaan yang kamu miliki rasanya sudah cukup untuk modal memulai kiprah didunia fashion sebagai seorang designer. Dengan tetap mengembangkan kemampuan dan pengetahuan didunia tersebut, karena ini adalah salah satu profesi yang memang sangat menjanjikan.

Tidak jauh berbeda dengan aktor dan aktris, mempunyai kemampuan vokal yang diatas rata-rata bisa mengantarmu menjadi penyanyi yang sukses

Jika kebetulan memiliki talenta dengan kemampuan menyanyi diatas rata-rata memilih profesi sebagai penyanyi adalah hal yang baik dengan prospek yang memang menjanjikan. Untuk mengembangkan dan melatih vokal yang dimiliki kamu bisa mengikuti sekolah vokal. Di sana kemampuan menyanyimu akan lebih dikembangkan untuk lebih matang lagi, selanjutnya kamu bisa mulai menjual kemampuanmu sebagai seorang penyanyi.

Jika memang kemampuanmu banyak dinikmati,  hal itu akan memberikan jalan menuju popularitas yang lebih baik. Bayaran yang akan diterima pun tak tanggung-tanggung bisa berkisar jutaan hingga puluhan juta hanya untuk sekali manggung. Sebut saja Agnes Mo yang mendapat bayaran kurang 100 juta rupiah hanya untuk sekali show saja.

Memiliki kemampuan dan nama besar di lapangan hijau, pemain sepak bola mampu meraup pendapatan yang tak sedikit

Menjadi pemain sepak bola bisa dikatakan memiliki tingkat pamor dan popularitas yang sama tingginya dengan aktor atau aktris, apalagi jika sudah memiliki nama yang besar di lapangan hijau. Kemampuan bermain seorang atlit sepak bola diberi bayaran dengan nilai yang cukup fantastis. Salah satu contoh nyata yang bisa kamu lihat adalah pemain sepak bola dari klub Real Madrid Cristiano Ronaldo menerima bayaran sekitar 365 ribu pound per pekannya (sekitar Rp 5,9 miliar).

Bayaran fantastis yang diterimanya berhasil membuatnya menjadi pemain sepak bola termahal di dunia, tak hanya bayaran dari profesinya sebagai pemain sepak bola. Ronaldo juga di-endorse beberapa brand ternama, menjadi ambassador bahkan memiliki brand pakaian dalam, parfum dan hotel sendiri membuat pundi-pundinya terus terisi. Jadi tidak ada salahnya jika mencoba untuk melatih dan mengasah kemampuan untuk menjadi bintang di lapangan hijau, karena menjadi pemain sepak bola memberikanmu pendapatan yang sangat tinggi.

Tidak harus menyandang gelar sarjana sastra, kecintaaan membaca dan kemampuan bercerita bisa menjadikan kamu penulis yang handal

Untuk bisa memenangkan persaingan di dunia kerja kamu bisa mencoba jalur menjadi penulis, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menunjukkan jati diri dan gaya bahasa untuk sebuah tulisan yang ingin kita buat bisa menjadi ajang promosi yang secara tidak langsung akan membawa kita ke dunia yang lebih luas lagi.

Bakat membaca dan kemampuan bercerita adalah dua hal yang paling penting untuk kita miliki,jika ingin menjadi seorang penulis. Royalti atau bayaran yang bisa diterima oleh seorang penulis pun cukup besar, apalagi jika sebuah tulisan yang kamu buat berhasil diangkat ke layar lebar. Sebut saja J.K. Rowling seorang penulis buku Harry Potter sekarang dia masuk ke dalam daftar salah satu orang paling kaya di dunia untuk semua royalti yang diterimanya dari hasil penjualan buku dan cerita yang telah dijadikan layar lebar.

Namun jika kamu mampu bercerita tapi sulit untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan, jadi video blogger dan youtuber juga tak kalah menjanjikanya!

Jika sekiranya ada bibit-bibit  kreatif yang memang kamu miliki menjadi video blogger atau youtuber ini adalah hal yang boleh dicoba, konten yang bisa kita ciptakan pun beragam sesuai ketertarikan yang kita miliki. Di Indonesia sendiri sudah banyak terdapat chanel video blog dan youtube yang kreatif.

Hal ini sekaligus membuktikan bahwa dunia per-Youtube-an memang terlihat sangat menjanjikan, rupiah yang dikumpulkan dihasilkan oleh jumlah views dan share serta iklan yang masuk di kanal youtube milik kita akan terus mengalir jika konten yang kita miliki memang menarik bagi penonton.

