Trending

Ketika Kamu Teriak Benci Korupsi, Padahal Tanpa Sadar Kamu Juga Korupsi

Ketika melihat judul artikelnya, kamu mungkin sedang membayangkan seorang laki-laki paruh baya yang katanya kemarin kepalanya benjol bak bakpao. Ini bukan tentang satu dua orang yang memang sudah tertangkap basah, tapi tentang kita semua yang mungkin adalah manusia yang harusnya diberi sebutan sama sebagai Koruptor.

Tanpa bermaksud berpikiran buruk pada mereka yang selalu berada gardu terdepan pemberantasan korupsi, percaya atau tidak, nampaknya kita masih terlalu fokus pada korupsi dalam hal materiil. Dan lupa jika sebenarnya, disaat yang sama ada banyak aspek lain yang juga telah kita korupsi tanpa sadar.

Bukan hanya kamu yang sedang merasa tersinggung sehabis membacanya, hal yang sama barangkali juga sedang saya lakukan sekarang. Ya, mengorupsi waktu orang untuk membaca tulisan ini. 

Saat Kita Kecil Dulu, Uang Kembalian Sehabis Membeli Keperluan Ibu, Sering Masuk Ke Saku Celana

Bohong jika kamu akan bilang tak pernah melakukannya. Entah itu atas persetujuan orangtua, atau inisiatif dari sendiri saja. Sekilas memang terlihat remeh, tapi lambat-laun akan membuat kita terbiasa memasukkan uang sisa ke dalam saku sendiri. Sekalipun orang tersebut mungkin bukanlah orangtua atau keluarga.

Alih-alih berpikir akan mendapat sikap sama seperti yang dilakukan orangtua, bisa jadi orang tersebut akan mencap kita sebagai seorang yang tak jujur. Padahal bisa jadi nominal yang kita ambil mungkin tak seberapa, tapi percaya atau tidak itu adalah bentuk sederhana dari korupsi yang kita bilang harus dihilangkan.

Memasuki Dunia Sekolah, Mencontek Jadi Kegiatan yang Sering Dilakukan Walau Tahu Itu Salah

Konon sistem pendidikan dijadikan tameng untuk kesalahan fatal ini. Beberapa tenaga pendidik nampaknya masih terfokus pada hasil tanpa mau menelisik proses dan upayanya. Jadi jangan heran, jika teman yang terkenal badung namun lihai dalam hal mencontek akan lebih dikenal daripada dia yang bernilai pas-pasan tapi benar-benar jujur.

Sikap ini memang masih jadi skandal kecil dari banyaknya tindakan korupsi yang sering kita temui. Akan tetapi ini jadi bukti nyata, betapa malasnya seseorang yang tak ingin belajar. Lalu menggunakan trik licik demi mendapatkan nilai maksimal. Bahkan kadang melebihi dia yang memang sungguh-sungguh belajar.

Pelan-pelan Mulai Berani Merekayasa Kuintansi Pada Beberapa Kegiatan yang Mungkin Kita Tangani

Terjadi di beberapa organisasi, baik di sekolah, kampus, tempat kerja hingga keorganisasian lainnya. Suatu kali kamu mungkin akan mengemban tugas yang berhubungan dengan uang. Bak sambil menyelam minum air, kamu malah menjadikan ajang tersebut untuk meraup keuntungan.

Entah itu merubah nominal angka pada setiap pembayaran, atau merekayasa beberapa pembelian keperluan yang sebenarnya tak ada menjadi ada. Bahkan tak merasa jika itu adalah sebuah perbuatan yang salah. Kadang kita akan berdalih jika hal itu sudah wajar, dengan alasan sebagai imbalan untuk rasa lelah mempersiapkan rangkaian kegiatan.

Yap, benar. Kita lupa akan janji yang mungkin telah dibuat sedari awal. Sebab jauh sebelum duduk pada posisi sekarang, kita telah tahu jika organisasi itu tak akan memberimu upah.

