Tips

Mau Jago Berbahasa Inggris? Ada Cara yang Menyenangkan dan Efektif!

Pernah panik karena harus meeting dengan klien berkewarganegaraan asing sementara kamu tidak bisa berbahasa Inggris? Atau pernah gagal diterima kerja karena saat interview kamu ditanya dan harus menjawab dalam bahasa Inggris? Ya, saat ini mau tidak mau kamu memang harus bisa bahasa Inggris kalau ingin sukses dalam berkarir.

Belum terlambat kok kalau kamu baru mau belajar bahasa Inggris sekarang. Belajar tidak mengenal umur asal kamu punya kemauan yang kuat. Ada banyak cara menyenangkan yang membuat belajar bahasa Inggris terasa lebih mudah. Seperti cara berikut ini:

NONTON FILM TANPA SUBTITLE

remote-control-825597_640

Cara yang satu ini bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mendengarmu. Saat nonton film di bioskop, coba untuk tidak melihat subtitle-nya (teks terjemahan). Atau kalau nonton DVD, coba atur supaya subtitle-nya dalam bahasa Inggris saja. Dengarkan baik-baik setiap kalimat yang diucapkan para pemain film.

Tujuannya agar kamu tahu dan punya feeling harus menggunakan kalimat apa dalam peristiwa tertentu. Misalnya, kalimat apa yang biasa digunakan untuk berkenalan atau menyapa orang baru. Idiom atau ungkapan juga harus kamu perhatikan. Apa artinya dan kapan harus digunakan.

Perhatikan dan ingat-ingat juga bagaimana cara melafalkan setiap kata. Kamu akan sadar bahwa aksen pelafalan orang Amerika berbeda dengan orang Inggris dan Australia. Jika kamu kesulitan, sebaiknya coba latihan mendengar aksen orang Amerika saja terlebih dulu. Pengucapan mereka lebih mudah didengar.

Setelah itu, ikut lafalkan kata atau kalimat yang baru saja kamu dengar. Memang sih, akan terasa aneh karena jadi seperti orang gila karena bicara sendiri. Maka sebaiknya cara ini kamu praktekkan kalau nonton DVD di rumah saja. Kalau di bioskop, bisa-bisa kamu ditegur orang sebelah karena berisik.

BUAT PERMAINAN YANG SEDERHANA TAPI SERU

book-926095_640

Bermain-mainlah dengan subtitle film yang kamu tonton. Kalau subtitle-nya berbahasa Indonesia, ajak pikiranmu untuk mencoba menterjemahkannya dalam bahasa Inggris. Coba adu cepat dengan ucapan para pemain dalam film tersebut. Mulai dari kalimat yang pendek-pendek saja. Sebagai contoh subtitle-nya: “Kamu pasti bercanda”. Lalu kamu coba tebak sang aktor / aktris akan bilang: “You must be kidding me“. Kemudian cocokkan dengan apa yang akhirnya dikatakan aktor / aktrisnya untuk mengetahui apakah hasil tebak cepatmu benar. Permainan ini butuh kecepatan tapi justru di situ letak keasyikannya.

CARI LIRIK DARI LAGU BERBAHASA INGGRIS YANG KAMU SUKAI

mobile-616012_640

Kita cenderung lebih mudah mengingat sesuatu yang kita sukai. Jika kita memiliki ketertarikan terhadap suatu hal, menjalani hal itu terasa lebih menyenangkan. Tidak ada rasa paksaan. Nah, tentunya tidak ada orang yang tidak menyukai musik bukan? Setiap orang pasti punya setidaknya 1 lagu berbahasa Inggris yang disukai.

Jika ada satu lagu yang kamu sudah hafal liriknya, sekarang waktunya untuk menguji pengetahuanmu. Dengarkan lagu favoritmu, lalu tulis liriknya berdasarkan apa yang kamu dengar. Jika sudah selesai, lalu bandingkan dengan lirik aslinya yang bisa kamu temukan di internet. Jika masih banyak yang salah, coba terus sampai skormu sempurna.

Cara seperti ini akan membantu menilai kemampuan penulisan kosakata bahasa Inggrismu. Kesulitan utama bahasa Inggris adalah cara penulisan yang beda dengan cara pengucapan. Tidak seperti bahasa Indonesia. Maka mau tidak mau, kita memang harus menghafalkan cara penulisan berbagai kosakata bahasa Inggris.

