Tips

Kota ini Bisa Jadi Alternatif Liburan Bersama si Kecil

Masih mencari tempat libur panjang seperti Lebaran dan akhir tahun yang bisa dinikmati bersama keluarga? Coba masukan Brisbane, Australia kedalam list tujuanmu. Untuk warga Indonesia, kota ini memang belum sepopuler Sydney atau Melbourne.

Tapi dibandingkan dua kota yang lebih cocok untuk mereka yang single, Brisbane disebut cocok untuk keluarga, karena lebih banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati bersama si kecil. Apalagi untuk kaum muslim, tak perlu repot karena Brisbane punya banyak pilihan restoran halal. Berikut beberapa kegiatan yang wajib dimasukan ke daftar kegiatan selama berlibur di kota ini.

Tak Cuma Si Kecil, Mereka Yang Dewasa Pasti Antusias Ke Maritime Museum

museum martime au

source: maritimemuseum.com.au

Namanya memang museum, tapi bukan berarti lokasi ini membosankan. Karena Maritime Museum ini punya banyak sajian aktivitas menarik tentang kelautan. Tempat ini punya banyak koleksi kapal laut yang bisa kita masuki satu persatu. Mulai dari kapal klasik bertenaga uap, sampai kapal laut tempur sisa perang dunia ke dua.

Jangan lupa untuk menengok kapal mungil berwarna pink yang punya sebutan Ella’s Pink Lady. Kapal inilah yang digunakan Jessica, petualang termuda yang mengelilingi dunia di usianya yang belum genap 17 tahun. Bersama si kecil kita bisa masuk ke dalam kabin kapal dan merasakan bagaimana Jessica menghabiskan waktunya dalam 210 hari ketika melakukan perjalanan tersebut. Siapkan dana 16 dollar (atau sekitar Rp 150 ribu) untuk dewasa dan 7 dollar (atau Rp 68 ribu) untuk anak-anak, saat ingin masuk ke museum ini.

Rainforest Walk, Tempat Menikmati Sejuknya Hutan

source: rainforestskywalk.com.au

source: rainforestskywalk.com.au

Pergi ketika masih berpuasa? Coba pergi ke tempat yang menyajikan koleksi hutan hujan tropis Australia. Kesejukannya cocok dinikmati sambil menghabiskan waktu, sembari menemukan ketenangan.

Dengan hanya menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Brisbane, kita akan menemukan pemandangan yang sangat berbeda. Karena di sini ada Scenic Rim, yang merupakan hutan sub tropis terbesar di dunia.

Kita dapat menikmati Scenic Rim dengan berkendara menggunakan mobil, atau bisa memilih berjalan kaki. Si kecil akan mendapatkan pengalaman berbeda bertemu dengan suasana yang tenang dan hijaunya pemandangan, sesuatu yang tak pernah ditemui di daerah perkotaan.

Kita juga dapat berkunjung ke Tamborine Rainforest Skywalk untuk mendapatkan pemandangan yang indah sekaligus memompa adrenaline. Bermain di jembatan gantung yang membentang sejauh 40 m dan berada pada ketinggian 30 m dari permukaan tanah. Berjalan di antara ketinggian pohon-pohon.

Mengingat durasi liburan yang panjang, mungkin bisa mempertimbangkan untuk tinggal bermalam di lokasi-lokasi ini. Karena hutan hujan tropis di Brisbane punya banyak pilihan akomodasi. Mulai dari penginapan konvensional seperti hotel dan motel. Sampai pilihan alternatif seperti tinggal di farm yards, glamping, atau bahkan kemping.

Si Kecil Harus Memecahkan Kasus di Queensland Museum dan Science Center

A photo posted by Queensland Museum (@qldmuseum) on

Coba sisihkan sekurangnya 3 jam untuk menikmati tempat ini. Karena Science Center yang terdapat di Brisbane ini sedikit berbeda dengan pusat sains lainnya. Ketika masuk si kecil akan diberikan kertas yang berisi tugas dan kasus-kasus yang harus mereka pecahkan.

