Sponsored Content

Mengenang Kembali Perjalanan Transformasi Si Motor Pemecah Rekor

Wujudnya memang kalem. Tapi siapa sangka sejak muncul di tengah publik, ia sudah menjadi pusat perhatian. Apalagi pasalnya kalau bukan karena kehandalannya memecahkan rekor.

Adalah Suzuki Nex, yang pertama kali diluncurkan 15 Desember 2011. Skuter matik besutan PT Suzuki Indomobil Motor ini sejatinya diciptakan sebagai pengganti skuter Suzuki Spin. Ketika itu ia diluncurkan dengan mengusung tagline Irit, Lincah dan Gaya.

Tak cuma slogan karena Suzuki Nex memang mempunyai body mungil dan ramping. Berbeda dengan Spin yang bermesin 125 cc, Suzuki Nex justru mengusung mesin yang lebih kecil yakni, 113 cc (6,9 cu in) silinder tunggal, 4-langkah dengan kompresi 9,4:1. Ketika itu sistem pengabut bensinnya menggunakan karburator tipe BS22.

Desain bodi motor Suzuki Nex dibuat dengan ukuran lebih sederhana namun terlihat elegan dan sporty. Skuter matik Suzuki ini dibuat dengan ukuran dimensi panjang bodi sebesar 1.850 mm x lebar motor sebesar 665 mm x Tinggi sebesar 1.035 mm.

Saat itu, Suzuki Nex generasi pertama diibanderol dengan harga Rp12.350.000. Dalam kurun waktu 2011 hingga 2012, motor Suzuki Nex tipe pertama ini terhitung berhasil menarik minat para pemburu motor irit.

Hal ini tak lepas dari keberhasilan Suzuki Nex meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai skuter matik paling irit BBM. Seberapa irit? Tak tanggung-tanggung karena rekor ini diraih dengan konsumsi 1 liter bahan bakar untuk mencapai 79,6 kilometer.

Rekor MURI Suzuki Nex ini dipecahkan dalam acara Suzuki Nexaction City Touring yang berlangsung di E’Corner Epicentrum pada April 2012. Di luar rekor tersebut, bahkan beberapa jurnalis dalam ajang tak resmi berhasil tembus sampai lebih dari 80 kilometer.

Namun Suzuki tak lantas berpuas diri. Tak berselang lama, beberapa bulan kemudian, tepatnya, 9 Juni 2012, Suzuki Nex versi injeksi diluncurkan. Dengan nama Suzuki Nex Super Fi, motor ini dibanderol dengan harga Rp12.650.000.

Secara keseluruhan spesifikasi Nex generasi pertama dengan Nex Super Fi, hampir sama. Letak perbedaan utama hanya terletak di sistem pengapian injeksi Suzuki Nex dengan teknologi SUPER FI (Suzuki Performance Fuel Injection).

Sementara mesinnya sendiri berkonsep LeaP (Light, Efficient and Powerful) yang telah terbukti menghasilkan tenaga besar secara presisi dan minim gesekan sehingga mampu mengoptimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Walhasil konsumsi bahan bakar Nex Fi, luar biasa irit. Bahkan skutik ini kembali mencatatkan prestasi dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai motor matic paling irit, dengan menembus angka 109,8 kilometer untuk 1 liter bahan bakar.

Rombakan Besar, Tampilan Makin Keren

Kini, pada awal 2018 ini, PT Suzuki Indomobil Motor Suzuki, kembali meluncurkan produk bergenre skuter matik dengan nama Suzuki NEX II. Wujud motor Nex generasi ketiga ini diperkenalkan kepada publik di lantai pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Senin, 23 April 2018.

Bisa dibilang Suzuki Nex II ini benar-benar berbeda dari motor generasi sebelumnya. Tampilan yang tadinya minimalis diterabas pada generasi terbaru ini. Cukup wajar jika kemudian Suzuki mengusun tema #kerencarabaru pada Suzuki Nex II ini.

Secara garis besar, desain motor ini mengikuti tren yang ada saat ini. Tampilannya menggunakan sudut lancip yang tegas dengan tampilan yang simple dan clean.

“Nex II Didesain menyasar anak muda pada rentang usia 17 – 25 tahun, yang mungkin masih pelajar atau mahasiswa namun juga memungkin untuk digunakan orang tuanya atau para dewasa muda”, ungkap Yohan Yahya, selaku Dept.Head Sales and Marketing PT.Suzuki Indomobil Sales.

Salah satu faktor yang membuat motor ini nampak modern dan futuristik, adalah tampilan headlamp yang berada di dalam fairing depannya. Sementara di samping lampu terdapat lubang udara kecil yang menunjang aerodimikanya.

“Desain bentuk lampu depan dan lapisan pelindung yang futuristik, terdapat unsur DNA dari motor sport Suzuki bermesin besar seperti GSX-1000” tambah Yohan.

Salah satu perubahan signifikan terlihat pada Floorboarding atau sandaran kaki yang lebih besar dibanding generasi pertamanya. Sehingga kamu akan merasa lebih nyaman, karena ruang kaki terasa lebih lega.

Lalu juga terdapat ruang kompartemen yang disematkan pada sisi kiri dan kanan tentunya bisa membawa barang bawaan yang banyak. Untuk varian tertentu dalam kompartemen ini terdapat charger untuk handphone.


Suzuki Nex II sendiri mengusung mesin 115cc dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance). Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 6,7 KW pada 8000 RPM. Torsinya sendiri bisa mencapai 8,5 Nm di 6000 RPM. Kombinasi ini tentunya cocok untuk penggunaan harian.

Apalagi teknologi fuel injectionnya yang canggih memberikan keuntungan konsumsi bahan bakar yang irit. Suzuki Nex II juga memiliki fitur Suzuki Easy Start System yang memastikan Suzuki Nex II selalu mudah ketika mesin dihidupkan.

Karena diperuntukan bagi pengguna harian sisi kenyamanan berkendara menjadi perhatian utama. Ukuran floorboard yang lebih luas dibanding generasi sebelumnya membuat ruang kaki pengendara lebih terasa lega dan tidak melelahkan. Ruang penyimpanan di sisi kiri dan kanan depan juga dibuat lebih besar.

Bagaimana dengan harga? Terus terang harganya bikin ngiler loh, karena cukup akomodatif bagi kantong kita. Motor ini dijual mulai harga Rp 13,95 juta sampai Rp 14,65 juta untuk 5 varian Nex II. Jadi kamu siap bertransformasi bersama Suzuki Nex II?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top