Trending

Kontroversi Rendang Crispy, Netizen Indonesia dan Malaysia Akhirnya Bersatu Lagi

Tak perlu dijelaskan, kamu tentu paham bagaimana perang komentar netizen dari tanah air dengan tetangga sebelah. Mulai dari masalah kebudayaan, kain batik, kuda kepang hingga yang terakhir perkara indomie yang juga jadi bahan perdebatan.

Namun menariknya, kali ini dua kubu yang selama ini kerap berselisih paham. Terlihat menjadi satu, demi menentang pernyataan dari dua juri Master Chef Inggris yakni, John Torode dan Gregg Wallace.

Yaps, hal ini dilakukan kala mereka berdua sedang menilai hidangan karya salah satu peserta yang berasal dari Kuantan, Malaysia, bernama Zaleha Kadir Olpin, yang harus dieliminasi karena masakan hidangannya. Berniat untuk memukau dewan juri dengan Nasi Lemak dan Rendang Ayam buatannya. Zalera justru mendapat kritikan pedas dari Juri yang menilai hidangannya.

Bukan apa-apa, kalau memang kritikannya sejalan dengan hidangan, jelas ia mungkin akan merasa senang. Tapi, anehnya kritik yang disampaikan justru sedikit melenceng bahkan terlihat seperti sebuah lelucon.

Jadi begini, juri yang bernama Jhon Torode bilang seharusnya daging rendang ayam tersebut harusnya lembut dan bisa disuwir dengan mudah. Sedangkan Gredd Wallace memberi komentar lain yang tak kalah ngaurnya.

Gredd berkata bahwa “Kulit ayamnya tidak crispy. Kuah rendangnya juga ada di seluruh ayamnya, saya tidak bisa makan”. Maka sebagai masyarakat yang juga memiliki makanan khas berupa rendang, mungkin kita akan bertanya-tanya, sejak kapan rendang jadi crispy?

Lahir dari Masyarakat Minangkabau, Dulu Sajian Ini Hanya Dihidangkan Pada Perayaan Tertentu Saja

Yap, bicara soal rendang, hal pertama yang mungkin akan kita pikirkan adalah rumah makan padang. Dan memang benar, sebab makanan berbumbu yang gurih ini memang lahir dari Sumatera Barat. Dulu, masyarakat Minangkabau biasanya menyajikan rendang pada perayaan Idul Fitri dan hari-hari tertentu saja.

Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa, dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya mulai dari cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak.

Pelan-pelan Semakin Dikenal Hingga Akhirnya Membawa Identitas Tiap Daerah Asalnya

Pada abab ke-16, Hikayat Amir Hamzah seorang epos Melayu untuk yang pertama kalinya menuliskan resep rendang. Hingga pembuatan rendang pun kian menyebar, dari yang tadinya hanya ada Padang, kemudian meluas sampai Riau, Jambi, Malaka, hingga ke berbagai daerah lainnya.

Pergerakannya yang begitu cepat dan luas, akhirnya memunculkan berbagai macam arti dari setiap asal daerahnya. Bahkan untuk beberapa daerah ditanah air saja, rendang tak melulu berbahan dasar daging saja. Sebab berbagai macam masakan lain pun bisa dijadikan rendang. Entah itu sayuran, telur, hingga umbi-umbian.

Baik yang Basah atau yang Kering, yang Namanya Rendang Selalu Disukai dan Belum Pernah Ada yang Crispy

Nah ini jadi salah satu polemik yang mungkin jadi sebab mengapa sang Master Cherf Gredd mengatakan rendang buatan Zaleha kurang crispy. Sebab umumnya, penyajian rendang ada dalam dua versi yang berbeda. Ada yang memang benar-benar kering, dengan yang masih basah dan berkuah.

Jelas ini jadi perihal yang cukup membingungkan, terlebih bagi kita yang tinggal di Negara bagian Asia Tenggara, yang selama ini mungkin sudah mengenal rendang. Maka tak heran jika setelah pernyataan yang ia sampaiakan, ada ribuan mention yang masuk ke akun twitternya sebagai bentuk protes atas penilaiannya terhadap rendang buatan Zaleha.

Dimasak Dalam Kuah Santan Berjam-jam, Bagaimana Mungkin Rendang Bisa Crispy Seperti yang Sang Juri Katakan?

Hal ini jadi salah satu tolak ukur dari beberapa orang untuk melayangkan protes pada sang Juri. Untukmu yang mungkin belum pernah memasaknya, boleh coba bertanya pada ibu dirumah. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang.

Paduan santan dan bumbu-bumbu lain yang dijadikan satu, jadi kunci untuk rasa yang menyerap pada setiap serat daging yang diolah. Dan jelas ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan biasanya, hasil akhir  yang dihasilkan akan membuat bumbu rempahnya lebih terasa, tekstur daging yang lebih lembut hingga kuah yang terasa cukup kental.

Jika ternyata Gredd menyebut rendang yang dinikmatinya kurang crispy, ada baiknya beliau ini datang dan berkunjung ke Indonesia, khususnya ke Padang. Uni-uni disana, barangkali dengan senang hati akan memperlihatkan, bagaimana sebenarnya cara memasak rendang yang benar.

