Trending

Lupa Nama Orang Itu Wajar, Sebab yang Pertama Kita Ingat Adalah Karakter Yang Seseorang Tampilkan

Berbuat salah dan lupa jadi sesuatu yang melekat pada diri manusia sebagai sosok yang tak sempurna. Jadi bila kamu pernah atau suatu saat berbuat salah dan mendadak lupa, jangan dulu terlalu khawatir. Apalagi hingga berlebihan menyalahkan dirimu sendiri, sebab itu bukan perkara besar yang harus dikhawatirkan.

Hidup dengan banyak orang yang berada di sekitarmu, tentu membuat kamu tak mudah untuk mengingat nama-nama dari masing-masing orang. Maka wajar bila kamu tiba-tiba saja lupa dengan nama salah satu diantara mereka. Coba pikirkan kembali, apa tindakan yang akan kamu lakukan jika sedang dihadapkan dengan situasi itu? Kamu bisa saja mengutuk diri karena merasa memori pengingatmu sangat buruk. Tapi itu juga bukanlah alasan atas apa yang sedang terjadi.

Dari Setiap Pertemuan, Hal Yang Pertama Kali Akan Kita Ingat Adalah Karakter Yang Seseorang Tampilkan. Bukan Pada Namanya!

Uniknya meski kita sudah lupa akan nama seseorang, kamu mungkin masih bisa membayangkan bagaimana bentuk wajahnya. Hingga bisa mengingat dengan jelas bagaimana mimik wajahnya setiap kali akan bercerita. Menurut Dervla Loughnane seorang pakar kesehatan dari Virtual Psychologist, ini terjadi karena saat kita mengenal orang baru, kita tidak fokus pada namanya. Justru kita lebih fokus untuk menilai orang tersebut dan menampilkan citra diri dengan sebaik mungkin. Tanpa bermaksud tak menilai penting apa yang sedang dibicarakannya, justru diri kita sedang sibuk membangun penilaian karakter atas obrolan yang sedang ia sampaikan. Hasilnya kita lebih bisa menyimpan semua yang ia tunjukkan, ketimbang mengingat namanya dalam memori kita.

Jika Kamu Berpikir Ini Adalah Ulah Otak Yang Terlalu Lemah, Kamu Salah! Hal itu Lebih Disebabkan Oleh Faktor Ketertarikan, Bukan Masalah Pada Otak

Untuk beberapa kasus, setelah tak mampu mengingat nama seseorang dengan baik. Pelakunya akan mulai mengutuki diri dengan berpikir daya ingat pada otak miliknya sangatlah lemah. Padahal yang terjadi tidaklah demikian, hal ini lebih dikarenakan faktor ketertarikan bukanlah masalah pada otak. Untuk lebih menguatkan, seorang profesor psikologi dari Kansas State University, Richard Harris mengatakan bahwa semakin besar rasa ketertarikan pada orang lain, maka namanya juga akan semakin mudah diingat karena kita memiliki motivasi besar untuk mengingatnya. Jadi meski sejak kecil kamu sudah rutin makan vitamin yang meningkatkan daya ingat, semuanya tentu tak akan berguna, jika pada dasarnya kamu tak punya ketertarikan pada seseorang tersebut.

Hal Lain Yang Juga Bisa Jadi Penyebabnya Adalah Pertemuan Yang Tak Terlalu Intens, Otak Tentu Tak Mampu Menyimpan Satu Nama Jika Hanya Pernah Mendengarnya Satu Kali Saja

Semasa kecil kamu mungkin bisa menghafal semua nama teman satu kelas saat TK, dan yang lebih lucu nama orangtuanya pun turut serta untuk kau ingat. Hingga suatu saat kamu kembali berjumpa dengan dia yang ternyata adalah teman kecilmu dulu. Anehnya kamu malah tak bisa mengingat dengan jelas namanya. Hal ini jadi salah satu contoh kasus dari banyaknya kejadian yang mungkin kita alami.

Sejatinya otak manusia memiliki memori jangka pendek dan jangka panjang. Memori jangka pendek dipakai untuk menangkap informasi yang benar-benar fokus kamu pikirkan. Sedangkan memori jangka panjang, menyimpan hal-hal yang sering kamu lakukan secara intens dan berkelanjutan. Untuk itu semakin sering kamu bertemu dengan seseorang, semakin mudah pula kamu untuk mengingat namanya.

Penelitian Lain Juga Menyebut Bahwa Mendengarkan Musik Secara Berlebihan Juga Disebut Sebagai Salah Satu Penyebabnya

Terdengar seperti lelucon tapi hal ini bukanlah sebuah lawakan yang untuk ditertawakan. Karena baru-baru ini penelitian dari beberapa ahli di Georgia Institute Technology menunjukkan bahwa ternyata musik bisa mengganggu proses mengingat nama orang, terutama seiring dengan bertambahnya usia. Menurunnya tingkat konsentrasi yang di iringi dengan efek suara, jadi komposisi buruk yang akan membuat seseorang semakin mudah untuk melupakan nama orang di masa lalu. Memang kemampuan memunculkan ingat dalam memori yang telah dikumpulkan dalam otak, tentu akan melemah seiring dengan bertambahnya usia. Namun ternyata musik, mempercepat proses itu terjadi. Bukan ingin melupakan atau sengaja membuat orang lain tersinggung. Hal ini memang murni terjadi tanpa disadari oleh pelakunya.