Coba saja lihat youtuber asal Inodensia seperti SkinyIndonesia24, EdhoZell, Lastday Production, Tim2One, Comeo Project dan masih banyak channel lainya. Mereka bisa terus berkembang dan membuat konten yang lebih bagus dari hasil karya mereka di youtube, dan yang pasti profesi ini tidak memerlukan gelar sarjana, kamu hanya dituntut untuk bisa kreatif dan mengikuti perkembangan teknologi serta isu-isu terhangat untuk tetap mendapatkan viewers yang banyak.

Belajar otodidak dengan memanfaatkan teknologi, kamu juga bisa jadi website developer dengan bayaran tinggi!

informasi

Seiring dengan kemajuan era digital dan teknologi menurut Forbes, pekerjaan sebagai pengembang web, pengembang software/game, dan programmer akan menghasilkan gaji yang terus meningkat bagi pelakunya setiap tahun seiring meningkatnya kebutuhan manusia akan internet. Kebutuhan industri untuk pekerjaan-pekerjaan ini diperkirakan akan terus berkembang hingga 2022 nanti.

Tak hanya mereka memang memiliki latar belakang pendidikan dari jurusan IT saja, nyatanya siapapun kamu bisa belajar secara otodidak untuk menekuni profesi ini. Kejelian mata dan kemampuan belajar yang kuat menjadi modal untuk mendapatkan bayaran yang lumayan tinggi. Bahkan satu website saja bisa dihargai sekitar puluhan atau belasan juta rupiah. Menggiurkan bukan?

Dan yang paling menarik adalah menjadi bos atas diri sendiri tanpa perlu gelar sarjana, yaitu pengusaha!

menunda pekerjaan

Untuk profesi yang satu ini mungkin sudah tidak perlu diragukan lagi, meski menjadi pegusaha memang akan terlihat susah diawal tapi dengan berbekal ketekunan dan semangat pantang menyerah untuk memasarkan produk dari usaha yang kita miliki perlahan kamu akan mulai dikenal dan yang pasti ini akan memberikan pengaruh baik untuk prospek usaha kita selanjutnya.

Dan yang pasti untuk menekuni sebuah usaha kamu tidak perlu menunggu embel-embel sarjana, kamu bisa menjadi bosa atas diri sendiri dengan pendapatan yang juga tinggi. Coba lihat almarhum Bob Sadino pemilik perusahaan makanan ternama yang masih berdiri hingga saat ini, lalu ada Susi Pudjiastuti pengusaha sukses yang juga menjabat sebagai salah satu menteri di kabinet kerja presiden Joko Widodo.

Tanpa perlu mengenyam pendidkan yang tinggi nyatanya kamu yang bukan sarjana juga bisa sukses bahkan kaya raya, kuncinya terus belajar dan jangan pernah berhenti untuk mengembangkan kemampuan diri agar bisa tetap bertahan dalam  persaingan yang ada.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Pura-pura Kaya Supaya Beneran Kaya

Ternyata untuk bisa menjadi kaya, tak hanya bisa dicapai dengan kerja keras atau rajin menabung saja. Salah satu cara paling mudah adalah dengan pura-pura kaya. Jangan dulu emosi, ini bukan kata kami loh. Yap, ini adalah salah satu saran yang diungkapkan oleh seorang Guru Keuangan dan Jurnalis dari Korea Selatan, yakni Lee Suh Yoon dan Hong Jooyun.

Konon, pikiran positif akan membawa hasil yang positif. Karena itulah, mereka menyarankan kita untuk bisa berpikir positif bahwa kira ini sudah menjadi orang kaya. Hal tersebut dianggap bisa mendatangkan energi positif yang akan menarik lebih banyak uang.

Dalam bukunya The Having, lain dari kebanyakan pakar yang menekankan pentingnya menabung dan investasi, penulis wanita tersebut justru mengutamakan sisi emosional. Menurut keduanya, untuk bisa memiliki kekayaan seseorang harus merasa bahagia pada apa yang sudah dimiliki sekaligus mampu memakai uang mereka sesuai dengan perasaan tersebut.

Buku ‘The Having’ dimulai dengan pengalaman Suh Yoon menemui seorang guru keuangan misterius untuk bertanya apakah ia sendiri bisa jadi kaya. Suh Yoon sendiri adalah seseorang yang biasa sering memberi nasehat finansial kepada para ‘1%’ atau orang-orang terkaya di Korea Selatan.