Lalu Darimana Sang Master Chef Mendapat Pengatahuan Bahwa Rendang Ayam Harusnya Garing?

Sumber : https://twitter.com/JohnTorode1

Sejak tayangan itu ditampilkan, netizen dari berbagai negara Asia Tenggara. Ramai-ramai menyerbu akun dari dua juri pada acara tersebut. Semua menilai bahwa penelaiannya tidak sesuai, bahkan akhirnya Zuleha harus pulang sebab telah dieliminasi.

Tapi walau sudah menerima banyak mention, atas pernyataannya mereka, yang dinilai tidak sesuai dengan kenyataan. Salah satu juri masih mencoba berkilah dan membalas cuitan netizen dengan bilang bahwa “Mungkin rendang Indonesia yang (seperti itu)”. 

Santai, jangan emosi dulu. Barangkali sang juri pernah mencicipi satu makanan yang menyerupai rendang. Dengan tekstur yang mungkin seperti ia katakan, jadi ya wajar saja jika akhirnya ia bilang masakan Zuleha kurang garing. Nah, yang jadi pertanyaannya, rendang manakah yang dimaksud oleh sang Gredd? hanya dia dan Tuhanlah yang tahu kebenarannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Alasan Kenapa Cewek Tak Pernah Ngechat Cowok Lebih Dulu

Kamu sebagai seorang cowok yang sedang menjalin pendekatan dengan cewek yang kamu suka pasti pernah kesal hanya karena chat. Ya, memang untuk urusan chat, cewek sangat jarang memulainya duluan.

Tapi semua itu pasti karena suatu alasan tertentu. Nah kalau kamu penasaran, berikut adalah 7 alasan cewek tidak mengirim chat padamu terlebih dulu.

1. Takut Dikira Cari Perhatian

Beberapa cewek memang memiliki sifat pemalu. Hal ini membuat mereka cenderung seperti menutup diri kepada orang lain. jangankan untuk bertemu, untuk sekedar mengirim chat duluan saja dia tak akan berani melakukannya.

2. Sibuk

Ini biasanya disebut sebagai alasan yang klasik. Namun pada kenyataannya ada juga yang mengalaminya. Mungkin dia memang sedang sibuk dengan aktivitasnya sendiri sehingga tak emmiliki waktu untuk sekedar mengirim chat kepadamu.

3. Tidak Lihai Mengobrol Lewat Chat

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Ada beberapa orang yang sangat aktif saat sedang chat, namun pasif saat bertemu secara langsung. Ada juga beberapa orang yang tidak lihai mengobrol lewat chat, namun sangat asyik saat diajak mengobrol secara langsung.

4. Terbiasa Dichat Duluan

Kebiasaan memang sebuah hal yang sangat sulit untuk dirubah. Kalau cewek yang kamu dekati adalah orang yang terbiasa menerima chat duluan dibanding memulai mengirim chat kepada orang lain, maka dia pun tak akan mengirim chat kepadamu tanpa kamu mulai terlebih dulu.

5. Gengsi

Biasanya alasan ini adalah alasan yang paling banyak dimiliki oleh para cewek. Mereka tidak mau mengirim chat duluan kepadamu karena mereka gengsi untuk melakukannya.

6. Merasa Nggak Nyambung Bicara Denganmu

Jika dia tak pernah mengirim chat kepadamu duluan, bisa jadi itu merupakan suatu tanda bahwa dia malas denganmu. Baginya, tidak ada yang menarik denganmu. Jadi jangan berharap lebih yan bro, masih banyak kok cewek lainnya.

7. Nggak Suka Denganmu

Ini bisa jadi alasan paling menyakitkan, dia tidak mengirim chat padamu duluan karena memang dia ngga suka padamu. Jadi lebih baik mundur daripada kamu harus semakin sakit hati karenanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Tanda yang Dimiliki oleh Orang dengan IQ yang Tinggi

Kecerdasan yang dimiliki setiap orang memang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Biasanya, kecerdasan tersebut bisa terlihat dari IQ yang dimiliki. Nah, sebenarnya kamu bisa loh melihat apakah seseorang tersebut memiliki IQ yang tinggi atau tidak dengan 10 tanda yang dimiliki oleh mereka.

1. Mudah Tersenyum Sendiri

Meski sering tersenyum sendiri, bukan berarti mereka orang gila loh. Biasanya mereka tersenyum sendiri saat menemukan sebuah ide yang cemerlang. Orang cerdas biasanya memiliki dunia imajinasinya sendiri namun mereka tetap bisa kembali sadar akan realita yang ada di depannya.

2. Seringkali Mudah Bosan

Orang yang cerdas akan mudah merasa bosan saat menjumpai sebuah masalah yang mudah dan tidak menantang baginya. Hal ini terjadi karena semakin tinggi IQ seseorang, maka semakin mudah baginya untuk memecahkan sebuah masalah yang rumit. Jadi mereka akan mudah bosan saat tidak menemukan sebuah tantangan yang baru.