Anak-anak dijamin antusias menyeselasikan setiap tugas layaknya detektif. Apalagi peralatan dan ilmu pengetahuan yang ada di tempat ini dikemas dengan bentuk dan warna yang menarik. Coba juga cek jadwal museum ini, karena di waktu-waktu tertentu mereka menampilkan acara teater anak yang tentu saja masih berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

Melihat Keindahan Kota Dari Ketinggian The Wheel of Brisbane

wheel of brisbane

Nah, setelah sibuk beraktivitas, saatnya bersantai bersama si kecil. Kalau kota London memiliki London Eye dan Singapura memiliki Singapore Flyer, kota Brisbane memiliki The Wheel of Brisbane. Salah satu ikon baru dari kota ini, The Wheel of Brisbane merupakan kincir raksasa yang berada di South Bank Parklands.

Karena tingginya yang mencapai 60 meter, kita dapat memandang seluruh kota Brisbane tanpa penghalang. Sekurangnya 20 menit bisa kita habiskan waktu untuk dekat bersama si kecil di wahana ini.

Playground Gratis di Southbank

Tak semua harus mengeluarkan biaya ketika berlibur di Brisbane. Ajak si kecil bermain di area bermain yang ada di taman Southbank. Anak-anak akan menikmati bermain jungkat-jangkit, perosotan dan sejenisnya sambil menikmati sejuknya udara sore hari.

Ayah bunda? Jalin lagi kemesraan berdua sambil beristirahat di bawah pohon. Lokasi ini punya beberapa spot menarik yang cocok untuk menghiasi koleksi foto media sosial kita. Dan nilai plusnya, sebagian besar area ini memiliki Wi-Fi hotspot yang bisa diakses gratis.

Saatnya Berbasah-Basah di Street Beach

streetbeach

Ini salah satu lokasi yang sangat unik. Karena aslinya kota Brisbane tak punya pantai alami. Tapi pemerintah kota ini memindahkan 3000 meter kubik pasir dan mengisi air untuk membuat pantai buatan di Street Beach.

Meski kedalamannya hanya 1,8 m tapi pantai buatan ini juga dilengkapi life guard. Tak Cuma itu, suasana pantai asli juga kita rasakan ketika melihat para pengunjung berjemur di pantai, bermain voli dan membuat istana pasir. Tak cuma si kecil, kamu pun akan terkejut menikmati pantai buatan ini.

Wisata Kuliner? Yuk Coba Beberapa Restoran Halal di Brisbane

jakarta-indonesian

Yup, Brisbane termasuk salah satu kota yang punya banyak koleksi restoran halal. Untuk pilihan fine dining bisa coba ke Mecca Bah. Ini adalah restoran halal modern bernuansa Maroko yang bertempat di gedung Emporium. Mengambil nuansa kontemporer, Mecca Bah dihiasi dengan lampu yang sedikit temaram, sehingga sangat cocok untuk menghabiskan makan malam di tempat ini.

Mungkin tak mudah mengalihkan kesukaan anak-anak dari masakan Indonesia. Untuk itu bisa memilih Jakarta Indonesian. restoran khas Indonesia in sudah berdiri sejak 1994. Tentunya penasaran bukan mencicipi masakan Indonesia di negeri orang.

Interiornya ditata sesuai dengan nuansa tradisional Indonesia, lengkap dengan musik latar asli Betawi dan beberapa daerah lain di Indonesia. Kita akan menemukan pengalaman berbeda perpaduan interior Indonesia ini dengan suasana dan iklim Australia. Makanannya terdiri dari makanan khas Indonesia seperti sate ayam, gado-gado, hingga ayam rica-rica.

Tak perlu khawatir membawa rombongan ke tempat ini karena meski tempatnya terlihat elegan dan berkelas, namun restoran yang satu ini dikenal ramah untuk soal harga.

Tertarik Menjadikan Brisbane Tujuan Wisata Liburan Panjang Kali ini?

brisbane

Untuk kita orang Indonesia, pilihan penerbangan ke Brisbane bisa dibilang lebih dari cukup. Coba tengok situs Wego yang memberikan gambaran beragam waktu penerbangan yang bisa kita pilih untuk ke Brisbane. Kita bisa mengatur waktu melalui situs ini untuk mendapatkan harga yang terjangkau, sesuai budget.

Bagaimana dengan penginapan? Brisbane juga punya banyak pilihan akomodasi penginapan. Mulai dari penginapan bertipe guest house sampai hotel franchise ternama yang bisa ditemui di sini. Jadi tidak perlu khawatir untuk urusan yang satu ini. Yuk, cocokan karakter traveling kamu dan keluarga dengan beragam jenis penginapan yang disediakan di Brisbane.

