Community

Keluar dari Zona Nyaman, 7 Tokoh Ini Sukses Berkat Merantau

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk meraih kesuksesan. Ada yang memilih untuk merantau dan mencoba untuk hidup dengan usahanya sendiri, ada juga yang memilih diam di rumah dan mengandalkan pekerjaan yang ada di dekat lingkungan tempat tinggalnya. Nah agar kamu tak takut lagi untuk keluar dari zona nyaman, mungkin 7 tokoh sukses ini bisa memotivasimu untuk lebih berani pergi ke perantauan.

1. Nadi Makarim

Sosok yang satu ini adalah sosok dibalik berkembangnya perusahaan ojek online, yaitu Go-Jek. Pria ini adalah otak utama alias bos besar dari Go-Jek itu sendiri. Saat SMA, dia sudah berani menuntut ilmu di Singapura lalu lanjut kuliah di Amerika. Meski jauh dari orangtua, namun justru itulah yang membuatnya memiliki wawasan yang luas dan akhirnya bisa memanfaatkan ilmunya di Negara tempat asalnya.

2. Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya adalah salah satu atlet sukses Indonesia. Dia sudah mulai merantau sejak usia 11 tahun untuk tinggal di karantina. Setelah itu dia mendapatkan beasiswa dari PD Djarum sebagai penerima beasiswa bulu tangkis yang akhirnya membuatnya harus rela berjauhan lagi dari keluarganya. Perjalanan Kevin untuk sukses memang tak mulus. Namun akhirnya segala proses itu yang membawanya menjadi seorang atlet yang professional seperti saat ini dan berhasil menduduki posisi sebagai atlet sukses Indonesia.

3. Yudha Pangalila

Tokoh yang satu ini adalah salah satu pengusaha di Jakarta. Dia adalah sosok yang berasal dari Batulicin, Kalimantan Selatan. Dengan modal nekad dan uang 600 ribu saja, dia memberanikan diri untuk mengadu nasib di ibukota. Sesampainya di Jakarta, dia tinggal di asrama Kalimantan Selatan dan memulai usaha berdagangnya sendiri. Banyak usaha yang dia geluti, mulai dari berjualan rempeyek, handphone bekas, membuka rental PS, sampai dengan menyewakan angkot. Dia pun kini menjadi salah satu tokoh yang tergolong sukses dan bisa membiayai kuliahnya sendiri.

4. Shandy Sandoro

Penyanyi yang satu ini sudah memulai karirnya selama 20 tahun di Jerman. Dia sudah memulai karir dengan menjadi seorang pengamen jalanan, penyanyi cafe, hingga menghasilkan album berjudul “Why Don’t We” di tahun 2009. Menurutnya, orang Eropa tak mudah mengakui kemampuan seni orang Asia, termasuk dia yang memang berasal dari Indonesia. Meski sudah tampil maksimal, biasanya dia hanya akan memperoleh pujian “Not Bad” saja. Karena itulah akhirnya dia tak berhenti berjuang sampai akhirnya dia memperoleh posisi seperti saat ini.

5. Wisnu Witono Adhi

Wisnu termasuk jajaran penyanyi sukses. Dia berhasil meraih kesuksesannya setelah memutuskan untuk merantau ke Norwegia pasca perpisahan kedua orangtuanya. Di sana dia berusaha untuk menghidupi dirinya sendiri. Dia memulai usaha dengan menjadi seorang penata rambut hingga akhirnya dia mulai merambah ke dunia musik. Dan terbukti, dia berhasil menjadi satu-satunya peserta dari Asia yang masuk babak besar di Ajang Norwegian Idol pada tahun 2006.

6. Ahmad Fuadi

Jika kamu adalah penggemar karya sastra terutama novel, mungkin kamu sudah tak asing lahi dengan nama Ahmad Fuadi. Dia adalah penulis dari novel best seller berjudul Negeri 5 Menara. Ahmad fuadi sudah mulai merantau sejak kuliah di jurusan HI Universitas Padjajaran. Setelah lulus dia menerima beasiswa Fullbright ke Amerika di bidang School of Media and Public Affairs. Dengan istri, dia melanjutkan pendidikan sekaligus bergabung sebagai wartawan VOA untuk salah satu media ternama di Indonesia.

7. Iwan Sunito

Iwan Sunito adalah salah satu orang yang termasuk pengusaha properti yang sukses di Australia. Iwan sudah mulai merantau ke Australia sejak tahun 1994. Perlahan tapi pasti, Iwan membuktikan bahwa meski berada di Negara orang, dia tetap bisa menjadi orang yang sukses.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top