3. Cenderung Tidak Terkenal

Orang yang memiliki IQ tinggi memang sangat jarang ada di dunia ini. Kecerdasan yang mereka miliki membuat mereka sulit untuk bergaul dengan masyarakat pada umumnya. Hal inilah yang membuat mereka lebih suka menyendiri dan cenderung tidak terkenal.

4. Biasanya Gemar Tidur Larut Malam

Orang yang memiliki IQ tinggi biasanya mengalami kesulitan untuk tidur lebih awal. Semakin tinggi IQ yang dimiliki maka akan semakin banyak pula area di otaknya yang aktif. Saat mereka berusaha untuk tidur, akan selalu ada saja yang muncul dalam otaknya. Mereka bisa tidur saat otaknya sudah mengalami kelelahan.

5. Biasanya Berpenampilan Nyentrik dan Seringkali Dikira Aneh

Kecerdasan yang dimilikinya membuatnya memiliki kreasi sendiri dalam hal berpenampilan. Hal inilah yang terkadang membuat orang dengan IQ yang tinggi seringkali dianggap aneh dalam berpenampilan.

6. Memiliki Rasa Percaya yang Tinggi

Dengan IQ tinggi yang dimilikinya, mereka sadar bahwa mereka memiliki kelebihan dibanding orang pada umumnya. Hal inilah yang membuat kepercayaan diri mereka pun meningkat. Namun kepercayaan yang terlalu besar akan menjadi boomerang bagi diri mereka sendiri.

7. Biasanya Sukar Menghargai Orang Lain

Salah satu boomerang yang akan terjadi pada diri orang-orang dengan IQ tinggi adalah sukarnya mereka untuk menghargai orang lain. hal ini disebabkan mereka memiliki kepercayaan diri yang terlalu besar sehingga membuat mereka merasa menjadi orang yang paling pintar dibanding yang lainnya.

8. Seringkali Memiliki Keinginan yang Muthlak dan Sulit Dihentikan

Biasanya orang dengan IQ tinggi termasuk orang yang keras kepala. Saat mereka sudah menginginkan suatu hal, maka mereka akan berusaha semaksimal yang mereka bisa untuk meraihnya dan akan sangat sulit untuk bagi orang lain untuk menghentikannya.

9. Sering Bicara Sendiri

Orang dengan IQ yang tinggi memiliki kemampuan dalam menciptakan ruang diskusi di kepalanya. Hal inilah yang menyebabkan mereka seringkali berbicara sendiri.

10. Sadar akan Pentingnya Penggunaan Bahasa yang Baku

Kecerdasan yang dimiliki oleh mereka dengan IQ yang tinggi membuat mereka memiliki gagasan atau konsep yang rumit. Karena itulah mereka sadar bahwa mereka harus menggunakan bahasa yang baku agar orang lain bisa memahami apa yang mereka maksudkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Kado Spesial yang Cocok untuk Sang Ibunda Tercinta di Hari Bahagia

Biasanya nih kalau sudah dekat hari ulang tahun ibu, kamu sebagai anak akan bingung memilih kado apa yang cocok untuk kamu berikan kepada ibumu tercinta. Nah sekedar masukan nih, berikut adalah 7 kado spesial yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk ibundamu.

1. Gelang Simple yang Minimalis

jika kamu sudah memiliki penghasilan yang lumayan, kamu bisa saja memberikan ibumu sebuah gelang, entah itu berbahan emas atau bahan aksesoris lainnya. Pilihlah model gelang yang simple nan minimalis untuk mempercantik penampilan ibumu.

2. Rangkaian Bunga

Bakal jadi momen yang manis saat kamu tiba-tiba memberi ibumu rangkaian bunga yang cantik dan juga segar. Kamu bisa membelinya dan langsung memberikannya kepada ibumu. Dijamin ibumu pasti akan sangat senang menerimanya.

3. Robe

Kamu pasti sudah tahu kan apa itu robe? Robe adalah sejenis jubbah cantik. Kamu bisa memilih robe yang sesuai dengan kesukaan ibumu, baik dari warna maupun bentuknya.

4. Tanaman Herbal

Biasanya orang yang tak suka dengan obat-obatan lebih memilih menanam tanaman herbal untuk pengganti peran obat kimia. Nah, nggak ada salahnya kamu coba memberi ibumu kado berupa tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatannya.

5. Piyama

Kamu bisa carikan piyama dengan bahan yang halus dan berkualitas tinggi. sehingga ibumu bisa dengan nyaman memakainya saat tidur. Alhasil ibumu pun bisa lebih nyenyak saat tidur malam.

6. Jar untuk Menyimpan Peralatan Memasak

Agar dapur bisa lebih tertata, kamu bisa memberi kado kepada ibumu yang gemar memasak berupa jar yang simple dan kece. Selain berguna untuk menyimpan peralatan masak, jar ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik dapur loh.

7. Tas

Kalau ibumu gemar mengoleksi tas cantik, nggak ada salahnya kamu memberinya kado sebuah tas yang sesuai dengan kesukaan ibumu. Pasti ibumu akan senang menerimanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top