Sponsored Content

Lampu LED : Bagian dari Perubahan yang Menguntungkan Kehidupan

Kalau harus dijejerkan, kita yang hidup di zaman sekarang jelas jadi generasi paling beruntung. Walau kemungkinan akan berbeda lagi di beberapa tahun ke depan. Tak perlulah bicara yang berat-berat, secara kasat mata saja. Ada banyak sekali perubahan dalam kehidupan yang memberi dampak baik dalam aktivitas harian setiap orang.

Bicara urusan kehidupan sehari-hari. Dulu, para orangtua atau kakek-nenek kita, mungkin masih hanya bertumpu pada lampu berbahan bakar minyak atau gas sebagai alat penerangan. Beruntunglah, Michael Faraday yang juga disebut sebagai “Bapak Listrik” akhirnya menemukan daya listrik yang kita kita nikmati. Untuk selanjutnya, Thomas Alva Edison juga menemukan bola lampu bertenaga listrik yang kini dipakai oleh seluruh umat manusia.

Punya kemampuan yang lebih unggul dari jenis bola lampu biasa, kamu yang hidup di zaman sekarang pasti paham. Jika saat ini, lampu dengan sistem LED jadi yang paling banyak digemari. Dan mulai menggantikan, varian jenis lampu pada tahun-tahun sebelumnya.

Jangan Hanya Pakai Saja, Tahu Sejarahnya Nggak?

Tak elok rasanya, jika kita membicarakan sesuatu tanpa memahami asal usulnya. Apalagi jika ternyata kita menggunakannya setiap hari dalam kehidupan. Pada awal tahun 1990-an, Profesor Isamu Akasaki, beserta dua kawannya yakni, Hiroshi Amano dan Shuji Nakamura dicatatat berhasil menemukan lampu light emitting diode atau yang kini kita kenal sebagai LED.

Melalui penggabungan, LED biru dan LED merah serta hijau yang sudah ada sebelumnya. akhirnya , lahirkan lampu baru yang lebih hemat energi. Bahkan atas temuannya ini, Profesor Nakamura, berhasil menyabet kemenangan di Nobel Fisika di Swedia pada tahun 1901. Jadi sesuatu yang cukup membantu kehidupan, LED jadi salah satu yang banyak dipilih, karen mampu membantu kita untuk memangkas pengeluaran. Khususnya pemakaian tenaga listrik dalam kehidupan.

Tapi Memangnya Apa Kelebihan dari Lampu LED?

Digadang-gadang memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh lampu halogen biasa. Konon, LED jadi pilihan terbaik karena dinilai memiliki usia pakai yang lebih panjang, tahan terhadap guncangan, waktu respon yang cepat, hemat energi, warna cahaya yang baik, dan yang paling penting ramah lingkungan.

Bagaimana? Bukankah ini jadi inovasi yang jelas lebih baik untuk kehidupan. Dari reaksi dan cara kerjanya, lampu ini jelas jadi pilihan yang memang kita butuhkan. Tak hanya terang yang lebih lembut terhadap penglihatan, pemakaian LED juga dapat membantu kita untuk menghemat energi listrik yang terpakai. Menarik bukan?

Sudah Disematkan Pada Berbagai Macam Benda yang Jarang Kita Pikirkan Sebelumnya

Masih seputaran kehidupan dan kegiatan harian, tak hanya untuk jadi sumber penerangan saja. Ternyata, lampur dengan kapasitas LED sudah banyak digunakan pada berbagai macam benda. Sebuh saja, kaca pembesar dengan LED, layar komputer dan laptop atau tv yang juga pakai LED, lampu hias, bahkan pada beberapa pameran karya seni saja. LED kerap jadi pendukung yang menyempurnakan pencahayaan yang kian arstetik dari sebuah karya seni.

Walau belum sepernuhnya menggeser, posisi dari lampu konvensional yang sudah lebih dulu ada. Kehadiran LED jelas memberi pengaruh baik yang baru untuk kehidupan umat manusia. Bahkan dari salah satu sumber yang kami dapat, beberapa seniman mengaku LED mempu membuat karya seni terlihat lebih eye catching. Warna asli dari karya mereka bisa terlihat jelas dan nampak lebih glowing dimata setiap orang yang melihatnya.

Lalu Bandingkan Seberapa Besar Pengaruhnya Pada Kehidupan

Tak mengeluarkan panas yang sebesar lampu konvensional biasa, lampu LED mampu meredam panas yang dihasilkannya setiap kali ia menyala. Selain itu, LED juga disebut memiliki daya konsumsi listrik yang rendah, bahkan lebih efisien 6 sampai 7 kali dari lampu konvensional biasa.

Dan juga memiliki daya tahan yang lama, bahkan dijamin bisa menyala dengan waktu minimal 25 ribu jam, yang jelas lebih lama dari lampu konvensional. Serta tak memiliki mercury, yang jelas akan melindungi udara dari bahan berbahaya.

Kemudian, mari bandingkan berapa besar pengaruh LED dalam kehidupan kita. Membantu kita mengurangi banyak energi listrik, tak memboros uang dengan selalu membeli lampu baru jika ia rusak/putus, mengurangi suhu panas di udara serta mencengah pencemaran lingkungan dari bahan mercury yang merusak.

Untuk Itu, Memilih Sesuatu yang Menggunakan LED Bukanlah Sebuah Kesalahan

Selain lampu dan benda lain yang sudah memakai LED seperti yang kami jelaskan tadi. Hal lain yang juga bisa memberimu keuntungan dari kemampuan lampu LED adalah motor Suzuki Nex II. Dekat dengan kehidupan dan aktivitas sehari-hari, motor ini bisa jadi pilihan dari rangkaian alat yang menyematkan LED dalam sistemnya.

Yap, selain mesin berkapasitas baik dan tampilan desain body motor yang menarik. Suzuki Nex II, hadir dengan LED Headlight terang yang juga didesain dengan keren dan sporty. Selain itu, pada bagian samping lampu utamanya terdapat juga lubang udara kecil untuk mengatur ruang udara.

Mengusung tagline #KerenCaraBaru, skuter matic ini lahir dengan kapasitas mesin 115cc dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance). Dimana mesinnya mampu menyemburkan tenaga sebesar 6,7 KW pada 8000 RPM. Dan yang tak kalah penting, motor ini memiliki kapasitas tangki penuh 3,6 Liter yang bisa dipakai untuk jarak tempuh sejauh 176 km.

Jadi tak hanya memberi dampak baik untuk kehidupan serta lingkungan atas penggunaan lampu LEDnya saja, kamu pun bisa berhemat bahan bakar dan rupiah dengan Suzuki Nex II.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top