Banyak penyanyi yang bisa menyanyikan lagu bahasa Inggris dengan pengucapan yang fasih padahal mereka tidak lahir atau besar di negara berbahasa Inggris. Ternyata kuncinya adalah mereka senang mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi idolanya dan mereka belajar dari situ. Kamu pun bisa seperti mereka.

Tips lainnya untuk cepat menghafal lirik lagu adalah dengan mengetahui makna atau pesan yang ingin disampaikan lagu tersebut. Coba cari lirik terjemahan lagu yang kamu sukai di internet. Resapi dan pahami artinya, lalu coba nyanyikan lagu tersebut berulang-ulang hingga hafal dan pengucapanmu mirip dengan sang penyanyi.

BACA ARTIKEL DAN NOVEL DALAM BAHASA INGGRIS

books-1149959_640

Kalau biasanya kamu hanya membaca artikel online, majalah atau novel dalam bahasa Indonesia, sekarang coba ubah kebiasaan itu. Cari artikel tentang sesuatu yang kamu sukai dari sumber atau situs yang berbahasa Inggris. Misalnya kamu suka K-Pop, ada banyak sekali situs online yang menyediakan kabar terbaru tentang artis idolamu dalam bahasa Inggris.

Atau jika kamu suka fashion dan make-up coba baca blog yang dibuat blogger luar negeri. Demikian pula kalau kamu suka gadget, games atau otomotif. Sementara kalau kamu suka baca novel, beli yang berbahasa Inggris saja. Memang harganya lebih mahal sedikit, tapi cara ini sangat efektif.

Garis bawahi setiap kata atau kalimat yang kamu tidak pahami artinya, lalu cari terjemahannya di kamus. Terus perkaya perbendaharaan katamu. Jika memungkinkan,jangan ragu untuk membacanya dengan bersuara. Ketika kamu sedang sendirian di kamar misalnya. Hal ini membantu melatih lidahmu untuk melafalkannya dengan baik.

PRAKTIKKAN SECARA RUTIN DALAM SELURUH KEGIATANMU SEHARI-HARI

pen-1232355_640

Saat ingin menulis jadwal di agenda harian, coba tulis dalam bahasa Inggris. Jangan pakai bahasa Indonesia lagi. Tidak perlu takut salah juga toh tidak ada orang lain yang baca. Kalau kamu sudah cukup percaya diri dengan kemampuanmu, coba tulis postinganmu di Facebook, Twitter, Instagram atau Path dengan caption berbahasa Inggris. Kalau belum cukup berani, kamu bisa pilih akun media sosial mana yang paling sedikit follower-nya.

Kalau kamu punya sahabat atau teman kantor yang jago bahasa Inggris, coba minta bantuannya untuk menjadi lawan bicara. Ini penting karena sebuah bahasa asing harus sering digunakan supaya tidak lupa. Lama-kelamaan kamu pasti jadi terbiasa berbicara dan berpikir dalam bahasa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Sangat Ironis, Nyatanya Sarjana Kerap Kalah Bersaing di Dunia Kerja

Saat ini, dunia ada pada level yang sangat ironis. Banyak anak yang menempuh pedidikan setinggi yang mereka bisa, yaitu level sarjana. Namun pada kenyataannya, ijazah bukanlah segalanya. Ada banyak sarjana yang masih menjadi pengangguran di luar sana. Faktor yang memengaruhi hal ini pun beragam, berikut adalah 7 faktor yang sering muncul.

1. Sempitnya Lapangan Pekerjaan

Ini menjadi faktor yang memengaruhi banyaknya sarjana yang menganggur. Para sarjana semakin bertambah setiap waktu, namun lapangan pekerjaan tak selalu bertambah juga. Sehingga akhirnya banyak sarjana yang tak mendapatkan pekerjaan yang selayaknya.

