Trending

Komunitas Budaya Rumah Angklung Sabet Prestasi Grand Prix di Italia

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh anak-anak Indonesia yang tergabung dalam Rumah Angklung. Komunitas budaya yang satu ini berhasil mernyabet gelar Grandprix di Worldcup of Folklore Jesolo, Italia, pada 18 Mei 2019 lalu.

Acara kompetisi budaya tingkat dunia ini dihadiri oleh 22 kelompok yang terdiri dari 13 Negera. Ada dua negara Asia lainnya yang mengikuti kompetisi ini yaitu Korea Selatan dan India dan Rumah Angklung Indonesia dapat menyingkirkan finalis dari India yang memiliki penampilan tari tak kalah memukau.

Pada kompetisi ini, Rumah Angklung Indonesia menampilkan 2 karya hasil kreasi mereka sendiri. Di hari pertama, mereka menampilkan karya Dwipantara yang memukau banyak peserta dan penonton yang hadir. Paduan musik Angklung berkolaborasi dengan alat musik lainnya mengiringi tarian kolosal dengan cerita tentang keindahan Indonesia yang terdiri dari hutan, laut, burung, dan hasil bumi lainnya. Karya ini diinterpretasikan dengan indah melalui tarian dan musik. Musik Dwipanatara diciptakan oleh Arif Sarifudin yang merupakan pimpinan dari Rumah Angklung Indonesia dan koregrafi oleh Lidya Devi Nursanthi.

Penampilan kedua diwakili oleh kemeriahan dari musik dan tari kreasi Betawi dengan tema kemeriahan dan kumpulan aktifitas masyarakat Betawi. Total penari yang berada dalam panggung pada karya Betawi ini berjumlah 26 orang. Kemeriahan karya ini memukau para peserta dengan warna warni dan property khas Betawi. Karya musik Betawi diciptakan oleh Erik Herlanda dan Lidya Devi Nursanthi sebagai koregrafer.

Menariknya, tak hanya meraih prestasi di Jesolo, dua hari setelahnya atau tepatnya pada 20 Mei 2019, Rumah Angklung secara khusus diminta oleh manajemen klub sepakbola AC Milan untuk bermain di Casa Milan yang merupakan official store, management office, dan fan base dari klub sepak bola terkenal AC Milan. Bahkan mereka pun menjadi kelompok musik pertama yang dapat bermain di dalam Casa Milan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top