Saat Hong Yoo Jun meminta sang guru tersebut untuk diwawancara, mereka pun berdiskusi bagaimana orang-orang biasa bisa punya banyak uang. Sang guru pun mengatakan jika hal tersebut bisa didapatkan dengan mudah dan cepat yakni dengan hidup seimbang dengan emosi mereka yang sebenarnya. Untuk menjadi kaya, disaranakan agar orang mengubah cara berpikir mengenai uang dengan pendekatan yang lebih emosional.

“Jika kamu menikmati uang dengan energi positif, kamu akan menarik lebih banyak uang. Energi adalah penyebabnya dan materi adalah efek yang mengalir dari itu. Orang kaya sebenarnya adalah mereka yang tahu bagaimana menikmati kebahagiaan ketika memakai uang. Seberapa banyak uang di dompet ketika itu tidaklah penting,” ungkapnya.

Nah, dengan kata lain para penulis buku tersebut mengatakan kita bisa menjadi seseorang yang kaya dengan berpura-pura menjadi kaya.

“Memiliki dimulai ketika kamu bisa fokus pada pikiran bahwa ‘sekarang aku punya uang’ bahkan jika kamu hanya punya satu dollar. Kunci untuk mengubah keadaan adalah emosi bukan pikiran,” lanjutnya lagi.

Selain itu, keduanya juga sepakat mengatakan jika setiap orang punya kemungkinan menjadi kaya dengan porsi yang sama. Sebagaimana setiap orang memiliki hak untuk mencinta dan dicinta.

“Semua orang dilahirkan dengan kualifikasi untuk menjadi kaya seperti mereka punya kualifikasi untuk dicintai. Jika kamu memperhatikan apa yang kamu inginkan, kamu secara natural menjauhkan diri sendiri dari pembelian yang terlalu boros atau mewah,” Pungkasnya.

Eits, tapi ingat ya. Pura-pura kaya yang dimaksud adalah sebuah sikap yang dinilai bisa mendatangkan pikiran positif pada diri, bukan yang bertujuan untuk pamer dan belagak sok di depan orang-orang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ini 7 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

Siapa sih yang tak ingin menjadi orang yang sukses. Pasti kamu pun ingin bukan? Untuk menjadi orang yang sukses, kamu pun harus tahu apa saja cara yang dilakukan orang-orang sukses itu setiap harinya. Kesuksesan orang tak akan lepas dari kebiasaan apa yang dilakukannya setiap hari.

Berikut adalah tujuh contoh kebiasaan orang sukses sebelum mereka tidur, mungkin kamu bisa mencoba menirunya juga.

1. Membaca

Kamu bisa mencoba membaca buku apapun sebelum tidur. Cobalah membaca buku dengan topik yang beragam, mulai dari politik sampai isu terkini. Hal itu akan membuat wawasanmu berkembang. Seperti yang sudah diungkapkan oleh University og Essex dimana membaca selama enam menit sehari dapat mengurangi tingkat stress hingga pada angka 68%.

2. Menjauhkan Ponsel dari Jangkauan

Sebelum tidur, letakkanlah ponselmu jauh dari jangkauanmu. Dengan begitu kamu tak akan lagi terganggu dengan ponsel. Hal ini juga pernah diungkapkan oleh dr. Charles Czeisler, seorang profesor di Universitas Harvard, dimana lampu terang dari ponsel akan mengganggu ritme tidur alami seseorang sehingga akan menyebabkan sulit tidur.

3. Berjalan Cepat

Berjalan sebelum tidur bisa membuatmu sedikit lupa akan pekerjaan dan kesibukanmu. Hal ini akan membuatmu merasa lebih santai setelah aktivitas yang padat sepanjang hari. Tak hanya itu, ternyata sudah ada sebuah studi yang mengungkap bahwa berjalan cepat mampu meningkatkan kreativitas loh.

4. Meditasi

Meditasi secara teratur sangat baik loh untuk kesehatan. Ada juga orang sukses yang suka melakukan meditasi ini secara teratur sebelum tidur seperti Oprah Winfrey. Dia menjadikan meditasi sebagai hal wajib yang harus dia lakukan sebelum pergi tidur.

5. Refleksi Diri

Hal ini sangat bagus untuk tahu seberapa tinggi peningkatan yang kamu lalui. Atau justru bukan peningkatan yang terjadi melainkan penurunan. Coba ajukan pertanyaan pada dirimu sendiri mengenai apa saja yang sudah kamu lakukan sepanjang hari ini dan apa dampak buruk dan baik dari apa yang kamu lakukan itu.

