Trending

Kesaktian Pancasila, Masihkah Sakti?

Terlepas dari pro dan kontra penayangan kembali film Pengkhianatan G-30SPKI, yang selalu jadi bahan perdebatan kala akhir september tiba. Mari sejenak redam emosi dan amarahmu, lalu beralih pada hari besar yang hari ini kita rayakan. Yap, hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya.

73 tahun sejak kemerdekaan, Pancasila memang jadi dasar negara yang kita banggakan. Namun melihat semakin maraknya kejadian-kejadian yang nampaknya bertentangan dengan ideologi sakti itu. Masihkah Pancasila kita sakti seperti sediakala?

Lahir Dari Kejadian Mengerikan Pada Satu Hari Sebelumnya

Sumber : Film G30SPKI/Kompasiana.com

Upaya kudeta yang konon dilakukan oleh oknum PKI pada tanggal 30 September 1965, memang tercatat sebagai kejadian bersejarah bagi bangsa. Bagaimana tidak, kejadian itu jadi ajang untuk mengugurkan para perwira tinggi angakatan darat dengan sengaja. Setidaknya ada 7 orang yang dibunuh dan dibuang ke lubang buaya, di bagian timur Jakarta.

Dari kejadian itu, Mayjen Soeharto yang saat itu jadi Panglima Komando Strategi Angkatan Darat. Mengambil tindakan tegar untuk menumpas orang-orang yang diduga PKI. Dan ditanggal itu pula, bendera Merah Putih dikibarkan setengah tiang. Sebagai tanda berkabung atas gugurnya para jenderal.

Diperingati Untuk Mengembalikan Dasar Negara Yang Memang Tak Seharusnya Digantikan

Pada hari berikutnya setelah pembataian terhadap jenderal dan orang-orang yang dianggap PKI, penumpasan terhadap oknum-oknum PKI yang berupaya untuk menggeser pancasila sebagai dasar negara, dianggap selesai. Maka pada tanggal 1 Oktober 1965 diperingati sebagai hari yang melahirkan kembali Pancasila, yang kita kenal sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Hari ini sekaligus jadi bukti bahwa tak ada yang bisa mengubah atau menggantikan pancasila sebagai ideologi bangsa. Termasuk oknum Komunis yang memiliki paham berseberangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Tapi Mari Bayangkan Pada Beberapa Kejadian Yang Beberapa Tahun Terakhir Kita Saksikan

Beberapa waktu belakang kita tentu sangat jenuh dengan beberapa kejadian yang tak enak dipandang mata. Adu argumen merasa paling benar, kisruh isu agama yang katanya dimanfaatkan, hingga beberapa hal lain yang sungguh bertolak belakang pada dasar negara yang selama ini kita jaga.

Tak perlu jauh-jauh untuk mengkritisi beberapa kejadian yang jadi permasalahan negara. Coba bayangkan beberapa hal dan kejadian yang sering terjadi disekitar kita. Tanpa sadar kita sering kali lupa, akan hal-hal yang dulu kita pelajari di bangku sekolah dasar. Tak ada empati dan saling menghargai, bersikap adil yang jadi perilaku langka, hingga hilangnya toleransi pada mereka yang kepercayaanya tak sama.

Antara Nilai Pancasila yang Semakin Pudar Atau Kita yang Tak Sadar?

Tak ada yang berubah dari nilai pancasila, masalah terbesarnya justru  ada pada setiap diri kita. Merasa benar sendiri hingga kadang tak sadar diri, bahwa apa yang sedang kita percayai bukanlah sesuatu yang seharusnya dipilih. Karena tak hanya untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan tata negara saja. Sebenarnya Pancasila juga jadi landasan untuk kita hidup sebagai warna negara.

Kita bisa belajar dari perdebatan Pilkada Jakarta yang kemarin jadi pusat perhatian. Kalau dipikir ulang, tentu semua isu yang berkembang tak akan jadi perdebatan besar jika tidak ada aktor yang sengaja menciptakan situasi  keruh yang semakin gemuruh. Sayangnya sebagai masyarakat kita sering membabi buta. Lupa pada hal-hal yang semestinya tetap dijaga. 

Berhentilah untuk terus menyebar isu yang mengandung makna ganda, karena meski dimata kita benar tentu tak selalu sejalan dengan apa yang orang lain pikirkan. Tak apa mendukung dan mencintai seseorang tapi jangan sampai melukai hati kawan. Apalagi merasa berhak untuk menindas yang tak sejalan. 