Memberi Uang Selipan Ketika Ditilang Petugas Kepolisian

Untuk kita yang kebetulan kerap malang melintang di jalan. Adakalanya nasib buruk datang mendekat. Kamu mungkin berjalan pada jalur yang salah atau tidak menyalakan lampu utama pada saat sedang berkendara. Hingga pelanggaran lain yang memang tak seharusnya.

Tak mau dibuat susah, merasa bahwa semua hal bisa diselesaikan dengan rupiah. Kita kemudian mendekatkan diri pada polisi yang sedang bertugas, sembari menyodorkan beberapa lembar uang ratusan ribu. Dan jika memang disambut baik, kita tentu akan bisa lepas dari jagalannya.

“Loh, kan polisinya juga mau!”

Iya benar memang, beliau ini mungkin mau menerima uang yang sudah kita sodorkan. Tapi apakah kita tahu, jika hal tersebut bukanlah sesuatu yang benar untuk dilakukan. Jika ternyata tahu, lantas mengapa masih saja diteruskan?

Hingga Pada Posisi yang Memungkinkan Kerap Dipakai Untuk Mempermudah Urusan

Untuk yang satu ini, mari kita beralih pada pejabat-pejabat bernama besar dalam negeri, atau pengusaha yang inginkan bisnisnya berjalan tanpa hambatan. Dan memang jika kamu cukup memperhatikan segala yang terjadi, kamu tentu tahu jika baru-baru ini Presiden Jokowi melaporkan piringan hitam Metallica dari Perdana Menteri Denmark, Lars Løkke Rasmussen dengan dalih sebagai kenang-kenangan.

Terlepas dari bagaimana niat yang mungkin sedang dipikirkan oleh Perdana Menteri Denmark tersebut. Pemberian semacam ini dinilai sebagai salah satu isyarat untuk mempermudah urusannya, yakni dengan memberi hadiah kepada orang lain yang kelak mungkin akan dimintai bantuan. Bahkan sebagian orang menilai, ini adalah salah satu bentuk suap yang marak terjadi di negara kita.

Tanpa Rasa Bersalah, Jadi Plagiator yang diam-diam Mencuri Karya Orang

Masih lekat diingatan, salah seorang perempuan remaja yang pertengahan tahun ini santer diberitakan. Bermodalkan tulisan-tulisannya yang menjadi viral, ia dielu-elukan banyak orang. Akan tetapi pelan-pelan beberapa fakta lain mulai terbongkar, bahwa sesungguhnya tulisan yang membesarkan namanya itu adalah milik orang lain. Bukan murni karyanya sendiri.

Tak hanya perempuan itu saja, kamu atau saya juga barangkali pernah melakukannya. Pada tugas pekerjaan atau kuliah, hingga pada hal sederhana seperti caption foto di Instagram.

Bukan sedang ingin membela nasib mereka yang kerap kita sebut sebagai koruptur. Karena sejatinya, tanpa kita sadari kadang kala kita sendiri telah korupsi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Tanda Aneh yang Justru Bisa Jadi Sinyal Kamu akan Jadi Orang Sukses

Semua orang tentu ingin menjadi seorang yang sukses. Namun dalam praktiknya sendiri, tak banyak orang yang berhasil dalam meraih kesuksesannya sendiri. Banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan seseorang. Bicara mengenai kesuksesan, kamu bisa mendeteksi sinyal kesuksesanmu lewat tujuh tanda aneh ini loh.

Karena konon, mereka yang kerap mengalami hal-hal ini diperkirakan akan sukses di masa depan.

1. Tak Semua Orang Menyukaimu Serta Hal yang Kamu Lakukan

Kamu bukanlah seorang yang jahat, tapi banyak orang yang tak menyukaimu dan tak menyukai apa yang kamu lakukan. hal ini bisa jadi tanda bahwa kamu adalah calon orang sukses. Kamu tak disukai bukan karena kamu orang jahat, melainkan kamu orang yang selalu konsisten terhadap apa yang kamu tuju dan sulit untuk diajak kompromi oleh orang lain dalam menghancurkan apa yang sudah kamu rencanakan.

