Feature

Cita-Cita Anak Sudah berbeda, Mereka Lebih Memilih Jadi Youtuber Terkenal

Semula, karier seperti dokter, tentara, polisi, hingga presiden menjadi cita-cita yang banyak dilontarkan oleh anak-anak. Tapi belakangan ada pergeseran pola pikir khususnya pada anak-anak masa sekarang. Pekerjaan keren di mata generasi sekarang ternyata sudah berbeda.

Belum lama terdengar seorang bocah yang justru tertarik berprofesi sebagai Youtuber. Menariknya, hal itu diungkapkan sang bocah saat ditanya langsung oleh Presiden Joko Widodo. Disadari atau tidak, telah terjadi pergeseran pola pikir dalam hal cita-cita ideal di mata anak. Lalu, kenapa hal itu bisa terjadi?

Nyatanya Perubahan “Mimpi” dan Karier Idaman Generasi Sekarang Memang Sudah Mulai Terlihat. Hal Ini Tak Lepas dari Pengaruh Majunya Teknologi

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan LinkedIn yang melibatkan 1.000 pelajar Indonesia serta profesional muda dengan rentang usia 16-23, menunjukkan jika pekerjaan impian yang populer di kalangan pelajar masa kini adalah pengusaha, ahli IT, akuntan, ilmuwan, hingga insinyur.

Dalam survei tersebut, karier sebagai pengusaha menempati posisi teratas yang paling diidamkan karena lingkup profesi ini tergolong luas. Seiring berjalannya waktu,  rasanya semua orang kini bisa membangun usaha. Kemajuan teknologi dan keberadaan media sosial memudahkan para pengusaha muda untuk berkompetisi di era digital saat ini. Karenanya, tak heran profesi sebagai digital-preneur atau pengusaha digital semacam YouTuber, selebgram, bintang endorsement sangat diincar.

Pun Halnya di Jepang, Karier Sebagai Youtuber Ternyata Menempati Polling Ketiga dalam Survei Lokal di Negara Tersebut

Dari sebuah survei yang dilakukan sebuah situs berita terhadap sekelompok anak-anak usia sekolah dasar di Negeri Matahari Terbit, ternyata didapatkan sebuah fakta menarik. Karier sebagai YouTuber menempati tempat ketiga sebagai cita-cita yang paling diminati setelah pemain bola dan dokter.

Mengapa? Ketika ditanya oleh para guru, anak-anak tersebut menjelaskan jika seorang YouTuber dapat menghasilkan 100 juta yen dengan mudah. Mereka tak perlu giat belajar dan bisa mendapatkan banyak yang lewat banyaknya jumlah view dari video yang mereka buat. See? Di usia anak-anak pun mereka sudah bisa tergiur oleh iming-iming materi yang dihasilkan oleh para YouTuber.

Lantas, Akankah Semua Anak Harus Menjadi YouTuber? Bagaimana Dengan Profesi Lainnya?

Jawabannya tentu tidak. Menjadi YouTuber pun perlu proses yang tak instan. Meski lewat survei, anak-anak tersebut mengaku tertarik dengan karier sebagai YouTuber, namun mereka tetaplah anak-anak yang masih perlu arahan dari orang dewasa. Bukan lantas menilai tak bagus jika seorang anak berkeinginan menjadi YouTuber, toh sudah mulai banyak YouTuber muda yang mulai menunjukkan eksistensinya dan prestasinya.

Hanya saja, mengarahkan anak-anak berdasarkan minat dan bakat mereka sangatlah penting dilakukan. Jika sang anak memang menunjukkan ketertarikan yang kuat untuk menekuni profesi tersebut, tunjukkan jika kreativitas adalah modal utama seorang digitalpreneur. Profesi favorit anak-anak biasanya berubah, seiring perkembangan dan tren. Sepuluh tahun lalu, misalnya, pasti tak ada anak yang bercita-cita jadi Youtuber karena istilah ini pun belum eksis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Kegiatan Ini Bisa Menghasilkan Uang Loh, Lumayan Buat Nambah Uang Saku

Di zaman sekarang, kamu bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan asal kamu mau sedikit kreatif. Banyak hal sederhana nan remeh yang sebenarnya bisa jadi sumber pundi-pundi rupiah. Apalagi untuk kamu yang masih kuliha. Nih, beberapa kegiatan atau hobby iseng yang bertanggung jawab dengan hasil pendapatan yang lumayan untuk menambah uang jajan.Kira-kira apa saja ya?