Dipersembahkan oleh

Dipersembahkan oleh


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Destinasi Unik yang Patut Kamu Kunjungi Saat Liburan ke Jogja

Jogja dikenal sebagai kota yang kental dengan budayanya. Tak hanya itu, ternyata Jogja juga menyimpan keindahan wisata yang bisa bikin kamu terkesima. Nah, kalau kamu berkunjung ke Jogja, cobalah untuk mengunjungi wisata menarik ini. Dijamin deh nggak bakalan nyesel.

1. Pantai Ngrumput

Pantai yang satu ini terletak di jajaran pantai selatan Gunung Kidul. Nama pantai ini mungkin memang masih asing di telingamu, mengingat pantai ini memang berada di tempat yang cukup terpencil. Saat berkunjung ke sana kamu juga bisa camping di Bukit Kosakora yang berada di sebelah Timur Pantai Ngrumput ini.

2. Air Terjun Gedad

Air terjun yang satu ini sedang hits nih di instagram. Lokasinya sendiri bertempat di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen. Sebenarnya air terjun ini belum dibuka secara resmi. Namun sudah ada beberapa wisatawan yang berkunjung ke sana.

3. Hutan Pinus Pengger

Hutan pinus ini terletak di Desa Terong, Dlingo, Bantul. Hutan pinus jadi salah satu wisata yang saat ini banyak digandrungi oleh para wisatawan. Terlebih di tempat ini kamu juga bisa foto-foto loh karena disana tersedia spot foto yang instagramable banget.

4. Air Terjun Curug Gede

Patuk Gunungkidul identik dengan Gunung Api Purba Nglanggeran beberapa tahun ini. Namun ternyata Patuk Gunungkidul memiliki pesona lain yang tersembunyi loh, yaitu air terjun Curug Gede.

5. Desa Wisata “Dolan Desa Boro”

Desa wisata yang satu ini memiliki keindahan alam yang sangat memukai dan suasana yang masih sangat asri. kamu bisa melakukan aktivitas outbond atau camping di desa wisata ini.

6. Saung Bambu Pakem

Wisata ini adalah salah satu wisata yang ada di Sleman. Kamu bisa melihat keunikan ornamen maupun arsitektur dengan bambu yang keren abis. Agak jauh sih dari Jogja, tapi kamu nggak bakal nyesel kalau sudah datang langsung ke destinasi wisata yang satu ini.

7. Air Terjun Kadisoka

Bagi kamu yang menyukai wisata alam, wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu pilih. Air terjun kadisoka ini terletak di Kulonprogo.

8. Bukit Panguk Kediwung

Lokasi wisata yang satu ini ada di Dlingo, Bantul. Kamu bisa mendapati banyak spot foto keren yang instagramable banget di sana.

9. Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun ini juga merupakan salah satu air terjun yang ada di kawasan Gunungkidul. Keindahannya dijamin bakal bikin kamu terpesona seketika.

10. Bukit Mojo Gumelem

Wisata yang satu ini memiliki konsep yang senada dengan Bukut Panguk. Kamu yang ingin foto di spot yang menarik, bisa banget datang langsung ke bukit mojo gumelem ini yang terletak di Dlingo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Rekomendasi Makanan dan Wisata Murah di Jogja yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

Untuk kamu yang ingin travelling ke Jogja dengan budget rendah, kamu tak perlu khawatir. Ada banyak makanan dan tempat recommended buat kamu yang murah abis. Yuk langsung cek saja listnya di bawah ini.

Menu Andalan di Jogja, Apalagi Kalau Bukan Gudeg Jogja

Belum lengkap rasanya kalau kamu main ke jogja tapi tidak mencoba menu makanan khas yang legendaris ini. Kamu bisa memilih kawasan Jalan Malioboro sebagai tempat terenak dan murah untuk menikmati gudeg ini. Lokasinya ada di Pedestrian depan gedung Malioboro Mall. Harganya pun terjangkau, kamu hanya butuh merogoh kocek Rp 10 ribu rupiah saja untuk satu porsi yang berisi nasi, telur, gudeg dan juga teh hangat.

