Feature

Kuis Lucu Di Facebook Itu Hanya Intrik Para Penipu

Bagi yang masih aktif main Facebook, pasti kamu sering melihat aktivitas temanmu yang membagikan tautan berupa hasil kuis lucu yang mereka ikuti. Ikut kuis semacam itu memang lucu, apalagi hasil kuis yang kemudian dibagikan di linimasa kadang jadi hiburan tersendiri. Hal semacam itu mungkin turut mengusir rasa penat dengan pekerjaan kantor. Tapi sebentar, kira-kira seberapa jauh kamu berpikir tentang kuis-kuis tersebut? Pernahkah kamu memikirkan tentang ancaman siber yang mengintai setelah mengikuti kuis tersebut?

Kalau kamu salah satu pegiat kuis semacam ini, lebih baik pertimbangkan dulu hal-hal yang akan aku katakan kali ini. Kamu perlu tahu, tidak semua situs penyedia kuis tersebut menjamin keamanan data milikmu. Bahkan bisa saja mereka justru melanggar hak privasimu. Modus kuis semacam ini memang beraneka ragam, tak melulu kuis lucu, ada juga yang menampilkan kuis tes IQ atau kuis cek kepribadian. Karenanya, mulai hari ini lebih baik kamu waspada daripada terjebak dengan ancaman siber yang sewaktu-waktu melanda.

Sadar tak Sadar, Kamu Memberi Data Pribadi Pada Pihak yang Tidak Kamu Kenal

Saat kamu mengikuti kuis di beberapa situs penyedia kuis, biasanya kamu akan diminta melakukan login dengan akun Facebook. Pihak penyedia juga meminta izin untuk menggali segala informasi mengenai pengguna yang mendaftar. Sebelum terjerumus, ada baiknya biasakan membaca syarat dan ketentuan serta hak privasi jika kamu melakukan pendaftaran dengan akun jejaring sosialmu. Kebanyakan orang biasanya malas membaca tahapan ini dan langsung ‘klik OK’ karena tak sabar ingin menjajal kuisnya. Padahal, hal tersebut justru membahayakan akun media sosialmu Kawan! Bayangkan, kamu membagikan informasi dan privasi tentangmu pada pihak yang tidak kamu kenal. Bukankah berbahaya dan penuh risiko?

Semakin Sering Kamu Ikut Kuis-kuis Lucu, Kamu Jadi Incaran Para Penipu

 

Coba ingat lagi, kapan terakhir kali kamu ikut kuis semacam itu? Biasanya, kalau sudah menjajal satu kuis, kamu akan tertarik untuk mencoba kuis yang lain. Kalau sudah begini, bisa-bisa kamu ketagihan. Padahal, sejumlah pihak telah memperingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati dengan kuis bermodus hiburan hingga tes kecerdasan IQ.

Pakar antivirus Alfons Tanujaya mengatakan, pilihan paling aman adalah menghindari agar kamu tak mengklik tautan tersebut supaya ketatnya privasimu tetap terjaga. Para penipu yang entah di mana keberadaannya sebenarnya memanfaatkan pengguna yang ikut kuis lucu di Facebook agar terperdaya dan mereka bisa melakukan phising sewaktu-waktu.

Kamu Bisa Saja Tak Tahu Saat Datamu Diperjualbelikan

Bagi mereka yang berada di balik kuis-kuis tersebut, data pribadi kamu yang kamu cantumkan di Facebook sangatlah berharga. Mereka bisa menjual datamu kepada pihak lain dan dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Memang ada dugaan kuat kalau ada pihak yang sengaja mengumpulkan data pribadi para pengguna Facebook demi kebutuhan strategi pemasaran mereka. Kamu perlu tahu, cara mereka mengadakan kuis yang akhirnya meminta segala rincian tentang dirimu adalah taktik. Informasi digital tentangmu suatu saat bisa dimanfaatkan untuk bisnis iklan mereka di dunia online.

Kian Berbahaya Sebab Pengelola Situs dan Penyedia Kuis pun Tak Jelas Identitasnya

Coba sekarang pikirkan lagi, apakah kamu tahu siapa atau perusahaan mana dibalik beragam kuis lucu tersebut? Tak ada pihak yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu kamu ingin mengajukan keluhan atau ada masalah dengan akunmu usai memainkan kuis tersebut. Kamu pun jadi rugi sendiri. Karenanya, lebih baik berhenti memainkan kuis semacam itu, terutama kalau asalnya dari situs web yang tak jelas asal-usulnya.

Secara Tak Sadar, Kamu Turut Mengundang Korban Berikutnya

Biasanya kuis-kuis tersebut akan memasang judul serta deskripsi konten yang cukup menggoda untuk diklik. Sementara setelah selesai mengikuti konten dan membaca hasilnya, yang kamu lakukan adalah membagikan hasil tersebut di linimasa Facebook-mu bukan? Mungkin kamu tak tahu, tapi pasti ada lebih dari satu orang yang tertarik dan akhirnya mengikuti jejakmu. Saat itulah kamu telah mengundang korban berikutnya yang siap diambil data-data pribadinya oleh pemilik situs yang tak jelas itu.