1. Fashion Blogger

Jika kamu termasuk seorang yang tertarik di dunia fashion dan memiliki kemampuan di bidang itu, kenapa kamu tak mencoba untuk menjadi seorang fashion blogger? Lumayan loh pendapatannya, bisa kamu gunakan sebagai uang jajan tambahan.

2. Fotografer

Dengan melakoni kegiatan yang satu ini kamu bisa banget loh sekalian travelling sambil bekerja. Tak hanya itu, jam kerjamu juga sangat fleksibel. Tentu akan mudah bagimu untuk membagi waktu antara menjadi fotografer dengan profesi utamamu.

3. Influencer

Profesi yang satu ini kini menjadi salah satu profesi yang banyak digeluti oleh berbagai kalangan. Bermodalkan video atau foto menarik, kamu bisa menghasilkan jutaan rupih dengan profesi yang satu ini.

4. Designer Grafis

Kamu yang punya kemampuan dalam hal desain, bisa banget loh menggeluti profesi ini. Profesi ini juga sangat cocok bagi kamu yang butuh uang tambahan. Namun uang tambahannya jangan pernah diremehkan, karena bisa mencapai angka yang fantastis jika pekerjaanmu kece.

5. Film Maker

Profesi ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin menghasilkan uang tambahan atau ingin menjadikannya sebagai profesi utamamu nanti. Profesi ini bisa menghasilkan rupiah yang cukup tinggi loh. Jadi tak ada salahnya juga kamu mencobanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kenali Tanda Rekan Kantormu Menyebalkan, Tak Usah Buang-buang Waktu untuk Mengajaknya Berteman

Hampir semua orang memiliki sisi yang menyebalkan. Coba saja tanya ke teman-temanmu. Pun tak menutup kemungkinan kalau kamu bisa bertemu orang yang menyebalkan di mana pun. Ketika ada seseorang yang memiliki sisi menyebalkan, tak masalah kalau kamu mau menghindari berurusan dengan orang yang seperti itu.

Ini mungkin kamu akan tahu kalau kamu tak akan tahan dengan sifatnya. Kawan, sesekali menjaga jarak dengan orang yang memiliki hal-hal negatif itu baik lho. Kalau kamu memiliki teman dan dia memunculkan tanda-tanda seperti ini, kamu harus berhat-hati ya!

Senang Di Atas Penderitaan Orang Lain

Hal ini mungkin jarang ditunjukkan oleh beberapa orang. Tapi kalau kamu punya teman yang menunjukkan kebahagiaannya padahal ada temannya yang sedang tertimpa musibah, sebaiknya kamu jaga jarak saja dengan teman tipikal semacam ini. Ia mungkin tak terlihat tertawa.

Tapi selentingan atau nyinyiran yang keluar dari mulutnya jadi pertanda kalau dia ini punya karakter senang kalau ada temannya yang menderita. Bukankah jauh lebih baik bertemu dengan teman yang mampu bersimpati dan berempati?

Ia tak Kelihatan punya Rasa Tanggung Jawab Terhadap Pekerjaannya

Saat seseorang mendapatkan suatu tanggung jawab untuk melakukan sesuatu, pasti setidaknya dia akan memiliki rasa tanggang jawab itu. Tapi ada lho,  beberapa orang yang tak punya rasa tanggung jawab tinggi. Mereka cuek saja dengan tanggung jawab yang sejatinya dibebankan padanya.

Kalau orang semacam ini ada di lingkup kerja atau di kantormu, bukankah yang ada hanya merugikanmu? Bisa saja, kalau kamu meminta tolong sesuatu dan dia mengiyakan di awal, tapi pada akhirnya dia tak melakukannya, jadinya menyebalkan, kan?