6. Membuat 3 Prioritas untuk Hari Esok

Cobalah untuk melakukan hal ini secara rutin sebelum kamu tidur. Hal ini akan membantumu untuk membangun sebuah tujuan yang jelas. Tak hanya tujuan, kamu pun akan lebih memiliki pikiran yang terkonsep dengan disiplin dan terjadwal sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

7. Berpikir Kreatif

Malam merupakan waktu yang cocok untuk melakukan aktivitas berpikir kreatif. Biasanya hal ini kerap dilakukan oleh para seniman. Kamu bisa coba lakukan hal ini sebagai rutinitas barumu sebelum tidur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Tips Menabung Ala Mahasiswa Untuk Beli HP Dalam Waktu 6 Bulan Saja

Yap, gadget merupakan benda yang seakan wajib untuk kita miliki, khususnya anak muda apalagi mahasiswa. Kebutuhan teknologi seperti searching dan komunikasi dengan teman kampus bisa membuat kita menyamakan kebutuhan membeli makan dengan membeli pulsa atau kuota.

Namun kamu pasti paham kan, yang namanya mahasiswa masih minta uang ke orangtua. Kadang kala ada rasa tak enak jika harus meminta mereka untuk membelikan handphone juga. Untuk itu, demi mangakalinya. Kamu harus punya siasat, dan salah satu caranya adalah dengan menabung dulu. Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk handphone baru jang jadi keinginanmu.

1. Pilihlah Gadget Sesuai Kebutuhan, Tak Perlu Mahal dan Bermerek

Langkah pertama adalah kamu harus menentukan gadget yang seperti apa yang akan kamu beli, tak usah muluk-muluk sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Ingat ya, kebutuhan dan keinginan itu berbeda. Coba tanyakan pada teman-temanmu atau review di sosial media tentang gadget incaranmu.

2. Cari Harga Termurah Dengan Membandingkan Banyak Toko

Setelah menetapkan gadget incaran kamu, sekarang coba cari tahu harga nya lalu bandingkan di beberapa pusat ponsel di sekitarmu atau bisa juga kamu cek di sosial media. Jangan malas mencari tahu, hal ini bisa menyesuaikan isi dompetmu.

3. Simpan Kata Penyemangat Dalam Toples Tabunganmu


Selanjutnya mulailah menabung dan menetapkan target tabunganmu. Simpan uangmu di tempat yang berbeda, jangan simpan di dompet karena suatu saat kamu akan tergoda untuk mengambilnya. Toples mungkin adalah salah satu solusinya, jangan lupa tempelkan kata penyemangat dalam toplesmu, agar setiap melihatnya kamu semakin bersemangat untuk menabung.

4. Tekadkan Pada Diri 70 Ribu Dalam Seminggu Adalah Keharusan

Target minimalmu adalah 10 ribu dalam sehari atau jika di akumulasikan 70 ribu dalam seminggu. Simulasinya adalah :

Sebulan : 70 ribu × 4 = Rp. 280.000

6 bulan : Rp. 280.000 × 6 = Rp. 1.680.000

Dengan budget minimal segitu kamu akan bisa membeli gadget android yang kamu inginkan.

5. Uang 10 ribu Adalah Milik Toplesmu

Kamu juga harus menetapkan pecahan uang yang harus di masukkan ke dalam toples, jadi jika kamu memiliki pecahan uang tersebut kamu akan langsung memasukkannya ke dalam toples. Semakin cepat dan sering menabung maka semakin banyak pula uang yang akan terkumpul.

6. Meminimalisir Kebutuhan yang Tak Begitu Perlu, Seperti Dana Hiburan dan Jajan Camilan

Butuh perjuangan untuk mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan, mulailah meminimalisir kebutuhan yang dianggap tak begitu perlu. Seperti nongkrong bareng teman, nonton bioskop atau jalan-jalan ke mall. Kurangi atau cari pengganti sementara kegiatan tersebut selama kamu masih menabung agar tujuanmu segera kamu capai.

7. Menerima Tawaran Kredit Ponsel Dari Provider

 

Kredit bisa jadi salah satu cara supaya kamu memiliki ponsel baru. Meski kamu sudah sangat ingin, tapi kamu perlu selektif juga. Daripada kredit ke toko ponsel yang tentunya bakal memberikan bunga yang lumayan besar, kamu bisa mencoba kredit di provider tertentu.

Cara kreditnya pun terbilang aman. Kamu hanya harus membayarkan uang pulsa sebesar Rp 200-500 ribu tiap bulan selama 6 bulan atau 12 bulan. Selain untuk mengangsur hp, uang yang kamu bayarkan juga merupakan nominal pulsa yang bakal kamu dapatkan. Asik kan?

Bagaimana, sudah siap menabung?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top