Untukmu yang masih sering ikut kuis semacam ini, coba pikirkan kembali, adakah faedah setelah mengikuti kuis tersebut? Jangan lantaran tergiur oleh kelucuan dan keseruan palsu semata, akunmu serta data-data pribadimu jadi taruhannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dorce Gamalama Sudah Nyaman Tinggal Amerika Serikat

Belum lama ini Dorce Gamalama menceritakan pengalaman ketika tinggal di Amerika Serikat. Dorce menjelaskan bahwa ia tinggal di Amerika Serikat selama enam bulan dan di Indonesia selama enam bulan. Ia pun mengungkapkan alasan kenapa tidak bisa menetap di Amerika lebih dari enam bulan.

“Iya saya memang di Amerika sekarang, jadi 6 bulan di sana, 6 bulan pulang. Kita kan enggak boleh stay di sana, harus balik dulu. Nanti sudah berapa tahun kita baru punya green card, saya dua tahun lagi baru punya green card jadi mesti bolak-balik,” ucap Dorce seperti dikutip viva.co.id, Kamis (21/3).

Aktris berusia 55 tahun itu juga mengungkapkan alasannya kenapa memilih tinggal di Amerika Serikat. Bagi Dorce, tinggal di Amerika sangat memberinya ketenangan.

“Enggak ada alasan pokoknya enak saja, pokoknya lebih di sana tidak ada istilah nanya lu apa, bangsa apa, agama apa, enggak ada, kita menjalankan tanggung jawab kita masing-masing sebagai manusia,” tuturnya.

Pemain film Hantu Biang Kerok itu juga mengatakan bahwa ia sudah tinggal bolak-balik Indonesia Amerika sejak tahun 2014 lalu. Alasannya memilih Amerika juga karena Dorce sangat kagum dan menyukai kota New York.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Aura Kasih Tak Ragu Memegang Ular Sekalipun Sedang Hamil

Penyanyi Aura Kasih kini tengah mengandung buah cintanya dengan sang suami, Eryck Amaral. Dalam beberapa unggahannya di akun Instagram, Aura Kasih tampak berfoto dengan ular. Warganet mengira bahwa Aura tengah mengidam memegang ular. Namun, Aura membantahnya.

“Wah gila, enggak (ngidam ular), kalau ular itu memang sudah punya dari dulu, tapi karena hamil dia aku titipin ke teman aku. Kebetulan, bawain lagi dong ularnya ke sini, mau liat lagi, seperti apa, gitu aja,” kata Aura seperti dikutip dari kompas.com, Kamis (21/3). Kebiasaan Aura yang akrab dengan ular saat hamil juga sempat mendapat protes dari pengikutnya di Instagram.

“Banyak yang DM, ‘Mbak lagi hamil, jangan, istighfar, karena itu binatang jelek’. No, menurut aku semua binatang lucu, kata aku. Enggak boleh bilang jelek,” ujar Aura lagi. Ia menganggap hal ini sebagai latihan untuk anaknya saat lahir agar jadi penyuka binatang. Bagi Aura, ia sangat menyukai ular terutama jenis piton.

“Aku memang suka ular dan aku suka pitonku. Yang kecil itu punyaku, kalau yang gede, yang difoto punya temanku,” paparnya. Selama hamil, Aura mengaku selalu ingin melihat hewan-hewan yang menurutnya lucu dan menggemaskan.

“Enggak ada ngidam. Jujur, kalau ngidam lebih ke pengin liat binatang-binatang lucu. Kalau aku lagi lihat di Instagram pasti lihatnya kucing, anjing, binatang lucu aja,” jelas Aura.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Tiga Anak, Ririn Dwi Ariyanti Bersyukur Tetap Diberi Kebebasan untuk Bekerja oleh Sang Suami

Aktris Ririn Dwi Ariyanti mendapat kebebasan untuk bekerja dari sang suami, Aldi Bragi. Ia pun bersyukur karena itu.

“Apa pun aktivitas saya, saya selalu dapat dukungan. Untungnya didukung terus sama suami,” kata Ririn seperti dikutip kompas.com, Kamis (21/3). Kendati aktif bekerja, Ririn tetap menyadari tugasnya sebagai sebagai seorang istri dan ibu untuk tiga anaknya. Ia tidak mau kesibukannya dalam bekerja malah membuat keluarganya terabaikan. Soal membatasi pekerjaan, Ririn mengakui bahwa suaminya juga memberikan nasihat mana yang harus diambil atau tidak.

“Kalau (suami) membatasi kalau di luar dari pekerjaan ya. Aku dibatasi. Tapi, kalau pekerjaan ini (kegiatan shooting) sudah dari bagian aktivitas aku. Itu tetap terus konsisten sih. Shooting menyesuaikan dengan kebutuhan,” ujar Ririn.

Ia menikah dengan Aldi Bragi pada 11 Juli 2010. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai tiga anak. Putri pertama mereka, Siti Alana Kalyani lahir pada 13 Oktober 2011. Dua tahun kemudian, tepatnya 12 Januari 2013, Ririn melahirkan anak kedua. Anak ketiga pasangan tersebut, Rami Alfie Utomo, lahir pada 15 April 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top