Lalu Masihkah Pancasila Kita Sakti Seperti Dulu?

Tentu saja masih!

Tak hanya kuat sejak awal kelahirannya saja, kini dan sampai kapan pun Pancasila tetap jadi ideologi paling sakti yang kita punya. Pancasila jadi isyarat yang menyelamatkan nilai dan cara pandang kita untuk hidup berbangsa dan bernegara. Meski implementasi kesaktian Pancasila dalam kehidupan sosial bangsa saat ini masih harus dipertanyakan.

Karena biar bagaimana pun Pancasila tetap jadi dasar negara yang memiliki kesaktian tak terbantahkan. Ia akan tetap sakti bila mana kita bisa mengembalikan semua perilaku dan sistem nilai pada butir-butir yang terkandung padanya.

Selamat Hari Kesaktian Pancasila untuk Indonesia tercinta. Jadilah beda tanpa menggeser ideologi bangsa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Aktor Korea Selatan Ini Memiliki Bayaran Paling Tinggi

Kamu yang suka dengan drama Korea tentu sudah tak asing lagi dengan beberapa aktor Korea ini. Mereka tak hanya memiliki ketampanan fisik yang mampu membius para penggemarnya. Tetapi mereka juga memiliki kemampuan akting yang cukup baik.

Dan yang lebih menariknya lagi, bayaran aktor Korea ini juga tak main-main. Mereka memiliki pendapatan yang tinggi dari profesinya sebagai aktor. Siapa saja sih yang termasuk 10 aktor dengan bayaran paling tinggi di Korea Selatan? Yuk simak daftar berikut.

1. Ji Chang Wook

Sumber : https://www.instagram.com/jichangwook/

Ji Chang Wook mulai bersinar sejak membintangi serial berjudul “Smile Again” sebagai pemeran utama. Dia sendiri memiliki pendapatan yang cukup fantastis, yaitu mencapai sekitar Rp. 560 juta per episode-nya.

2. Song Joong Ki

Sumber : https://www.instagram.com/songjoongkionly/

Song Joong Ki mulai terkenal melalui  perannya dalam drama popular “Sungkyukwan Scandal” dan “Descendants of The Sun”. Bayarannya sendiri mencapai sekitar Rp 670 juta untuk setiap episodenya.

3. Lee Jong Suk

Sumber : https://www.instagram.com/jongsuk0206/

Aktor tampan ini tak hanya terkenal sebagai seorang aktor, namun juga sebagai seorang model terkenal. Bayarannya untuk bermain dalam sebuah drama cukup tinggi dengan nominal Rp 670 juta per episode.

4. Yoo Ah Ni

Sumber : https://www.instagram.com/actor.yooahin/

Yoo Ah Ni memulai tenar melalui perannya dalam drama “Sungkyunkwan Scandal”. Pendapatan aktor ini juga tak bisa dianggap remeh, yaitu sekitar Rp 872 juta untuk satu episodenya.

5. Lee Min Ho

Sumber : https://www.instagram.com/leeminho__87/

Aktor yang satu ini merupakan seorang yang multitalenta. Dia tak hanya jago berakting, tapi juga merupakan seorang penyanyi dan juga model terkenal. Pendapatan Lee Min Ho dalam drama sendiri sekitar Rp 872 juta untuk satu episode.

6. Lee Seung Gi

Sumber : https://www.instagram.com/leeseunggi.official/

Aktor kelahiran 1987 ini termasuk aktor yang populer di Korea. Dia juga memiliki profesi lain selain sebagai aktor, yaitu sebagai seorang penyanyi. Dia dibayar sekitar Rp 872 juta loh untuk satu episode drama.

7. So Ji Sub

Sumber : https://www.instagram.com/sojisubofficial/

Karir So Ji Sub cukup bersinar di Korea Selatan. Dia kerap memerankan tokoh utama dalam drama Korea dan banyak juga yang menyukai aktingnya dalam drama tersebut. Bayarannya cukup fantastis loh, yaitu sekitar Rp 893 juta per episode.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Alasan yang Membuat Anak Kesehatan Pantas Disebut Menantu Idaman

Apa yang ada di pikiranmu saat melihat anak kesehatan? Banyak orang memandang orang kesehatan sebagai sosok yang keren. Nah, bicara perihal orang kesehatan, ternyata mereka adalah sosok yang pantas disebut sebagai menantu idaman loh. Selain kemampuan mereka yang cekatan dalam mengurus kesehatan, mereka juga dinilai sebagai sosok yang mampu menjadi istri, ibu sekaligus menantu yang baik. Nah, kira-kira begini nih alasannya.