Tapi Untuk Mengantisipasi Kesalahan Tersebut, Ada Beberapa Cara Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Tetap Bisa Mengingat Nama Seseorang

Untuk mencegah salah paham yang bisa saja terjadi hanya karena lupa nama seseorang, kita memang butuh beberapa cara untuk mengantisipasinya. Untuk kamu yang jadi pelaku mungkin bisa mamahami ini, karena memang wajar. Tapi untuk mereka yang merasa dilupakan bisa jadi sesuatu yang menyinggung perasaan.

Demi mengatasi hal itu mulailah dengan memintanya mengeja nama beberapa kali, agar kamu bisa mengingatnya lebih lama. Cara lain yang bisa jadi pilihan, adalah menyematkan beberapa gelar lucu yang akrab dan berhubungan dengan nama miliknya. Dengan begitu suatu saat meski tak ingat namanya, kamu bisa mengingat gelar lucu yang dulu disematkan padanya.

Jika kamu masih saja tak mampu mengingat namanya dengan baik, cobalah jelaskan padanya jika daya ingatmu memang kurang bersahabat. Dengan demikian dirinya tak perlu merasa tersinggung, karena hal tersebut terjadi bukan disengaja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Julie Estelle Bersiap Go International Setelah Dapat Pinangan dari Agency Hollywood

Setelah sukses menarik perhatian lewat aksinya di film arahan sutradara Timo Tjahjanto, The Night Comes for Us, aktris Julie Estelle kini bersiap merambah Hollywood lantaran dirinya mendapat tawaran untuk bergabung dengan ICM Partners atau International Creative Management Partners yang bermarkas di Los Angeles, AS.

ICM Partners merupakan agensi internasional yang menaungi talenta-talenta dalam bidang seni dan literasi, termasuk di antaranya sejumlah artis besar dunia dan Hollywood. Di antaranya, Al Pacino, Michael Keaton, Chris Rock, dan presenter Ellen DeGeneres.

Mengutip kompas.com, tim manajemen Julie di Indonesia, Senin (10/12/2018), ICM Partners akan menjadi representasi atau perwakilan Julie Estelle di Hollywood dan dunia. Ketertarikan ICM Partners muncul ketika seorang agennya melihat akting Julie Estelle sebagai The Operator dalam film The Night Comes for Us.

“Mohon doa dari masyarakat Indonesia agar saya bisa berkiprah di industri film Hollywood dan membawa harum nama Indonesia juga,” kata Julie dalam keterangan tertulis itu.

Sebelumnya, sutradara film The Night Comes for Us, Timo Tjahjanto, pernah mengisyaratkan bahwa Julie Estelle kemungkinan segera merambah Hollywood.

“Might happen sooner than you think (Mungkin akan terealisasi lebih cepat dari yang kau pikirkan),” tulis Timo dalam akun Instagram-nya, @Timobros.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Marion Jola Raih Trofi di Panggung MAMA 2018

Penyanyi Marion Jola dinobatkan sebagai Best New Asian Artist atau penyanyi pendatang baru terbaik di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018. Marion menerima trofi kemenangannya di panggung MAMA 2018 yang dihelat di Dongdaemun Design Plaza, Seoul, Korea Selatan.

“Here’s for dream hardwork and love I love you all!!! Been MAMA fans since 2013 and now being able to hold the trophy, Best New Asian Artist Indonesia, super happy and greatfull’,” tulis Marion di akun Instagram-nya, @lalamarionmj, Senin (10/12) malam.

Tak hanya meraih penghargaan, Marion juga berkesempatan tampil di panggung MAMA. Finalis Indonesian Idol 2018 itu membawakan lagu “Jangan”, singel duetnya bersama Rayi Putra.

Ini menjadi fenomena menarik mengingat kiprah Marion Jola terbilang baru di blantika musik Tanah Air. Terlebih sebelumnya ajang sekelas MAMA selalu diwakili musisi papan atas seperti Agnez Mo serta Raisa dan Isyana.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Ardina Rasti dan Arie Dwi Andika Dikaruniai Anak Pertama

Pasangan artis Ardina Rasti dan Arie Dwi Andika sedang berbahagia. Ardina baru saja melahirkan anak pertamanya. Kabar tersebut diunggah Arie lewat fitur Story di Instagram miliknya.

“MORNING,” tulis Arie, yang menampilkan foto seorang bayi yang baru saja lahir.

Sementara itu, Mila selaku manajer dari Ardina membenarkan kabar tersebut. Namun ia enggan menjelaskan tanggal pasti Ardina melahirkan.

“Nanti aku konfirmasi lagi ya. Udah kemarin-kemarin. Anaknya cowok,” kata Mila saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sedangkan melalui akun Instagramnya, Arie juga mengunggah foto sang istri yang siap menghadapi proses persalinan. Dalam keterangan foto, Arie mengucapkan rasa syukur dan bangganya terhadap Ardina.

“Kamu sungguh membuat aku terpana, terpaku dan takjub dengan apa yang kamu lakukan. Kamu menerima rasa sakit itu dengan ikhlas dan tersenyum. Yang hanya kamu bilang saat itu ‘aku ridho dan ikhlas menerima sakit ini untuk menerima amanahmu,” tulis Arie.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top