Feature

Lini Masamu Isinya Bukan Cuma Orang yang Kamu Kenal, Kalau Tak Hati-hati Justru Bisa Berujung Kriminal

Banyak hal yang bisa kita lakukan di media sosial. Bermain kuis, menonton video, melihat aktivitas lingkup pertemanan kita, bahkan bermain game maupun menuliskan keluh kesah di halaman atau lini masa media sosial kita.

Ada satu hal yang mungkin kamu tak sadari, bahwa sebenarnya dibalik kebiasaan kita bermain media sosial, ada lho pihak tak bertanggung jawab yang suka mencuri informasi dari kita lewat celah sekecil apa pun dalam wujud penipuan di media sosial. Kamu yang masih awam dengan kenyataan seperti ini, sebaiknya coba cari tahu, jangan-jangan kebiasaanmu selama ini ternyata jadi target banyak orang jahat.

Fitur Kuis di Facebook Diam-diam Mengelabuhi Penggunanya Demi Mendapatkan Data Pengguna dengan Mudah

Bermain kuis di Facebook terkadang membuat pikiran kita lebih segar. Namun, beberapa fitur kuis di Faceboook akan meminta akses ke profilmu. Adam Levin, pendiri The Global Indentity Protection and Data Risk dan sekaligus penulis buku Swiped, mengatakan bahwa fitur tersebut akan mengajukan beberapa pertanyaan lebih jauh mengenai data diri kita.

“Fitur-fitur tersebut murni untuk mengumpulkan data lewat pertanyaan keamanan,” papar Adam Levin. Demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu membuat jawaban palsu untuk pertanyaan yang biasa kamu ikuti di Facebook sehingga penyedia kuis tak akan dengan mudah mengakses akunmu. Dengan pertanyaan keamanan yang terkesan gampang, penipu biasanya akan dengan mudah menemukan pertanyaan soal pemulihan kata kunci sehingga password-mu mudah tertebak. Jadi, berikan jawab palsu yang mudah diingat. Kamu juga harus tahu, penipuan lewat pertanyaan keamanan ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Iming-iming Hadiah yang Sejatinya Tidak Masuk Akal

Siapa yang tak mau hadiah gratis? Apalagi bernilai jutaan rupiah. Undian semacam giveaway pasti akan membuatmu merasa tergiur. Faktanya, di media sosial suka tersebar banyak link yang menawarkan undian semacam itu. Cukup sign up lalu kita seperti menjadi orang yang paling beruntung karena mendapatkan peluang untuk ikut kuis tersebut. Padahal, menurut CEO The Indentity Theft Resource, Eva Velasquez, kita perlu waspada dan benar-benar memastikan undian seperti apa yang kita ikuti.

“Ya, memang ada undian yang sah dan ada juga yang palsu. Tapi, biasanya selalu ada maksud tersembunyi di balik undian tersebut,” ucapnya.

Syarat-syarat mudah seperti mendaftar newsletter atau membeli produk perusahaan tersebut akan membuat kita kalap dan dengan mudah memberi data pribadi kita. Tapi sebelum kamu melakukannya, pertimbangkan dulu peluang untuk menang dan risiko besar apa yang menghadang dengan melepaskan informasi pribadi. Jangan tergiur hadiah yang sebenarnya kalau dipikir-pikir justru terkesan tak masuk akal.

Teman Lama yang Tiba-tiba Mengaku Minta Pertolongan

Jangan terlalu cepat menerima permintaan pertemanan yang baru dari seseorang yang sebelumnya mungkin sudah berteman denganmu di Facebook. Beberapa orang memang gemar membersihkan akun lama mereka lalu kemudian membuat akun baru, namun tak semuanya itu permintaan pertemanan yang berasal dari temanmu. Sebab ada juga yang justru berpura-pura jadi temanmu. Penipu akan mengkloning seluruh profil Facebook seseorang dan menciptakan akun palsu yang mengatasnamakan orang tersebut.

Kalau Ada Permintaan Aneh dari Teman lewat Media Sosial, Jangan Buru-buru Memberikan Bantuan

Faktanya, hacker biasanya tak butuh waktu lama untuk menemukan password seseorang dan masuk ke akun mereka lalu mengirim pesan kepada teman-temannya. Orang-orang tersebut bisa jadi mengaku kehilangan dompet di negara lain dan memintamu untuk mengirim uang. Mungkin hal ini cukup jelas menunjukan sebuah penipuan, tapi pesan dari teman itu bisa membuatmu gegabah sehingga tidak mampu berpikir jernih. Karenanya kalau kamu ingin memastikan bahwa pesan tersebut benar-benar asli, coba hubungi temanmu dengan menggunakan platform lainnya.

