Feature

Kombinasi Simpati dan Empati Akan Membentukmu Jadi Seseorang yang Sangat Peduli dengan Sekitarnya

Sering dengar kata simpati dan empati, tapi sudah tahukah perbedaannya? Mungkin begini ilustrasi sederhananya, saat kamu tak sengaja mengalami musibah, orang yang simpati biasanya cukup melihatmu dari jauh sembari mengirimkan doa. Namun orang yang empatinya bekerja biasanya akan menolongmu tak peduli sebelumnya sudah kenal denganmu atau belum. Hanya saja, baik simpati dan empati tak seperti hal positif dan negatif yang saling tolak-menolak. Keduanya justru sebuah respon yang baik dimana setiap orang pasti memilikinya. Tapi mungkin kadarnya yang berbeda-beda.

Bicara soal simpati dan empati, sudah sepatutnya kamu bisa merasakan adanya elemen ini dalam dirimu. Berkacalah dari mereka yang punya jiwa sosial tinggi, pasti di dalam hatinya mereka bisa mengkondisikan simpati dan empatinya untuk saling berkesinambungan. Sebab memang demikian, kalau simpati dan empatimu bekerja dengan cukup baik, maka akan lahir sikap atau karakter yang sangat peduli dan peka terhadap sekitarnya.

Sediakan Telinga untuk Mendengarkan Cerita Orang Lain, Tak Semua Orang Mampu dan Mau Memberi Diri untuk Melakukan Hal Ini

Meski kelihatannya mudah, sebenarnya tidak semua orang bisa jadi pendengar yang baik bagi orang lain. Saat ada seseorang yang bercerita, respon lawan bicaranya pun berbeda. Ada yang suka memotong pembicaraan, ada yang buang muka tak peduli, ada yang cepat bosan, dan semacamnya. Lihatlah, ternyata sekadar mendengarkan cerita orang lain pun tak semudah kelihatannya.

Untuk itu, kalau kamu mau melatih kepekaanmu untuk sekitar, tak ada salahnya mencoba cara ini, yaitu dengan memberi diri untuk mendengarkan sedikit cerita atau pergumulan yang dirasakan orang lain. Sebab untuk merasakan kesukaran orang lain, tak cukup hanya dengan simpati. Cobalah untuk berempati juga sekaligus memberi diri yaitu dengan mendengarkan ceritanya. Mungkin ada kalanya kamu merasa kalau mendengarkan tak banyak membantu, padahal bagi orang yang sedang merasa perlu teman, cukup didengar saja mereka sudah lega.

Saat Orang Lain Menceritakan Masalahnya, Libatkan Hatimu untuk Ikut Menampung Cerita Tersebut, Bukan Hanya dengan Basa-basi

Mendengarkan pun ada caranya. Bukan sekadar hadir lalu mendengarkan. Melainkan juga cobalah untuk menyimak setiap keluh kesahnya. Kalau boleh kukatakan, menyimak itu jauh lebih sukar dibanding hanya mendengarkan. Tapi dampaknya akan sangat luar biasa untuk orang yang sedang dilanda kesedihan. Dengan memberi diri untuk menyimak, kamu pun sedang berusaha memberikan hatimu untuk turut merasakan emosinya dan pergolakan batinnya.

Melibatkan hati adalah sesuatu yang sukar dilakukan. Apalagi bagi mereka yang terbiasa basa-basi. Bila simpati dan empati memang sudah ada di dalam dirimu, percayalah, untuk peka terhadap orang lain biasanya tak akan sulit. Justru itu akan membuatmu bisa mendorong orang lain untuk ikut peduli juga terhadap sekitarnya.

Utamakan Seseorang  yang Memang Sedang Membutuhkan Keberadaanmu, Hal Itu Bisa Membuatnya Merasa Tenang

Orang yang sedang membutuhkan bantuan atau ingin didengarkan, sejatinya sedang mencari ketenangan. Kesulitan hidup yang sedang dihadapinnya membuatnya sukar berpikir tenang. Untuk itu, dia berusaha mencari orang yang mau menyimak dan mendengarkannya. Kalau kamu mau memberi diri untuk temanmu yang sedang dilanda persoalan berat, maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan setelah menyimak ceritanya adalah membuatnya agar tetap merasa tenang.

Empati, simpati, bila disatukan sejatinya akan melahirkan sikap yang penuh kepekaan terhadap sekitarnya. Bila kamu bisa memunculkan elemen ini dalam dirimu, percayalah, keberadaanmu sangat berarti bagi orang lain, bukankah membahagiakan menjadi orang yang bisa menolong orang lain?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Nikah Diam-diam, Seorang Suami Disiram oleh Istrinya dengan Air Panas Hingga Meninggal

Seorang lelaki di Makassar, Sulawesi Selatan Bahtiar (28), meregang nyawa setelah sebelumnya disiram oleh sang istri Aminah (30) dengan air panas. Sang istri mengaku kesal terhadap suaminya, yang konon menikah diam-diam dengan perempuan lain. Saat ini, Aminah sudah ditangkap aparat kepolisian dan sedang menjalani pemeriksaan.

“Iya, pelaku yang juga istri korban telah diamankan,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani pada Minggu (21/7/2019), dilansir dari detik.com. 

Aminah diamankan oleh Polsek Bangkala bersama Polres Jeneponto setelah suaminya meninggal. Dari interogasi yang dilakukan oleh polisi, perempuan tersebut melakukan perbuatannya karena sakit hati kepada suaminya.

“Pelaku melakukan perbuatan tersebut dikarenakan sakit hati kepada suaminya karena telah menikah dengan perempuan bernama Marsela tanpa sepengetahuannya,” kata Dicky.