2. Ketidaksesuaian Keahlian Lulusan dengan Kriteria yang Dibutuhkan

Hal lain yang menjadi faktor banyaknya sarjana yang masih menganggur adalah ketidaksesuaian keahlian lulusan dengan kriteria yang dibutuhkan. tentu saja setiap tempat kerja yang membuka lowongan pekerjaan akan mengajukan beberapa persyaratan seperti keahlian lulusan yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

3. Pandangan yang Salah Mengenai Sarjana

Sebagian besar mahasiswa memiliki paradigma yang salah dari awal. Mereka memandang bahwa nanti saat mereka lulus, mereka akan menjadi pekerja di sebuah perusahaan atau lembaga tertentu. Tanpa memikirkan alternatif lain, seperti membangun sebuah bisnis sendiri.

4. Kurangnya Soft Skill yang Dimiliki oleh Para Sarjana

Seringkali para mahasiswa berfokus pada hal-hal yang bersifat akademis dan melupakan yang namanya soft skill. Sehingga saat mereka lulus, tak banyak sarjana yang memiliki soft skill cukup baik.

5. Banyaknya Sarjana yang Memilih Bekerja Dibanding Mempekerjakan

Jika dilihat lebih seksama, sebagian besar sarjana adalah mereka yang lebih memilih untuk bekerja pada orang dibanding mempekerjakan orang. Alasannya tentu juga bervariasi.

6. Ego Para Sarjana yang Tinggi dalam Memilih Pekerjaan

Pada dasarnya kita tak pernah tahu pekerjaan apa yang sudah menanti kita saat sudah lulus nanti. Banyak sarjana yang cenderung malu untuk mendapati pekerjaan yang menengah ke bawah. Hal ini juga disebabkan oleh pandangan mereka bahwa mereka adalah seorang sarjana, seharunya mereka juga mendapatkan pekerjaan yang lebih tinggi dibanding orang yang lulusan setara SMA.

7. Tujuan Kuliah yang Salah

Tujuan kuliah yang salah juga bisa menjadi penyebab kenapa banyak sarjana yang sampai saat ini masih menjadi pengangguran. Jika niat kuliah dari awal sudah dalah, biasanya akan sulit bagi seseorang untuk memiliki keseriusan dalam mendalaami ilmu. Hasilnya, saat lulus, kepercayaan diri mereka juga akan rendah saat terjun langsung di dunia kerja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Tumbuhkan Minatmu, Ini 7 Pekerjaan Baru yang akan Muncul di Masa Depan

Saat ini, perkembangan teknologi di dunia memang sangatlah pesat. Kecanggihan teknologi ini tentunya harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menanganinya. Nah, dengan pertumbuhan teknologi yang cukup pesat ini, kemungkinan nantinya di masa depan akan ada beberapa profesi baru loh. Yuk lansung simak saja artikelnya.

1. Desainer 3D Printer

Profesi yang satu ini bisa banget kamu coba geluti. Nantinya pasti akan banyak dibutuhkan seorang desainer yang handal untuk memudahkan dalam menciptakan apa yang orang inginkan dengan lebih terstruktur.

2. Insinyur Drones

Saat ini sudah banyak sekali orang yang memiliki drones. Nah, tentunya di masa depan pengguna drones ini sangatlah banyak dan semakin menjamur. Insinyur drones ini bertugas untuk membuat beragam inovasi drones terbaru dan memperbaiki drones yang rusak akibat bertabrakan dengan drones  yang lainnya.

3. Sejarawan Internet

Internet sudah tak bisa terlepaskan dari kehidupan manusia masa kini. Jika kamu termasuk orang yang paham dan tahu segala isi dari internet, mungkin kamu bisa menjadi seorang sejarawan internet di masa depan.

4. Dokter Bedah Robot

Perkembangan teknologi saat ini tak lepas dengan perakitan berbagai inovasi baru berupa robot. Nah, bukan tak mungkin nantinya di masa depan akan ada banyak robot yang tercipta dan dibutuhkan seorang dokter bedah robot yang bisa memperbaiki kondisi robot jika terjadi sesuatu yang salah.

5. Terapis untuk Para Pecandu Medsos

Tak harus menunggu di masa depan rasanya. Saat ini saja sudah banyak orang yang kecanduan dengan media sosial. Kecanduan yang sudah berada di level berbahaya tentu membutuhkan penanganan khusus oleh seorang terapis khusus pula.