Abaikan Setiap Pesan Tak Jelas yang Masuk ke Kotak Pesanmu

Saat bermain media sosial, pasti kamu akan didera rasa penasaran kalau ada seseorang yang memposting tautan entah lewat postingan atau membagikannya secara pribadi lewat kotak pesan. Judul seperti: ‘Lihat apa yang mereka katakan tentang kamu’ dan klik apa yang terjadi’, hal-hal semacam ini sejatinya secara tak langsung bentuk penipuan yang pasti akan menarik rasa penasaranmu. Karenanya, jangan pernah membuka tautan palsu tidak jelas tersebut. Tautan tak jelas tersebut patut dicurigai, dan mengkliknya bisa memuat malware ke komputermu. Karenanya, lebih baik konfirmasi dulu mengenai pesan tersebut pada temanmu

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Melanie Putria dan Angga ‘Maliq & D’Essentials’, Resmi Bercerai!

Berbeda dengan Angga yang tak tampak dalam persidangan, Melanie Putria terlihat hadir dengan didampingi oleh kuasa hukumnya, pada sidang perceraiannya, yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat, kemarin Senin (21/1).

Dan atas kesepakatan bersama, keduanya akhirnya resmi bercerai sebagaimana hasil putusan yang dibacakan oleh hakim.

“Hari ini dikarenakan bukti sudah cukup, keterangan saksi juga sudah menguatkan alhamdulillah hari ini juga sekalian putusan. Sudah resmi bercerai,” ujar Indah Dewi Yani, kuasa hukum Melanie saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, dikutip dari laman detik.com.

Ternyata proses perceraian keduanya sudah sejak lama dilangsungkan dan sepakat berpisah dengan baik-baik. 

Sebelumnya, keduanya menikah pada 7 Maret 2010 lalu. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Sheemar Rahman Purariredja. Jarang terlihat dalam gosip miring, keduanya tampak mesra di sosial media. Namun, mendadak harus berpisah setelah 8 tahun berumah tangga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dihargai Rp. 1.500/Kg, Petani di Banyuwangi Buang Buah Naga ke Sungai

Dinilai tak mendapat harga yang cukup mempuni, beberapa petani buah Naga di Bayuwangi terlihat membuang hasil panen ke sungai. Hanya dihargai sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilogram (kg). Tindakan para petani yang membuang buah naga ke sungai ini jadi salah satu bentuk protes atas merosotnya harga buah tersebut.

Dikutip dari laman Detik.com, Hari candra setyawan (29), warga Dusun Silirbaru Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi mengaku, anjloknya buah naga di Banyuwangi membuat dirinya merugi.

“Terpaksa saya buang ke sungai karena memang tidak laku. Dijual pun juga tidak nutut dengan ongkos petani,” ujarnya kepada wartawan, Senin (21/1/2019).

Dan dari foto dan video yang beredar luas di dunia maya, konon kegiatan membuang buah naga tersebut adalah kali kedua. “Ini bentuk protes kami karena buah naga dari Banyuwangi tidak laku dipasarkan. Kemarin kita buang 100 kilo. Ini lebih banyak lagi. Hampir 200 kilogram,” tambahnya.

Dianggap tak bisa mengembalikan modal, beberapa petani buah naga di wilayah sekitaran Banyuwangi, yakni di Dusun Resomulyo, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, akhirnya mempersilahkan masyarakat untuk memetik sendiri buah naga di kebunnya.

“Silakan kalau mau ambil sendiri di kebun. Gratis. Harga tidak nutup dengan ongkos petik,” ujar Ukri, dikutip masih dari laman yang sama.

Situasi ini sudah berjalan sekitar 2 minggu lebih, padahal menurut Ukri para petani baru bisa dikatakan mendapat untung jika harga buah naga diatas Rp. 6.500/kg.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Brad Pitt dan Charlize Theron Dikabarkan Menjalin Hubungan

Dua tahun pasca, prahara rumah tangganya usai dengan Angelina Jolie. Aktor Brad Pitt dikabarkan tengan berkencan dengan aktris peraih Piala Oscar, Charlize Theron. Konon, keduanya bertemu karena dikenalkan oleh mantan tunangan Theron, yakni Sean Penn.

Dilansir dari The Sun, keduanya mulai terlihat menjalin hubungan usai Natal tahun lalu. Dengan kata lain, ini akan jadi hubungan serius pertama yang Pitt jalani usai berpisah dengan Jolie pada tahun 2016 lalu.

Masih dari laman yang sama, seorang sumber mengatakan jika  “Mereka sudah saling ketemu hampir sebulan ini. Mereka awalnya berteman biasa, ironisnya dikenalkan oleh Sean, tapi kemudian hubungan keduanya mulai semakin dekat.”

Maka tak heran, jika akhir pekan minggu lalu, keduanya tampak bersama usai pemutaran film yang berbeda pada Sabtu malam. Dimana Brad Pitt pergi menonton “If Beale Street Could Talk” di sebuah rumah pribadi di Hollywood Hills. Karena dirinya menjadi eksekutif produser. Sedangkan Theron menjadi salah tamu istimewa di pemutaran film “Roma” di Chateau Marmont, LA.

Selepas menghadiri acara masing-maing, Brad terlihat datang untuk menemui Chateu. Berganti baju dan bergabung duduk di salah satu sudut bar bersama dengan Charlize. Terlihat jika Charlize minum vodka sementara Brad minum air putih.”

Namun hingga saat ini, perwakilan Brad Pitt masih enggan untuk berkomentar tentang kabar ini.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top