Nikmati Hamparan Keindahan Wisata Embung Nglanggeran

Kamu bisa mengunjungi tempat ini di pagi hari untuk menghindari hujan. Lokasinya sendiri membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam dari Kota Jogja. Kamu juga perlu hati-hati karena saat lokasi sudah dekat, jalanannya mulai sempit dan menanjak. Karena itulah disarankan untuk ke tempat yang satu ini di pagi hari, karena jika sudah hujan, tentu saja jalanan akan semakin licin dan berbahaya.

Jangan Lewatkan Juga untuk Berkunjung ke Wisata Jurang Tembelan

Kamu bisa merasakan suasana yang romantis di sana. Wisata yang satu ini terletak di Dlingo, Bantul. Wisata ini terkenal dengan beberapa spot foto yang keren dan unik. Kamu bisa memanjakan matamu dengan pemandangan indah yang bisa kamu  lihat di wilayah Jurang Tembelan ini. Akses jalan menuju tempat wisata ini cukup mudah kok.

Mampir Juga Yuk ke Wisata Batu Songgo Langit

Mampirlah ke tempat wisata yang satu ini jika kamu sudah ke wisata jurang tembelan. Lokasinya tak jauh dari lokasi wisata Jurang Tembelan kok. Setidaknya kamu hanya butuh waktu tempuh sekitar lima menit saja. Suasana hutan yang masih asri dijamin bakal bikin kamu betah berlam-lama berada di sana. Lokasinya sendiri terletak di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Yakin Deh, Kalau Sudah Sampai di Puncak Becici Pasti Rasanya Tak Mau Cepat-cepat Pulang

Puncak Becici termasuk salah satu wisata yang tak kalah menariknya dengan wisata alam lainnya seperti Embung Ngelanggeran, Jurang Tembelan maupun Batu Songgo Langit. Kamu bisa menyaksikan momen matahari terbenam dari puncak ini. Puncak Becici juga memiliki deretan pohon-pohon pinus loh. Kalau kamu memang mengaku sebagai pecinta sunset, kamu wajib datang ke tempat wisata yang satu ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Trik Agar Kamu Bisa Tetap Liburan dengan Uang Pas-pasan

Libur panjang tentu adalah hal yang paling ditunggu banyak orang. Momen ini seringkali dimanfaatkan untuk liburan ke suatu tempat yang ingin dikunjungi. Kamu pun kini sudah sangat dimudahkan dengan banyaknya tawaran tiket dan booking hotel yang bisa dilakukan dengan cara online dan pembayaran via transfer.

Nah, untuk kamu yang kebetulan ingin pergi liburan namun hanya memiliki uang pas-pasan, kamu tak perlu khawatir. Ada triknya kok buat mengatasi permasalanmu itu. Yuk, langsung saja simak trik berikut.

1. Cari Tiket Pesawat Sejak Jauh-jauh Hari

Biasanya kamu bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah saat kamu membelinya dari jauh-jauh hari. Atau mungkin kamu juga bisa memanfaatkan tiket promo. Tentu akan lebih menghemat biaya bukan?

2. Pilih Hostel untuk Menginap

Biaya menginap di hostel umumnya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menginap di hotel-hotel berbintang. Biasanya kalau di hostel kamu akan dikenakan biaya perorang, bukan per kamar karena memang biasanya hostel memakai konsep share room. Jadi satu kamar bisa diisi beberapa orang sekaligus.

3. Membawa Makanan yang Praktis

Untuk menghemat biaya, kamu bisa kok bawa makanan kemasan biar kamu tak perlu jajan saat liburan. Jadi kamu bisa makan makanan yang kamu bawa dari rumah.

4. Menggunakan Transportasi Umum

Dengan menggunakan transportasi umum untuk berkeliling, kamu bisa menekan pengeluaranmu selama liburan kok. Daripada kamu menggunakan transportasi yang bersifat pribadi seperti taksi, tentu biayanya akan lebih mahal.

5. Mengunjungi Objek Wisata yang Dikelola Pemerintah

Jika uangmu tak terlalu banyak kamu bisa memilih untuk berkunjung ke objek wisata yang dikelola oleh pemerintah. Biasanya tiket masuk objek wisata yang dikelola oleh pemerintah jauh lebih murah dibanding dengan objek wisata yang dikelola pihak swasta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top