2. Kamu Menjadi Sosok yang Perfeksionis

Segala yang kamu lakukan harus mendapatkan hasil yang terbaik. Kamu berusaha untuk melakukan apapun sebaik yang kamu bisa. Bahkan kamu kerap mengevaluasi dirimu sendiri dan mengidentifikasi dimana letak kekurangan dan kelemahanmu untuk bisa diperbaiki ke depannya. Berniat untuk menjadi lebih baik lagi, kamu justru kadang dianggap aneh karena melakukan sesuatu dengan selalu tertata.

3. Kamu Paham Bahwa Kesuksesan Bukanlah Segalanya

Kamu mulai tak lagi berpatokan pada kesuksesan karena kamu paham kesuksesan bukanlah segalanya. Kamu hanya berusaha menjalani kehidupanmu saat ini dengan semaksimal yang kamu bisa lakukan. Berusaha untuk melakukan segala hal yang terbaik sesuai kemampuan. Bukan untuk mencari popularitas, tapi karena kamu senang.

4. Kamu Tak Yakin dengan Apa yang akan Terjadi di Masa Depan

Kamu bukan orang yang over confident, tetapi kamu juga bukan orang yang minder. Kamu hanya mencoba untuk berpikir realistis. Kamu menjalani hidup dengan apa adanya, dengan membuang jauh-jauh pemikiran yang berlebihan. Kamu hanya berharap jika yang kamu kerjaakan sekarang akan berbuah hasil yang maksimal.

5. Kamu Belajar Cara Merelakan Sesuatu

Kamu tak lagi memfokuskan dirimu pada apa yang tidak bisa kamu capai, tapi kamu lebih fokus dengan apa yang menjadi kemampuanmu. Kamu pun belajar untuk melepas apa yang kamu inginkan dimana kamu tahu itu tak akan bisa kamu raih. Kamu lebih fokus pada apa yang menjadi keahlianmu dan mencoba untuk hidup dengan lebih bebas. Mengerahkan semua kemampuan untuk sesuatu yang memang diinginkan.

6. Kamu Jadi Sosok yang Lebih Manusiawi

Sejatinya manusia hidup secara berdampingan, dan kamu sadar akan hal itu. Kamu pun tak lagi mementingkan dirimu sendiri. Kamu mulai sadar bahwa hidup tak hanya tentang dirimu, melainkan ada banyak orang yang juga perlu kamu perhatikan. Inilah yang akhirnya membuatmu menjadi sosok yang lebih manusiawi.

7. Kamu Meninggalkan Ketakutan yang Selama Ini Menghantuimu

Banyak orang yang sulit keluar dari ketakutannya sendiri. Namun kamu sudah mulai meninggalkan ketakutan yang selama ini bersemayam dalam dirimu. Kamu berusaha keras untuk bisa keluar dari apa yang selama ini kamu takutkan. Kamu menjadi sosok yang lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi segala ketakutanmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Kata dalam Bahasa Inggris yang Memiliki Dua Makna Berbeda

Dalam belajar bahasa Inggris, terkadang kita mengalami kesulitan dalam memaknai sebuah kata. Terlebih jika kata tersebut memiliki dua makna atau lebih yang berbeda. Nah, untuk itu kami ingin membantumu lebih memahami tiap kata yang memiliki makna ganda. Coba baca lebih lanjut ya…

1. Back

Sebagian besar orang memaknai kata back dengan arti “belakang”. Namun ternyata, selain arti tersebut, kata back juga memiliki makna lain, yaitu “punggung”.

2. Second

Kata second nyatanya tak hanya berarti “detik”. Kata ini memiliki makna lain, yaitu “kedua”. Jadi selalu perhatikan konteks kalimatnya sebelum memaknainya ya.