Dicky juga menambahkan, pelaku baru mengetahui kalau suaminya telah menikah secara sembunyi-sembunyi setelah mendapatkan kabar dari keluarganya.

“Istrinya mengetahui setelah mendapatkan kabar tersebut dari keluarga suaminya, kemudian pelaku pulang ke rumah dan menanyakan hal tersebut kepada suaminya dan suaminya mengakuinya bahwa telah menikah dengan Marsela di kota Makassar sekitar tahun 2018,” jelas Dicky.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Benarkah PT Pos Indonesia Akan Bangkrut?

Beberapa hari belakangan, berita mengenai PT Pos Indonesia yang sedang diambang kebangkrutan sedang banyak dibicarakan di Twitter. Pokok yang menjadi dasar kabar kebangkrutan tersebut, kondisi PT Pos yang konon sedang kelabakan membayar gaji karyawan dalam 2 tahun belakangan. Bahkan sampai meminjam uang ke Bank hanya untuk menutupi gaji karyawan.

Mendengar situasi ini, anggota DPR Komisi IX Rieke Diah Pitaloka dikabarkan memberi teguran terhadap Kementerian BUMN. Ia mengaku prihatin dengan kondisi PT Pos tidak mampu bayar gaji karyawan.

“PT Pos sedang collapse sampai gaji karyawan pun harus pinjam bank. Saya pribadi akan pertahankan PT Pos sampai tidak pailit karena itu sejarah kemerdekaan bangsa kita ini,” kata Rieke dalam video yang dibagikannya pada Kamis (18/7/2019).

Dilanri dari gelora, dalam sebuah rapat DPR, Rieke juga menegur Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media, Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno yang dianggap paling bertanggung jawab dengan kondisi PT Pos Indonesia saat ini.

“Saya minta perhatian khusus pada Pak Harry untuk tidak  main-main dengan kondisi PT Pos,” kata Rieke.

Oleh karenanya, ia juga meminta Pemimpin Komisi IV untuk menjadwalkan ulang rapat dengar pendapat (RDP) terkait kondisi PT Pos yang saat ini mengkuatirkan. Rieke mengaku akan membongkar persoalan yang sudah mendarah daging di PT Pos Indonesia selama ini.

“Dan saya minta kepada pimpinan untuk dijadwalkan karena ini tidak bisa ada persoalan yang nanti saya akan buka,” aku Rieke.

Sementara itu, pihak PT Pos Indonesia pun akhirnya buka suara atas ramainya pemberitaan Pos Indonesia di media sosial. melalui salah satu perwakilan, PT Pos Indonesia menegaskan bahwa perseroan belum bangkrut.

“Ya kalau bangkrut sih nggak lah. Mudah-mudahan nggak,” kata SVP Kerjasama Strategis dan Kelembagaan Pos Indonesia, Pupung Purnama dikutip dari detikFinance, Minggu (21/7/2019).

Pupung juga meminta doa semua pihak agar perseroan masih bisa berdiri. “Harus didoakan jangan (bangkrut) lah,” tambahnya.

Namun pada kenyatannya, Pos Indonesia juga mengakui bahwa pihaknya sempat meminjam uang untuk membayar tunggakan gaji para karyawannya sebagaimana yang diceritakan oleh salah satu Anggota Komisi IX DPR RI.

“Benar kita meminjam uang ke bank, itu benar adanya ya, ya memang ada (pinjaman uang untuk bayar gaji karyawan),” kata Pupung.

Lebih lanjut, menurut Pupung situasilah yang menyebabkan perseroan tersebut berada dalam kondisi yang seperti itu. Sehiangga memaksa mereka untuk meminjam uang “Memang situasinya ya, situasinya lagi susah,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Akhirnya Resmi Bercerai

Dilansir dari Soompi, Song Hye Kyo dan Song Joong Ki dinyatakan sudah resmi bercerai. Keputusan akhir dari perceraian mereka berdua, dilaksanakan pada tanggal 22 Juli di Pengadilan Keluarga Seoul. Dimana kedua belah pihak sudah sepakat berpisah dan kini sudah resmi bercerai secara hukum negara.

Selain itu, Agensi Song Hye Kyo, United Artists Agency (UAA), juga dikabarkan merilis pernyataan, dengan mengatakan:

“Halo. Ini UAA.

Perceraian aktris Song Hye Kyo telah diselesaikan hari ini (22 Juli) di Pengadilan Keluarga Seoul. Kami memberitahu kalian bahwa proses arbitrase telah diselesaikan dengan kedua belah pihak setuju untuk cerai tanpa tunjangan atau pembagian properti.”

Namaun, untuk pihak Joong Ki, saat ini dituliskan belum terlihat merilis pernyataan.

Sebelumnya, Hye Kyo dan Joong Ki tampil bersama di drama populer Descendants of the Sun. Setelah drama tersebut, ada rumor bahwa mereka berpacaran karena terlihat cinta lokasi. Berita tersebut tentu disambut baik oleh para fans, dan pada Oktober 2017 lalu keduanya dikabarkan menikah dengan menggelar upacara keluarga yang hanya dihadiri kerabat dekat saja.

Tagar #SongSongCouple dan #PatahHatiInternasional saat keduanya menikah sempat jadi trending topik pada laman sosial media Twitter Indonesia. Hingga akhirnya pada 27 Juni 2019 lalu, kabar perceraian SongSong Couple mulai beredar ke khalayak. Dan dari pernyataan resmi Hye Kyo yang ia publish ke media menjelaskan bahwa alasan mereka bercerai adalah “perbedaan kepribadian”.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top