Kamu Merasa Tak Nyaman Saat Berada di Dekatnya

Saat kamu menghabiskan waktu bersama seseorang atau berada dekat dengan orang semacam ini, kamu akan merasakan energi atau aura yang muncul dari orang itu. Saat kamu berkumpul dengan teman-temanmu, tiba-tiba ada salah satu temanmu yang membuatmu merasa tak nyaman. Bisa karena perilakunya, atau hal-hal kecil yang ditunjukkan, lho. Ini juga menjadi sebuah tanda bagi kamu untuk mempertimbangkan apakah dia adalah teman yang baik atau kurang baik.

Faktanya, Banyak Teman yang Mulai Mengingatkanmu

Saat kamu mengenal sosok yang menurut orang-orang menyebalkan, maka saat berurusan dengannya kamu juga harus berhati-hati. Kamu butuh pendapat orang-orang terdekat kamu atau setidaknya caritahu tahu orang seperti apa dia. Ini tindakan antisipasi yang kamu lakukan untuk berhati-hati untuk berteman dengan orang lain lho.

Dia Tak Pernah Merasa Bersalah

Kesalahan bisa dilakukan secara sengaja atau tak sengaja. Saat orang merasa melakukan sesuatu yang salah, normalnya dia akan merasa tak enak atau merasa ganjal. Namun, kalau kamu bertemu orang yang melakukan kesalahan dan dia justru tak menunjukkan rasa bersalah atau semacamnya, kamu harus merasa janggal dengan hal ini. Dia malah menunjukkan sikap santai-santai saja. Kamu patut curiga dengan karakter dia yang sebenarnya.

Setidaknya kamu berhati-hati dengan karakter orang yang malah akan memberikan efek nagatif untuk kamu, ya. Kamu harus bisa memilih mana yang bisa menjadi teman dekatmu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Tumbuhkan Minatmu, Ini 7 Pekerjaan Baru yang akan Muncul di Masa Depan

Saat ini, perkembangan teknologi di dunia memang sangatlah pesat. Kecanggihan teknologi ini tentunya harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menanganinya. Nah, dengan pertumbuhan teknologi yang cukup pesat ini, kemungkinan nantinya di masa depan akan ada beberapa profesi baru loh. Yuk lansung simak saja artikelnya.

1. Desainer 3D Printer

Profesi yang satu ini bisa banget kamu coba geluti. Nantinya pasti akan banyak dibutuhkan seorang desainer yang handal untuk memudahkan dalam menciptakan apa yang orang inginkan dengan lebih terstruktur.

2. Insinyur Drones

Saat ini sudah banyak sekali orang yang memiliki drones. Nah, tentunya di masa depan pengguna drones ini sangatlah banyak dan semakin menjamur. Insinyur drones ini bertugas untuk membuat beragam inovasi drones terbaru dan memperbaiki drones yang rusak akibat bertabrakan dengan drones  yang lainnya.

3. Sejarawan Internet

Internet sudah tak bisa terlepaskan dari kehidupan manusia masa kini. Jika kamu termasuk orang yang paham dan tahu segala isi dari internet, mungkin kamu bisa menjadi seorang sejarawan internet di masa depan.

4. Dokter Bedah Robot

Perkembangan teknologi saat ini tak lepas dengan perakitan berbagai inovasi baru berupa robot. Nah, bukan tak mungkin nantinya di masa depan akan ada banyak robot yang tercipta dan dibutuhkan seorang dokter bedah robot yang bisa memperbaiki kondisi robot jika terjadi sesuatu yang salah.

5. Terapis untuk Para Pecandu Medsos

Tak harus menunggu di masa depan rasanya. Saat ini saja sudah banyak orang yang kecanduan dengan media sosial. Kecanduan yang sudah berada di level berbahaya tentu membutuhkan penanganan khusus oleh seorang terapis khusus pula.

6. Jasa Penghijauan Lingkungan

Saat ini pun rasanya jasa ini sudah sangat diperlukan. mengingat banyaknya industri yang dibangun dan akhirnya yang menjadi korban adalah wilayah-wilayah yang seharusnya dilindungi, seperti hutan atau daerah pantai.

7. Desainer Sampah

Profesi ini terlihat sangat unik. Daripada sampah dibiarkan menumpuk begitu saja, akan lebih baik jika ada seorang yang menggeluti profesi ini. Seorang desainer sampah perlu diberi tugas untuk mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna untuk jangka panjang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top