6. Jasa Penghijauan Lingkungan

Saat ini pun rasanya jasa ini sudah sangat diperlukan. mengingat banyaknya industri yang dibangun dan akhirnya yang menjadi korban adalah wilayah-wilayah yang seharusnya dilindungi, seperti hutan atau daerah pantai.

7. Desainer Sampah

Profesi ini terlihat sangat unik. Daripada sampah dibiarkan menumpuk begitu saja, akan lebih baik jika ada seorang yang menggeluti profesi ini. Seorang desainer sampah perlu diberi tugas untuk mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna untuk jangka panjang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Jokowi dan Pemimpin Lainnya Kira-kira Pakai Smartphone Apa Ya?

Smartphone nampaknya sudah menjadi kebutuhan primer apabila dilihat dari zaman sekarang. Secara mayoritas setiap orang pasti memiliki gawai yang dipakai demi kebutuhan sehari-sehari. Seperti manusia pada umumnya, kepala negara pun juga memiliki smartphone loh guna menopang kinerjanya demi negara.

Ya nggak bisa dipungkiri juga sih, kalau setiap kegiatan yang dilakukan setiap orang di zaman sekarang pasti melibatkan smartphone. Kalau kamu nggak percaya, coba tebak kegiatan apa yang nggak bisa dilakukan tanpa smartphone? mulai dari komunikasi, main gim, sampai bekerja pun melibatkan gawai pintar yang satu ini.

Nah, untuk itu mari kita ungkap, kira-kira smartphone apa saja yang digunakan oleh para pemimpin dunia mulai dari Presiden Jokowi sampai kepala negara adidaya Amerika Serikat, Donald Trump?

Presiden Joko Widodo

Nah, pasti kamu penasaran kan kira-kira presiden kita, Joko Widodo memakai smartphone apa? nah dilansir dari berbagai sumber ternyata Presiden yang di tahun depan mencalonkan kembali dan bertarung kembali di pilpres tahun depan tersebut pernah memakai Blackberry. Beliau pun juga pernah memakai smartphone keluaran brand asal Amerika Serikat, iPhone. Setelah itu, Jokowi juga memakai gawai pintar bermerek Himax, tepatnya Himax pure 3.

Presiden Vladimir Putin

Nah beda cerita kalau Presiden Rusia Vladimir Putin, karena pria yang terkenal ini dengan ketagasannya ini pernah mengakui kalau tidak menggunakan gawai pintar. Salah satu alasan kenapa Vladimir Putin tidak pernah memakai ponsel adalah ia tidak punya banyak waktu untuk menggunakannya?

Tapi Putin pun secara jujur memiliki metode lain untuk berkomunikasi. Kemudian, ia mengaku selalu menghindari internet sekaligus memiliki informasi terkini dari badan intelejen negaranya. Kamu kebayang nggak apa rasanya hidup tanpa smartphone dan internet.

Presiden Emannuel Macron

Sebelum terpilih Presiden Prancis Emmanuel Macron, merilis foto di dalam kantornya ketika dia baru saja terpilih sebagai presiden. Tentu jangan disamakan dengan Vladimir Putin, karena di dalam foto tersebut ia terlihat kalau meja kerjanya terdapat sebuah smartphone.  Berdasarkan foto tersebut yang dapat disimpulkan kalau smartphone yang dipakai Macron adalah Iphone  karena terdapat home button khas yang ada di smartphonenya.

Perdana Mentri Shinzo Abe

Hal unik justru terjadi di Jepang, karena ramainya beberapa merk gawai pintar mulai dari Sony, Fujitsu, Sharp sampai sederetann lainnya tidak membuat Perdana Menteri  Shinzo Abe, memakai smartphone buatan dalam negerinya. Justru Shinzo Abe  malah memakai merek negara tetangga seperti Samsung, dengan model M-G9098, smartphone flip dengan dua layar.

Presiden Donald Trump

Sebagai negara adidaya macam Amerika Serikat, Donald Trump memiliki gawai khusus yang memakai penjagaan ketat. Smartphone yang dipakai pun telah dimodifikasi secara khusus agar keamanan tetap terjaga. Namun ia justru menolaknya dan memakai gawai pintar yang jauh dari kata aman. Padahal sebelumnya Donald Trump sendiri sudah diberikan Blackberry Atau Apple yang diseting dengan tingkat keamanan yang ketat oleh pemerintah amerika.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top