3. Well

Saat kamu mendengar kata well, apa yang kamu pikirkan mengenai arti kata tersebut? Kata ini sering diartikan “baik”. Namun selain itu, kata well juga memiliki makna lain, yaitu “sumur”.

4. Mine

Jangan sampai tertukar dalam memaknai kata ini ya? Kata mine memang pada umumnya diartikan “milikku”. Namun selain makna tersebut, kata mine juga bermakna “ranjau”.

5. Bolt

Kata bolt memiliki dua makna berbeda loh. Jadi mana yang kamu maksud? Makna “baut” atau makna “gemuruh petir”.

6. Bat

Kedua makna kata bat sangat berbeda jauh, jadi jangan lupa untuk selalu teliti dalam melihat konteks kalimatnya. Yang satu bermakna “kelelawar”, yang satu bermakna “kayu pemukul”.

7. Jam

Hati-hati memaknai kata yang satu ini, kata jam memiliki dua makna yang jauh berbeda. Makna jam adalah “selai” dan “macet”.

8. Watch

Makna dari kata watch di antaranya adalah sebagai verb dan juga noun. Yang satu artinya “melihat” dan yang satunya lagi “jam tangan”.

9. Bark

Kata bark memiliki dua makna yang berbeda. Sama halnya dengan kata watch, kata bark juga memiliki makna sebagai verb dan noun. Makna kata kerjanya adalah “menggonggong” dan kata bendanya adalah “kulit pohon”.

10. Can

Kata can ternyata juga memiliki dua makna yang berbeda loh. Jangan sampai salah ya. Ada makna yang berarti “bisa” dan juga makna “kontainer”. Usahakan untuk memaknai sebuah kata dari konteks kalimatnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Selamat Ulang Tahun Adroid, Wah Sudah 10 Tahun Menemani

Berbalik sebentar ke tahun 2008, Adroid yang merupakan sistem operasi milik google ini pertama kali disematkan pada smartphone dengan model HTC G1 atau yang lebih dieknal dengan sebuatan HTC Dream denngan Adroid 1.0. Dimana OS yang tadinya penuh bug, kini jadi salah satu OS paling dikeal di dunia.

Semakin melambung di akhir tahun 2010, konon Adroid kian populer karena pembaruan softwarenya yang cukup besar, terlebih pada perangkat flagship. Katakanlah seri Motorola Droid dan Samsung Galaxy S.

Kalau pada masa itu iPhone sudah mampu menyaingi BlackBerry, Adroid justru sudah jauh berlari untuk meninggalkan OS Symbian dan Windoes pada ponsel. Selanjutnya, para pemilik vendor perangkat mobile yang tadinya mengadaptasi Symbian atau Windows akhirnya hijrah ke Adroid untuk bisa terus bersaing di pasaran.

Kamu mungkin masih ingat, pada masa kejayaan BlackBerry dengan aplikasi BBM-nya. Bisa dibilang banyak digandrungi para user, terlebih di Indonesia. Namun, lagi-lagi harus diakui perubahan dan update yang terus dilakukan oleh Adroid memang akhirnya bisa dibilang menggeser tahta BlackBerry. Terbukti pada akhir 2013, aplikasi besutan BlackBerry yakni BlackBerry Messenger akhirnya hadir di Adroid dan iPhone.

Hidup dan berkembang selama satu dekade, hari ini 24 September 2018 Adroid memperingati hari pertama peluncurannya 10 tahun lalu. Saat ini, tercatut sudah ada lebih dari 2 Miliar perangkat Adroid berstatus aktif. Sebab tak terfokus pada smartphone saja.

Kamu bisa menemukan sofware ini ada pada berbagai macam benda dan alat bantu. Mulai dari tablet, jam pintar, smart TV, belum lagi lemari es, oven, hingga headset VR.

Kalau kamu, sudah pakai software Adroid pada benda apa saja?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top