1. Tugasnya Mengobati

Anak kesehatan dididik untuk mengobati, bukan untuk menyakiti. Jadi kamu tak perlu khawatir, mereka tak akan menyakitimu. Justru mereka akan jadi sosok pengobat jiwamu.

2. Hidupnya Rapi dan Bersih

Anak kesehatan tentu akan selalu menjaga kebersihan mereka. Meskipun mereka disibukkan dnegan banyaknya tugas kuliah atau pekerjaan, mereka akan tetap berusaha menjaga kerapian dan kebersihannya. Kamu akan nyaman pastinya saat berada di dekatnya.

3. Sosok yang Sabar

Anak kesehatan banyak belajar untuk menghadapi beragam sikap pasien. Inilah yang membuatnya menjadi sosok yang sabar dalam memperlakukan pasiennya. Jadi kamu tak perlu lagi meragukan kesabarannya dalam menghadapimu nantinya.

4. Sosok yang Perhatian

Setiap orang tentu memiliki sikap perhatian, namun sikap perhatian setiap orang sudah pasti berbeda. Perhatian anak kesehatan bukan hanya di mulut saja loh. Mereka akan langsung turun untuk melakukan sesuatu guna menunjukkan perhatiannya padamu.

5. Sebagian Besar Anak Kesehatan Itu Sosok yang Setia

Anak kesehatan tak punya waktu untuk bermain-main dengan cinta. Itulah alasan kenapa sebagian besar anak kesehatan adalah sosok yang setia pada pasangan. Bahkan sebagiannya lagi adalah jomblo karena tak punya waktu untuk mencari sosok pasangan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Meski Berparas Biasa Saja, 5 Hal “Magic” Ini Bisa Bikin Seseorang Terlihat Lebih Menarik

Apa kamu pernah berjumpa dengan seorang yang memiliki tampang biasa saja namun nampaknya sangat menarik di matamu? Ini membuktikan bahwa ada hal lain yang menjadi faktor untuk menjadikan seorang nampak lebih menarik meski tak memiliki tampang yang rupawan.

Entah itu karena sikap dan perilakunya, atau cara bicaranya yang terkesan sopan dan enak di dengar. Nah, untuk bisa menerka apa saja sih yang membuatnya terkesan menarik. Berikut adalah 5 hal magic yang bisa bikin seorang nampak lebih menarik, bukan hanya dari tampangnya saja.

1. Sikap

Sikap yang baik akan membuat seorang menjadi nampak menarik. Tunjukkanlah bahwa kamu bisa menghormati dan menghargai orang di sekililingmu. Hal ini akan membuat orang berpikir bahwa kamu termasuk sosok yang menarik.

2. Postur Tubuh

Selain tampang, postur tubuh adalah hal yang juga bisa membuatmu nampak menarik di mata orang lain. Usahakan untuk selalu menunjukkan sikap tubuh yang tegak dan biatkan tubuhmu tetap rileks. Postur tubuh ini akan membuatmu nampak lebih menarik.

3. Cara Masuk dalam Ruangan

Cara masuk seseorang dalam ruangan ternyata bisa jadi hal yang menunjukkan nilai dari kepribadianmu. Usahakan untuk selalu masuk ruangan dengan senyuman dan antusiasme yang tinggi.

4. Cara Berjabat Tangan

Orang bisa menilaimu dengan caramu berjabat tangan. Akan lebih baik jika kamu menjabat tangan lawan biacramu dengan mantap. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan kontak mata dan memberikan senyuman kepada lawan bicaramu untuk menunjukkan rasa hormatmu kepadanya.

5. Ekspresi Wajah

Ekspresi yang kamu tunjukkan adalah cerminan dari dirimu sendiri. Inilah yang akhirnya membuat banyak orang mencoba mempelajari micro expressions untuk mengetahui kepribadian seseorang. Jadi ekspresikan saja wajahmu lebih santai agar banyak orang tertarik untuk mendekat padamu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top